Pembangunan IKN Bukan Hanya Fisik Saja, Tapi Pembangunan Soul Juga

5 Tahap Pembangunan IKN, Dimulai Sejak Tahun 2022 Selesai 2045

Tanggal 18 Januari menjadi salah satu Hari Bersejarah Indonesia, dimana pada tanggal tersebut RUU tentang Ibu Kota Negara (IKN) menjadi UU oleh DPR RI dan Pemerintah

Ini artinya Indonesia memiliki IKN yang baru menggantikan Jakarta. Dalam pembangunannya ada 5 tahapan untuk pemindahan IKN.

Tahap Pertama (2022-2024)

Untuk tahapan pertama ini akan dibagi menjadi tiga alur kerja besar yaitu; pembangunan perkotaan, pembangunan infrastruktur, dan pembangunan ekonomi.

Tahap Kedua (2024-2029)

Pada tahap kedua ini infrastruktur utama IKN ditargetkan sudah siap dihubungkan ke kawasan baru. Tahun 2023 hingga 2024 untuk pembangunan fasilitas penelitian dan pengembangan (litbang), perguruan tinggi kelas dunia, pusat inovasi, serta fasilitas kesehatan internasional juga ditargetkan. 

Selain itu, fasilitas transportasi umum primer maupun sekunder pada tahap kedua ditargetkan sudah siap untuk digunakan. Apakah ini tanda-tanda sudah persiapan untuk pindah...

Tahap Ketiga (2030-2034)

Sejumlah infrastruktur seperti angkutan umum massal, instalasi pengolahan limbah (IPAL), instalasi pengolahan air minum (IPAM), ditargetkan sudah rampung pada tahap ketiga ini. Pada tahap ketiga ini juga sudah ditargetkan pengelolahan sampah dan penambahan amenitas digital serta perkotaan sudah tersedia.

Tahap Keempat (2035-2039)

Tahap keempat ini diharapkan sudah ditandai dengan berkembangnya pesatnya bidang pendidikan dan kesehatan. Karena ini akan menjadi penggerak sektor ekonomi di IKN.

Tahap Kelima (2040-2045)

IKN diharapkan telah mencapai puncaknya pad tahap kelima ini, ditandai dengan pengembangan industri berkelanjutan serta pertumbuhan penduduk yang stabil.

Temu Influencer, Proses Perkembangan IKN Sudah Sejauh Mana?

Jum'at 10 November 2023 bertempat di Kembang Goela Restaurant Jakarta Selatan aku bersama dengan teman-teman dari Bloggercrony hadir di acara Temu Influencer, untuk ngebahas sudah sejauh mana siy perkembangan pembangunan IKN?


Rasa penasaran, antusias, kepo menjadi satu ketika hadir di acara ini. Bagaimana tidak selama ini hanya mengikuti perkembangan pembangunan IKN melalui media saja, tapi kali ini bisa berada satu ruangan dengan Influencer dari berbagai lintas usia, dan profesi.

Sebelum dimulai salah satu teman yang duduk di bangku sebelah aku nyeluk, apakah pada saat IKN sudah pindah nanti kita masih hidup? Jleb, diam sejenak langsung berdoa semoga diberikan umur yang panjang dan memiliki kesempatan langsung untuk melihat secara langsung, alias datang langsung ke IKN.

Dream List, bisa berkunjung duluan ke IKN sebelum nanti ibukota resmi pindah.

Targetny niy, di IKN nanti jumlah penduduk mencapai 1,7 juta hingga 1,9 juta jiwa dan kepadatan kawasan perkotaan sekitat 100 jiwa per hektar. Cuss, yang mau pindah ke IKN, better dipersiapkan dari sekarang yaaa!

Pembangunan IKN ini khan bukan hanya tugas pemerintah seorang, tapi kita semua warga Indonesia diminta untuk ikut andil dalam pembangunan ini. Salah satu bentuk tanggung jawab aku pribadi sebagai seorang Influencer juga ingin menyampaikan berita baik tentang pembangunan perkembangan IKN ini melalui media sosial yang aku miliki dan melalui tulisan ini.

Dalam kegiatan Temu Influencer 'Sudah Sejauh Mana Pembangunan IKN' ini, para narasumber yang hadir menjabarkan progres pembangunan IKN kepada para influencer yang hadir dan memberikan informasi terupdate perkembangan pembangunan IKN.

