Melalui Teknologi LockNutri dan One Single Process, Friso Hadir Agar Anak Kuat dari Dalam

Makanan dan Minuman Bernutrisi Alami
Untuk Anak Kuat dari Dalam Dok. BP
Halo Moms semuanya

Sebagai orangtua berbicara mengenai nutrisi anak memang tak ada habisnya, karena setiap orangtua ingin memberikan yang terbaik untuk anak-anak mereka. Terutama mengenai makanan dan minuman dengan kandungan alami yang diperlukan oleh tubuh agar dapat diserap dengan baik oleh sistem pencernaan.

Seperti yang kita ketahui, sistem pencernaan sendiri merupakan fondasi bagi sistem imun untuk menjaga agar anak dapat tumbuh dan berkembang dengan maksimal. Berbagai masalah pencernaan yang sering terjadi pada anak-anak dapat mengakibatkan tidak akan tercapai kemampuan optimal yang sesuai dengan potensi genetiknya.

Oleh karena itu pastikan bahwa menu yang disajikan untuk si kecil dapat memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya, Terutama untuk anak yang memasuki usia pra sekolah dan yang mempunyai risiko besar terkena gizi kurang. Pada usia inilah biasanya anak tumbuh dan berkembang dengan cepat, sehingga membutuhkan zat gizi yang lebih banyak.

Sementara itu, anak-anak juga mengalami penurunan nafsu makan dan daya tubuhnya masih rentan, sehingga akan lebih mudah terkena infeksi dibandingkan dengan anak yang usianya jauh lebih tua.

Moms Blogger Gathering Friso Dok. BP
Narsis Sebelum Acara dan
Get as Best Dress on The Day#Friso
Beruntung saya bisa mendapatkan informasi mengenai nutrisi yang baik untuk pertumbuhan anak ini, di acara Moms Blogger Gathering Friso yang dilaksanakan pada hari sabtu, tanggal 2 Desember di Kembang Kencur, JL. Pejaten Barat No.16 A Jakarta. 

Moms Blogger Gathering Friso

Susu Friso sendiri pasti moms sudah tau dunk, yupp friso adalah susu premium dari FrieslandCampina yang produksinya menggunakan konsep 'Grass to Glass' yaitu dimana rantai produksi dimulai dari pakan rumput berkualitas hingga menjadi produk akhir. 

Susu Friso FrieslandCampina Dok. BP

Friso FrieslandCampina
FrieslandCampina sendiri merupakan salah satu produsen susu terbesar di dunia yang menyediakan pangan kaya gizi kepada jutaan konsumen di seluruh dunia. FrieslandCampina sudah memiliki kantor cabang di 33 negara termasuk di Indonesia dan produknya telah tersedia lebih dari 100 negara. Salah satu produk unggulannya adalah susu friso yang sudah dapat kita temukan di Indonesia.

Acara ini menghadirkan tiga narasumber yang kebetulan mereka satu alumni namun berbeda angkatan saja ternyata, hadir sebagai pembicara : Dokter spesialis gizi klinik dr. Diana F Suganda, MKes, SPGK, Dokter spesialis anak dr. Aulia Fitri Swity, SpA, MKes dan dr. Rulli P.A Situmorang - Medical Marketing Manager Friso

Peran Nutrisi Alami untuk Anak

Nutrisi merupakan salah satu aspek penting yang dibutuhkan bagi pertumbuhan anak. Menurut dr. Diana status gizi anak dalam masa pertumbuhan berperan penting terhadap perkembangan fisik, sosial dan juga mentalnya. Nutrisi yang baik juga berperan terhadap ketahanan atau sistem kekebalan tubuh si kecil.

Jika zat gizinya terpenuhi dan lengkap sehingga dapat diserap dengan baik oleh tubuhnya, maka sistem imun anak akan semakin kuat. Dengan begitu si kecil tidak akan mudah terserang penyakit, kesehatannya pun terjaga, prestasi belajar lebih baik, konsentrasi juga baik dan memiliki emosi yang stabil.

Pedoman Umum Gizi Seimbang
Jika dulu kita sering mendengarnya dengan istilah 4 sehat 5 sempurna, tapi sekarang ini kita sebut dengan Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS), prinsip dasarnya hampir serupa, namun telah diperbaharui dengan beberapa hal.

