Saturday, October 23, 2021

Satu Kebiasaan, yang Bisa Membawa Perubahan Bagi Hidup Kita, Apakah itu?

Alam bawah sadar kita seringkali menyimpan banyak misteri. Terkadang alam bawah sadar sering menunjukan pada diri kita apa yang mengganggu dan apa keinginan kita yang sebenarnya. Bukan cuma akan mempengaruhi kesehatan mental  ajah, tapi juga kesehatan emosional kita, dan semua itu ada pengaruh besar dari lingkungan.



Lingkungan yang sangat berbeda dengan generasi orangtua kita terdahulu. Makanya kadang aku tuch seneng kalau ngumpul dan ngobrol bareng sama orang-orang yang lebih tua. Pasti selalu ada hal menarik untuk kita dengarkan, entah itu kisah sekolah mereka, kisah kampung halaman mereka, maupun kisah lika-liku hidup mereka.

Cerita dari nenek sahabat saya pernah bilang, dan yang membuat saya manggut-mangut kepala, beliau bilang nggak meyangka akan ngalamin beli air mineral dalam kemasan. Ini suatu hal yang nggak pernah terpikirkan oleh beliau, karena air itu merupakan sumber alam yang sangat dibutuhkan, digunakan sehari-hari oleh manusia dan berlimpah pula. Iya pada zamannya dulu, nenek sahabat saya ini nggak pernah kesulitan untuk menemukan air minum. Karena kapanpun kita mau minum, pasti dengan mudah kita akan mendapatkannya dan gratis-tis.

Now, kita juga dengan mudah bisa mendapatkan air minum, bahkan bisa berbagai rasa tapi bayar! Bahkan harganya di beberapa negara bisa dibilang cukup mahal. Berdasarkan pengalaman saya pribadi saat traveling ke Singapura, membawa botol air sendiri ketika keluar rumah itu wajib banged, soalnya harga air mineral yang dijual disan cukup mahal.

Kenapa mahal? Soalnya ya supaya jadi lebih ramah lingkungan dan nggak banyak sampah plastik. Ya, akhirnya kebiasaan ini terbawa saat kembali ke Jakarta. Perlahan saya mulai membiasakan membawa bekal air minum dari rumah ketika akan pergi keluar, bukan ngerasa lebih aman tapi jadi lebih hemat juga.

Apalagi ketika kita makan di restoran, jarang banged yang menyediakan air minum, kebanyakan tempat makan yang saya datangi, kita harus membeli air minum tersebut dan harganya juga kadang nggak murah juga. 

Dari sebuah pengalaman, akhirnya sekarang menjadi kebiasaan, dan lingkungan yang terjadi sekarang ini juga sangat mendukung. 

Satu Benda yang Sangat Bermanfaat Untuk Bertahan Hidup

Selama ini kamu juga udah sering bawa botol air minum sendiri nggak siy? Emang jadi lebih ribet dan bikin tas kita jadi penuh dan lebih berat. Malah sekarang itu botol minum jadi barang yang wajib kita bawa kalau keluar rumah nggak siy! Manfaatnya juga banyak buat kita, terlebih lagi di kondosi seperti sekarang ini.

Banyaknya kebiasaan baru yang harus kita lakukan, membawa air botol minum sendiri saat keluar rumah membuat kita jadi bisa bertahan hidup, karena lebih hemat, lebih menyehatkan dan lebih aman juga, setuju nggak?

Selain alasan diatas, bagi saya yang sangat terpenting adalah bisa menjadi seorang pribadi yang peduli dan menjaga kelestarian bumi. As we know, berapa sampah plastik yang dihasilkan oleh penduduk Indonesia. So, untuk itu saya menghindari penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari, meskipun belum sepenuhnya tapi setidaknya saya mencoba untuk menguranginya.

Salah satunya caranya saya menghindari membeli air minum kemasan sekali pakai, dan sebagai gantinya saya tinggal minum dari air botol yang saya bawa dan bisa saya gunakan berulang kali.
Coba dech bayangin, dengan kebiasaan ini berapa banyak sampah botol yang bisa kita kurangi?

Kondisi Lingkungan saat ini juga sangat mendukung kita untuk terbiasa membawa botol minum sendiri, demi kesehatan tubuh kita juga. Bisa jadi air kemasan yang di jual di luar sana itu nggak sehat, palsu,  udah kadarluasa atau airnya belum dimasak. Nah, kalau kita bawa botol minum sendiri dari rumah, kita yakin lebih sehat dan aman untuk diminum.

Mungkin kebiasaan kita ini biasa, tapi tanpa kita sadari kita bisa memberikan yang terbaik bagi generasi kita selanjutnya dimana #UntukmuBumiku  kalau bukan #MudaMudiBumi yang menjaganya, lantas siapa yang harus kita percayakan.

Percaya siy setiap kebaikan yang kita tabur, pasti kebaikannya akan kembali ke diri kita sendiri.  Jadi kalau sekarang kamu mau memberikan kesempatan bagi diri kita untuk berbuat baik pada Bumi ini. Jawabannya, #TimeforActionIndonesia dan buktikan ke diri kamu sendiri, kalau kita bisa menjadi Hari sumpah Pemuda lebih bermakna.




No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, semoga bermanfaat.
Tunggu kunjungan balik saya di Blog kalian.

Salam hangat