Waspada Perubahan Iklim, Yuk Selamatkan Bumi Sejak Dini!

Pembahasan saat buka puasa bersama teman-teman hari ini, topiknya adalah perubahan cuaca yang terjadi beberapa hari belakangan ini, random banget siy ini. Tapi ini yang kita rasakan,  alhasil puasa bulan Ramadan tahun 2022 ini sedikit berbeda, karena ada pengaruh cuaca juga kayaknya, badan terasa lebih cepat lelah, capek dan rasa haus juga lumayan menjadi ujian.


Belum lagi ketika mengantar dan menjemput anak sekolah di pagi hari, sinar matahari sudah terasa menyengat. Apalagi pas siang hari, wah puanasnya poll sekali. Jangan berani-berani keluar rumah tanpa menggunakan Sun Protection.
Tapi begitu sore hari, cuaca berubah lagi. Ketika sedang asik berburu untuk membeli takjil, tiba-tiba hujan deras disertai dengan petir.


Melindungi Bumi adalah Tugas Kita Bersama
Pic. Kumparan.com



Ketika pagi dan siang hari kita harus merasakan panasnya matahari, namun di sore dan malam hari kita dihadapkan dengan hujan deras. Apakah keadaan iklim ini normal? Apakah tubuh kita bisa beradaptasi dengan iklim sekarang ini? Apakah bumi akan baik-baik saja?


Well, semua pertanyaan tersebut setidaknya sedikit meyentil diri sendiri untuk ikut andil mengurangi dampak dari perubahan iklim yang terjadi belakangan ini. Bumi sebagai tempat hidup makhluk hidup dan matahari sebagai sumber energi kehidupan, sebagai manusia kita memiliki konsekuensi untuk mendayagunakan dengan bijak dan bisa melestarikan demi kelangsungan hidup kita bersama. Tak ada yang terlambat untuk memulainya, kita bisa mulai dari diri kita sendiri sejak dini!



Yuk, Cegah Global Warming, Mulai Sejak Dini


Kenyataan yang kita rasakan sekarang, kita telah menikmati dan merasakan manfaat bumi dan isinya secara bebas dan tidak terbatas. Apakah yang kita rasakan sekarang ini, bisa dirasakan juga oleh anak dan cucu-cucu kita kelak. 


Jangan sampai kita hanya ingin menikmatinya saja, dan tidak ada usaha sama sekali untuk menyelamatkannya. Paling tidak jika jauh dari kata melindungi, yuk bisa yuk tidak merusaknya. Setidaknya adanya pandemi yang melanda dunia, sedikit membawa kita terbiasa dengan kebiasaan-kebiasaan baru, dari sini kita bisa sedikit belajar untuk lebih peduli dan tergerak menjaga kelestarian bumi kita tercinta.


Jangan sampai perubahan iklim yang kita rasakan akhir-akhir ini menuju jalan kerusakan bumi yang berkelanjutan. Perubahan iklim pastinya akan berdampak sangat luas bagi kehidupan masyarakat. Jika kenaikan suhu bumi terjadi dampaknya aspek perubahan alam dan kehidupan manusia, seperti kualitas dan kuantitas air, habitat, hutan, kesehatan kita, lahan pertanian dan ekosistem pasti akan mengakibatkan efek yang luar biasa.


Kita tidak boleh hanya duduk termenung, santai rebahan dirumah tanpa melakukan aksi apapun. Jangan menunggu orang lain untuk melakukannya terlebih dahulu, tapi percayakan padi diri kita sendiri untuk memulainya sejak dini. Gimana caranya?


5 Aksi Kecil Untuk Menyelamatkan Bumi Sejak Dini


1. Membuang sampah pada tempatnya


Aksi kecil dan sederhana ini ternyata masih sulit untuk dilakukan oleh sebagian orang. Kenapa siy aksi ini penting, karena sebagai manusia kita tidak akan pernah lepas dari yang namanya sampah. Jadi pastikan sisa makanan atau bungkus apapun yang kita miliki, masuk ke dalam tempat sampah.


