Wanita Penderita PCOS Apakah Bisa Hamil Alami?

Teman-teman udah tau nggak tentang PCOS itu apa, gejalanya seperti apa, penyebabnya apa dan gimana cara menanganinya?

Oke, mungkin diantara kita masih banyak ya yang belum mendengar tentang hal ini. Padahal PCOS ini banyak terjadi pada wanita usia subur lho!


Wanita Penderita PCOS, Apakah Bisa Hamil?

Pengalaman dan ilmu baru lagi saya dapatkan, ketika menghadiri seminar di Mayapada Hospital, Sabtu 3 Desember 2022 dengan tema yang diangkat PCOS, Masih Mungkinkah untuk Hamil Alami?


Oiya Mayapada ini salah satu rumah sakit terbaik yang ada di Jakarta, Bogor, Tangerang, Bandung dan Surabaya lho! Siapa niy yang pernah mendapatkan perawatan terbaik dari Rumah Sakit Mayapada?

Pada kesempatan kali ini hadir beberapa narasumber, yaitu :

  • Dr. Malvin Emeraldi, SpOG(K)FER, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, Konsultan Subspesialis Fertilitas & Hormon Reproduksi Mayapada Hospital Jakarta Selatan (MHJS)

  • Grace Tahir, Direktur Mayapada Hospital, Co-founder Everest Media

Masalah gangguan kesuburan banyak yang harus dikoreksi dari sisi wanita, kalau pria koreksinya memang lebih sedikit. Salah satunya adalah wanita dengan penderita PCOS, apa siy PCOS itu?

Menurut dr. Malvin Sindrom Ovarium Polikistik/Stein-Leventhal Syndrome (PCOS) adalah suatu kelainan pada wanita yang ditandai dengan adanya hiperandrogenisme (adanya hormon laki-laki yang berlebih pada wanita) dengan anovulasi kronik dan tidak disertai dengan kelainan pada kelenjar adrenal maupun kelenjar hipofisis.


dr. Malvin Memaparkan Tentang Apa Itu PCOS?

PCOS ini secara umum bahwa sang penderita agak sulit untuk hamil dan butuh usaha ekstra. PCOS biasanya ditandai dengan siklus haid yang tidak normal, yaitu 21-35 hari sekali sehingga cenderung telat haid selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan. 

Selain itu, sering juga disertai dengan peningkatan hormon androgen (hormon yang cenderung lebih banyak pada pria) yang biasa ditandai dengan pertumbuhan rambut berlebih pada wanita, misalnya pada bagian kumis, jenggot, punggung, lengan atas. Bisa juga ditandai dengan jerawat sulit sembuh dan obesitas juga menjadi salah satu tandanya.

Wanita dengan PCOS memiliki indung telur yang berbeda atau tidak normal dari kebanyakan wanita. Jadi niy, kalau di USG, telurnya banyak dan berukuran kecil trus tidak ada yang membesar pada masa subur. Karna PCOS mempengaruhi telur, alhasil ikut mempengaruhi siklus haid, dan berkaitan dengan reproduksi juga.

PCOS ini bisa dikatakan sebagai salah satu masalah kesehatan yang banyak diderita oleh wanita, termasuk di Indonesia dan bisa dibilang bukan perkara yang mudah. 

Penyebab pasti dari PCOS ini sendiri belum bisa dipastikan, namun bisa dikaitakan dengan gaya hidup.

Kenapa penderita PCOS sulit hamil? Karena PCOS ini menyebabkan terhalangnya proses ovulasi karena adanya gangguan pembesaran ukuran telur di dalam indung telur. Kondisi inilah yang kemudian menghalangi fertilisasi sehingga tidak terjadi kehamilan pada wanita yang sudah menikah.

Jika diantara kita memiliki gejala klinis wanita didiagnosis menderita PCOS, sebaiknya segera melakukan perawatan untuk meminimalisir resiko yaa!!

Well, seperti penjelasan diatas, lantas apakah wanita dengan PCOS bisa hamil?

PCOS ini memang mempengaruhi organ reproduksi wanita sehingga menjadi salah satu penyebab sulit hamil, tapi wanita dengan PCOS bisa hamil qo, asalkan PCOSnya ditangani dengan baik yaa..

dr. Malvin menjelaskan wanita dengan PCOS yang ingin hamil ada tiga modalitas yang bisa dijalani, yaitu ;

1. Senggama masa subur, dapat meningkatkan kemungkinan hamil sd 14-23 persen per siklus/perbulan

2. Inseminasi Intra Uterine (IIU)

3. IVF (Bayi Tabung)

Dokter Malvin juga mengingatkan jika gaya hidup sangat mempengaruhi wanita dengan PCOS agar bisa hamil, perubahan gaya hidup yang seperti apa siy yang mesti dilakukan, diantaranya :

  • Selalu berpikir positif

  • Kelola strees dengan baik

  • Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi

  • Rutin Berolahraga

  • Hindari mengurangi jam tidur

  • Tingkatkan kadar vitamin D

  • Memiliki berat bada yang normal atau ideal

  • Mengurangi asupan karbohidrat

Jika semua cara di atas sudah dilakukan, namun hasilnya tak kunjung membaik dan tidak hamil, dokter biasanya akan mengkombinasikan perawatan dengan terapi dan obat.

