RS. Premier Bintaro : Hospital Tour dan Health Talk Penanganan Terkini Saraf Kejepit

Seperti kita ketahui, setiap orang yang hidup di dunia, pasti pernah merasakan sakit. Sebagai umat beragama kita dianjurkan untuk senantiasa berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa.. 

Begitu juga ketika ada keluarga, kerabat, teman atau kenalan kita yang sedang di rawat di rumah sakit bukan hanya mendoakan saja, tapi terkadang kita juga bisa menguatkan mereka dengan menjenguk. Namun lain halnya jika kita harus menjenguk di rumah sakit, tahu nggak kalau rumah sakit bisa menjadi momok bagi orang-orang yang memiliki ketakutan berlebih pada rumah sakit, atau memiliki pengalaman situasi tragis yang sulit untuk dilupakan.


Tapi, aku bukan mau bahas itu ya sekarang. Justru aku mau cerita pengalaman Tour Hospital di Rumah Sakit Premier Bintaro beberapa waktu lalu. Mengenai tour rumah sakit ini bukan pertama kalinya siy bagi aku, dan selalu exicted. Kenapa? soalnya bisa melihat dan mengenal alat-alat yang digunakan pasien untuk beberapa penyakit tertentu.

Bagi yang sering menonton film tentang kedokteran, mungkin jadi double exictednya, karna biasanya cuma bisa melihat alat-alat tersebut di layar kaca, tapi ini kita bisa melihat langsung dari dekat, dan jelas kita tidak diperbolehkan untuk memegangnya yaa!


Selasa, 19 Juli 2022 pertama kalinya saya menginjakan kaki di rumah sakit Premier Bintaro yang terletak di Jalan. Moh Husni Thamrin No. 1 Pd. Jaya kota Tangerang selatan, Banten 15224. Begitu tiba di lobby langsung disambut dengak kehadiran Darby, kamu tau siapa itu Darby? Dia adalah robot pintar yang siap memberikan kamu informasi, jadwal dokter, membawakan minum selama berada di rumah sakit Premier Bintaro. Gemess banged emang sama si Darby ini, tapi sayang nggak bisa dibawa pulang.. Ok Darby jalankan tugasmu dengan baik yaa!!

Untuk loby dan pendaftaran di rumah sakit Premier Bintaro ini berkonsep open space yaa! 

Tour ini dibagi kedalam beberapa kelompok dan saya masuk kedalam kelompok kedua, yg saat itu Mas Deny bertugas sebagai Team leader mulai mengajak kami mengunjungi beberapa tempat yang ingin diinformasikan kepada masyarakat luas. 


Tour Hospital yang Menyenangkan

Ruang pertama yang kami kunjungi yaitu, ruang USG, CT SCAN General, ruang X-Ray dan ruang MRI. Pertama masuk ke ruang USG, oke saya pribadi sudah mengenal tempat ini karena saat hamil dulu, sudah beberapa kali bolak-balik ke ruangan USG. Berlanjut ke ruang CT Scan, oke saya juga pernah merasakan alat in ketika saya mengalami kecelakaan motor. 



Lanjut, ke ruang X-Ray, saat melihat alatnya yaa cukup besar dan sedikit mengerikan. Dan ruang selanjutnya termasuk yang saya sangat penasaran, ruang MRI. Alat ini sering banged saya lihat ketika menonton Film The Good Doctor, aku sudah menduga kalau kita hanya bisa melihat dari balik kaca saja. Dimana MRI yang dimiliki oleh rumah sakit Premier Bintaro ini sudah dalam bentuk , lho! Apa siy MRI 3 Tesla itu? 


MRI 3 Tesla ini merupakan teknologi untuk menghasilkan gambar pencitraan anatomi di dalam tubuh, mulai dari tungkai, tulang belakang, saraf, otak, perut, jaringan dan otot, serta bagian tubuh lainnya yang hanya menggunakan medan magnet, sehingga aman digunakan untuk pasien karena sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan layanan pendukung. 

Ruangan MRI 3 Tesla ini didesain dengan elegan, sehingga menambah kenyamanan dan memberikan keamanan kepada pasien selama pemeriksaan. Oke setelah ke 4 ruang tersebut, kita berlanjut ke ruangan Visa Medical Checkup, jadi disini bukan hanya melayani medical check up umum saja, tapi juga Medical Check Up untuk 5 negara, yaitu New Zealand, Amerika, Inggris, Australia dan Canada, Jika tidak ada kendala atau penyakit tertentu proses Visa Medical Checkup ini cepat qo, biasanya dalam waktu 2 jam hasil sudah kita terima.