Mau tau nutrisi apa saja yang baik untuk pertumbuhan anak? Nah, ini niy moms nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh anak-anak kita di masa pertumbuhannya :

Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi anak, hampir separuh dari energi yang dibutuhkan anak berasal dari sumber makanan yang kaya karbohidrat seperti roti, nasi, sereal, mie kentang dan yang lainnya.

Protein

Asupan gizi yang baik salah satunya terdapat pada makanan yang banyak mengandung protein, karena protein sendiri sangat diperlukan untuk pertumbuhan, pemeliharaan, perbaikan jaringan tubuh yang rusak dan juga bermanfaat untuk perkembangan otak.

Protein ini bisa kita berasal dari hewani, seperti ikan, daging, telur, keju dan susu, selain itu ada juga protein nabati yang berupa kacang-kacangan.

Lemak

Anak-anak membutuhkan lebih banyak lemak jika dibandingkan dengan orang dewasa, karena tubuh mereka menggunakan energi yang lebih secara proposional selama pertumbuhan dan perkembangan mereka. Selain itu beberapa lemak dalam makanan ternyata menyediakan asam lemak esensial, yaitu lemak yang tidak tersedia di dalam tubuh.

Sumber lemak bisa kita dapatkan dari mentega, susu, daging, ikan dan ternyata buah alpukat juga penghasil lemak yang baik lho moms untuk tubuh kita, asalkan dalam mengkonsumsinya tidak menambahkan dengan gula atau susu.

Vitamin dan Mineral

Vitamin adalah zat organik kompleks yang dibutuhkan dalam jumlah yang sangat kecil, tapi sangat penting dalam metabolisme tubuh. Sedangkan mineral merupakan zat anorganik yang dibutuhkan oleh tubuh untuk berbagai fungsi.

dr. Diana F. Suganda, MKes, SpGK
Dr, Diana menambahkan, berbagai semua jenis zat gizi tersebut perlu dicerna dan dapat diserap oleh saluran cerna anak agar manfaat dari gizi itu dapat disalurkan ke organ-organ tubuh yang memerlukan. 

Agar anak-anak kita mendapatkan semua manfaat gizi makanan, mereka perlu mendapatkannya dari yang alami. Maksudnya, seluruh makanan maupun minuman tersebut sebaiknya dikonsumsi oleh anak dalam keadaan alami, dengan kandungan gizinya yang tetap terjaga dan tidak rusak.

Salah satu cara untuk menjaga bentuk alami makanan, pengolahan makanan menjadi faktor yang cukup penting. Perlu diketahui ya moms, tak semua makanan harus dengan proses pemasakan yang lama dan suhu tinggi lho! Tergantung pada jenis makanan, misalnya saja sayur sebaiknya hanya dimasak dalam waktu yang sebentar untuk mempertahankan kandungan gizinya.

Sebaliknya, bahan makanan seperti daging dan ayam harus dimasak lebih lama agar bakteri-bakteri yang ada di dalamnya mati. Jadi moms tahu dunk terkadang jika kita sudah memilih makanan yang dikonsumsi dengan benar, namun ada yang salah dalam proses memasaknya, alhasil makanan tersebut tidak akan terserap dengan baik oelh tubuh.

3 Faktor Tumbuh Kembang Anak

Sejalan dengan hal itu Dr. Aulia Fitri Swity mengatakan ada beberapa faktor yang harus moms perhatikan agat tumbuh kembang anak menjadi optimal, yaitu ada 3 :
1. Genetika
2. Stimulasi
3. Nutrisi

Nutrisi dan sistem pencernaan saling terkait erat, kedua hal tersebut akan berdampak terhadap tumbuh kembang anak. Jika asupan gizi anak baik maka akan berdampak positif terhadap kesehatan pencernaan, sebaliknya pencernaan yang sehat akan berdampak positif terhadap asupan nutrisi.

Terkadang permasalahan pencernaan bagi sebagian orang tua masih dianggap sepele, padahal gangguan sistem pencernaan ini akan berdampak negatif terhadap tumbuh kembang anak. Kenapa menjaga saluran cerna itu penting?

Karena saluran cerna merupakan organ kekebalan tubuh yang terbesar, sekitar 80% sel pada saluran cerna menghasilkan antibodi dan 40% jaringan saluran cerna disusun oleh kelenjar getah bening yang terbesar dalam tubuh manusia. Noted ya moms!

