Mencicipi Lezatnya Sate Domba Afrika, Disantap dengan Pisang Goreng

Saya selalu semangat kalau diajak kulineran, apalagi kalau mencicipi makanan yang unik dan mencoba untuk yang pertama kalinya. Sebagai penyuka makanan daging, saya mendapatkan pengalaman baru untuk mencicipi lezatnya sate domba Afrika, yang disantap dengan pisang goreng.

Restaurant Sate Domba Afrika H. Ismail
Cabang Tangerang

Wahh, penasaran nggak siy! Atau kalian pernah mencobanya?

Biasanya kalau kita mendengar kata sate, pasti langsung terbayang olahan makanan yang disajikan dengan cara ditusuk menggunakan kayu atau bambu, kemudian dimasak dengan cara dibakar. Tapi itu semua nggak berlaku untuk sate khas Afrika, karena masyarakat Afrika menyajikan sate tidak menggunakan tusukan, melainkan dagingnya dipotong kecil, yang tampak seperti hidangan daging bakar biasa.

Siapa niy yang penasaran dengan sensasi makan sate domba Africa? Beberapa waktu lalu, tepatnya Kamis, 15 September 2022 saya berkesempatan untuk mencicipi sate domba Afrika H.Ismali Coulibaly yang ada di Tangerang. Restaurant ini merupakan cabang dari sate domba H. Ismail yang ada di Tanah Abang.

Pembukaan Restaurant Sate Domba Afrika
H. Ismail Cabang Tangerang

Jadi, kalau kamu tinggal di daerah sekitar Tangerang, dan suka banged makan sate domba H. Ismail sekarang nggak perlu lagi jauh-jauh ke Tanah Abang, sudah ada di daerah Tangerang dan lokasinga juga strategis.

Sesuai dengan namanya restaurant ini menyajikan daging domba sebagai bahan utamanya. Uniknya menyantap sate ini bukan dengan potongan lontong atau nasi seperti biasanya, melainkan dengan manisnya pisang goreng. 

Kenapa menggunakan daging domba bukan daging kambing? 

Kita mungkin sering berpikir kalau daging domba dan daging kambing sama atau mirip, padahal keduanya sangat berbeda. Keduanya merupakan jenis hewan yang berbeda, sehingga karakteristik daging hingga rasa juga berbeda. 

Ilustrasi daging domba mentah (Natalia Lisovskaya)

Di Indonesia sendiri daging atau sate kambing lebih terkenal dan lebih mudah kita temukan juga. Tapi, kalian tau nggak kalau daging kambing itu cenderung teksturnya lebih keras, sedangkan daging domba secara umum punya tekstur yang lebih lembut dibandingkan dengan daging kambing. Karena rasanya yang tak terlalu kuat dan dagingnya yang empuk, menjadikan daging domba lebih mudah dimasak dan divariasikan.

Selain itu daging domba juga lebih mudah menyerap bumbu dibandingkan dengan daging kambing. Makanya pemilik restaurant sate domba H. Ismail menggunakan daging domba untuk olahan utama menu mereka.

Mencicipi Lezatnya Sate Domba Afrika H. Ismail Cabang Tangerang

Awalnya mendengar hidangan sate domba dengan pisang goreng terdengar asing di telinga saya, ehmmm gimana rasanya coba!

Sate Domba dengan Pisang Goreng

Biasanya khan kalau daging kambing identik dengan bau prengus, saya pikir itu juga berlaku dengan daging domba yang akan saya santap nanti. Ternyata hal itu salah lho, saya tidak mencium bau prengus sama sekali, ketika hidangan sate domba disajikan diatas meja.

Wahh, saya semakin penasaran ingin segera mencicipi rasanya. Ketika potongan pertama sate domba mendarat di lidah saya, tekstur daging dombanya terasa lembut, empuk di mulut dan sama sekali tidak tercium bau prengus. Kelembutan daging sate dombanya juga berbeda dengan sate daging biasa yang sering saya temui. 

Proses Sate Domba dibakar, diungkep,
Lalu dibakar selama berjam-jam
Rahasia dari keempukan daging dombanya ini, karena proses masak sate domba muda ini dibakar, lalu di ungkep, kemudian dibakar kembali hingga berjam-jam, hasilnya daging benar-benar empuk, ketika kita makanpun lemak daging tidak melekat di langit-langit lidah dan dengan teknik masak ini lemak yang di daging domba akan rontok.
Wajib Dicoba!

Saya semakin penasaran untuk merasakan sensasi uniknya makan sate domba dengan pisang goreng secara bersamaan. Qo pakai pisang goreng? Bagi kita orang Indonesia terbiasa makan sate dengan irisan lontong atau nasi, tapi cara makan seperti ini sering kita temui di Afrika.
Jadi, masyarakat Afrika menikmati sate domba dengan pisang, karena makanan pokok disana adalah pisang. 

Setelah mencobanya ternyata kombinasi dari sate domba dengan pisang goreng memiliki rasa yang unik, tapi enak! 

Awalnya ketika pertama kali mencobanya sedikit aneh, karena kita terbiasa makan sate dengan kombinasi yang gurih dan pedas. Tapi hidangan sate domba dengan pisang goreng ini patut dicoba siy, apalagi dengan adanya tambahan irisan tumisan bawang bombay menambah aroma sate domba semakin lezat. 