Nah, untuk MCU warga asing ini mereka konsen banged di TB, terutama bagi warga UK. Karena mereka khawatir orang yang akan kesana terkena penyakit TBC.

Oiya, selama Tour rumah sakit Premier Bintaro ini kita semua tetap menjalani protokol kesehatan yaa, dan ruangan yang kita datangi juga ruangan yang tidak ada pasiennya alias kosong. Karena bagaimanapun kenyamanan pasien harus diutamakan.

Seperti halnya ruang Visa Medical Checkup, pada hari itu layanan cukup ramai jadi kami hanya bisa meliput sampai depan sini saja. 


Next, kita ke lantai 2 disini ada ruang operasi besar, hampir seluruh operasi besar yang dilakukan di dalam ruangan ini, termasuk operasi plastik juga dilakukan di sini, sedangkan kalau untuk operasi kecil biasanya bisa dilakukan di poli atau ruangan pasien.

Di lantai 2 juga ada ruang perawatan untuk konsultasi, dan saat masuk dalam ruangan ini, tempatnya cozy banged lho, jadi sesi konsultasi bakalan asik dan nyaman siy. Oke untuk tour hospitalnya cukup sampai disini dulu yaa, kita lanjut ke sisi selanjutnya yaitu Health Talk. 

Tau nggak, terkadang kalau mendengarkan sesi pembahasan tentang suatu penyakit membosankan ya, selain itu juga pasti kita akan mendengarkan beberapa istilah medis yang asing kita dengar. Tapi itu semua tidak berlaku untuk kali ink, qo bisa?

Health Talk : Penanganan Terkini Saraf Kejepit

Oke, Saraf kejepit saya sering dengar untuk penyakit ini. Jadi ketika sang Dokter Ajiantoro, SpOT (KSpine) berdiri di depan untuk menyampaikan materi tentang penyakit ini, mode serius mulai saya pasang. Sejak awal pengenalan diri, penyampaiaan materi hingga sesi tanya jawab dengan peserta blogger dan vlogger yang hadir, qo menarik sekali yaa.


Penyampaiannya jelas, bahasa yang digunakan selama sesi health talk ini juga mudah dimengerti dan ternyata pembahasan mengenai Penanganan Terkini Saraf Kejepit ini menarik sekali. Mau tau alasannya?

Kamu Tau Saraf Kejepit?

Siapa yang pernah mengalami syaraf kejepit? Pada kenyataannya masalah penyakit saraf kejepit menjadi momok yang cukup berat bagi beberapa orang, karena diderita oleh usia produktif.

Problem terkini dari penyakit saraf kejepit atau nyeri punggung bawah. Nyeri? Suatu sensasi yang diakibatkan suatu proses kerusakan pada tubuh yang terjadi secara kronis, akut dalam jangka waktu kurang dari 2 minggu. 

Nyeri punggung bawah ternyata hampir setiap pribadi kita pernah mengalaminya lho, apalagi bagi mereka yang profesi kerjaanya sering mengangkat barang berat, bahkan driver dan pramugari sekalipun pernah mengalami yang namanya nyeri punggung bawah lho!
So, jangan-jangan kita pernah mengalaminya juga ya? Soalnya hasil dari penelitian 80% dari populasi yang ada pernah mengalami minimal 1 kali lho!

Kamu pernah nggak siy, ketika bangun tidur trus punggung bagian bawah sakit? Hayuuu coba dinget-inget..

Hasil penelitian yang kedua mengatakan kalau nyeri punggung bawah ini juga berada diurutan kedua orang sering melakukan kunjungan  dan urutan ketiga tindakan penanganan penyakit yang perlu tindakan intensif. 

Well, pembahasan sudah mulai masuk lebih serius niy!
Apalagi jika seseorang mengalami nyeri tulang bagian bawah sering merasa nyeri mengakibatkan produktivitas kerja kita jadi terhambat. Selain itu problem yang sering dialami pasien saraf kejepit adalah, tulang sering bergeser, bantalan, dan akibat penuaan atau lansia.