Kedua komponen inilah yang sangat berperan penting dalam sistem imun tubuh. Tau nggak siy Moms, luas permukaan saluran cerna pada orang dewasa itu, memiliki berat 50 kilogram, dan apabila dibentangkan hampir sama dengan luas lapangan tenis. Wow..

dr. Aulia Fitri Swity, SpA, MKes
Dr. Aulia juga mengatakan 3 dari 10 anak mengalami ganguan saluran pencernaan, dimana 12% anak mengalami konstipasi dan 5,2% balita di Indonesia terdiagnosis diare, sedangkan diare ini penyebab kematian anak nomer 2 di Indonesia.

Konstipasi sendiri merupakan masalah pencernaan yang bisa terjadi pada siapapun, tak terlecuali pada anak-anak. Konstipasi juga dikenal dengan susah buang air besar, tidak teratur dan tidak bisa sama sekali melakukan buang air besar selama 2 minggu. 

Sembelit atau kesulitan buang air besar pada anak biasanya disebabkan oleh beberapa kemungkinan, diantaranya adalah :

➮ Kekurangan asupan cairan
➮ Kekurangan asupan serat
➮ Kurang gerak atau olahraga

Sebagian anak-anak pada kenyataanya memang tidak menyukai sayur dan buah sebagai sumber serat utama, jika si kecil sudah terlanjur mengalami konstipasi, apa solusi yang dapat kita lakukan?

1. Sebagai orangtua kita dapat mengajarkan kepada anak untuk pola buang air besar secara teratur.
2. Mengajak si kecil untuk banyak bergerak atau berolahraga, salah satu gerakannya seperti gerakan melingkar pada kaki seolah-olah si kecil sedang mengayuh sepeda.
3. Perbanyak konsumsi air putih
4. Lakukan pijatan pada perut anak, lakukan tekanan lembut tetapi konstan kurang lebih selama 3 menit.
5. Untuk anak yang mengonsumsi susu formula sebagai pelengkap nutrisi harian, pilihlah susu yang tepat untuk mengatasi permasalahan konstipasi pada anak.

Jika pencernaan si kecil sudah terganggu maka nafsu makan menjadi menurun alhasil asupan nutrisi juga berkurang Akibatnya anak tidak akan nyaman untuk beraktifitas  Tentu saja anak menjadi tidak bergairah untuk bermain dengan teman sebayannya Anak-anak pun tidak lagi tertarik mengeksplorasi lingkungan sekitarnya  Yang terparah adalah tumbuh kembang anak tidak sesuai.

Lantas dengan cara apa kita dapat mengetahui sistem cerna anak kita, sehat atau tidak? Salah satu caranya yaitu dengan menilai fases/ BAB anak sebagai berikut :

Jenis-Jenis Feses
Tipe 3 dan 4 dikategoriyakan sebagai tipe feses yang normal, sedangkan untuk tipe 1 dan 2 menandakan si kecil mengalami konstipasi.

Penting bagi kita sebagai orangtua untuk terus memantau tumbuh kembang anak, sehingga kita bisa menciptakan generasi emas Indonesia tahun 2045 yang sehat dan sejahtera, termasuk memilih susu dengan memastikan tidak hanya kandungan nutrisinya saja, tetapi bahan baku dan proses pengolahannya harus baik.

Friso dengan olahan Single Process

hadirnya susu Friso di Indonesia memberikan solusi untuk memberikan nutrisi alami, agar anak kuat dari dalam sehingga si kecil akan bebas bereksplorasi dan mendapatkan pengalaman yang berharga.

dr. Rulli P. A Situmorang
Medical Marketing Manager Friso Dpk. BP
Dr. Rulli P.A Situmorang sebagai narasumber yang ketiga pada acara hari itu memberikan penjelasan tentang pengolahan susu untuk anak yang benar. Dimana konsep yang dihadirkan oleh Friso yaitu Nature Science, yaitu Friso memiliki peternakan sendiri sehingga dapat mengontrol seluruh mata rantai proses produksi (mulai dari kualitas rumput, hingga produk akhir).

Selain itu perbedaan proses produksi Friso dengan susu lain adalah Friso menggunakan single process (satu kali pemanasan) sehingga mengandung agregat dan glikasi protein yang lebih sedikit dan menjadikan Friso lebih mudah untuk dicerna.


