Detergen HALAL Ya TOTAL Almeera


#HALALItuHarusTOTAL

Kegiatan rumah tangga seolah-olah memang tak pernah ada habisnya, apalagi kita yang berpredikat sebagai Full Mom, pasti bangun yang paling pagi dan tidur yang paling terakhir. Ahh yang bener Ev...?? Mulai dari mengerjakan pekerjaan rumah sampai mengurus anak dan suami. Tapi untungnya punya suami yang mau berbagi tugas dengan istrinya, jadi lebih ringan dechh kerjaannya.. 😊

Apalagi usia anak saya yang saat ini sudah 2 tahun 6 bulan, jadi memang sedang aktif-aktifnya dan si kecilpun seneng banged mewarnai, mulai dari warnai kuku dan mencoret-coret ditangannya. Tapi saya masih beruntung karena sejauh ini dia tidak pernah bereksperimen di dinding rumah kami. Dia memang paling favorit menulis ( tepatnya mencoret-coret siyy..! ) di kertas soalnya setiap ada event, saya beberapa kali mendapatkan note book dan si kecil bahagiah banged kalau ada itu didalam goodie bag emaknya.😋

Selain senang mewarnai si kecil juga paling seneng makan Ice cream, ya sama seperti anak kecil yang seusianya kalau makan ice cream pasti akan meninggalkan bekas di pakaiannya. Saat ini dia juga sedang membiasakan lidahnya untuk mencicipi saus tomat, pada dasarnya putri saya tak menyukai makanan pedas, turunan dari Ibunya yang paling tidak bisa makan pedas.

Sehingga kegiatan makan yang meninggalkan jejak tersebut terkadang bikin emaknya gemeshhh.. Tapi saya tak melarangnya melainkan membiarkan si kecil untuk membiasakan makan sendiri untuk melatih kemandiriannya serta motoriknya.

Jadi bukan hanya pada masalah noda makanan saja yang membekas di pakaian, pastinya si kecil juga senang bermain di luar bersama teman-teman sebayanya, ya sudah bisa di tebak tak selamanya aman dari kotoran dan debu. Namanya juga anak-anak, pemandangan ada bekas yang meninggalkan jejak di pakaiannya tersebut bukanlah hal yang menyenangkan untuk saya, tapi atas nama dunia anak hal tersebut tidak membuat saya galau berkepanjangan.

Toch diluar sana sudah banyak detergen yang ditawarkan di pasaran tapi yang pasti belum ada detergen yang berlabel Halal. HALAL..??? Selama ini kata tersebut identik dengan makanan, minuman, obat dan kosmetik, tapi ini qo predikat tersebut ada pada detergen yahh..!!

Jujur tak pernah terpikirkan di benak saya, dengan adanya detergen yang sudah mengantongi sertifikat HALAL. Jadi tepatnya pada hari Rabu, 15 Maret 2017 bertempat di Bebek Bengil resto di Jl. H. Agus Salim No. 132 Jakarta Pusat, para Blogger Wajah Bunda Indonesia mendapatkan undangan dari pihak PT. TOTAL Chemindo Loka untuk memperkenalkan produk terbaru mereka yaitu : " TOTAL Almeera "

Acara blogger gathering ini diawali dengan makan siang bersama terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan shalat Djuhur dan dalam kesempatan ini dihadiri oleh 30 orang blogger dengan mayoritas hijabers. Dapat dipastikan dari peserta yang hadir, sudah tentu tidak asing dengan detergen TOTAL, karena detergen ini sudah beredar di pasaran sejak lama, lalu apa keistimewaan dari produk TOTAL Almeera ini..?  lets  we find out..

PT. TOTAL Chemindo Loka

Adalah sebuah divisi yang memiliki operasi produksi di tiga negara, Singapore, Malaysia dan Indonesia. PT. TOTAL Chemindo Loka berdomisili di Indonesia bertanggung jawab memproduksi dan mendistribusikan dua merek detergen baju yaitu, Bukrim dan TOTAL.

Bukrim pertama kali diluncurkan ke pasar Jakarta pada tahun 2004 dengan produk andalan pertamanya detergen krim Bukrim reguler, kemudian dilanjutkan dengan produksi bubuk Bukrim setahun setelahnya. Menyadari kebutuhan untuk memperluas kapasitas produksi, Bukrim mengambil keputusan mengakuisisi PT. TOTAL Chemindo Loka, produsen dari produk serupa di bawah merek detergen TOTAL bulan Juli 2015.

Sedangkan brand Total sendiri sudah ada sejak tahun 1985. TOTAL adalah salah satu merek detergen cuci baju lokal pertama dan terbaik di Indonesia. Dalam perjalanannya TOTAL mengalami banyak goncangan. Di tahun 2005, TOTAL diambil alih oleh manajemen baru dari PT. TOTAL Chemindo Loka, akhirnya dengan manajemen baru tersebut membuat TOTAL menjadi lebih sukses.

