Apakah Tepat Memberikan Probiotik untuk Mengatasi Sembelit Pada Anak

Melihat anak yang tumbuh sehat dan bahagia, pasti jadi dambaan setiap orangtua, supaya hal itu bisa terwujud biasanya kita sebagai orangtua pasti akan berusaha untuk mencapainya. Jadi teringat sebuah dialog dari salah satu film Korea yang saya tonton kalau "setiap anak yang dilahirkan ke muka bumi ini, pasti akan memberikan kebahagian kepada orangtuanya, apalagi melihat mereka tumbuh sehat dan bahagia"

Yes, ibarat petani yang bercocok tanam, mereka akan merasa senang ketika apa yang mereka tanam berbuah banyak dan baik. Begitu juga dengan orangtua melihat tumbuh kembang anaknya menjadi kebahagian sendiri. Namun ketika sang buah hati merasa sakit, maka orangtua juga akan ikut merasakannya. Pengalaman pertama yang masih saya ingat betul, ketika itu pertama kalinya saya melakukan perjalanan mudik dengan balita, yang memakan waktu sekitar 8 jam perjalanan darat.

Ketika itu usia anak saya belum genap satu tahun, dan sepanjang perjalanan semua terlihat baik dan si kecil juga happy, alias nggak rewel. Tapi begitu kami sampai di kampung halaman suami, si kecil mulai rewel dan menangis. Kami pikir karena merasa lelah dan berada di lingkungan yang berbeda, yang menjadi penyebab dia menangis.

Tapi, terlihat dia menangis sambil mengeden. Akhirnya kami paham, kenapa si kecil menangis, ternyata dia sedang mengalami sembelit. Karna sedang dalam masa pengenalan makanan padat, jadi selama perjalanan si kecil ingin mencoba makanan yang kami makan selama dalam perjalanan.

Dari kejadian tersebut, yang menyebabkan si kecil merasa tidak nyaman menjadi perhatian saya untuk lebih memperhatikan makanan dan bagaimana cara mengatasi sembelit pada anak-anak.


Ketika si Kecil Mengalami Sembelit

Sembelit ini bukan hanya dialami oleh orang dewasa ajah, tapi juga anak-anak. Meskipun begitu kita nggak usah panik, biasanya sembelit itu bersifat sementara dan bisa diobati qo!

Faktor yang menyebabkan sembelit juga banyak, mulai dari aktivitas anak, adaptasi saat pengenalan MPASI, karna ini saat sistem pencernaan anak mulai beradaptasi. Awalnya hanya dikenalkan pada cairan berupa ASI, susu formula, lalu mulai diperkenalkan dengan makanan padat melalui MPASI.


Karena si kecil pernah mengalami kesulitan BAB, saya nggak mau hal tersebut membuat si kecil trauma untuk BAB. Untuk mengatasi sembelit juga nggak harus menggunakan obat pencahar atau pelunak feses, selain itu ada cara yang lebih aman untuk mengatasi masalah sembelit pada anak, seperti :

1. Memberikan si kecil minum lebih sering

Ini langkah pertama yang bisa kita lakukan, memberikan air putih yang sering dibandingkan dari biasanya.

2. Perhatikan asupan makanan si kecil

Biasanya karna ada perubahan pola makanan juga ikut mempengaruhi konsistensi tinja si kecil lho! Makanya asupan serat yang cukup harus kita berikan kepada si kecil supaya lancar saat BAB.

3. Melakukan Aktivitas Fisik

Salah satu penyebab si kecil sulit BAB juga ikut dipengaruhi oleh kegiatan fisik. Dimana semakin aktif si kecil maka ususnya juga akan ikut banyak bergerak, dan hal ini berguna untuk mendorong feses keluar tubuh.


Memberikan Probiotik untuk Mengatasi Sembelit pada Anak

Selain cara alami di atas, kita juga bisa memberikan asupan probiotik kepada anak ketika mengalami sembelit. Pada dasarnya mikroorganisme probiotik juga ada di dalam tubuh manusia secara alami, yaitu Lactobacillus dan Bifidobacterium.