Keistimewaan Friso dengan Single Process ini yaitu didukung dengan teknologi LockNutri. Apa itu LockNutri? Teknologi LockNutri dari Friso memastikan kualitas protein di dalam susu selalu terjaga dengan baik, sehingga mudah diserap dan dicerna oleh tubuh balita. Apa saja manfaatnya

Makanan yang sering diolah berulang kali, menyebabkan struktur alami protein di dalamnya menjadi rusak dan hancur, Hal ini juga terjadi pada susu formula lho moms. Jadi LockNutri ini menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. 

Teknologi ini tidak menggunakan pemanasan berlebih saat proses produksi susu Friso, sehingga kandungan protein di dalamnya tetap utuh terjaga. Dengan begitu, kandungan nutrisi yang ada dalam susu lebih mudah diserap tubuh si kecil dengan efektif.

Karena peran protein sangat penting untuk pembentukan otot, kulit, rambut, tulang serta sistem kekebalan tubuh anak melalui produksi antibodi, maka susu Friso dapat melindungi anak secara alami dari dalam. Nah, moms kalau si kecil sehat pastinya anak akan lebih bahagia dan bisa mempunyai pengalaman yang seru bersama kita sebagai orangtuanya.

Terima kasih untuk Blogger Perempuan atas undangannya, terima kasih untuk Friso FrieslandCampina atas acara Moms Blogger Gathering yang luar biasa ini. Tugas kita lah sebagai orangtua untuk mencontohkan pola makan dan hidup yang sehat kepada si kecil.

Ingat Moms! Anak akan lebih cenderung mudah belajar dengan melihat contoh.

Suasana saat Acara Berlangsung
dengan sang MC yang Keren Mba Tyas Dok. BP

Foto Bersama Blogger Perempuan After Acara

67 komentar

  1. Kasihan kalau anak kena sembelit ya, memang sih kadang anak malas makan sayur dan buah, jd kurang serat, susah deh BAB-ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa Mba betul, kita ajah yang orang dewasa merasakan sakitnya, apalagi anak2. Makanya harus cari akal supaya anak2 mau makan buah dan sayur biar BABnya lancar.

      Hapus
  2. Selain makanan yg dikonsumsi, susu ternyata cukup penting juga ya untuk mendukung tumbuh kembang anak.Terutama utk mendukung kelengkapan asupan nutrisi yg masuk ke tubuh anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyess Mak, selain makanan dan minuman, susu juga berperan penting. Jadi harus pilih yang tepat biar pertumbuhan anak2 kita optimal.

      Hapus
  3. Boleh nih anakku dikasih Friso supaya masalah pencernaannya teratasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa ya Mba kandungan susu Friso mudah diserap tubuh anak2.. Semoga si kecil sehat dan cocok sama susu Friso.

      Hapus
  4. Aku belum pernah coba friso, tapi kayaknya bisa dicoba nih next time buat dua jagoan di rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa Mbaa, monggo dicoba buat si kecil dirumah. Friso salah satu susu bernutrisi alami yg mudaj diserap sistem pencernaan anak. Semoga cocok ya Mbaa.

      Hapus
  5. Usia anak masa pertumbuhan nemang erat kaitannya sama permasalahan pencernaan. Maka dari itu perlu bgt aware sama susu atau jenis makanan yg hrs dikonsumsi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mbaa, masalah pencernaan bukanlah hal yang sepele dan ini penting untuk para orang tua dan calon orang tua tahu kalau sistem cerna merupakan imun tubuh.

      Hapus
  6. Wah baru tahu mbak ada teknologi locknutri. Nutrisi memang harus dijaga ya demi kesehatan anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yess, dengan teknologi one process ini nutrisi dalam susu Friso tetap terjaga jadi mudah untuk diserap oleh tubuh anak dech!!

      Thanks ya Kaa udah mampir

      Hapus
  7. Asupan gizi dan pengelolahan panting. Tapi pengelolahan yang suka bikin masalah terkadang susah mengelola.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mpo, bukan hanya dalam pemilihan menu makanan dan minumannya saja yang tepat tapi pengolahannya juga harus benar. Supaya bisa diserap oleh tubuh.