Detergen TOTAL terus meningkatkan mutu dan berinovasi dalam produknya, salah satunya dengan mengeluarkan detergen HALAL pertama yang ada di Indonesia. Sehingga pada kesempatan tersebut Bapak F. Gunawan, selaku Deputy CEO PT. TOTAL Chemindo Loka menceritakan asal-muasal TOTAL Almeera hingga bisa hadir di tengah masyarakat Indonesia.


Melihat jumlah penduduk Indonesia yang mencapai sekitar 250 juta orang dengan mayoritas muslim tersebut sudah pasti menjadi potensi besar dalam penerapan aspek halal dalam dunia bisnis, hal ini juga di dukung dimana sekarang ini, busana muslim sedang naik daun dan 20-30% perempuan di Indonesia menggunakan hijab, sehingga membuat TOTAL Almeera menargetkan pada pasar untuk penduduk muslim.

Awalnya Bapak F. Gunawan merasa enggan untuk mendaftarkan produknya ke pihak MUI, namun di luar dugaan justru MUI menyambut baik dengan adanya detergen HALAL pertama di Indonesia. Karena didasari dengan niat yang baik, serta dikuatkan dengan adanya undang-undang JPH = Jaminan Produk Halal dapat memberikan rasa aman dan nyaman untuk umat muslim di Indonesia khususnya.

Sehingga proses untuk mendapatkan predikat dari MUI yang biasanya membutuhkan proses lama, tapi dengan niat baik tersebut serta tim yang bagus, sertifikat HALAL didapatkan hanya dalam kurun waktu 90 hari saja, dimana hal tersebut lebih cepat dari perkiraan. Selain itu detergen TOTAL Almeera juga mendapatkan sertifikasi Excelent ( Predikat A ) dari MUI.

Lalu sebenarnya apa arti dari Almeera itu yahh..??

Almeera sendiri berasal dari bahasa arab yang artinya adalah putri raja atau wanita cantik. Dari artinya saja sudah memiliki makna yang dalam dan menggambarkan kesan elegan dari produk TOTAL Almeera tersebut. Produk dari TOTAL Almeera ini memiliki 2 jenis yaitu : Bubuk ( Powder) dan Cair ( Liquid ), untuk saat ini hanya memiliki satu varian saja.

TOTAL Almeera adalah detergen dengan kandungan yang HALAL 
khusus diciptakan untuk merawat semua baju kesayangan

Untuk detergen TOTAL Almeera dengan jenis bubuk sudah dapat kita temukan di pasar-pasar tradisional maupun di supermarket yang ada di Indonesia sedangkan untuk yang jenis cair baru akan berada di pasaran pada bulan April mendatang. Pastinya dengan kemasan yang berwarna hijau tua detergen TOTAL Almeera ini mudah dikenali dan masyarakat juga diberikan kemudahan karena detergen ini memilki beberapa ukuran sehingga konsumen dapat membeli sesuai dengan kebutuhan mereka masing-masing.

Ukuran kemasan detergen TOTAL Almeera yaitu :

Detergen cair kemasan dalam botol ( Liquid ) 1000ml

Detergen Cair ( Liquid )  800ml rp.18.000

Detergen powder ( bubuk ) 50g rp.1.000
Detergen powder ( bubuk ) 900g rp.17.5000


# Harga yang ditawarkan yaitu :

Untuk yang Cair ( Liquid ) 800ml Rp.18.000
Untuk kemasan sachet ( Powder ) Rp.1000
Untuk yang bubuk ( Powder ) 500g Rp. 9500
Untuk yang bubuk ( Powder ) 900g Rp. 17.500

Lalu apa yang membuat detergen TOTAL Almeera ini mendapat predikat HALAL..? Hal tersebut karena MUI langsung melakukan uji HALAL terhadap bahan-bahan kimia dan proses produksi yang di gunakan. Bahan dasar berupa sulfatan yang merupakan turunan dari minyak bumi , parfum dan beberapa enzim lain yang digunakan tersebut sudah dipastikan kehalalannya. Bahkan untuk kompenen pewanginya tidak mengandung alkohol.

Dalam hal ini Bapak F. Gunawan sangat menjaga prosesnya sehingga beliau mewajibkan staf pabriknya untuk berganti alas kaki saat di dalam pabrik bahkan ketika ingin ke toilet. Jadi kalau mau HALAL ya harus TOTAL ujar beliau.

Meskipun begitu produk yang dikeluarkan oleh PT. TOTAL Chemindo Loka sebelumnya para konsumen tidak perlu khawatir karena pada dasarnya produk sebelumnya pun halal hanya saja belum mendapatkan sertifikat HALAL dari MUI.

