Saturday, October 23, 2021

Satu Kebiasaan, yang Bisa Membawa Perubahan Bagi Hidup Kita, Apakah itu?

Alam bawah sadar kita seringkali menyimpan banyak misteri. Terkadang alam bawah sadar sering menunjukan pada diri kita apa yang mengganggu dan apa keinginan kita yang sebenarnya. Bukan cuma akan mempengaruhi kesehatan mental  ajah, tapi juga kesehatan emosional kita, dan semua itu ada pengaruh besar dari lingkungan.



Lingkungan yang sangat berbeda dengan generasi orangtua kita terdahulu. Makanya kadang aku tuch seneng kalau ngumpul dan ngobrol bareng sama orang-orang yang lebih tua. Pasti selalu ada hal menarik untuk kita dengarkan, entah itu kisah sekolah mereka, kisah kampung halaman mereka, maupun kisah lika-liku hidup mereka.

Cerita dari nenek sahabat saya pernah bilang, dan yang membuat saya manggut-mangut kepala, beliau bilang nggak meyangka akan ngalamin beli air mineral dalam kemasan. Ini suatu hal yang nggak pernah terpikirkan oleh beliau, karena air itu merupakan sumber alam yang sangat dibutuhkan, digunakan sehari-hari oleh manusia dan berlimpah pula. Iya pada zamannya dulu, nenek sahabat saya ini nggak pernah kesulitan untuk menemukan air minum. Karena kapanpun kita mau minum, pasti dengan mudah kita akan mendapatkannya dan gratis-tis.

Now, kita juga dengan mudah bisa mendapatkan air minum, bahkan bisa berbagai rasa tapi bayar! Bahkan harganya di beberapa negara bisa dibilang cukup mahal. Berdasarkan pengalaman saya pribadi saat traveling ke Singapura, membawa botol air sendiri ketika keluar rumah itu wajib banged, soalnya harga air mineral yang dijual disan cukup mahal.

Kenapa mahal? Soalnya ya supaya jadi lebih ramah lingkungan dan nggak banyak sampah plastik. Ya, akhirnya kebiasaan ini terbawa saat kembali ke Jakarta. Perlahan saya mulai membiasakan membawa bekal air minum dari rumah ketika akan pergi keluar, bukan ngerasa lebih aman tapi jadi lebih hemat juga.

Apalagi ketika kita makan di restoran, jarang banged yang menyediakan air minum, kebanyakan tempat makan yang saya datangi, kita harus membeli air minum tersebut dan harganya juga kadang nggak murah juga. 

Dari sebuah pengalaman, akhirnya sekarang menjadi kebiasaan, dan lingkungan yang terjadi sekarang ini juga sangat mendukung. 

Satu Benda yang Sangat Bermanfaat Untuk Bertahan Hidup

Selama ini kamu juga udah sering bawa botol air minum sendiri nggak siy? Emang jadi lebih ribet dan bikin tas kita jadi penuh dan lebih berat. Malah sekarang itu botol minum jadi barang yang wajib kita bawa kalau keluar rumah nggak siy! Manfaatnya juga banyak buat kita, terlebih lagi di kondosi seperti sekarang ini.

Banyaknya kebiasaan baru yang harus kita lakukan, membawa air botol minum sendiri saat keluar rumah membuat kita jadi bisa bertahan hidup, karena lebih hemat, lebih menyehatkan dan lebih aman juga, setuju nggak?

Selain alasan diatas, bagi saya yang sangat terpenting adalah bisa menjadi seorang pribadi yang peduli dan menjaga kelestarian bumi. As we know, berapa sampah plastik yang dihasilkan oleh penduduk Indonesia. So, untuk itu saya menghindari penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari, meskipun belum sepenuhnya tapi setidaknya saya mencoba untuk menguranginya.

Salah satunya caranya saya menghindari membeli air minum kemasan sekali pakai, dan sebagai gantinya saya tinggal minum dari air botol yang saya bawa dan bisa saya gunakan berulang kali.
Coba dech bayangin, dengan kebiasaan ini berapa banyak sampah botol yang bisa kita kurangi?

Kondisi Lingkungan saat ini juga sangat mendukung kita untuk terbiasa membawa botol minum sendiri, demi kesehatan tubuh kita juga. Bisa jadi air kemasan yang di jual di luar sana itu nggak sehat, palsu,  udah kadarluasa atau airnya belum dimasak. Nah, kalau kita bawa botol minum sendiri dari rumah, kita yakin lebih sehat dan aman untuk diminum.

Mungkin kebiasaan kita ini biasa, tapi tanpa kita sadari kita bisa memberikan yang terbaik bagi generasi kita selanjutnya dimana #UntukmuBumiku  kalau bukan #MudaMudiBumi yang menjaganya, lantas siapa yang harus kita percayakan.

Percaya siy setiap kebaikan yang kita tabur, pasti kebaikannya akan kembali ke diri kita sendiri.  Jadi kalau sekarang kamu mau memberikan kesempatan bagi diri kita untuk berbuat baik pada Bumi ini. Jawabannya, #TimeforActionIndonesia dan buktikan ke diri kamu sendiri, kalau kita bisa menjadi Hari sumpah Pemuda lebih bermakna.




Tuesday, October 19, 2021

Remember! Kental Manis Bukan Pengganti Asi dan Susu untuk Anak. Yuk, Terapkan Konsep Mindful Parenting Agar Tumbuh Kembang Anak Optimal

Beberapa hari ini isi Time Line sedang ramai, karna seorang influencer yang kabur saat dikarantina setelah kembali dari Amerika. Aku pribadi kurang tau banyak mengenai sosoknya, hanya beberapa kali melihat postingan instagram beliau tentang parenting. Nggak bisa disangkal follower dan viewnya memang ramai, dulu sebelum ada masalah ini, sering banged kepikiran kenapa siy, banyak yang bilang jadi panutan parenting? 


Ups, kita stop bahas mengenai hal itu sampai disini aja ya!



Ya begitu lah kalau jadi seorang publik figur atau seorang influencer membuat segala tindak-tanduk yang dilakukan akan menjadi perhatian banyak orang. Jadi ya harus siap mental.


Apalagi di era digital seperti sekarang ini, jejak rekam kita tak bisa hilang jadi memang harus hati-hati banged bermain di media sosial. Baik dari perkataan, perbuatan, pertemanan sampai perihal mendidik anak juga menjadi sorotan. Jika terjadi hal yang melenceng mereka kerap mendapatkan cibiran, bahkan cibiran tersebut bisa mendarat ke anggota keluarga  dan anak-anak mereka.


