BPJS Kesehatan Tetap Berikan Layanan Kesehatan Saat Libur Lebaran, Bikin Mudik Lebih Tenang

Seperti tahun-tahun sebelumnya mudik menjadi kegiatan rutin yang akan terjadi saat libur lebaran. Kabarnya lagi niy, jumlah pemudik tahun ini diperkirakan lebih dari 196 juta, jumlah ini lebih banyak jika dibandingkan tahun 2023. Sudah dipastikan kemacetan akan terjadi di titik-titik tertentu. Tentu saja pemerintah sudah harus mengantisipasinya, supaya perjalanan para pemudik bisa berjalan dengan lancar.


Begitu halnya dengan BPJS Kesehatan juga sudah siap dan komitmen untuk memberikan layanan kesehatan kepada peserta JKN selama libur lebaran nanti yang jatuh pada tanggal 8 sampai 15 April 2024. Untuk menginformasikan luas kepada peserta JKN, Kamis, 20 Maret 2024 bertempat di Hotel Aryaduta, Jakarta, BPJS Kesehatan mengadakan acara konferensi pers tentang komitmen tanpa batas, BPJS Kesehatan berikan layanan JKN selama libur lebaran.

Konferensi Pers Layanan Program JKN Saat Libur Lebaran 2024, Mudik Aman Berkesan Bersama BPJS Kesehatan 

Dalam acara ini hadir Direktur Utama BPJS Kesehatan, bapak Ghufron Mukti mengatakan prinsip portabilitas yang telah ditetapkan oleh BPJS kesehatan. Jadi yang dimaksud portabilitas disini saat cuti bersama nanti, dimana tiket layanan untuk peserta JKN akan terus diberikan di kantor cabang, layanan administrasi melalaui pesan WhatsApp juga bisa dilakukan, layanan pengaduan jika terjadi masalah, sosialisasi, publikasi melalui poster, spanduk dan yang lainnya, BPJS Kesehatan berkomitmen memudahkan peserta JKN bisa mendapatkan pelayanan yang dibutuhkan dari seluruh wilayah Indonesia.


Intinya BPJS Kesehatan ingin memberikan layanan yang mudah, cepat, setara tidak diskriminasi. Oleh karena itu BPJS Kesehatan terus melakukan upaya perbaikan. Untuk kemudahan layanan tersebut, peserta JKN bisa memanfaatkan beberapa layanan yang ada, emang ada layanan apa ajah siy? 

  1. Layanan Non Tatap Muka bisa melalui pelayanan Administrasi melalui WhatsApp (PANDAWA) di nomer 0811-8-165-165, seputar layanan informasi, layanan administrasi (08.00-12.00), layanan pengaduan.
  2. Aplikasi Mobile JKN, berupa layanan informasi, layanan administrasi, dan layanan pengaduan
  3. VIKA (terkoneksi langsung ke care center 165) berupa layanan informasi
  4. BPJS SATU, Pemandu Layanan Peserta, berupa pelayanan informasi dan pengaduan di rumah sakit
  5. Care Center 165, berupa : Layanan informasi, layanan administrasi, layanan pengaduan, beroperasi 24 jam
  6. Website bpjs-Kesehatan.go.id berupa : layanan informasi, layanan administrasi, dan layanan pengaduan
  7. CHIKA 08118750400, berupa : layanan informasi, per 1 April 2024 CHIKA terintegrasi dengan layanan nomer Pandawa
  8. Kantor Cabang BPJS Kesehatan

Bagi peserta JKN, ketika ada hak tentu saja ada kewajiban agar bisa mendapatkan layanan kesehatan dari BPJS. Oleh karena itu diharapkan para peserta JKN untuk tidak melupakan membayar iuran tepat waktu, agar status Kepesertaan JKN aktif selalu. Pastikan iuran dibayarkan sebelum tanggal 10, dan bagi pemberi kerja segera tuntaskan pembayaran iuran JKN bagi pekerjanya sebelum memasuki masa cuti dan libur lebaran.


Apalagi sekarang ini untuk pembayaran iuran JKN sudah semakin mudah, bisa melalui aplikasi mobile JKN, CHIKA, BPJS Kesehatan Care Center 165, dan kanal-kanal lainnya. Selain itu BPJS Kesehatan juga telah menjalin kerjasama dengan lebih dari 960 ribu kanal pembayaran, itu semua demi memberikan kemudahan peserta JKN dalam melakukan pembayaran iuran. 
Niwey, teman-temen peserta JKN sudah download aplikasi mobile JKN belum?


BPJS Kesehatan Siapkan Posko Mudik Lebaran


Yess, tahun ini BPJS Kesehatan juga telah menyiapkan posko mudik lebaran mulai dari tanggal 5 April hingga 9 April 2024. Adapun untuk lokasi posko mudik lebaran ini ada di beberapa titik strategis seperti di Terminal Pulo Gadung Jakarta Timur, Pelabuhan Merak di Banten, Rest Area Tol Travoy KM 88A di Purwakarta, Rest Area Tol Palikanci KM 207A di Cirebon, Rest Area Tol Ungaran KM 429A di Kabupaten Semarang, Terminal Purabaya di Sidoarjo, dan Pelabuhan Soekarno-Hatta di Kota Makassar.

