Semarak Ramadhan, Dompet Dhuafa Ajak 20 Anak Yatim Belanja di Mall Season City

Banyak keutamaan memuliakan anak Yatim, terutama di  Bulan Ramadhan yang suci ini, Dompet Dhuafa mengajak 20 puluh anak yatim untuk berbelanja di Ramayana yang ada di Mall Season City Grogol Jakarta. Rabu, 27 Maret 2024 di bawah naungan Lembaga Pelayanan Masyarakat (LPM) Dompet Dhuafa.

Ramadhan Ceria Bersama Anak Yatim
LPM Dompet Dhuafa
 

Belanja bareng anak yatim ini menjadi salah satu program unggulan di bulan Ramadhan. Jadi ini bukan program sesaat, Dompet Dhuafa menyambung tahun-tahun sebelumnya untuk berbagi kebahagiaan selama Ramadhan untuk anak-anak Yatim. Kita semua tahu, kalau memuliakan anak yatim merupakan salah satu contoh yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Mengingat Ramadhan bulan yang penuh berkah, semua orang ingin berlomba-lomba dalam kebaikan. Kegiatan ini diharapkan memberikan kebahagiaan serta pengalaman baru, dan menjadi semangat positif dalam menjalankan ibadah puasa. 

Inget banged waktu kecil dulu salah satu kebahagiaan saat lebaran itu menggunakan baju baru, sandal baru, pokoknya semuanya serba baru. Biasanya malamnya susah tidur, soalnya terlalu semangat mau pake baju baru, ada yang sama kaya aku juga nggak?? Heheheh


Dompet Dhuafa Mengajak 20 Anak Yatim Nonton Film Kung Fu Panda 4 dan Belanja Kebutuhan Lebaran

Sebelum belanja, anak-anak Yatim diajak nonton Film Kung Fu Panda 4, meskipun kami datang sedikit telat, soalnya Film sudah mulai sekitar 10 menit yang lalu tapi anak-anak tetap bisa mengikuti alur ceritanya. Kung Fu Panda 4 ini merupakan film animasi komedi beladiri yang cocok ditonton untuk semua umur, tak terkecuali anak-anak kecil. Secara keseluruhan film ini cukup menghibur bagi anak-anak, apalagi sinematografinya bagus banged.

Enggak terasa Film yang berdurasi 90 menit ini berakhir dan anak-anak cukup puas dengan filmnya sehingga mereka kompak bertepuk tangan. Setelah menonton film ini, anak-anak diharapkan siap untuk menghadapi perubahan, siap atau tidak perubahan itu pasti terjadi dan kita harus terus belajar untuk menghadapi perubahan tersebut dalam setiap jenjang kehidupan. 

Anak-anak Yatim diajak Nonton Kung Fu Panda 4
                                                      

Well, setelah selesai menonton film, anak-anak diajak untuk lanjut berbelanja, tapi sebelumnya anak-anak yatim di ajak untuk shalat Ashar jamaah terlebih dahulu. Jadi belanjanya dapet, ibadahnya juga jalan terus.. MasyaAllah Untungnya akses shalat dari bioskop tidak jauh, jadi sangat memudahkan anak-anak. 

Mendengar agenda selanjutnya yaitu belanja untuk kebutuhan Lebaran, raut bahagia tak bisa disembunyikan dari wajah mereka. Kebetulan lokasi belanja di Ramayana yang lokasinya ada di dalam Mall Season City. 

Anak-anak yatim ini diberikan waktu kurang lebih sekitar 45 menit untuk belanja sesuai apa yang mereka inginkan, yang nantinya akan dipakai oleh mereka saat Hari Raya Idul Fitri. Mereka diberikan kesempatan belanja dengan nominal Rp. 500 ribu dan dibebaskan untuk membeli apa saja sesuai yang mereka inginkan.