Suka sedih siy ini, kalau ada netizen yang suka kelewatan mencibir anak kecil gara-gara tidak suka sama orangtuanya. Tapi, banyak qo, artis yang gaya parentingnya bagus dan menuai pujian dari masyarakat. Salah satunya niy, sosok publik figur Rahayu Saraswati, beliau juga seorang aktivis, dan ibu dari  2 orang anak. Saya pertama kali melihat sosoknya di salah satu chanel yuotuber Indonesia, dan ketika beliau menjadi salah satu pembicara webinar Sahabat YAICI, I know bakalan dapet insight baru tentang parenting.


Selasa, 12 Oktober 2021, Komunitas Menata Keluarga (eMKa) bersama Yayasan Abhipraya Insan Cendekia Indonesia (YAICI) mengadakan Webinar dengan tema "Membangun Karakter Kesadaran Gizi Keluarga Melalui Mindful Parenting". Dari temanya saja sudah bisa di tebak, ini menarik untuk disimak. Dalam Webinar ini menghadirkan beberapa narasumber yang ahli di bidangnya, yaitu :

  • Bapak Arif Hidayat SE, MM, Ketua Yayasan YAICI
  • Ibu Melly Amaya Kiong, founder Komunitas Menata Keluarga
  • Prof. Dr. Ali Alhadar dokter specialis anak
  • Ibu Rahayu Saraswati, Ibu dan Publig Figur

Kang Maman yang dipercaya sebagai moderator, megatakan Mindful Parenting itu  bagaimana kita mengasuh anak dengan penuh kesadaran yang merupakan strategi untuk terciptanya komunikasi yang efektif  dengan anak, untuk itu kita sebagai orangtua harus memperhatikan beberapa hal,  yaitu bisa mendengarkan dengan penuh perhatian, tidak menghakimi, dan diperlukan kesabaran.


Setuju banged, karena memang tugas sebagai orangtua itu tidak mudah, kita harus terus belajar dan juga harus mengikuti perkembangan jaman. Pola asuh yang kita terapkan ke anak-anak kita sekarang tidak bisa kita samakan dengan pola asuh yang kita dapatkan dari orangtua kita terdahulu. Jika dulu banyak orangtua yang memberikan susu kental manis sebagai susu kepada anak-anak mereka, namun saat ini kebiasaan tersebut harus kita hilangkan.

Kental Manis Bukan Susu

Memang perkembangan jaman dan kemajuan teknologi sekarang ini tidak menjadikan anak-anak kita terbebas dari kental manis sebagi pengganti ASI dan susu. Faktanya dari penelitian masih banyak masyarakat Indonesia yang percaya kalau kental manis sama dengan susu yang bisa diberikan kepada anak-anak mereka. Kita tidak bisa langsung menghakimi atau menyalahkan mereka begitu saja, disinilah peran kita untuk tidak putus dan berhenti memberikan informasi dan menyebarkannya ke masyarakat luas.


Kita paham betul keterbatasan informasi yang didapatkan oleh mereka menjadi tanggung jawab kita bersama. Salah satunya melalui webinar ini bertujuan agar edukasi mengenai pemberian kental manis kepada anak bukan sebagai pengganti ASI atau sebagai minuman susu, dan juga bertujuan agar tumbuh kembang anak-anak di Indonesia lebih optimal, karena mereka adalah generasi bangsa.

sumber : www.shurterstock.com



Perlu kita reminder terus niy, kalau kental manis itu hanya untuk pemanis atau toping makanan dan minuman saja. Informasi ini yang diharpakan bisa sampai ke masyarakat Indonesia.


Mengingat keluarga sebagai tiang negara memiliki peran penting dalam tumbuh kembang anak, dan membentuk karakter anak karena lebih dari 60 % waktu dihabiskan bersama keluarga. Konsep mindful ini adalah metode afektif pola asuh untuk mengajarkan  kebiasaan-kebiasaan baik dan baru kepada anak, semua itu harus dilakukan dengan penuh kesadaran.


Bagaimana caranya kita mengasuh dengan penuh kesadaran?

Penuhi Kecukupan Gizi dan Nutrisi Anak

dr. Ali Alhadar mengatakan anak yang usianya masih dibawah 2 tahun merupakan investasi, dimana di masa ini pertumbuhan otak anak sangat cepat dan setelah melewati usia 2 tahun  maka pertumbuhan otak mereka akan melambat. Oleh karena itu 2 tahun ini jangan pernah kita sia-siakan.

Permasalahan perumbuhan anak bukan hanya menjadi permasalahan orangtua saja, tapi pemerintah juga terus memantau permasalahan ini, nah bagaimana kita menyelamatkannya?
Pastinya di masa golden age ini kita dapat memenuhi kecukupan gizi dan nutrisi anak-anak, dengan memperhatikan asupan ASI dan MPASI mereka.




dr. Ali juga mengingatkan kita sebaiknya sebagai orangtua kita jangan memberikan peluang kepada anak-anak  untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang tinggi akan kandungan gula garam lemak (GGL), apalagi sampai memberikan kental manis sebagai pengganti ASI dan Susu formula. Big No!

Terkadang yang namannya anak-anak pasti suka dengan yang manis-manis, oleh karena itu kita harus bisa mengeremnya dan membiasakan anak-anak untuk makan dan minum yang bergizi. 


Tanamkan Anak-Anak untuk Filter Kebiasaan Baik Sejak Dini

Enggak mudah memang untuk membiasakan hal yang baik dan tidak baik, mana yang boleh dan tidak boleh kepada anak-anak. Ibu Melly Amaya Kiong sangat menyadari hal tersebut, makanya beliau sangat berharap agar konsep Mindful Parenting ini bisa diterapkan oleh orangtua kepada anak-anak mereka.

Karena berbicara tumbuh kembang anak bukan hanya soal fisik atau tubuhnya saha, tapi psikis mereka juga penting untuk diperhatikan, apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, tentu harus lebih serius lagi perhatian kita.

Dalam menanamkan hal tersebut memerlukan proses, dan dalam proses tersebut kita sebaiknya tetap membiarkan anak-anak untuk mencobanya, tapi jangan sampai berlebihan.  Setidaknya dengan melibatkan mereka, kita bisa menunjukan ada sebab dan akibatnya, dan harapannya dengan melewati satu proses tersebut anak-anak akan lebih mengerti alasannya.

Balada yang sering kita temukan untuk menciptakan kedisplinan kepada anak-anak sering datang karena faktor lingkungan yang kurang mendukung. Oleh karena itu Rahayu Saraswati, ketika menanamkan disiplin kepada anak-anak perlu adanya dukungan dari keluarga. Karena disiplin itu harus dilakukan secara konsisten dan kesabaran.

Kita harus menanamkan dan melihat bahwa anak-anak adalah pemimpin masa depan, jadi cara mendidik yang kita berikan kepada mereka juga merupakan bentuk kasih sayang kita kepada anak-anak.


