Friday, December 21, 2018

Tanya Marlo Solusi Pertanyaan Kamu mengenai HIV AIDS

Berteman dengan ODHA aman nggak siy?

Well, pertanyaan ini mungkin ada di benak kamu juga? Ketika di lingkungan kita ada yang terinfeksi HIV AIDS, harus mengambil sikap seperti apa siy? Harus jaga jarak atau tetap berteman.


Mau Informasi seputar HIV AIDS, Tanya Marlo ajah!
Kalau jadi temennya khawatir nanti akan tertular. Apa yang mesti kita lakukan agar tak tertular virus ini, dan masih banyak pertanyaan lain yang ingin kamu tanyakan, tapi enggan dan bingung mau bertanya kepada siapa. Salah bertanya nanti dikira kita yang terjangkit virus ini.



#TanyaMarlo ajah, ini salah satu solusi dari segudang pertanyaan kamu mengenai HIV AIDS. Saya mengenal Tanya Marlo ini ketika menghadiri acara peluncurannya tanggal 18 Desember 2018 yang bertempat di The Hook Resto & Bar Jl. Cikatomas 2, Senopati Jakarta Selatan.

Mengenal #TanyaMarlo

Who is He? Jadiii, #TanyaMarlo ini merupakan aplikasi yang diluncurkan oleh UNAIDS Indonesia dan yang pertama kali ada di dunia, lengkapnya Tanya Marlo ini adalah mobile chat platform yang terintegrasi dalam LINE, yang bertujuan untuk membantu anak muda Jakarta mengakses informasi dan layanan terkait HIV AIDS jadi lebih mudah.


Hello! My Name is Marlo

Sedangkan UNAIDS sendiri Program Gabungan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk HIV/AIDS yang berdiri pada tahun 1996. 

UNAIDS telah memimpin berbagai inovasi dan kemitraan lokal, nasional dan global untuk menanggulangi HIV sebagai bagian dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Dimana pada tahun 2016 Indonesia terdata sebanyak 48.000 orang terinveksi HIV, dalam jumlah tersebut tidak hanya pekerja seks saja lho yang terinveksi. Kenyataanya, banyak pula dialami oleh ibu rumah tangga dan anak-anak muda.

Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Karena kurangnya akses informasi mengenai HIV AIDS, termasuk pengetahuan dan sikap penolakan terhadap pentingnya memiliki pengetahuan tentang HIV AIDS.

Banyak diantara mereka merasa berada di lingkungan yang aman dan sudah merasa kehidupan mereka jauh dari pergaulan orang-orang yang terkena HIV AIDS. Padahal virus ini bisa terinfeksi kepada siapa saja.

Mengenai cerita hal tersebut sudah saya bahas di penulisan sebelumnya.
Baca juga : Fakta terbaru mengenai HIV/AIDS

Masih banyak Stigma yang salah mengenai penularan virus HIV/AIDS ini di tengah masyarakat kita. Padahal penyebaran virus ini nggak mudah qo!

Lantas, bagaimana dengan anak muda zaman sekarang, yang pergaulannya lebih bebas. Apakah mereka akan lebih mudah mendatangkan risiko HIV/AIDS yg lebih besar?

Sebetulnya enggak juga qo, bukan berarti zaman dulu perilaku-perilaku yang berisiko tersebut tidak ada. Hanya saja zaman sekarang lebih terbuka untuk membicarakannya.

Tanya Marlo Solusi Pertanyaan Kamu Mengenai HIV AIDS

Tanya Marlo ini hadir untuk memberikan fasilitas kepada kita semua untuk mendapatkan informasi lebih banyak mengenai HIV AIDS tanpa adanya penghakiman seperti seringkali yang ada di dunia nyata.

Jadi ini lah yang menjadi salah satu alasan UNAIDS menciptakan aplikasi Tanya Marlo, bagi siapapun yang ingin bertanya tentang HIV AIDS tanpa merasa malu dan khawatir.

Mengenali HIV AIDS ini bisa dilakukan dengan cara pencegahan, menghentikan penyebarannya, dan jika kamu terlanjur terkena virus HIV bisa mendapatkan penanganan dan pengobatan.



Akses kesemua hal tersebut, bisa kita dapatkan di aplikasi Tanya Marlo ini. 

Dalam kesempatan hari itu, hadir beberapa pembicara dan hadir ibu Krittayawan (Tina) Boonto, UNAIDS Indonesia Country Director mengatakan, dengan memanfaatkan teknologi sekarang ini, Tanya Marlo hadir untuk berinteraksi kepada anak-anak muda zaman now dengan cara-cara baru yang selama ini belum terjangkau untuk mendapatkan informasi mengenai HIV AIDS.

Tanya Marlo memberikan solusi untuk menjawab tantangan ini dan bisa menjadi seorang sahabat yang enak diajak bicara sekaligus menjadi pendukung setia.