Sebenarnya, apa siy probiotik itu? Probiotik ini merupakan berbagai jenis mikroorganisme hidup, biasanya bakteri yang dianggap baik untuk tubuh manusia, karena bisa membantu menjaga keseimbangan bakteri dalam saluran pencernaan. 

Selain itu kita juga suka mendengar yang namanya prebiotik, ini sama atau berbeda yaa? Ternyata beda lho, jadi jangan sampai salah ya bu ibu..

Prebiotik itu sendiri merupakan makanan probiotik yang tidak dapat dicerna oleh enzim penceraan, mampu memicu aktivitas dan pertumbuhan yang selektif, terhadap bakteri penghuni kolon. Prebiotik pada umumnya adalah karbohidrat, contohnya oligosakarida/fructooligosaccharide (FOS).

Meskipun kita manusia sudah mempunyai probiotik alami dalam tubuh sejak lahir, tapi menambahkan probiotik ke dalam makanan atau minuman dalam bentuk suplemen, dipercaya bisa meningkatkan jumlahnya dalam tubuh kita. Jadi ya memang Probiotik ini dikenal sangat baik untuk kesehatan pencernaan, lantas kapan waktu yang terbaik untuk mengkonsumsi probiotik?


Kapan Waktu Terbaik Konsumsi Probiotik?

Tidak hanya berguna untuk pencernaan saja, tapi probiotik ini juga bisa menurunkan tekanan darah, kolestoterol, dan berat badan.

Karna usus adalah tempat berbagai macam bakteri, jadi terkadang keseimbangan bakteri dalam usus bisa terganggu akibat pola makan, atau penyakit. Nah, dengan probiotik ini bisa mengembalikan keseimbangan bakteri dalam usus. Nantinya mikroba yang ada di dalamnya juga bisa membantu proses pencernaan makanan, mendukung sistem kekebalan tubuh, dan bisa juga mencegah perkembangan bakteri yang merugikan.


Sebenarnya probiotik ini khan bukan obat ya, jadi nggak ada batasan kapan harus diberikan. Kita bisa memberikan kapan saja kepada anak. Nah, tubuh manusia sangat membutuhkan bakteri baik atau probiotik, terutama bagi bayi di bawah usia 1000 hari pertamanya.


Peran Penting Probiotik 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak

As we know 1000 hari pertama kehidupan anak itu dimulai sejak masa kehamilan (270 hari) sampai dengan anak berusia 2 tahun (730 hari). 

Masa ini sering disebut sebagai usia emas tumbuh kembang anak (golden age), karena pertumbuhan otak pada anak yang begitu pesat. Oleh karena itu saat berada di 1000 hari pertama kehidupannya anak sangat membutuhkan asupan nutrisi yang baik. Salah satunya adalah asupan probiotik.

Pemberian asupan probiotik ini bukan tanpa alasan, karena sejak anak lahir sudah memiliki triliunan probiotik di dalam tubuhnya yang terjadi akibat perpindahan bakteri baik dari ibu ke anak selama dalam kandungan.

Alhasil probiotik memiliki banyak manfaat, dimana periode 1000 hari pertama anak mempunyai dampak yang luar biasa untuk kesehatan masa depan anak dan pertumbuhan anak secara fisik maupun kognitif, faktanya :

  • 70% dari kesehatan masa depan anak ditentukan di 1000 hari pertama
  • 80% dari pertumbuhan otak anak terjadi di 1000 hari pertama 
Karena pentingnya bakteri baik di 1000 hari pertama untuk anak, interlac dapat mendukung di 1000 hari pertama sebagai suplementasi bakteri baik bagi ibu hamil maupun bagi si kecil. Memang apa ajah siy keuntungan dari Interlac? 