Jika kamu melihat sampah di sekitar atau di dekatmu, pastikan kita ambil dan buang sampah tersebut pada tempatnya. Kebiasaan ini, perlahan saya terapkan pada diri sendiri, contoh kecil ketika makan permen dan belum menemukan tempat sampah untuk membuangnya, biasanya saya akan simpan terlebih dahulu di kantong celana, setelah ada tempat pembuangan sampah baru saya keluarkan.


Selain itu kita semua juga sudah tau dampak besar yang akan menimpa kita akibat sampah, yup terjadinya banjir dan nggak lucu khan musibah ini kerap sering terjadi, rentang waktunya juga sudah kita ketahui dan ini akibat ulah kita sendiri.


2. Kurangi Penggunaan Kantong Plastik


Siapa yang sekarang ini kalau ke mini market, ke Mall bahkan ke pasar tradisional kita sudah menyiapkan kantong belanjaan sendiri dari rumah.
Yes, kebiasaan ini juga sudah saya lakukan dan ternyata memang lebih enak lho kalau kita mengganti tas yang berbahan kain, tumpukan plastik setidaknya bisa kita kurangi.

Membiasakan Membawa Kantong Belanjaan Sendiri dari Rumah


Maklum, plastik khan memerlukan jangka waktu yang lumayan lama untuk terurai di dalam tanah. Jadi kalau kita bisa menguranginya, is a great!


Selain mengganti kantong plastik dengan yang berbaham kain, penggunaan sedotan dan wadah plastik juga perlahan sudah mulai saya jauhkan. Untuk ini perlu usaha lebih siy emang. Tapi, is oke semuanya butuh proses.


3. Menghemat Air

Ini langkah besar selanjutnya agar kita bisa melindungi bumi. Karena manfaatnya yang begitu besar, hampir segala aktivitas kita melibatkan air. Jika kita sudah mengetahui kalau sumber alam itu akan habis jika kita gunakan terus menerus, maka gunakanlah air seperlunya, gunakanlah air dengan bijak.


4. Menggalakan Penghijauan

Kalau kita sering-sering melihat yang warna hijau, jadi jauh lebih segar ya. Apalagi jika di rumah, di sekitar lingkungan tempat tinggal dilakukan penghijauan. Nah, sejak pandemi juga khan jadi ramai tuch banyak diantara kita yang mulai hobi baru merawat tanaman. Kebiasaan ini bisa juga lho kita tularkan ke tetangga sekitar. Bareng-bareng kita mulai melakukan penghijauan, ya setidaknya dimulai dari menanam pohon diperkarangan rumah kita sendiri.


5. Mendaur Ulang Sampah

Diantara ke-5 aksi, mendaur ulang sampah menjadi yang terberat, jadi PR banged. Soalnya dibutuhkan tenaga, waktu dan kreativitas untuk mendaur ulang sampah ini. Tapi setidaknya saya mulai terbiasa memisahkan sampah plastik, sampah sisa makanan, ke dalam kantong yang berbeda


Nah, 5 aksi ini kelihatannya sederhana ya, siapapun bisa melakukannya. Kita tuch hanya perlu membiasakan diri ajah, dan mulai dari diri kita sendiri dulu, baru keluarga, lanjut tetangga sampai ke lingkungan sekitar.


Soalnya kalau bukan kita yang bersama merawat bumi, siapa lagi dunk! #UntukMuBumiku kita bisa mulai dengan aksi yang sedehana dan yakin dech #TeamUpforImpact pasti akan kita dapatkan. Bisa sekarang, nanti atau beberapa puluh tahun kedepan dan semuanya demi kebaikan kita bersama.


Yuk bisa yuk selamatkan bumi tercinta kita sejak dini!



Stay healthy everyone!


Tidak ada komentar

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, semoga bermanfaat.
Tunggu kunjungan balik saya di Blog kalian.

Salam hangat