Aplikasi Tanya Marlo ini memiliki 4 fitur yang menarik, edukatif dan informatif mengenai informasi seputar HIV AIDS, yaitu :

1. Info HIV
Fitur ini menyediakan segala informasi seputar HIV AIDS yang disampaikan melalui konten-konten menarik, seperti artikel, infografis, perbandingan mengenai mitos & fakta, dan video.

2. Kuis
Permainan kuis ini menantang pengetahuan dan pemahaman mengenai pertanyaan-pertanyaan HIV AIDS yang menyenangkan.

3. Konsultasi
Fitur ini memberikan akses ke konselor terpercaya bagi yang membutuhkan saran atau ingin bertanya tentang HIV AIDS secara lebih lanjut dan pengobatannya.

4. Tes HIV
Tanya Marlo memberikan kenyamanan bagi siapapun yang membutuhkan informasi tentang klinik-klinik yang menyediakan jasa tes HIV, termasuk lokasi, tatacara, dan jam operasional.

Jadi Pahlawan untuk Diri Sendiri dengan Tes HIV

Aku udah cobain lho aplikasi ini, tinggal add ajah di Line, bahasanya juga friendly dan aplikasi ini mudah untuk digunakan. Jadi mengetahui informasi mengenai HIV AIDS saat ini jauh lebih menyenangkan.

Aplikasi Tanya Marlo friendly dan rahasia kita terjamin aman qo!

Oiya meskipun aplikasi ini terlihat seperti bot, tapi nyatanya ini nggak seperti bot, soalnya ketika kita diam ajah, eh Marlo ini yang nanya ke kita, lagi sibuk ya bro? Qo diam ajah, jadi berasa beneran chat sama teman.

Trus, sekarang nggak usah khawatir lagi ya kalu mau melakukan tes HIV AIDS. Anggap saja tes tersebut merupakam investasi untuk kesehatan kita di masa depan. Karena sebenarnya kita semua punya hak untuk tau qo!

Tes HIV ini sebaiknya dilakukan secara rutin, sekitar satu tahun sekali. Yuk, kita jadi pahlawan bagi diri sendiri dengan melakukan Tes HIV AIDS.

12 comments:

  1. Semoga informasi seputar HIV ini bisa disampaikan dengan baik dan benar, jadi pemahaman masyarakat terhadap ODHA ini pun jadi lebih baik lagi

    ReplyDelete
  2. Penting banget edukasi soal penyakit yang satu ini karena stigma dan pandangan miring muncul karena kurangnya pengetahuan..salam

    ReplyDelete
  3. Wajahnya Marlo plek kayak gitu nggak ya hahaha kalau iya modis ih, terus ada juga kali ya yang tanya di luar topik kesehatan ya.

    ReplyDelete
  4. Informasinya bagus, mba...masih bnayak yang belum mengerti tentang HIV ini.

    ReplyDelete
  5. Masih banyak PR soal satu ini, selain mengkampanyekan gaya hidup sehat, juga edukasi pada masyarakat untuk tidak mengucilkan ODA

    ReplyDelete
  6. Awalnya aku kita Tanya Marlo ini tokoh nyata. Itu lho, chef yang juga magician itu. Ternyata tokoh fiktif yang merupakan aplikasi buat tanya jawab soal HIV/AIDS. Semoga membawa manfaat buat banyak orang ya. Supaya stigma dan hoax negatif soal HIV/AIDS ini bisa dihalau dengan berita dan fakta yang nyata. :)

    ReplyDelete
  7. Sudah ada tabya marlo. Enak ya konsultasi soal hiv/aids jadi lebih mudah. Dengar2 tabya marlo ini asli dipegang oleh human. Bukam robot otomatis mesin..keren sih kalo benar.

    ReplyDelete
  8. Wajib banget untuk mengetahui, lebih tepatnya mencari informasi kesehatan. Ya, salah satu aset penting dikehidupan kita..

    ReplyDelete
  9. Holla Marlo, semoga masyarakat kini menjadi lebih terbuka dan teredukasi tentang HIV Aids ya.. pengetahuan dikemas dengan teknologi memungkinkan masyarakat menerima dengan lebih mudah. Inovasi yang layak mendapat apresiasi.

    ReplyDelete
  10. Ya semoga bisa bermanfaat utk yg memerlukannya terutama yg malu bertanya secara langsung..

    ReplyDelete
  11. Wah udah ada aplikasinya, keren ihh UNAIDS tahu aja kadang kita suka bingung mau tanya perihal AIDS ke siapa. Maklum pertanyaan seputar AIDS masih dianggap pertanyaan tabunoleh sebaik masyarakat di Indonesia. Thanks ya mbak infonya.

    ReplyDelete
  12. Wah keren, sekarang udah ada app tanya Marlo.
    Emang info tentang HIV/AIDS ini terkesan baru sepotong-sepotong. Beberapa orang juga merasa tabu kalo ngomongin HIV/AIDS. Padahal masalah ini ada di sekitar kita, dan semua orang punya potensi tertular.
    Semoga app ini bermanfaat untuk masyarakat banyak.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, semoga bermanfaat.
Tunggu kunjungan balik saya di Blog kalian.

Salam hangat