Bagi wanita yang mengidap PCOS pastilah tidak mudah untuk menjalani ini semua, bukan hanya capek fisik saja, tapi psikis juga sudah pasti kena. 

PCOS berpengaruh besar pada psikologis penderitanya, bukan hanya mempengaruhi organ reproduksi dan kesehatan tubuh, tapi juga mempengaruhi psikologis wanita


Pengalaman Ibu Grace Tahir, Sebagai PCOS Fighter

Jika kita sudah tahu menderita PCOS, segeralah periksakan diri ke Dokter untuk ditangani. Ibu Grace yang hadir sebagai pembicara pada hari itu, berbagi kisahnya bagaimana dia menjadi PCOS Fighter.

Kebetulan dalam keluarga Ibu Grace menikah di usia yang ideal, dibawah 25 tahun dan mudah mendapatkan keturunan. Namun Ibu Grace menikah pada usia 27 tahun dan ditahun yang sama mendapatkan keturunan. Hadir anak pertama Ibu Grace masih merasa santai dan menikmati moment bersama anak pertamanya.


Ibu Grace Tahir Berbagi Pengalamannya sebagai PCOS Fighter 

Karena sering ditanya kapan anak kedua, akhirnya beliau melakukan pemeriksaan ke dokter, dan disini untuk pertama kalinya Ibu Grace mendengar kata PCOS, dan sebelumnya memang dari muda menstruasi beliau tidak teratur dan menderita obesitas juga.

Setelah mengetahui kalau dirinya menderita PCOS, akhirnya Ibu Grace memutuskan untuk berencana hamil secara alami, setelah menunggu selama 3 tahun tak kunjung datang, akhirnya melakukan tes inseminasi, suntik informon.

Mahal sudah pasti, sakit sudah pasti yang akhirnya mempengaruhi mentalitas Ibu Grace. Selama satu tahun Ibu Grace mengalami mental Health tapi hal ini tak berani untuk bercerita ke keluarga. Setelah mencoba beberapa kali inseminasi dan gagal, dan memutuskan untuk Done.

Karena sudah cape berjuang untuk mendapatkan anak yang kedua. Disaat beliau pasrah dan mencoba untuk berdamai dengan dirinya, kuasa Tuhan Ibu Grace hamil secara alami. Pasti semua itu terjadi karena beberapa pengobatan yang telah dijalaninya dan benar-benar menghindari stress.

Dari pengalaman Ibu Grace, terbukti kalau wanita dengan PCOS bisa hamil alami qo, hanya saja memang butuh proses yang tidak mudah. Ada sedihnya, ada susahnya, ada harga yang harus dikeluarkan, ada perjuangan bagi wanita penderita PCOS untuk mendapatkan anak.

Harus kita sadari, belum mendapatkan keturunan sebagai wanita, jangan sampai mengganggu kesehatan kita, jangan sampai mengganggu mental health kita. Karena kita wanita berhak bahagia qo.


Never give up! We are born for the reason

We are so beautiful


Jadi perlu diingat niy, mulai sekarang please buat teman-teman yang masih suka nyinyir, mohon lho dijaga ya omongannya. Mending kasih dukungan dan mendoakan. Apalagi sesama perempuan, kita bisa lho support each other!

Melihat perjuangan teman-teman yang ingin mendapatkan momongan, terhenyut banged dech saya hadir di acara seminar ini. Gimana enggak coba perjuangan mereka itu luar biasa, dan memang setiap pasangan rumah tangga memiliki permasalahan masing-masing dan saya bersyukur termasuk yang cepat diberikan momongan.

Buat kamu para pejuang garis dua, yang sedang menjalani program hamil jangan menyerah ya, terus berusaha. Salah satunya kamu bisa menggunakan alat tes masa subur Ovutest.

So, para PCOS Fighter ingat ya kalian nggak sendirian! Ingat, wanita dengan PCOS itu bisa hamil qo!



Tidak ada komentar

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, semoga bermanfaat.
Tunggu kunjungan balik saya di Blog kalian.

Salam hangat