Salah satu yang bikin hati tersentuh, dimana salah satu dari anak Yatim itu bertanya, apa mereka boleh membeli beras, karena kebetulan beras persediaan ibunya dirumah sudah habis. Saya sempat terdiam, kagum dengan ucapan anak tersebut. Kasih sayang kepada Ibunya perlu dicontoh, dan disini saya juga merasa bersyukur bahwa beruntunglah kita yang masih di kasih rezeki lebih dari Allah SWT.. Langsung ingat "Nikmat Allah mana lagi yang kau dustakan"

Salah Satu Anak yang sedang
Sibuk Memilih Celana

Karena usia anak-anak Yatim ini masih sekolah di tingkat SD dan ada beberapa anak yang duduk di tingkat SMP, jadi mereka sedikit merasa kesulitan untuk memilih pakaian dan celana yang mereka inginkan. Untungnya pramuniaga dari Ramayana bergegas membantu anak-anak untuk membantu memilih dan mencarikan ukuran baju yang sesuai dengan mereka. 

Begitu juga dengan saya, ikut bersemangat memilih ukuran dan mencari pakaian yang cocok untuk mereka. Salutnya lagi dengan, mereka tidak hanya membeli barang untuk dirinya sendiri, tapi mereka juga membelikan untuk adik, kakak dan ibu mereka dirumah, jadi makin terharu saja saya dibuat dengan sikap mereka.

Lelah dan Happy setelah Memilih Barang yang Mereka Suka

Senengnya lagi bagi anak-anak Yatim yang total belanjanya tidak mencapai Rp. 500 ribu, uang sisanya itu oleh tim LPM Dompet Dhuafa tetap diberikan dalam bentuk uang tunai. Tambah seneng lagi mereka, karena beberapa anak yang total belanjanya tidak mencapai 500 ribu, nggak jadi sedih dech mereka 

Setelah selesai belanja, anak-anak Yatim diajak untuk bergegas ke tempat buka bersama.


Buka Bersama di Yoshinoya

Lelah setelah belanja, untungnya waktu berbuka tidak lama lagi. Jadinya anak-anak tetap terlihat semangat ketika paket menu berbuka nasi ayam Yoshinoya disajikan di meja mereka. Alhamdulillah anak-anak makannya lahap, semoga amal ibadah puasanya diterima oleh Allah SWT.


Buka Bersama di Yoshinoya 

Selesai berbuka puasa, dan sebelum anak-anak kembali pulang, kami menyempatkan terlebih dahulu untuk berfoto dan berbincang sedikit tentang kegiatan hari ini bersama Dompet Dhuafa. Jelas mereka tidak bisa menyembunyikan rasa bahagia, rasa syukur karena sudah diajak buka bersama, nonton film dan berbelanja.

Jujur, bukan hanya anak-anak saja yang bahagia tapi saya dan kakak-kakak dari LPM Dompet Dhuafa ikut bahagia melihat anak-anak Yatim yang ikut acara hari ini.

The last but not least terima kasih untuk para mitra, para donatur yang telah menyisihkan rezekinya melalui Dompet Dhuafa, dan saya menjadi saksi bahwa kebaikan Dompet Dhuafa benar-benar disampaikan dengan baik dan diberikan kepada mereka yang membutuhkan.

Ramadhan belum usai, masih ada 10 hari kedepan, ini saat yang tepat untuk jadikan Ramadhan bermanfaat, jadikan 30 hari bermanfaat, karena kita tidak pernah tahu kebaikan mana yang menjadi kendaraan kita ke Surga nanti.

Untuk itu di momen Ramadhan ini Dompet Dhuafa mensyiarkan lebih kuat lagi, karena keinginan untuk beramal, berdonasi di bulan yang suci ini meningkat dan pahala dilipatgandakan. Harapannya program-program Dompet Dhuafa berjalan terus menurus berkesinambungan, sesuai dengan kondisi yang berkembang.


4 komentar

  1. Salah satu kemulian di bulan suci Ramadhan, menyenangkan anak-anak Yatim.. Semoga program kebaikan Dompet Dhuafa berjalan terus yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.. Semoga program kebaikan Dompet Dhuafa kedepannya ada terus dan semakin baik.

      Hapus
  2. MasyaAllah pasti anak-anak bahagia sekali yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa bahagia dan kita yang menemaninya juga ikutan bahagia plus bersyukur

      Hapus

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, semoga bermanfaat.
Tunggu kunjungan balik saya di Blog kalian.

Salam hangat