Wednesday, May 12, 2021

Pemberian Imunisasi Pada Anak Di Tengah Pandemi Covid-19, Amankah?


Saat ini kita sudah memasuki tahun kedua pandemi dan kita masih belum tahu kapan semua ini akan berakhir. Namun, disaat pandemi sekarang ini proses pemberian imunisasi harus tetap berjalan. Tapi di satu sisi pemerintah menghimbau masyarakat untuk tetap berada di rumah dan menghindari pusat keramaian, termasuk rumah sakit.

Hal ini tentunya membuat banyak orangtua yang merasa kesulitan untuk melengkapi vaksinasi kepada anaknya, lantas apakah aman untuk vaksin di tengah pandemi?


Pandemi virus corona berimbas pada banyak hal, tak terkecuali yang ikut kena dampak jadwal imunisasi anak. Tidak sedikit orangtua yang ragu untuk membawa anaknya ke rumah sakit atau ke puskesmas untuk melakukan imunisasi, mereka takut nantinya malah tertular virus corona.

kenapa imunisasi itu penting?

Karena imunisasi atau pemberian vaksin merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kekebelan tubuh terhadap suatu penyakit, sehingga imunisasi menjadi penting bagi semua orang terutama untuk anak-anak.

World Health Organization (WHO) mendefinisikan imunisasi sebagai proses dimana seseorang menjadi kebal atau resisten terhadap penyakit menular. Bahkan pemberian imunisasi ini sudah dapat diberikan kepada anak yang baru lahir, karena pemberian imunisasi ini berguna untuk mencegah agar sang buah hati terkena penyakit di kemudian hari.

Kamu tau nggak, kalau setiap orangtua itu wajib lho untuk memberikan imunisasi kepada, soaknya hal ini sudah diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomer 41 Tahun 2013. Pada hari Kamis, tanggal 6 Mei 2021 bertempat di Hoten Manhattan Jl. Prof Dr. satrio, Jakarta Selatan bersama dengan Kemenkes dan teman-teman Bloggercrony hadir di acara Temu Netizen Kesehatan yang mengangkat tema "Ayo Imunisasi, Bersatu Sehatkan Negeri".

Meskipun di tengah pandemi, tapi pemerintah tetap menekankan kepada setiap orangtua untuk tetap melengkapi imunisasi anak. Karena pada dalam keadan dunia baik-baik saja dan Indonesia dalam keadaan normal nyatanya bangsa kita ini masih menjadi penyumbang jumlah anak terbesar yang tidak mendapatkan imunisasi lengkap.

So, bagaimana di saat dunia yang sedang berjuang melawan virus covid-19, pastinya akan menimbulkan kejadian yang luar biasa dari penyakit-penyakit yang sebenarnya dapat dicegah dengan memberikan imunisasi.

Jangan Ragu Membawa Anak Untuk Diberikan Imunisasi

Takut, sama saya juga ketika harus membawa sang buah hati ke puskesmas untuk pemberian imunisasi di tengah masa pandemi, namun karena mengingat manfaat imunisasi lebih besar daripada risikonya, maka sesuai dengan anjuran pemerintah kita bisa tetap memberikan imunisasi kepada anak-anak dengan aman. Berikut ini adalah alur yang harus kita perhatikan,



Jika masih banyak diluar sana yang bersikeras untuk tidak memberikan vaksin kepada anak-anak mereka, itu memang pilihan mereka tapi sayangnya sikap ini bisa membahayakan orang lain yang berada di lingkungannya. Why? Sangat disayangkan jika kita tidak melakukan imunisasi, karena ini beberapa alasannya,



Kita tentu saja tidak mau jika penerus bangsa ini memiliki imun yang rentan karena keegoisan orangtua yang menolak untuk memberikan imunisasi kepada anak-anaknya.

Lantas, pasti kita sering mendengar berita atau informasi hoax mengenai imunisasi. So, parents be wise dalam menerima dan menyebarkan informasi. Sebaiknya apapun berita yang kita dapatkan harus dipastikan terlebih dahulu jika berita tersebut benar dan dari sumber yang terpercaya.

Karena imunisasi menjadi salah satu investasi terbaik dalam kesehatan global dan memiliki peranan penting dalam mencapai 14 dari 17 Sustainable Development Goals (SDG) 

Yuk, sukseskan imunisai agar Terciptanya Generasi yang Sehat. 

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, semoga bermanfaat.
Tunggu kunjungan balik saya di Blog kalian.

Salam hangat