Saat Ini IKN Berada di Tahap Pemindahan Awal

Now, IKN sedang berada di tahap awal pemindahan, dimana pembangunan infrastruktur dasar yang utama, seperti penyediaan air minum, ketenagalistrikan, TIK, pengelolaan sampah, dan air limbah. Selain itu, juga dibangun sarana utama seperti istana kepresidenan, perkantoran, dan perumahan," ucap Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Hidayat Sumadilaga


Menurut Ibu Septriana, Pembangunan IKN ini memrlukan waktu yang cukup lama, karena begitu banyak aspek-aspek yang harus diperhatikan dalam pemindahan IKN, seperti aspek sosiologis, aspek geografis, aspek geopolitik, aspek ekonomi, dan lain-lain. Kedepannya, semua aspek tersebut akan terus menjadi isu perbincangan di masyarakat.

Membangun IKN ini bukan hanya fisiknya saja, tapi soulnya juga. Jadi SDM juga harus dipersiapakan dengan baik sejak sekarang.

Jadi, selain peran dan partisipasi masyarakat rencana pemindahan IKN ke Kalimantan  Timur ini tentunya juga harus dibarengi dengan pengelolaan strategi komunikasi publik yang baik.

IKN Magnet Pertumbuhan Ekonomi Baru dan Smart City

Dalam perjalanannya, IKN Nusantara sejak awal dirancang sebagai katalis untuk membuka potensi ekonomi Indonesia secara keseluruhan, untuk mendorong pertumbuhan, menciptakan lapangan kerja, dan mengurangi kemiskinan.


Alhasil menjadikan IKN Nusantara sebagai simbol identitas bangsa serta pusat gravitasi ekonomi baru yang diharapkan dapat membawa multiflier effect dengan menjadikan episentrum pertumbuhan yang akan semakin merata ke wilayah luar Jawa guna mendukung pembangunan Indonesia Sentris menuju Indonesia Maju 2045.

Pada kesempatan ini Pak Danis juga mengatakan 

pembangunan IKN bukan hanya sekedar membangun kawasan perkantoran pemerintah, tetapi juga pengembangan sektor ekonomi prioritas. Bukan hanya memindahkan ibu kota negara, tapi juga membuat pusat ekonomi yang baru.

Sedangkan jika dari pandangan Tenaga Ahli Bidang Komunikasi Otorita IKN Troy Pantouw menjelaskan, sebagai ibu kota pertama di dunia dengan konsep smart and sustainable forest city, pembangunan IKN tetap menjaga ekosistem hutan tropis yang sudah ada di Kalimantan Timur.

Jadi, kekhawatiran yang sempat terlintas di pikiran saya, adanya IKN ini akan merusak hutan. Tapi nyatanya 166 ribu hektare hutan akan dikonversi menjadi hutan tropis kembali, tidak ada perusakan hutan. Justru kita hutankan kembali menjadi hutan tropis. Konsep IKN adalah Smart and Sustainable Forest City, yang nantinya akan menjadi kota dengan carbon-neutral pada 2045 mendatang.

Setelah mendengar penjelasan ini serasa beban terangkat, soalnya nggak negatif thinking lagi, hehehe..

Kabar Update sampai saat ini pembangunan IKN sudah mencapai 54%, jadi berharap tahun 2024 nanti kita sudah bisa melaksanakan upacara 17 Agustus disana.. Well, excited siy! 

Ada Influencer, Ada Berita Baik yang Mengalir

Diskusi terakhir di tutup oleh Conten Creator Alvin Fernandez, yang menyampaikan seorang influencer itu harus memberikan dampak positif bagi orang yang berada di sekitarnya, lingkungannya, nggak melulu harus melalui media sosial.

Apalagi jika banyaknya stigma negatif yang beredar, disini kita harus pintar-pintar menyortir mana yang baik dan mana yang bisa kita terima. Sekarang mainkan peran kita untuk memberikan berita-berita positif seputar Perkembangan Pembangunan IKN dan informasi ini bisa tersebar ke masyarakat yang lebih luas.

Bersama Indonesia Maju, bersama kita membangun dan mendukung pembangunan IKN!


Tidak ada komentar

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, semoga bermanfaat.
Tunggu kunjungan balik saya di Blog kalian.

Salam hangat