Nantinya di posko ini para pemudik bisa mendapatkan berbagai layanan seperti konsultasi kesehatan, fasilitas relaksasi bagi pemudik, pemeriksaan kesehatan, penyediaan obat-obatan, tindakan sederhana darurat, dan pemberian rujukan apabila diperlukan. Semua fasilitas tersebut diharapkan bisa dirasakan kemudahan dan kenyamanannya oleh para peserta JKN selama periode libur lebaran nanti.


Janji Layanan JKN Selama Libur Lebaran 2024

Pada kesempatan ini, Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan Ibu Lily Kresnowati menjelaskan bahwa ada janji layanan yang menjadi komitmen dari seluruh faskes yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Jika peserta JKN datang ke rumah sakit atau ke faskes tingkat lanjut ada 6 hal yang harus diperhatikan, yaitu :

  1. Cukup Menunjukan Nomer Induk Kependudukan (NIK) yang terdapat di Kartu Tanda Penduduk (KTP), jadi nggak perlu ribet lagi membawa berkas fotokopi untuk mendapatkan layanan kesehatan
  2. Terdapat Validasi menggunakan sidik jari atau finger print untuk memastikan bahwa yang bersangkutan benar atau yang berhak mendapatkan pelayanan
  3. Tidak ada iuran biaya jika selama itu sesuai dengan indikasi medis dan diagnosis yang perlu dilaksanakan, termasuk biaya obat
  4. Tidak ada pembatasan hari rawat inap sesuai dengan indikasi medis, jadi nggak ada tuch istilahnya jika menggunakan BPJS hanya bisa dirawat selama 3 hari harus pulang
  5. Faskes wajib memastikan ketersediaan obat, harus mengupayakan supaya peserta JKN tidak ada beli obat sendiri. Jika pasien harus menunggu maka ini bisa dimasukkan menjadi layanan tambahan
  6. Pelayanan tanpa diskriminasi, semua peserta JKN berhak mendapatkan pelayanan yang sama dengan pasien umum
  7. Janji layanan yang ketujuh yaitu layanan diluar F KTP yang terdaftar, biasanya layanan BPJS Kesehatan diberikan kepada peserta sesuai dengan lokasi tinggal, maka adanya janji layanan ini bisa digunakan di seluruh Indonesia, khususnya di faskes-faskes yang menjadi mitra dan bekerjasama dengan BPJS Kesehatan

So, buat peserta JKN dalam perjalanan mudik nanti dan memerlukan perawatan bisa dilakukan di seluruh layanan BPJS Kesehatan sesuai dengan indikasi, dan untuk memudahkan informasi ini bisa memanfaatkan layanan Mobile JKN.

Tapi, tetap harus diingat ya selama libur lebaran nanti akan ada jadwal piket mereka.

Ketentuan Pelayanan Obat Program Rujuk Balik (PRB) dan Obat Kronis

Untuk peserta JKN memiliki penyakit kronis dan tidak bisa lepas obat dan harus minum obat terus selama satu bulan full maka bisa diajukan atau diawalkan untuk mengambil obat maksimal 7 hari lebih awal, sebelum melakukan perjalanan mudik ke luar kota. Semua ketentuan diatas tersebut bisa dilakukan pelayanannya selama status peserta JKN kita aktif. BPJS Kesehatan memastikan peserta JKN yang memiliki penyakit kronis tidak putus obat selama mudik lebaran.


Catatan Untuk Pemudik

Bapak Tulus dari sisi Faskes Kesehatan, di setiap pojok Rumah Sakit berusaha untuk bergerak agar pasien bisa mendowload aplikasi JKN. Karena melalui aplikasi ini dimanapun kita berobat seharusnya setiap dokter yang memeriksa sudah bisa mengakses riwayat kesehatan pasien peserta JKN.

Meskipun selama libur lebaran nanti faskes yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan tetap beroperasi, kita semua diminta untuk berperan aktif supaya tetap menjaga kesehatan selama melakukan perjalanan mudik.

Pesan untuk peserta JKN
  • Selalu pastikan kepesertaan JKN sekeluarga dalam kondisi aktif, supaya tidak menjadi kendala ketika mendadak sakit atau perlu pelayanan kesehatan
  • Bagi peserta JKN yang rutin mengakses layanan kesehatan di rumah sakit, jangan lupa untuk mengecek tanggal kadaluwarsa surat rujukannya
  • Apabila surat rujukan hampir kadaluwarsa, segeralah mengurus pembaruan surat rujukan sebelum memasuki masa cuti bersama dan libur lebaran
  • Imbauan bagi peserta JKN yang akan melakukan perjalanan mudik untuk senantiasa menjaga kesehatan dengan makanan bergizi seimbang, kurangi makanan tinggi gula, perbanyak asupan air putih, istirahat cukup dan tetap usahakan berolahraga ringan

Jika semua informasi diatas telah dilakukan dan dipersiapkan dengan baik, maka diharapkan teman-teman semua bisa melakukan perjalanan mudik dengan aman dan nyaman dan bisa berkumpul dengan keluarga tercinta di kampung halaman.

Buat Temen-Temen Selamat Mudik Yaa!!


The last but not least pantun dari Dirut Utama,

Pergi ke Padang sambil dengerin musik
Dengerin musik bareng si mantan
Jangan lupa JKNnya aktif sebelum mudik
Lebaran aman dan nyaman bersama BPJS Kesehatan

Cakeppp


Selamat mudik untuk teman-teman dan selalu pastikan JKN dalam keadaan aktif, stay safe and healthy yaa!!



Tidak ada komentar

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, semoga bermanfaat.
Tunggu kunjungan balik saya di Blog kalian.

Salam hangat