Saturday, June 5, 2021

Tak Hanya Sekedar Wangi, Yuk Mengenal Parfum In Bed With Ussy Pratama Lebih Dekat

Biasanya kita menggunakan parfum untuk meningkatkan rasa percaya diri, bener nggak guys? Karna nggak bisa kita pungkiri, terkadang kita ingin meninggalkan kesan tertentu sama orang-orang yang pengen kita temui. Bahkan saking senangnya dengan wangi parfum, menjadi barang wajib yang mesti ada di dalam tas. Betul nggak?  Kalau saya pribadi iya siy, apalagi kalau aktivitasnya diluar ruangan, males banged khan kalau sampe timbul bau badan.

Parfum In Bed With Ussy Pratama




Kalau kita menggunakan parfum bukan cuma mempengaruhi kepercayaan diri kita ajah, tapi juga bisa menunjang penampilan kita, qo bisa? Yup, soalnya parfum itu bisa memiliki efek samping tertentu sebagai daya tarik, mempengaruhi kinerja otak dan bisa menimbulkan energi positif, ini siy yang saya rasakan kalau pakai parfum. Jadi wajar kalau ada yang bilang nggak bisa hidup tanpa parfum.

Lebay ahh? Enggak qo, justru parfum ini tuch bisa meningkatkan semangat atau mood kita. Wangi yang dihasilkan dari parfum ini bisa membuat kita tenang, rileks dan bisa membangkitkan gairah juga lho!  Kadang sadar nggak siy, dengan aroma tertentu bisa menjadi tanda atau ciri dari seseorang yang memakainya. Jangan-jangan kamu jatuh cinta dengan pasangan kamu karna wangi parfumnya, hayoo ngaku!


Apakah ini yang terjadi dengan Andika Pratama? Karena wangi parfum yang dipakai Ussy hingga membuatnya jatuh cinta..


Tapi, yang jelas Ussy Sulistiawaty sangat mencintai dan pengkoleksi parfum, dari kecintaanya dan pengalaman inilah yang akhirnya menginspirasi Ussy untuk membuat parfum sendiri. Salut siy, ibu 5 anak ini terus berinovasi. Setelah sukses dengan bisnis kuliner dan kosmetiknya, sekarang Ussy mewujudkan impiannya mengeluarkan parfum unisex karyanya yang diberi nama In Bed With Ussy Pratama.







Tuch khan pantes Mas Andika jadi nempel terus, ternyata gara-gara In Bed With Ussy Pratama ini toch. Penasaran nggak siy?


Project Idealis Ussy


Bahagia sudah pasti dirasakan oleh Ussy yang berhasil mewujudkan salah satu mimpinya untuk mengeluarkan parfum yang diracik sendiri olehnya. Impiannya ini muncul sebelum adanya pandemi yang melanda dunia, karena kita tau Ussy sangat menggila parfum, ketika punya keinginan tersebut, Ussy langsung mengatakan kepada sang suami. 


Karena apapun yang dilakukan oleh Ussy tidak mungkin dilakukan tanpa restu dan izin dari suami. Ternyata bisnis idealisnya ini berasal dari dendam masa lalu, Ussy tidak pernah bisa mewujudkan impiannya untuk punya parfum yang mahal, istimewa dengan wangi yang bombastis, karena saat itu nggak terjangkau oleh kantongnya Ussy. 


Biasanya kalau kita membeli barang yang sangat kita sukai, untuk masalah harga bisa di nomer duakan, bisa jadi nggak akan nanya harga juga. Karna hobinya ini Ussy nggak perduli dengan berapa harga yang harus dikeluarkan untuk membeli parfum.. Hemmm ngerii yaaa...!!


Jadi ketika ide untuk memulai bisnis parfum itu muncul sekitar 2 tahun yang lalu, bahkan ide ini muncul sebelum Ussy memutuskan untuk memiliki anak lagi.  Awalnya sang suami menannyakan kembali, apakah dia yakin dengan bisnis yang akan dijalaninya ini? Karena berkaca dari rekan-rekan artis sebelumnya yang memiliki bisnis parfum dan selalu dibandingkan dengan produk parfum luar dan kualitas parfum dalam negeri juga masih kalah.


Apakah bisnis ini akan berhasil, karena jika berbicara bisnis bukan hanya hal idealis saja yang dikedepankan, tapi yang namanya bisnis pasti harus menguntungkan, harus jelas marketnya juga. Jika berbicara tentang product knowladge tentang parfum memang Ussy sudah punya bekalnya dan nggak perlu diragukan. Jadi Ussy menyebut parfum ini dengan sebutan "Nuklir" dimana ia ingin menggabungkan aroma Indonesia dengan aroma Eropa. Karena kebanyakan parfum itu berasal dari Eropa, kenapa ini disebut bisnis idealis Ussy?


Karena Ussy ingin memproduksi parfum sesuai dengan wangi yang dia inginkan, makanya Ussy sampai mengunjungi pabrik-pabrik parfum yang ada di Indonesia, bahkan jika tidak ada pandemi Ussy sudah bolak-balik ke Jerman untuk menghasilkan wangi parfum yang diinginkan. Kalau kita sudah suka dengan sesuatu dan niat kita sudah bulat pasti apapun akan kita lakukan ya, betul nggak siy!


Akhirnya, melalui perjuangannya, melalui kerja kerasnya terwujudlah Parfum In Bed With Ussy Pratama. Jika dibandingkan dengan parfum-parfum branded yang lainnya,  dipastikan harganya diatas 2 juta rupiah.  Jadi penasaran nggak siy, ingrediants parfum In Bed With Ussy Pratama ini apa ajah?


Yuk, Mengenal Lebih Dekat Parfum In Bed With Ussy Pratama


Parfum ini percampuran antara ala Eropa tapi ada konten Indonesianya juga.  Indonesia memiliki bahan baku yang sangat terbaik  di dunia untuk bahan-bahan parfum yang bisa diolah.  So, ketika kita mencium Parfum ini maka ada wangi papernya, wangi bunganya, ada wangi rempahnya, jadi perpaduan dan bahan Parfum In Bed With Ussy Pratama ini tetap menggunakan bahan-bahan dari Indonesia, kemudian bahan-bahan tersebut diolah di luar tepatnya di Jerman, Jadi untuk industri dan teknologinya dilakukan di Eropa, bahkan botol kemasannya juga dari luar.


Kualitas Terbaik

Ngomongin kualitas, yess Ussy sangat amat memikirkannya, karena dia tahu jika produknya ingin diterima dipasaran dengan baik, maka pemilihan bahan-bahan terbaik harus dilakukan. Jadi ketika orang lain menggunakan produknya maka produk tersebut bisa menghasilkan kualitas yang baik. 