Berikut keistimewaan dari detergen TOTAL Almeera :

* Detergen dengan kandungan yang HALAL khusus diciptakan untuk merawat semua baju kesayangan menjadi bersih, wangi dan lembut.
* Membersihkan pakaian dari noda sampai ke dalam serat kain.
* Pakaian lebih lembut dan nyaman dipakai.
* Membuat warna pakaian lebih cemerlang dan tidak cepat pudar.

Bapak F. Gunawan menambahkan bahwa kedepannya semua produk yang dikeluarkan oleh PT. TOTAL Chemindo Loka akan bersetifikat HALAL. Aamin,, Semoga jalan menuju ke arah tersebut diberikan kemudahan. Dari beberapa konsumen yang telah mencoba detergen TOTAL Almeera mengatakan bahwa wanginya adem, sejuk. Hal tersebut di ketahui oleh Bapak F. Gunawan sendiri yang melakukan survei ke beberapa konsumen di daerah Jakarta.

Oleh karena itu, saya pun telah membuktikannya sendiri mengenai detergen TOTAL Almeera dan benar sekali bukan hanya bersih saja tapi menghilangkan bauk apek pada pakaian karena wanginya memang benar membuat adem atau sejuk.

# Setelah mencoba sendiri di rumah, saya ingin memberikan beberapa tips dalam penggunaan detergen TOTAL Almeera ini :




# Selain tips di atas, berikut saya informasikan mengenai hal-hal yang harus diperhatikan :

- Simpan detergen di tempat yang kering dan tertutup, serta jauhkan dari jangkauan anak-anak
- Agar mendapatkan hasil yang maksimal, pisahkan terlebih dahulu baju yang mudah luntur
- Untuk kulit yang sensitif, hindari kontak terlalu lama dengan larutan detergen
- Bila cairan terkena mata, segera bilas dengan air bersih
- Jangan lupa setelah habis terpakai, buanglah kemasan pada tempat sampah atau kemasan TOTAL Almeera ini dapat di gunakan untuk di buat prakarya karena kemasan ini terlihat elegan.

Setelah mendengarkan paparan mengenai detergen TOTAL Almeera, rasanya kurang afdol jika kita tidak mengulik mengenai orang di balik layar dari iklan TOTAL Almeera ini. Mereka adalah Mas Firman dan Mas Jefry ( Seorang mualaf ) dari Communication Planner yang menceritakan tentang konsep awal iklan TV TOTAL Almeera ini.


Jika kita melihat iklan tersebut pasti awalnya kita tidak akan mengira kalau itu iklan detergen, saya termasuk salah satu yang terkecoh, pada saat pertama kali melihat tayangan ini yang terpikirkan oleh saya ini merupakan iklan minuman karena mendekati bulan puasa. Hehehehe

Biasanya untuk iklan detergen, peran ibu dan anak yang menjadi model utamanya namun dalam iklan TOTAL Almeera ini justru figur dari sang ayah yang ingin ditampilkan. Pesan yang ada pada tayangan iklan ini menunjukan bahwa seorang ayah berusaha untuk mengajari anaknya menjadi atau hijrah ke arah yang lebih baik.

Iklan ini memang di kemas dengan menarik, dan di dalamnya pun Pihak Agency TVC TOTAL Almeera melalui iklan ini tersirat ada tiga hal yang ingin disampaikan yaitu :


1. Religius
Terlihat jelas figur sang ayah selalu berusaha memberikan dan mendidik putrinya dengan baik dengan harapan kelak menjadi Wanita yang baik dan Soleha.

2. Culture
Dimana sang anak karena mengikuti pengaruh lingkungan dan perkembangan jaman sehingga terjadinya perubahan sikap dalam dirinya

3. Tradisi
Dalam iklan ini bahwa tradisi dari kebanyakan orang timur yaitu selalu menjaga norma sopan santun dan menghormati kepada yang lebih tua


Setelah menyaksikan iklan tersebut, membuat siapapun merasa tersentuh alias dibikin baper dan menancap di dalam hati, disinilah Pihak Agency merasa tertantang untuk membuat suatu Iklan yang sederhana namun pesan yang tersirat di dalamnya sampai kepada masyarakat.

Setelah pemaparan tentang asal-usul detergen TOTAL Almeera disampaikan oleh Bapak F. Gunawan dan para peserta gathering juga telah meyaksikan iklan TOTAL Almeera, ternyata pihak peyelenggara ingin memberikan acara secara TOTAL kepada semua Blogger dan awak media yang hadir saat itu. karena Ustad Aa Hadi hadir untuk memberikan tausiyah tentang HALAL dan kedekatan hubungan dengan orang tua.