Ketika nyeri punggung sudah menjalar ke bagian kaki, maka yang harus kita waspadai adalah: Warning!
  • Ketika pasien merasakan rasa nyeri yang progresif, dan tidak hilang dengan mengkonsumsi obat-obatan
  • Rasa nyeri sudah menjalar ke satu atau dua kaki, padahal sumber nyerinya ada di punggung tapi bisa menyebar ke kaki.
Oleh karena itu, jika keluhan ini terjadi maka harus dilakukan pemeriksaan yang lengkap, dan diagnosis menjadi hal utama yang dianjurkan.

Untungnya Rumah Sakit Premier Bintaro ini sudah dilengkapi peralatan lengkap untuk pemeriksaan saraf kejepit.

Kenapa siy diagnosis itu penting? Karena melalui diagnosis ini, bisa dilanjutkan pengobatan selanjutanya, apakah perlu dilakukan tindakan operasi atau tidak. Kebanyakan pasien yang mengalami saraf kejepit biasanya paling menghindari untuk dilakukan operasi.

Lantas, bagaimana pengobatan yang dilakukan? Melalui diagnosis dan indikasi yang tepat bisa dilakukan dengan beberapa tindakan, 
  • Interventional Pain Management (IPM) dimana metode ini bisa dilakukan tanpa operasi dengan menggunakan suntikan tanpa pembiusan, tidak ada rawat inap, bisa langsung pulang dan melanjutkan aktivitas. Caranya dengan penyuntikan saraf kejepit, menurunkan gejala, dan menurunkan efek nyeri.
  • Radio Frekuensi, seperti jarum akupuntur yang kecil kemudian dimasukan ke punggung pasien sekitar 2 menit.
  • Leser, pada kasus robekan dari bantalan yang akan dimasukan jarum kemudian di leser, harapannya bantalan yang keluar ini bisa mengecil atau mengkerut dan bisa masuk kembali. Setidaknya berkurang rasa nyeri pada saraf tulang belakang.
  • Operasi, jika memang tingkatan sakit pasien saraf kejepit cukup parah dan tidak bisa dilakukan dengan pengobatan metode yang lainnya, maka tindakan operasi akan dilakukan untuk memperbaikai saraf kejepit tersebut.
Untuk saat ini penanganan terkini yang dilakukan oleh rumah sakit Premier Bintaro adalah tindakan minimal invasif tulang belakang yaitu tindakan operasi dengan sayatan minimal sehingga resiko yang diakibatkan juga akan semakin kecil, pendarahannya mininal, resiko infeksi mininal, nyeri pasca tindakan akan semakin berkurang dengan harapan pasien bisa melakukan aktivitas atau bekerja dengan segera.

Ini merupakan tindakan teknologi terbaru dimana tindakan pada tulang belakang bisa mengurangi kerusakan jaringan atau stress sehingga pasien bisa beraktivitas kembali dengan cepat. Pasti ini khan yang kita mau, saat melakukan pengobatan pasti kita maunya cepat sembuh dan rasa sakit yang dialami sebentar saja.

Selain itu tindakan terkini lainnya juga dengan tindakan endoskopi, dimana tindakan ini sangat minimal dengan operasinya untuk merusak jaringan jaringan pendarahan infeksi dan meninggalkan luka yang kecil. Tindakan ini biasanya cocok dilakukan untuk pasien yang usianya lansia. 

Pertanyaan selanjutnya muncul niy, kalau tindakan pengobatan saraf kejepit dilakukan dengan cara operasi, apakah akan selalu dipasang pen? Jawabannya tidak! Pen hanya digunakan pada saat kondisi tulang belakang pasien tidak stabil. 

Dari sini bisa dikatakan jika saraf kejepit keluhan yang sering ditemui pada bidang ortopedi, jadi kita benar-benar harus mengetahui tanda bahayanya niy! Hal utama yang harus dilakukan ketika terkena saraf kejepit maka diagnosis yang tepat harus dilakukan.

Jadi, apapun permasalahan dari tulang belakang, baik dari leher hingga punggung bagian bawah maka rumah sakit Premier Bintaro akan melakukan  penanganan dengan fasilitas yang cukup lengkap karna one stop service.






Tidak ada komentar

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, semoga bermanfaat.
Tunggu kunjungan balik saya di Blog kalian.

Salam hangat