Me, Mencoba Wangi Parfum In Bed With Ussy Pratama



Bahan-bahan yang digunakan juga tidak mengandung banyak kimia, tidak sama sekali jadi bahan parfum ini organik, so ini aman ketika digunakan di kulit. Karena sudah dapat Stamp  IFRA (International Fragrance Association) yang berkedudukan di Jerman. Asosiasi ini merupakan asosiasi terbesar di dunia untuk mengetes apakah bahan-bahan yang digunakan bahaya untuk kulit apa enggak.


Jadi nggak perlu diragukan lagi, kalau parfum ini aman untuk kesehatan, nggak akan ada alergi baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Dengan adanya sertifikat tersebut menambah kuat bahwa produk ini sudah internasional.

Parfum Unisex


Hal lainnya yang membuat parfum ini merupakan project idealis Ussy ini adalah Unisex, bisa digunakan untuk cewe dan cowo. Ya ini balik lagi keseleranya Ussy, karena namanya sebagai ibu rumah tangga pasti kita maunya itu satu parfum bisa untuk suami dan bisa juga digunakan untuk istri, jadi lebih hemat toch! Duch kalau emak-emak paling bisa ya untuk berhemat.


Why Nama Parfum In Bed With Ussy Pratama?

Nama ini berasal dari tayangan youtube, yang  kalau sudah mampir ke youtubenya Ussy dan Andika pasti tau ada tayangan "Teman Tidur" dimana acara ini personal, intimate jadi pas banged dengan parfum ini. Jadi ini memang menggambarkan karakter dari seorang Ussy, dimana parfum ini bisa menjadi daya ikat untuk lawan jenis. Pantesan yaa Andika jadi pengen nempel terus sama Ussy.





Kita tahu Ussy dikenal sebagai sosok artis yang sederhana, sering turun ke pasar, sering turun ke dapur, tapi bagi sang suami Ussy ini memiliki karakter yang lain yang akan membuat orang lain menjadi kaget, menjadi heboh untuk ditunjukan ke dunia. Jadi kita bisa juga ngehalu in bed with Andika bagi cewe-cewe dan in bed with Ussy bagi yang cowo. Namanya juga halunjadi boleh-boleh ajah yaaa..


Produk Terbatas

Satu hal lagi, yang membuat Parfum In Bed With Ussy Pratama ini menjadi bisnis idealis yaitu Parfum ini diproduksi secara terbatas, hanya sebanyak 5000 botol kemasan 100ml, dan ternyata pada hari pertama di launching di website ussypratama.com secara ekslusif sudah laku setengahnya. Keren euy!


Karena diproduksi secara terbatas jadi untuk mempresentasikan parfum ini ya dirinya sendiri dan sang suami yang menjadi model. Karena Ussy turun tangan langsung untuk produksi parfum ini agar berjalan dengan baik, maka harga yang dibandrol untuk satu botol parfumnya ini yaitu Rp. 1.375.000. Cukup dengan 1 sampai 2 kali semprot wanginya udah tahan lama.


Aku udah nyobain sendiri Parfum In Bed With Ussy Pratama ini, dan emang seenak itu siy wanginya dan tahan lama pastinya.


























 







Wednesday, May 12, 2021

Pemberian Imunisasi Pada Anak Di Tengah Pandemi Covid-19, Amankah?


Saat ini kita sudah memasuki tahun kedua pandemi dan kita masih belum tahu kapan semua ini akan berakhir. Namun, disaat pandemi sekarang ini proses pemberian imunisasi harus tetap berjalan. Tapi di satu sisi pemerintah menghimbau masyarakat untuk tetap berada di rumah dan menghindari pusat keramaian, termasuk rumah sakit.

Hal ini tentunya membuat banyak orangtua yang merasa kesulitan untuk melengkapi vaksinasi kepada anaknya, lantas apakah aman untuk vaksin di tengah pandemi?


Pandemi virus corona berimbas pada banyak hal, tak terkecuali yang ikut kena dampak jadwal imunisasi anak. Tidak sedikit orangtua yang ragu untuk membawa anaknya ke rumah sakit atau ke puskesmas untuk melakukan imunisasi, mereka takut nantinya malah tertular virus corona.

kenapa imunisasi itu penting?

Karena imunisasi atau pemberian vaksin merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kekebelan tubuh terhadap suatu penyakit, sehingga imunisasi menjadi penting bagi semua orang terutama untuk anak-anak.

World Health Organization (WHO) mendefinisikan imunisasi sebagai proses dimana seseorang menjadi kebal atau resisten terhadap penyakit menular. Bahkan pemberian imunisasi ini sudah dapat diberikan kepada anak yang baru lahir, karena pemberian imunisasi ini berguna untuk mencegah agar sang buah hati terkena penyakit di kemudian hari.

Kamu tau nggak, kalau setiap orangtua itu wajib lho untuk memberikan imunisasi kepada, soaknya hal ini sudah diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomer 41 Tahun 2013. Pada hari Kamis, tanggal 6 Mei 2021 bertempat di Hoten Manhattan Jl. Prof Dr. satrio, Jakarta Selatan bersama dengan Kemenkes dan teman-teman Bloggercrony hadir di acara Temu Netizen Kesehatan yang mengangkat tema "Ayo Imunisasi, Bersatu Sehatkan Negeri".

Meskipun di tengah pandemi, tapi pemerintah tetap menekankan kepada setiap orangtua untuk tetap melengkapi imunisasi anak. Karena pada dalam keadan dunia baik-baik saja dan Indonesia dalam keadaan normal nyatanya bangsa kita ini masih menjadi penyumbang jumlah anak terbesar yang tidak mendapatkan imunisasi lengkap.

So, bagaimana di saat dunia yang sedang berjuang melawan virus covid-19, pastinya akan menimbulkan kejadian yang luar biasa dari penyakit-penyakit yang sebenarnya dapat dicegah dengan memberikan imunisasi.

Jangan Ragu Membawa Anak Untuk Diberikan Imunisasi

Takut, sama saya juga ketika harus membawa sang buah hati ke puskesmas untuk pemberian imunisasi di tengah masa pandemi, namun karena mengingat manfaat imunisasi lebih besar daripada risikonya, maka sesuai dengan anjuran pemerintah kita bisa tetap memberikan imunisasi kepada anak-anak dengan aman. Berikut ini adalah alur yang harus kita perhatikan,



Jika masih banyak diluar sana yang bersikeras untuk tidak memberikan vaksin kepada anak-anak mereka, itu memang pilihan mereka tapi sayangnya sikap ini bisa membahayakan orang lain yang berada di lingkungannya. Why? Sangat disayangkan jika kita tidak melakukan imunisasi, karena ini beberapa alasannya,



Kita tentu saja tidak mau jika penerus bangsa ini memiliki imun yang rentan karena keegoisan orangtua yang menolak untuk memberikan imunisasi kepada anak-anaknya.