Keuntungan Interlac yang Perlu Diketahui

Sebagai suplemen probiotik, Interlac bisa menyehatkan pencernaan dan tubuh secara keseluruhan. Interlac mengandung bakteri Lactobacillus reuteri DSM 17938, dimana ini merupakan salah satu probiotik yang paling banyak diteliti di dunia dengan efikasi dan keamanan yang teruji klinis untuk segala usia.



Interlac juga salah satu produk impor dari BioGaia, perusahaan Swedia yang dikenal sebagai World Leader in Probiotics. Jadi ketika memilih suplemen probiotik yang baik, perlu diperhatikan hal berikut ini 

  • Interlac sebaiknya dikonsumsi mulai dari 1000 hari pertama kehidupan untuk mendukung tumbuh kembangnya. Penggunaan Interlac dapat digunakan setiap hari dan jangka panjang, karena Interlac merupakan suplemen bukan obat, konsumsi interlac jangka panjang dapat bantu jaga saluran cerna dan daya tahan tubuh. Interlac dapat dikonsumsi baik sebelum ataupun setelah makan. 
  • Dalam pemilihan suplemen probiotik, pastikan sudah teruji klinis dan jumlah umlah bakteri baiknya sesuai dengan standar WHO

Oleh karena itu Interlac aman untuk dikonsumsi bayi sejak lahir, karena Interlac sudah memenuhi semua syarat probiotik yang baik dari WHO. Dimana syarat dari WHO adalah :

1. Berasal dari manusia
2. Dapat tumbuh dan bertahan di mukosa saluran       cerna
3. Tahan terhadap asam lambung dan cairan           empedu
4. Menghasilkan zat antimikroba
5. Mampu melawan mikroorganisme jahat         (pathogen)
6. Terdokumentasi penilitian klinis yang baik

Ada catatan penting lagi niy, dimana saat ini sedang ramai issue interlac drop palsu, supaya nggak kemakan informasi tersebut, ada tips supaya kita bisa mendapatkan produk yang aman. 

Sekarang khan lagi ramai ya di pasaran, kalau dijual produk Interlac Palsu, jika dilihat dari sisi kemasan sangat mirip siy dengan Interlac yang Asli. 
Jadi kita harus benar-benar pastikan belinya di Interbat Official Store di e-commerce kesayangan, atau bisa juga secara offline di baby shop, viva health, watsons, guardian dan apotek terpercaya.

Bisa beli disini juga lho https://linktr.ee/interlacprobiotics

Nah selain itu sekarang ini juga lagi ramai issue sediaan cair, trus apa interlac drop bebas dari cemaran berbahaya nggak ya?

Seperti penjelasan saya sebelumnya kalau Interlac drops mengandung bakteri baik Lactobacillus reuteri DSM 17938, bukan tergolong ya, jadi aman  dan dalam persediaan sirup tidak menggunakan bahan pelarut seperti produk sirup pada umumnya yang berpotensi mengandung cemaran EG dan DEG.

Selain itu Interlac Drop juga sudah diperkuat dengan Surat Keterangan BPOM yang menyatakan Interlac bebasd ari EG dan DEG dan cemaran berbahaya lainnya. Note sudah ada keterangan BPOM yaa..



So, demikian teman yang bisa saya bagikan saat ini, jangan lupa untuk selalu memperhatikan asupan suplemen anak-anak kita yaa, dan pastikan berikan suplemen yang aman dan sudah teruji klinis baik. 


7 komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Masalah sembelit pada anak ternyata nggak bisa dianggap sepele ya, harus ditangani dengan tepat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, soalnya salah penanganan bisa membahayakan kesehatan anak.

      Hapus
  3. Anakku juga konsumsi Interlac, dan syukurnya cocok

    BalasHapus
  4. Well, semenjak dalam kandungan anak sudah butuh yang namanya probiotik yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes, dan ini yg mesti disebar informasinya ke masyarakat luas.

      Hapus

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, semoga bermanfaat.
Tunggu kunjungan balik saya di Blog kalian.

Salam hangat