Monday, March 22, 2021

Apakah Keuangan Kamu Sudah Sehat? Yuk, Mulai Sekarang Bijak Merencanakan Keuangan

Halo teman-teman apa kabarnya?


Gimana jantung masih aman nggak, lihat saldo rekening tabungan? Pandemi yang sampai sekarang ini masih dirasakan hampir seluruh negara di dunia ini. Karana pandemi ini juga mempengaruhi hampir seluruh aspek, terutama aspek ekonomi.


Tak sedikit perusahaan yang menutup usaha mereka, alhasil banyak karyawan yang kehilangan pekerjaan. Kejadian inilah yang akhirnya membuat masyarakat beralih profesi. Banyak yang membuka usaha baru, banyak yang berdagang.


Karena kita harus berdamai dan cepat beradaptasi dengan kondisi sekarang ini, dan memaksa kita untuk lebih kreatif. Ketika kita memutuskan untuk memiliki usaha atau bisnis sendiri maka kita juga harus belajar mengenai bagaimana mengatur keuangan dengan baik.




Bijak merencanakan keuangan, baik keuangan untuk keluarga dan usaha. Pada dasarnya pengaturan keuangan keluarga dan keuangan usaha ini sangat penting dan harus dipisahkan. Bukan hanya menjaga kesehatan tubuh saja, tapi kesehatan keuangan kita juga perlu. Apa kamu sudah yakin keuangan kita selama ini sudah sehat apa belum..??


Banyak diantara kita yang sangat fokus kepada kesehatan tubuh, satu sisi menjaga kesehatan tubuh ini memang penting. Tapi tidak kalah penting adalah menjaga kesehatan keuangan. Soalnya kalau keuangan kita nggak sehat, ketika tubuh kita sakit dan keuangan kita berantakan, yg terjadi semuanya malah tambah berantakan.


Betul nggak..??


Jangan sampai kita harus meminjam kepada orang lain, menjual aset dan menjual rugi.


Itu hal pertama yang harus kita perhatikan, kesehatan keuangan. Langkah selanjutnya kita harus bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Jangan sampai jika kebutuhan keinginan kita tidak dipenuhi, kita tidak perlu gengsi.


Langkah selanjutnya yang harus kita lakukan  yaitu menabung, karena kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di kemudian hari, dan semuanya itu membutuhkan biaya oleh karena itu sangat penting kita memiliki tabungan.


Jika tabungan sudah aman, kita bisa beranjak ke langkah selanjutnya dengan berinvestasi. investasi ini jenisnya juga banyak, mulai dari yang sederhana misalnya investasi emas, lalu ada obligasi, ada reksadana, hingga akhirnya kita beranjak memiliki usaha. 


Dimana sebenarnya usaha ini termasuk investasi lho! Apapun jenis usaha yang kita miliki. Sayangnya dalam melakukan usaha banyak kesalahan yang dilakukan, misalnya tidak memisahkan antara keuangan keluarga dan keuangan usaha, biasanya kantongnya cuma satu.


Padahal yang baik itu adalah harus dipisahkan, karena kita tidak mau uang kita terpakai, sehingga uang modal usaha akan terpakai juga, uangnya akhirnya nggak bisa muter, dan tidak bisa mendapatkan keuangan.


Dalam usaha kita harus menentukan biaya, jangan sampai harga jual lebih rendah dari harga modal, yang ada nanti kita malah tekor. Kemudian kita harus memperhatikan apakah usaha kita bisa membayar cicilan apa tidak.


Dari uraian diatas bisa kita garis bawahi beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan keuangan usaha kita, yaitu :

  • Terpisah dari keuangan keluarga
  • Bisa menentukan biaya
  • Bisa menentukan harga jual
  • Bisa membayar cicilan (jika ada)
  • Bisa mengatur cash flow keuangan.

Jika hal tersebut bisa kita lakukan dengan baik, maka usaha yang kita miliki sebagai salah satu jenis investasi ini bisa berjalan dengan baik, dan harapannya bisa terus berkembang dan maju.