Lantas, pasti kita sering mendengar berita atau informasi hoax mengenai imunisasi. So, parents be wise dalam menerima dan menyebarkan informasi. Sebaiknya apapun berita yang kita dapatkan harus dipastikan terlebih dahulu jika berita tersebut benar dan dari sumber yang terpercaya.

Karena imunisasi menjadi salah satu investasi terbaik dalam kesehatan global dan memiliki peranan penting dalam mencapai 14 dari 17 Sustainable Development Goals (SDG) 

Yuk, sukseskan imunisai agar Terciptanya Generasi yang Sehat. 

Friday, May 7, 2021

Liburan Gratis! Wisata Virtual Dunia Bawah Laut Bersama Paddle Pop

Ngabuburit biasanya ngapain ajah niy Moms? Mau ngabuburit di luar rumah juga masih agak takut ya di situasi seperti sekarang ini, jadi demi kebaikan kita ngabuburit sama anak-anak di rumah aja ya! Biasanya bulan Ramadhan selalu punya keseruan tersendiri bagi anak-anak, mulai dari keliling sekitar rumah cuma sekedar  cari makanan buat berbuka, bermain bersama atau sekedar berkumpul bersama keluarga sambil menunggu adzan Maghrib.


Tapi sayangnya di kondisi seperti sekarang ini kegiatan kita diluar rumah menjadi terbatas. Kegiatan seru dan ruang gerak kita bersama anak-anak berubah dratis, tidak ada lagi keseruan seperti diatas.  





Meskipun ada berbagai keterbatasan, tapi kita masih tetap bisa memberikan pengalaman Ramadan yang seru kepada anak-anak, kita masih bisa mengajak anak-anak ngabuburit walaupun cuma di rumah aja.  Kita bisa mengajak anak-anak untuk mengenal apa ajah yang ada di laut dari kegiatan Paddle Pop Seaventure.


Apa itu Paddle Pop Seaventure?


Paddle Pop Seaventure ini merupakan bagian dari program Paddle Pop Main Yuk. Jadi pas banged untuk menemani liburan  dan Main anak-anak dari rumah. Dimana kita bisa mengajak anak-anak untuk menikmati wisata virtual dunia bawah laut dari rumah bersama Jakarta Aquarium, yang merupakan indoor living planet terbesar di Indonesia.






Yuk, mau jelajahi keajaiban dunia bawah laut,  kira-kira ada apa aja yaa?


Wisata Virtual Dunia Bawah Laut


Pandemi ini memaksa kita untuk terbiasa dengan banyak hal baru dan tantangan baru. Bukan cuma memastikan anak sehat dan terhindar dari virus covid-19 ajah, tapi juga harus mengajak aktivitas selama di rumah agar tumbuh kembang mereka tetap baik.


Soalnya memang terasa sekali, kita tidak terlalu bebas untuk mengajak anak bermain di playground atau sekedar mengajak mereka makan bersama di luar.  Mengingat pandemi sudah masuk tahun kedua, bermain sangat dibutuhkan anak untuk menjaga kebutuhan fisik dan psikologis mereka.


Untungnya Paddle Pop mengajak kita untuk menikmati wisata virtual dunia bawah laut secara gratis lewat situs www.paddlepopmainyuk.com


Oiya mau nikmati keseruan ini? Caranya kita beli 4 es krim Paddle Pop varian apa saja di Indomaret/Alfamart/Alfamidi, lalu foto dan kirimkan struk ke whatsapp 0858-1223-1223. Kemudian dapatkan kode unik untuk masuk ke websitenya. Semua ini gratis ya, nggak dipungut biaya. 






Setelah kita menerima kode uniknya kita langsung akses ke www.paddlepopmainyuk.com, Nah, untuk kode uniknya ini akan kita dapatkan maksimal 3x24 jam yaa,  lanjut aktivitas lainnya yang bisa kita dapatkan keseruan lainnya yaitu :

  • Wisata Virtual
  • Kuis Berhadiah
  • Kompetisi Foto
  • Main Yuk 

Main Yuk dengan Paddle Pop

Ketika masuk ke platform ini, tinggal klik gambar untuk pilih permainan yang kita mau.  Aktivitas pertama yang saya pilih bersama Keysha yaitu Wisata Virtual, disini  kita diajak untuk wisata virtual dunia bawah laut sambil mengenal keajaiban biota laut. Emang seru wisatanya secara virtual? Serru qo, disini bukan cuma anak-anak ajah yang bisa belajar sambil bermain tapi kita orang dewasa juga bisa menikmati dan ikut belajar juga lho!




Disini anak-anak diajak untuk melihat keaneka ragaman biota laut, seperti ikan hiu, ikan pari, gurita dan masih banyak hewan lainnya, anak-anak juga diajak untuk berburu harta karun yaitu bermain games lebih dari satu orang dengan mengambil barang yang paling cepat sesuai intruksi, nanti dialah yang akan menjadi pemenangnya.







Setelah itu ank-anak lanjut diajak untuk menjawab kuis, nah pada bagian ini yang menjadi salah satu favorit Keysha menjawab kuis, lalu ada juga belajar trik sulap dan menonton Mermaid Show.


Setelah puas menikamti dunia bawah laut, kita diajak untuk Bermain untuk ide DIY dan Sains.


Bermain Ide DIY dan Sains


Ada banyak inspirasi bermain seru yang bisa teman-teman mainkan dan ide permainan ini dipersembahkan oleh Playdate Indonesia,seperri :

Twister Water Play

Permainan ini adalah sebuah percobaan untuk membuktikan bahwa air bisa berjalan ke atas lho, dan di permainan ini kita juga akab belajar tentang percampuran warna, untuk permainan ini dibutuhkan waktu kurang lebih  30 menit.


RainbowBubble

Permainan ini adalah sebuah percobaan menyenangkan untuk mengetahui bagaimana bubble atau gelembung busa itu  bisa terjadi, pasti anak-anak seneng niy kalau diajak bermain gelembung.


Sinking or Floating

Permainan ini adalah sebuah percobaan untuk membuktikan  bahwa berat benda di darat dan di air itu berbeda lho, kita juga bisa mengajak anak-anak belajar untuk mengenal perbedaan benda terapung, melayang, dan tenggelam. Untuk waktu permainan ini cuma dibutuhkan waktu 15 menit ajah qo.


Saya mengajak Keysha membuat permainan Kreatif  Tabung Oksigen dan Kacamata Selam.