      Hapus
  8. Miss suka makan ikan, Anak anak untungnya gak ada alergi. Jadi enak masak apapupun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh.. Bersyukur ya Miss nggak ada uang alergi, jadi menunya bisa bervariasi dan biar anak2 kuat dari dalam ya Miss.

      Hapus
  9. Aku baru tahu friso skrng loh mbak, kandungan gizinya cocok untuk kebutuhan anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Aku pun juga Mba, ternyata Friso ini memiliki teknologi yang canggih yaa. Jadi nutrisinya tetep terjaga dan mudah diserap untuk tubuh anak2.

      Hapus
  10. Dengan tagline from grass to glass pasti susunya sangat berkualitas dan bisa memenuhi kebutuhan nutrisi anak saya di rumah.mkch infonya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa betull Mbaa, dengan teknologi lockNutri jadi kandungan nutrisi susu Friso tetap terjaga.

      Hapus
  11. Jangan sampai deh kekurangan nutrisi buat anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju Mba Alida, buat anak harus kasih yang terbaik yaa, demi tumbuh kembang yang optimal.

      Hapus
  12. Jd ternyata klo sembelit itu tanda sistem pencernaan gk sehat ya, dan berpengaruh bgt pd tumbuh kembang anak. Manfaat bgt deh ikut mom gathering kmren, nambah ilmu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mbaa, masalah pencernaan nggak boleh disepelekan yaa, makin tercerahkan dech dengan ilmu yang di share di acara gathering ini.

      Hapus
  13. Ternyata proses pengolahan susu yang baik itu harus benar benar tepat ya,biar kandungan nutrisinya tetap alami :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya salah pengolahan, nantinya bisa membuat kandungan nutrisinya hilang.

      Thanks sudah mampir ya Mbaa

      Hapus
  14. Pas banget Rayyan lagi cari susu pendamping tambahan nih. Kayaknya Friso bagus ya mba...

    BalasHapus
  15. Wahh bener Mba Amel, susu Friso kualitasnya oke Mba, nutrisi dari dalam susu untuk anak kuat dari dalam niyy..

    BalasHapus
  16. Memang benar yah ternyata tidak hanya jenis bahan pangannya saja yang perlu diperhatikan, tapi juga bagaimana mengolahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba, salah pengolahan bisa berakibat fatal untuk kesehatan anak ya..

      Hapus
  17. Protein sebagai pembentu tubuh sangat diperlukan anak-anak sejak dini. Oleh karenanya teknologi locknutri bisa bermanfaat bagi balita. Salam mba Evi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupp, agar pertumbuhan anak2 optimal sudah seharusnya kita memperhatikan makanan dan minumannya ya Mba.

      Nah, adanya locknutri ini nutrisi Friso jadi terjaga dech. Terima kasih sudah mampir, salam juga Mba D.Pusupa.

      Hapus
  18. Memperhatikan asupan anak penting, akan memoengaruhi tumbuh kembang

    BalasHapus
  19. Sangat penting, memperhatikan asupan buah hati ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas Agung, nutrisi anak2 perlu kita perhatikan sejak dini biar pertumbuhannya optimal.

      Hapus
  20. Coba seandainya mom Indonesia semua sadar kalo nutrisi itu penting banget buat tumbuh kembang si anak, insya Allah anak-anak Indonesia akan sehat dan kuat dan yang terpenting mereka juga cerdas sehingga bangsa Indonesia bisa bersaing dengan negara maju lainnya. Merdeka!!! Hehe 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas Dede, semoga semakin banyak orangtua yang melek akan pentingnya nutrisi alami untuk anak2, demi generasi emas Indonesia 2045 mendatang.

      Hapus
  21. Friso ini rasanya emang enak ya, pas nyicipin tu gak kerasa zat besinya kyk susu2 formula lain :D
    Jd pengen jg beliin buat anak2 #moduspadahalemaknyasukanyicip haha :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh, Mba April nyobain juga yaa!! Enak ya Mba, pantesan anak2 banyak yang suka, rasanya emang enak tochh..

      Cuss lah Mba beli buat anak2, biar emaknya bisi nyicip lagi. Heheheh

      Hapus
  22. Iyes....dalam pengolahan susu dan makanan kudu bener biar nutrisinya tidak hilang.