Kembali lagi ke Financial check up, apa yang harus kita perhatikan,

1. Hutang, ada hutang baik dan hutang buruk. Pastikan hutang yang kita ambil adalah hutang yang baik, bukan hutang untuk memenuhi keingan konsumtif sehari-hari kita.
2. Kekayaan bersih, yaitu jumlah aset yang kita milikimiliki setelah dikurangi dengan hutang maka harus ada sisa dana, maka ini positif.
3. Dana Darurat, yaitu dana yang kita peesiapkan untuk hal-hal yang sifatnya sangat darurat, misalnya karena sakit, kecelakaan di jalan, hingga hp rusak juga termasuk darurat.
4. Asuransi, juga tidak kalah penting karena kita tau biaya kesehatan saat ini sangat mahal. Paling tidak kita harus memiliki asuransi BPJS.
5. Investasi, harus disesuaikan dengan tujuan kita dan harus diperhatikan jangka pendek, jangka panjangnya.


Sekarang ini yang sedang marak adalah pinjaman online, yang sangat meredahkan dan bunganya tidak masuk akal. Apalagi disaat pandemi seperti sekarang ini, banyak orang yang kena pinjaman ilegal, modusnya biasanya melalui sms. Dimana aplikasinya tidak terdaftar di OJK. Jadi kita harus sangat berhati-hati.


Jika kita ingin melakukan pinjaman maka ada beberapa hal yang harus kita perhatikan,

  • Terpercaya
  • Reputable
  • Terdaftar di OJK
  • Ada di platform (google playstore/ios)
  • Hati-hati pinjaman online


Jadi, jika kita memang membutuhkan pinjaman, maka ambilah dengan bijaksana, berhutanglah sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kita membayar cicilan dan berhutanglah untuk hal-hal yang sifatnya produktif.


Apalagi di era digital sekarang ini, semua dipermudah dengan aplikasi yang simple, mudah, tidak pake ribet dan cepat. So, bagi kita yang masih memiliki permasalahan keuangan, kalian mau tau bagaimana solusinya?


Solusi Mengatasi Permasalahan Keuangan


Kamu tau nggak kalau faktanya wanita di bidang usaha itu ternyata lebih besar lho! Sabtu, 20 Maret 2021, saya mengikuti Ngopi Bareng Bang Amar. Hadir sebagai pembicara Aidil Akbar, Master Financial Planner dan Ghaida Nuris Tsara, Coordinator Referal Program Tunaiku Amar Bank




Kebijakan keuangan sudah kita bahas diatas dan telah dijabarkan oleh Aidil AkbarMaster Financial Planner. Selanjutnya Mbak Ghaida akan mengajak kita untuk membahas solusi mengatasi keuangan dengan Tunaiku.


Melihat maraknya pinjaman online saat ini, dan pandemi ini banyak orang yang beralih menjadi buka usaha sendiri menjadi perhatian sendiri bagi Bank Amar. 


Memulai usaha memang bukanlah hal perkara yang mudah, biasanya ada saja hambatan yang kita hadapi, misalnya harus mulai dari mana? Kurang rasa percaya diri, dan yang paling sering kita hadapi yaitu kurangnya modal.



Disini, Tunaiku hadir untuk memberikan solusi. Apa siy Tunaiku? Tunaiku adalah platform pinjaman digital tanpa agunan dari PT. Bank Amar Indonesia Tbk, yang memberikan solusi finansial bagi masyarakat yang kurang terlayani atau belum dilayani oleh Lembaga Keuangan Formal.


Ada beberapa keunggulan Tunaiku sebagai pinjaman online yang perlu kita ketahui : 

  • Jumlah pinjaman 2.000.000 - 20.000.000
  • Interest Bunga Pinjaman 3-4% flat/perbulannya
  • Jangka Waktu Pinjaman 6 - 20 bulan
  • Biaya Administrasi, Rp. 540.000 ( sudah dimasukan kedalam cicilan bulanan)

Tapi teman-teman tetap ingat ya pesan dari apa yang telah dikatakan oleh Mas Aidil jika kita memang memerlukan pinjaman maka bijaklah dalam berhutang.



No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, semoga bermanfaat.
Tunggu kunjungan balik saya di Blog kalian.

Salam hangat