Ide DIY Tabung Oksigen dan Kacamata Selam 


tujuannya supaya anak-anak bisa sambil berimajinasi seolah sedang berenang di dalam laut. Nah, peralatan ini bisa kta pakai untuk mengikuti Seaventure. Bahan yang digunakan untuk membuat tabung ini mudah di dapat dan cara membuatnya juga nggak sulit. 


Bahan yang dibutuhkan 2 buah botol plastik ukuran 1,5 liter, tali tambang, kain flannel hitam, isolasi, gunting dan lem. Disini kita bisa melibatkan anak-anak untuk ikut terlibat supaya lebih seru, mereka bisa juga diminta bantuan untuk mengambar dan menggunting pola bentuk kacamata selam.







Setelah selesai  membuat tabung oksigen dan kacamata selam, kita bisa mengajak anak-anak untuk menonton kembali keajaiban dunia bawah laut Paddle Pop Seaventure. Supaya semakin nyata menikmati biota bawah laut.


Bermain Kuis Berhadiah


Setelah puas membuat DIY, kita bisa melanjutkan aktivitas selanjutnya yaitu  bermain kuis, disini kita akan ditanya seputar produk es krim Paddle Pop, nggak usah khawatir semua informasinya bisa kita dapatkan pada platform ini juga qo.







Nah, selanjutnya buat teman-teman Paddle Pop yang senang mengabadikan foto, ini saatnya kamu ikutan kompetisi Foto.


Kompetisi Foto

Untuk ikutan kompetisi foto ini Paddle Pop Main Yuk Seaventure ini, caranya :

  • Upload foto keseruan kamu saat menikmati Paddle Pop Main Yuk Seaventure dengan menggunakan frame ini
  • Download hasil foto kamu dan @paddlepop.idn lalu sertakan #PaddlePopMainYuk dan #Seaventure
  • Setiap bulan Paddle Pop akan memilih 1 pemenang utama dengan cerita dan foto paling menarik dan nantinya berhak untuk mendapatkan 1 kotak mainan Paddle Pop
  • Setiap bulan Paddle Pop akan memilih 3 pemenang hiburan yang berhak mendapatkan masing-masing 1 paket Es Krim Paddle Pop
  • Pemenang akan diumumkan di Ig @paddlepop,idn dan periodenya dari tanggal 1April-30 Juni 2021.

Yuk ikutan kompetisi foto ini, selain bisa seru-seruan foto bareng keluarga, siapa tahu beruntung bisa dapet hadiahnya.


Kalian tau nggak siy, tujuan dari Paddle Pop Main Yuk ini?

Banyak Hal Baik Dimulai Dari Bermain

Jadi, tujuan dari #PaddlePopMainYuk ini  ingin mengajak para orangtua untuk menciptakan momen bermain bersama anak yang menyenangkan. Karena kita tahu dengan bermain mampu memberikan dampak jangka panjang yang positif bagi tumbuh kembang anak.





Paddle Pop berharap melalui platform ini para orangtua lebih aktif menginisiasi waktu bermain bersama anak. Soalnya segala sesuatu yang baik ternyata dapat kita mulai dengan bermain lho! Apalagi mumpung sekarang ini masih di rumah aja, yuk kita bermain bersama anak.


 

Monday, March 22, 2021

Apakah Keuangan Kamu Sudah Sehat? Yuk, Mulai Sekarang Bijak Merencanakan Keuangan

Halo teman-teman apa kabarnya?


Gimana jantung masih aman nggak, lihat saldo rekening tabungan? Pandemi yang sampai sekarang ini masih dirasakan hampir seluruh negara di dunia ini. Karana pandemi ini juga mempengaruhi hampir seluruh aspek, terutama aspek ekonomi.


Tak sedikit perusahaan yang menutup usaha mereka, alhasil banyak karyawan yang kehilangan pekerjaan. Kejadian inilah yang akhirnya membuat masyarakat beralih profesi. Banyak yang membuka usaha baru, banyak yang berdagang.


Karena kita harus berdamai dan cepat beradaptasi dengan kondisi sekarang ini, dan memaksa kita untuk lebih kreatif. Ketika kita memutuskan untuk memiliki usaha atau bisnis sendiri maka kita juga harus belajar mengenai bagaimana mengatur keuangan dengan baik.




Bijak merencanakan keuangan, baik keuangan untuk keluarga dan usaha. Pada dasarnya pengaturan keuangan keluarga dan keuangan usaha ini sangat penting dan harus dipisahkan. Bukan hanya menjaga kesehatan tubuh saja, tapi kesehatan keuangan kita juga perlu. Apa kamu sudah yakin keuangan kita selama ini sudah sehat apa belum..??


Banyak diantara kita yang sangat fokus kepada kesehatan tubuh, satu sisi menjaga kesehatan tubuh ini memang penting. Tapi tidak kalah penting adalah menjaga kesehatan keuangan. Soalnya kalau keuangan kita nggak sehat, ketika tubuh kita sakit dan keuangan kita berantakan, yg terjadi semuanya malah tambah berantakan.


Betul nggak..??


Jangan sampai kita harus meminjam kepada orang lain, menjual aset dan menjual rugi.


Itu hal pertama yang harus kita perhatikan, kesehatan keuangan. Langkah selanjutnya kita harus bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Jangan sampai jika kebutuhan keinginan kita tidak dipenuhi, kita tidak perlu gengsi.


Langkah selanjutnya yang harus kita lakukan  yaitu menabung, karena kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di kemudian hari, dan semuanya itu membutuhkan biaya oleh karena itu sangat penting kita memiliki tabungan.


Jika tabungan sudah aman, kita bisa beranjak ke langkah selanjutnya dengan berinvestasi. investasi ini jenisnya juga banyak, mulai dari yang sederhana misalnya investasi emas, lalu ada obligasi, ada reksadana, hingga akhirnya kita beranjak memiliki usaha. 


Dimana sebenarnya usaha ini termasuk investasi lho! Apapun jenis usaha yang kita miliki. Sayangnya dalam melakukan usaha banyak kesalahan yang dilakukan, misalnya tidak memisahkan antara keuangan keluarga dan keuangan usaha, biasanya kantongnya cuma satu.


Padahal yang baik itu adalah harus dipisahkan, karena kita tidak mau uang kita terpakai, sehingga uang modal usaha akan terpakai juga, uangnya akhirnya nggak bisa muter, dan tidak bisa mendapatkan keuangan.


Dalam usaha kita harus menentukan biaya, jangan sampai harga jual lebih rendah dari harga modal, yang ada nanti kita malah tekor. Kemudian kita harus memperhatikan apakah usaha kita bisa membayar cicilan apa tidak.