Bumbu rempah yang terkandung dalam sate domba memiliki wangi yang khas, yang sebelumnya belum pernah saya temukan pada menu sate yang pernah  saya santap. Bumbu rempah yang kuat dan khas sehingga tanpa tambahan sambalpun sate sudah terasa enak dan lezat.

Begitu dicocol dengan sambal yang terdiri dari cabai, mustard dan sedikit tambahan kecap bagi yang tidak terlalu suka dengan pedas, maka kita bisa merasakan sensasi sate domba ternyata cocok dipadukan dengan sambal tersebut. Bukan hanya cocok dipadukan dengan sambalnya tapi juga cocok disantap dengan pisang goreng, sekilas bentuknya sama seperti pisang goreng biasa namun begitu kita mencicipinya, menurut saya pisang ini terasa lebih manis dan legit.


Sambal Cabai dan Mustard

Ketika semua menu sate domba, pisang goreng dan sambal disatukan di dalam mulut, maka tidak ada rasa  aneh, yang ada hanya santapan yang enak dan bikin ketagihan untuk makan lagi dan lagi.. 

Khusus bagi kamu yang lebih suka makan sate domba dengan nasi, nggak usah khawatir karena di resto ini juga tersedia menu pilihan sate domba dengan nasi kebuli, sate domba dengan nasi putih dan pastinya untuk menu sate domba dengan pisang goreng jangan sampai dilewatkan, supaya kamu bisa merasakan uniknya kuliner khas Afrika.

Menu Sate Domba dengan Pisang Goreng

Menu Sate Domba dengan Nasi Kebuli

Menu Sate Domba dengan Nasi Putih

Porsi untuk setiap menu yang dipesan menurut saya pas untuk satu orang, jadi makannya jangan sampai ada sisa yaa! Oiya bukan hanya pisang gorengnya ajah lho yang enak, tapi makan sate domba dengan nasi kebuli yang ditawarkan juga enak, soalnya maklum kalau nasi kebuli saya agak pemilih, tapi nasi kebuli yang ada disini aslii enak lho! Rempahnya berasa, jadi saat dipadukan dengan sate domba cocok banged. 

Fyi, menu nasi kebuli ini hanya ada di Sate Domba H. Ismail cabang Tangerang saja ya, kalau yang di Tanah Abang, tidak ada menu nasi kebuli.

Ini Menu dan Harganyaa ya...

Untuk bisa menikmati menu sate domba Afrika H. Ismail ini untuk satu porsi sate domba berkisar di harga mulai Rp. 50.000, sedangkan untuk minumannya mulai dari harga Rp.2.000


Congratulation Untuk Dibukanya Restaurant Sate Domba H. Ismail Coulibaly cabang Tangerang

Kabar gembira bagi pecinta sate domba untuk warga Tangerang dan sekitarnya, soalnya Sate Domba H. Ismail sudah ada cabangnya di Tangerang. Apalagi bagi kalian yang penasaran pengen nyobain menu sate domba dengan pisang goreng.

Setelah menunggu 2 tahun lamanya karena pandemi, akhirnya sate domba Afrika H. Ismail cabang Tangerang buka juga. Awalnya karena saat ini khan sate domba H. Ismail hanya ada di Tanah Abang, jadi para pecinta kuliner ini banyak yang datang dari jauh, rupanya  warga Tangerang banyak yang rela menempuh perjalanan jauh menuju Tanah Abang, hanya untuk sekedar menikmati sate domba H. Ismail ini.

Congratulation Untuk Pembukaan Sate Domba Afrika H. Ismail Cabang Tangerang


Akhirnya impian untuk membuka sate domba Afrika H. Ismail Tanah Abang, cabang Tangerang terwujud juga. Setelah melewati beberapa pertimbangan dalam memilih lokasi restaurant sate domba Afrika H. Ismail Tanah Abang cabang Tangerang, terpilihlah lokasi ini dengan alasan tempat ini terlihat cozy, nyaman, adem, family friendly, tersedia tempat duduk, gazebo dan tersedia mushola juga. Jadi, bisa menikmati kuliner tanpa ada rasa khawatir meninggalkan shalat. 

Selain itu lokasi restaurant dikelilingi dengan kantor maskapai, dan ekspedisi jadi marketnya memang sudah ada. 

Karena sang pemilik H. Ismail merupakan asli dari Afrika jadi menu utama yang disajikan sate domba dengan pisang sesuai dengan ciri khas asal negaranya. Jika teman-teman ingin merasakan kelezatan sate domba Afrika H. Ismail, silakan mampir ke sini ya, lokasinya berada di foodcourt Sibungsu Jl. Marsekal Suryadarma Kel. Karangsari Kec. Neglasari Tangerang, Indonesia.

Kamu bisa makan di tempat yang buka mulai jam 10 pagi sampai jam 5 sore. So, kalau kamu penggemar sate domba Afrika H. Ismail, ini menjadi menu wajib yang harus kamu coba! Rasakan sensasi makan sate yang berbeda dari yang lainnya dan akan memberikan pengalaman makan sate yang lebih berkesan..


Tidak ada komentar

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, semoga bermanfaat.
Tunggu kunjungan balik saya di Blog kalian.

Salam hangat