Sejujurnya ini pertama kali acara gathering yang saya hadiri dimana selain kita mendapatkan ilmu dan informasi, kita juga mendapatkan siraman rohani. Dalam tausiyahnya ini Ustad Aa Hadi mengatakan kita jangan hanya sibuk mengejar kehidupan di dunia saja, tetapi juga harus menjaga hubungan baik dengan Allah. Khususnya di dalam ibadah yang baik dan berpakaian yang bersih pada saat ibadah itu sangat mempengaruhi khusuknya ibadah seseorang.

Menurut Ustad Aa Hadi pada saat ibadah kita harus dalam keadaan bersih atau halal lahir dan batin, jika kita tidak dalam keadaan bersih atau halal maka ibadah kita menjadi kurang lengkap. Karena menurut beliau halal itu tidak hanya sekedar makanan tetapi apa yang kita pakai atau gunakan sehari-hari juga harus halal. " Sesuatu yang suci itu bukan hanya dari diri kita melainkan apa yang kita pakai dan gunakan "

Ustad Aa Hadi menuturkan jika hidup kita ingin menjadi lebih baik maka kita wajib untuk :

1. Memperbaiki Shalat kita
2. Memuliakan orang tua dan mertua jika kita ingin Allah memuliakan rumah tangga kita, karena ridho orang tua itu sangat penting
3. Memuliakan anak yatim dan fakir miskin agar hidup kita dihindarkan dari kesulitan

Pada dasarnya kita semua bersaudara, jadi kita harus belajar memaafkan kepada siapapun yang berbuat salah. Jangan justru orang yang berbuat salah tersebut kita keluarkan dari group, ujar Aa Hadi. Jadi kita hidup di dunia ini harus akur satu sama lain karena orang yang zhalim dan memutus tali silaturahmi bisa menjadi penghalang dari kesuksesan.

Di akhir tausiyahnya Ustad Aa Hadi mengatakan di harapkan selain bersih, mencuci dengan TOTAL Almeera bisa membawa kebaikan untuk keluarga kita. Aamin...
Pesan terakhir dari saya jangan lupa mencuci dengan TOTAL Almeera ya Bundaa, karena #HALALItuHarusTOTAL

Biar infonya semakin TOTAL boleh banged lho stalker di Twiter : @Super_Bunda, IG : @super.bunda dan Webwww.totalchemindo.com



Tim TCL Citereup yang menghadiri Blogger Gathering Total Almeera








18 komentar

  1. Waaaaahhhhh favorit saya tulisannya bun evie sayang,semoga juaraaa 😘😘😍😍 Aamiin 😇😇

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaminn.. Terima kasih Bunda cantieq
      Tulisan bunda2 yang lain juga bagus-bagus ya Bundaa

      Hapus
  2. Waaaaahhhhh favorit saya tulisannya bun evie sayang,semoga juaraaa 😘😘😍😍 Aamiin 😇😇

    BalasHapus
  3. Aku juga dah coba total ALMEERA mbak, wanginya itu loh aku suka. Dan ga ragu lagi karena sudah ada label HALAL nya dr MUI...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa Bunda Leha, wanginya bikin adem di hati yahh..
      Semoga Ibadahnya jadi tambah TOTAL.. Aamin

      Hapus
  4. Senang sekali sudah ada deterjen halal sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa nyicinya juga jadi tambah seneng ya Mbakk.. heheheh

      Hapus
  5. Smoga d ikuti dg produk lain ya.... bisr nyaman kita sbg user

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setujuhhhh Mbak Utie...
      Biar semakin aman dan nyaman yahhh

      Hapus
  6. Alhamdulillah ada brand yang memprakarsai produk semacam detergen gini untuk bersertifikasi halal.
    Nyuci jadinya lebih tenang.
    Btw saya suka wanginya mba.. Hihhii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener Mbak Lili jadi aman and bikin nyaman yaakk..
      sama saya juga suka sama wanginya.

      Hapus
  7. Iklan nya centil untuk kita berubah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa hijrah ke arah yang lebih baik ya Mpokk..

      Hapus
  8. Ohh ternyata Total itu jadi satu dengan Bu Krim to wkwk baru tahu setelah baca artikel ini. Karena pernah juga pakai TOTAL, sekarang malah ada kemasan halalnya ya. Cakep deh Hijau begitu adem lihatnya #eh

    BalasHapus
  9. Wanginya juga enak Mbak Febrii, jadi semangat kucek2 bajunyaaa.. Heheheh

    BalasHapus
  10. Masih satu keluarga dengan Bukrim ya :D

    BalasHapus
  11. Yg dicuci bajunya ya, mbak. Jangan anaknya yg main kotor-kotoran. Hihihi

    BalasHapus
  12. Saya malah fokus liatin iklannya... pernah bikin iklan dengan tema 'hijrah' jg soalnya :D

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, semoga bermanfaat.
Tunggu kunjungan balik saya di Blog kalian.

Salam hangat