Dari uraian diatas bisa kita garis bawahi beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan keuangan usaha kita, yaitu :

  • Terpisah dari keuangan keluarga
  • Bisa menentukan biaya
  • Bisa menentukan harga jual
  • Bisa membayar cicilan (jika ada)
  • Bisa mengatur cash flow keuangan.

Jika hal tersebut bisa kita lakukan dengan baik, maka usaha yang kita miliki sebagai salah satu jenis investasi ini bisa berjalan dengan baik, dan harapannya bisa terus berkembang dan maju.


Kembali lagi ke Financial check up, apa yang harus kita perhatikan,

1. Hutang, ada hutang baik dan hutang buruk. Pastikan hutang yang kita ambil adalah hutang yang baik, bukan hutang untuk memenuhi keingan konsumtif sehari-hari kita.
2. Kekayaan bersih, yaitu jumlah aset yang kita milikimiliki setelah dikurangi dengan hutang maka harus ada sisa dana, maka ini positif.
3. Dana Darurat, yaitu dana yang kita peesiapkan untuk hal-hal yang sifatnya sangat darurat, misalnya karena sakit, kecelakaan di jalan, hingga hp rusak juga termasuk darurat.
4. Asuransi, juga tidak kalah penting karena kita tau biaya kesehatan saat ini sangat mahal. Paling tidak kita harus memiliki asuransi BPJS.
5. Investasi, harus disesuaikan dengan tujuan kita dan harus diperhatikan jangka pendek, jangka panjangnya.


Sekarang ini yang sedang marak adalah pinjaman online, yang sangat meredahkan dan bunganya tidak masuk akal. Apalagi disaat pandemi seperti sekarang ini, banyak orang yang kena pinjaman ilegal, modusnya biasanya melalui sms. Dimana aplikasinya tidak terdaftar di OJK. Jadi kita harus sangat berhati-hati.


Jika kita ingin melakukan pinjaman maka ada beberapa hal yang harus kita perhatikan,

  • Terpercaya
  • Reputable
  • Terdaftar di OJK
  • Ada di platform (google playstore/ios)
  • Hati-hati pinjaman online


Jadi, jika kita memang membutuhkan pinjaman, maka ambilah dengan bijaksana, berhutanglah sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kita membayar cicilan dan berhutanglah untuk hal-hal yang sifatnya produktif.


Apalagi di era digital sekarang ini, semua dipermudah dengan aplikasi yang simple, mudah, tidak pake ribet dan cepat. So, bagi kita yang masih memiliki permasalahan keuangan, kalian mau tau bagaimana solusinya?


Solusi Mengatasi Permasalahan Keuangan


Kamu tau nggak kalau faktanya wanita di bidang usaha itu ternyata lebih besar lho! Sabtu, 20 Maret 2021, saya mengikuti Ngopi Bareng Bang Amar. Hadir sebagai pembicara Aidil Akbar, Master Financial Planner dan Ghaida Nuris Tsara, Coordinator Referal Program Tunaiku Amar Bank




Kebijakan keuangan sudah kita bahas diatas dan telah dijabarkan oleh Aidil AkbarMaster Financial Planner. Selanjutnya Mbak Ghaida akan mengajak kita untuk membahas solusi mengatasi keuangan dengan Tunaiku.


Melihat maraknya pinjaman online saat ini, dan pandemi ini banyak orang yang beralih menjadi buka usaha sendiri menjadi perhatian sendiri bagi Bank Amar. 


Memulai usaha memang bukanlah hal perkara yang mudah, biasanya ada saja hambatan yang kita hadapi, misalnya harus mulai dari mana? Kurang rasa percaya diri, dan yang paling sering kita hadapi yaitu kurangnya modal.



Disini, Tunaiku hadir untuk memberikan solusi. Apa siy Tunaiku? Tunaiku adalah platform pinjaman digital tanpa agunan dari PT. Bank Amar Indonesia Tbk, yang memberikan solusi finansial bagi masyarakat yang kurang terlayani atau belum dilayani oleh Lembaga Keuangan Formal.


Ada beberapa keunggulan Tunaiku sebagai pinjaman online yang perlu kita ketahui : 

  • Jumlah pinjaman 2.000.000 - 20.000.000
  • Interest Bunga Pinjaman 3-4% flat/perbulannya
  • Jangka Waktu Pinjaman 6 - 20 bulan
  • Biaya Administrasi, Rp. 540.000 ( sudah dimasukan kedalam cicilan bulanan)

Tapi teman-teman tetap ingat ya pesan dari apa yang telah dikatakan oleh Mas Aidil jika kita memang memerlukan pinjaman maka bijaklah dalam berhutang.



Saturday, February 6, 2021

Tips Memilih Cemilan Sehat Untuk Anak Selama di Rumah Aja

Mak! 

Dimasa sekarang ini jadi lebih rajin nengok timbangan nggak? 


Kalau saya jadi tambah sayang sama timbangan, sudah tersimpan rapi diatas lemari. Apalagi sekarang ini juga sudah masuk musim hujan, jadi bawaannya bikin kita marger dan penggennya ngemil terus. Hello, apa kabar berat badan?





Apa kabar anak-anak, masih bertahan di dalam rumah? Stock cemilan untuk keluarga di rumah aman nggak? Kayaknya kalau kita ngomongin cemilan bukan cuma anak-anak aja ya yang suka, tapi kita para orangtua juga suka ngemil bukan?


Karena keluarga dirumah pada suka ngemil biasanya stock cemilan makanan di kotak dan kulkas sebisa mungkin nggak boleh kosong niy, soalnya kalau tengah malem kelaparan bisa bahaya nanti, suka berakhir nggak bisa tidur biasanya. Nah, kalau kita ada stock cemilan paling tidak sedikit menyelematkan kita.


Tapi, ingat lho Mak! jangan sampai kita salah pilih cemilan yaa.


Kita sebagai orangtua harusnya selalu memikirkan kandungan asupan nutrisi yang akan kita berikan untuk keluarga dan anak tercinta dirumah. Apalagi saat ini kita sedang berada diposisi yang sedang tidak baik-baik saja. 


Biasanya kita sering fokus hanya pada makanan pokok saja, sedangkan untuk masalah cemilan anak-anak dan keluarga dirumah suka-suka saja, yang penting mereka suka dan senang.





Beberapa waktu lalu, tepatnya pada tanggal 22 Januari 2021, bareng Kumpulan Emak-Emak Blogger saya berkesempatan untuk mengikuti Virtual PR Launch dalam rangka menyambut Hari Gizi Nasional.


Keseruan Talk Show PR Launch Paddle Pop


Siapa yang suka beli cemilan ice cream Paddle Pop, trus nyetok juga dirumah? 