    BalasHapus
  23. dr Aulia cantik ya
    dr Rully juga ganteng ya. Eaaaa hahaha
    Nutrisi ini pondasi anak banget deh. Kalau nggak cukup dimasa tumbuh kembangnya. Sayang kan kecerdasan otaknya nanti tidak tumbuh maksimal

    BalasHapus
  24. Kalau Pops baru tau ada susu ini. Thx informasinyaa

    BalasHapus
  25. makasih infonya.... jadinya sembelit anak2 bisa teratasi
    tahu sendiri kan...anak2 itu kadang susah bgt di suruh makan sayur dan buah
    jadinya sering bgt sembelit

    BalasHapus
  26. waahh harus lebih aware dengan asupan alula nih.. ternyata asupan yg masuk ngaruh banget ke pertumbuhannya.. tfs mba :)

    BalasHapus
  27. FRISO ini kok ngga bikin acara di Surabaya yak?
    Pasti bermanfaat banget nget nih
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  28. Makanan dan minuman dengan nutrisi alami ternyata manfaatnya luar biasa ya. Btw, jadi pengen beli FRISO deh, haha

    BalasHapus
  29. Banyak orang2 berkompeten di acara itu, pasti susu yg dibicarakan memang layak dikonsumsi anak Indonesia. Apalagi ada teknologi lockNutrinya

    BalasHapus
  30. Cara pengolahan makanan memang harus benar2 kita perhatikan yaa

    BalasHapus
  31. Kembali ke alam hal yang paling bijak khususnya bagi anak2 infonya lengkap sekali Mbak. Terima kasih sdh menuliskannya bg kami

    BalasHapus
  32. Nah baru tau skrg udh gak 4sehat 5sempurna lagi, tpi sesuai gizi yang berimbang. Friso berperan penting juga ya dlm proses tumbuh kembang anak, untuk masa depannya yg cemerlang.

    BalasHapus
  33. Setuju banget nih klo nutrisi punya peran yang sangat penting utk tumbuh kembang anak. Dan semua itu bisa didapat dari asupan dengan gizi berimbang.

    BalasHapus
  34. semoga makin banyak kegiatan yang diadakan Friso supaya banyak ibu ibu yang memberikan nutrisi untuk anaknya :)

    BalasHapus
  35. ngeliat tabel gambar jeni2 feses kok bwrasa mandangin jenis-jenis coklat yaaaaa ��

    BalasHapus
  36. Persoalan nutrisi memang ga boleh main-main, ya.

    BalasHapus
  37. Aku setuju kata - kata terakhirnya: Anak akan lebih cenderung mudah belajar dengan melihat contoh. Bener banget asli.

    BalasHapus
  38. Oh sekarang namanya udah ganti ya jadi pedoman gizi seimbang. Kebutuhan gizi anak memang penting banget sih, karena ngaruh juga dengan daya tahan tubuh plus kecerdasan.

    BalasHapus
  39. Brarti bukan cuma rumah doang yaa ev yg harus di lock. Hehe... lengkap euy infonya.

    BalasHapus
  40. Daging harus matang, terus gimana itu kalo ikan mentah? Kan ada beberapa jenis ikan yg masaknya gak boleh terlalu matang. ��

    BalasHapus
  41. Pabrik susu kalau punya perternakan sendiri itu lebih terkontrol ya. Apalagi pakai sistem nutrisi lock. Bener2 tejaga nutrisinya ya

    BalasHapus
  42. Aku baru tau merek ini nih, Mbak. Semakin ngeh karena udah banyak iklannya juga.

    BalasHapus
  43. susu friso memang enak ya mbak, kecium bau khas susunya tapi gak bikin enek :-)

    BalasHapus
  44. Wah ternyata kandungannya Friso nih bagus banget ya untuk anak-anak kitaaaa. Noted deh. Makasi sharingnya ya maaaak <3

    BalasHapus
  45. Nutrisi yang terkandung dalam Friso Gold 3 sangat lengkap, ada kandungan Protein... slm cantik bun

    BalasHapus
  46. bun hanya perlu mengonsumsi makanan yg sehat dengan nutrisi penting. Dengan makanan yang sehat, Ibu bisa mendapatkan kulit yang cantik

    BalasHapus
  47. Kalo buat program bumil, sepertinya mendukung.

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, semoga bermanfaat.
Tunggu kunjungan balik saya di Blog kalian.

Salam hangat