Inget banged siy Paddle Pop ini merupakan brand cemilan es krim anak yang sehat dari Unilever Indonesia yang mau mengajak kepada orangtua untuk memberikan cemilan yang sehat dan bertepatan dengan perayaan Hari Gizi Nasional 2021, Paddle Pop memperkenalkan Logo Cemilan Baik UntukMu.


Pada kesempatan talk show yang dilakukan secara online ini hadir bebrapa narasumber, Bintang Tamu dan MC yang kece, yaitu :

  • Hernie Raharja, Foods & Tefreshment Director
  • Dr. RR Dhian Probhoyekti, SKM, MA Direktur Gizi Masyarakat Kemenkes
  • Memorsa Dwi Prasito, Head of Marketing Ice Cream Unilever Indonesia.
  • Dra. Rita Endang, Apt,. M. Kes Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan
  • dr. Attila Dewanti, SP. A(K) Pediactrician
  • Sophie Novita Mom Kol sekaligus ibu dari dua orang anak
  • Acara ini dipandu oleh MC Kemal Mochtar, yang membuat suasana semakin hidup.




Kita tahu ya Mak, terkadang cemilan sering dipandang sebelah mata oleh para orang tua. Apalagi pilihan cemilan baik yang beredar di pasaran jumlahnya tidaklah sedikit.


Oleh karena itu Paddle Pop ingin mengajak para orangtua agar bisa memilih cemilan yang baik dan sehat untuk diberikan kepada anak-anak. Ingin mengajak para orangtua agar bisa memilih cemilan yang tepat bagi anak-anak.


Ibu Hernie Raharja, selaku foods & Refreshment Director Unilever Indonesia menjelaskan bahwa cemilan es krim Paddle Pop merupakan produk yang berkualitas.


Makanya bertepatan dengan Hari Gizi Nasional 2021, Paddle Pop ingin memperkenalkan logo "Cemilan Baik UntukMu" mengingat tumbuh kembang anak dipengaruhi secara fisik dan mental. Jadi sangatlah penting untuk mewujudkan itu semua. 


Memang untuk mewujudkannya diperlukan banyak faktor, dalam hal ini kita bisa memulainya dengan bermain bersama anak. Sehingga Paddle Pop kedepannya bisa terus melakukan inovasi terhadap produknya. Dalam hal ini Paddle Pop membutuhkan  kolaborasi dengan beberapa pihak seperti, pihak Kemkes, BPOM dan MUI.


Menyadari kalau saat ini cemilan baik dan sehat yang beredar di pasaran jumlahnya cukup banyak. Sudah pasti ini menjadi PR bagi kita orangtua supaya dapat memilih cemilan yang tepat.


Orangtua juga harus memahami jika peran dari cemilan juga penting bagi tumbuh kembang anak. Dra. Rita Endang., Apt,. M. Kes, selaku Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM menghimbau kepada masyarakat luas untuk selalu membaca dan memperhatikan label informasi yang terdapat pada kemasan makanan dan cemilan baik.


Tips Memilih Cemilan Sehat Untuk Anak

Harus kita akui niy kalau cemilan emang nggak bisa kita pisahkan dari anak-anak, namun apakah pemberian cemilam di sela-sela makanan pokok tetap dibutuhkan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi pada anak.


Pada kesempatan ini dr Attila Dewanti Sp. A(K) selaku dokter spesialis anak memberikan informasi yang sangat berharga bagi kita, bagaimana kriteria cemilan baik yang bisa kita berikan kepada anak? Ada beberapa kriteria yang harus kita ingat, yaitu :
  • Pilihlah cemilan dengan kadar gula, kalori dan lemak yang sesuai dengan Angka Kecukupan Gizi (AKG) anak-anak.
  • Pilihlah cemilan yang mengandung susu dan buah
  • Pola makan utama 3 x dalam sehari yaitu pagi, siang, dan malam.
  • Untuk anak balita dan usia sekolah setidaknya 2-3 porsi dalam satu hari.

Melihat penjabaran dari dr Attila kita sudah tau dunk bahwa orangtua memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan contoh positif dalam memilih makanan dan cemilan baik kepada anak-anak.

Apa sajakah itu?

  • Biasakan untuk selalu mengecek kandungan, masa berlaku yang terdapat dalam kemasan
  • Perhatikan angka kecukupan gizi untuk anak
  • Mengandung Vitamin dan Mineral
  • Memilih cemilan nggak boleh dipandang sebelah mata dan harus diperhatikan oleh orangtua
  • Memilih Paddle Pop sebagai cemilan es krim yang baik bagi anak-anak.

Lantas, kenapa  harus memilih cemilan es krim Paddle Pop, bukannya saat ini lagi musim hujan juga. Rasanya hal ini membuat kita sebagai orangtua jadi khawatir bukan, begitu juga Sophie Navita yang kita kenal sebagai seorang presenter dan ibu dari dua orang anak. Sophie ikut menyuarakan,
Jangan pernah bosan mendampingi anak-anak dan memberikan percakapan kepada anak, supaya kelak mereka bisa mewariskan  kebiasaan baik. Selain itu Sophie juga berpesan supaya kita terus meningkatkan wawasan dan pengetahuan.


Apakah Aman Mengkonsumsi Es Krim Setiap Hari? 


Soalnya sekarang ini kita masuk musim penghujan, pasti banyak orangtua yang melarang anaknya untuk mengkonsumsi es krim. Dr Attila menjelaskan sebenarnya mengkonsumsi es krim setiap hari aman qo, dan tidak menyebabkan batuk dan flu.


Tapi dengan catatan tubuh anak dalam keadaan sehat, tidak memiliki riwayat alergi dingin dan susu dan sebaiknya diberikan kepada anak-anak yang sudah menginjak usia satu tahun.


Sehingga kalau kita memilih es krim Paddle Pop sebagai cemilan baik untuk anak-anak, sangatlah boleh. Karena kamu harus tau,

- Sudah berdiri sejak 28 tahun dan menjadi pionir cemilan es krim anak di Indonesia.

- Rasanya yang enak dan memiliki kandungan susu dan buah.

- Prinsipnya tidak lebih dari kalori 110 kkal 12 g gula dan 3 g lemak jenih yang diperlukan untuk memenuhi asupan nutrisi sesuai dengan kebutuhan anak.

- Mengikuti acuan dari World Health Organization (WHO) dan Kementrian Kesehatan RI.

- Sudah memiliki ijin edar dari BPOM dan sertifikat Halal dari MUI

- Hadir dengan Logo "Cemilan Baik UntukMu" 




Jadi yuuk mak, dalam Hari Gizi Nasional kit bisa memilih lagi cemilan yang baik untuk anak-anak.


Kamu sudah stock berapa banyak es krim Paddle Pop  dirumah?