Tips Memilih Cemilan Sehat Untuk Anak Selama di Rumah Aja

Mak! 

Dimasa sekarang ini jadi lebih rajin nengok timbangan nggak? 


Kalau saya jadi tambah sayang sama timbangan, sudah tersimpan rapi diatas lemari. Apalagi sekarang ini juga sudah masuk musim hujan, jadi bawaannya bikin kita marger dan penggennya ngemil terus. Hello, apa kabar berat badan?





Apa kabar anak-anak, masih bertahan di dalam rumah? Stock cemilan untuk keluarga di rumah aman nggak? Kayaknya kalau kita ngomongin cemilan bukan cuma anak-anak aja ya yang suka, tapi kita para orangtua juga suka ngemil bukan?


Karena keluarga dirumah pada suka ngemil biasanya stock cemilan makanan di kotak dan kulkas sebisa mungkin nggak boleh kosong niy, soalnya kalau tengah malem kelaparan bisa bahaya nanti, suka berakhir nggak bisa tidur biasanya. Nah, kalau kita ada stock cemilan paling tidak sedikit menyelematkan kita.


Tapi, ingat lho Mak! jangan sampai kita salah pilih cemilan yaa.


Kita sebagai orangtua harusnya selalu memikirkan kandungan asupan nutrisi yang akan kita berikan untuk keluarga dan anak tercinta dirumah. Apalagi saat ini kita sedang berada diposisi yang sedang tidak baik-baik saja. 


Biasanya kita sering fokus hanya pada makanan pokok saja, sedangkan untuk masalah cemilan anak-anak dan keluarga dirumah suka-suka saja, yang penting mereka suka dan senang.





Beberapa waktu lalu, tepatnya pada tanggal 22 Januari 2021, bareng Kumpulan Emak-Emak Blogger saya berkesempatan untuk mengikuti Virtual PR Launch dalam rangka menyambut Hari Gizi Nasional.


Keseruan Talk Show PR Launch Paddle Pop


Siapa yang suka beli cemilan ice cream Paddle Pop, trus nyetok juga dirumah? 


Inget banged siy Paddle Pop ini merupakan brand cemilan es krim anak yang sehat dari Unilever Indonesia yang mau mengajak kepada orangtua untuk memberikan cemilan yang sehat dan bertepatan dengan perayaan Hari Gizi Nasional 2021, Paddle Pop memperkenalkan Logo Cemilan Baik UntukMu.


Pada kesempatan talk show yang dilakukan secara online ini hadir bebrapa narasumber, Bintang Tamu dan MC yang kece, yaitu :

  • Hernie Raharja, Foods & Tefreshment Director
  • Dr. RR Dhian Probhoyekti, SKM, MA Direktur Gizi Masyarakat Kemenkes
  • Memorsa Dwi Prasito, Head of Marketing Ice Cream Unilever Indonesia.
  • Dra. Rita Endang, Apt,. M. Kes Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan
  • dr. Attila Dewanti, SP. A(K) Pediactrician
  • Sophie Novita Mom Kol sekaligus ibu dari dua orang anak
  • Acara ini dipandu oleh MC Kemal Mochtar, yang membuat suasana semakin hidup.




Kita tahu ya Mak, terkadang cemilan sering dipandang sebelah mata oleh para orang tua. Apalagi pilihan cemilan baik yang beredar di pasaran jumlahnya tidaklah sedikit.


Oleh karena itu Paddle Pop ingin mengajak para orangtua agar bisa memilih cemilan yang baik dan sehat untuk diberikan kepada anak-anak. Ingin mengajak para orangtua agar bisa memilih cemilan yang tepat bagi anak-anak.


Ibu Hernie Raharja, selaku foods & Refreshment Director Unilever Indonesia menjelaskan bahwa cemilan es krim Paddle Pop merupakan produk yang berkualitas.


Makanya bertepatan dengan Hari Gizi Nasional 2021, Paddle Pop ingin memperkenalkan logo "Cemilan Baik UntukMu" mengingat tumbuh kembang anak dipengaruhi secara fisik dan mental. Jadi sangatlah penting untuk mewujudkan itu semua. 


Memang untuk mewujudkannya diperlukan banyak faktor, dalam hal ini kita bisa memulainya dengan bermain bersama anak. Sehingga Paddle Pop kedepannya bisa terus melakukan inovasi terhadap produknya. Dalam hal ini Paddle Pop membutuhkan  kolaborasi dengan beberapa pihak seperti, pihak Kemkes, BPOM dan MUI.


Menyadari kalau saat ini cemilan baik dan sehat yang beredar di pasaran jumlahnya cukup banyak. Sudah pasti ini menjadi PR bagi kita orangtua supaya dapat memilih cemilan yang tepat.


Orangtua juga harus memahami jika peran dari cemilan juga penting bagi tumbuh kembang anak. Dra. Rita Endang., Apt,. M. Kes, selaku Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM menghimbau kepada masyarakat luas untuk selalu membaca dan memperhatikan label informasi yang terdapat pada kemasan makanan dan cemilan baik.


Tips Memilih Cemilan Sehat Untuk Anak

Harus kita akui niy kalau cemilan emang nggak bisa kita pisahkan dari anak-anak, namun apakah pemberian cemilam di sela-sela makanan pokok tetap dibutuhkan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi pada anak.


Pada kesempatan ini dr Attila Dewanti Sp. A(K) selaku dokter spesialis anak memberikan informasi yang sangat berharga bagi kita, bagaimana kriteria cemilan baik yang bisa kita berikan kepada anak? Ada beberapa kriteria yang harus kita ingat, yaitu :
  • Pilihlah cemilan dengan kadar gula, kalori dan lemak yang sesuai dengan Angka Kecukupan Gizi (AKG) anak-anak.
  • Pilihlah cemilan yang mengandung susu dan buah
  • Pola makan utama 3 x dalam sehari yaitu pagi, siang, dan malam.
  • Untuk anak balita dan usia sekolah setidaknya 2-3 porsi dalam satu hari.

Melihat penjabaran dari dr Attila kita sudah tau dunk bahwa orangtua memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan contoh positif dalam memilih makanan dan cemilan baik kepada anak-anak.

Apa sajakah itu?

  • Biasakan untuk selalu mengecek kandungan, masa berlaku yang terdapat dalam kemasan
  • Perhatikan angka kecukupan gizi untuk anak
  • Mengandung Vitamin dan Mineral
  • Memilih cemilan nggak boleh dipandang sebelah mata dan harus diperhatikan oleh orangtua
  • Memilih Paddle Pop sebagai cemilan es krim yang baik bagi anak-anak.

Lantas, kenapa  harus memilih cemilan es krim Paddle Pop, bukannya saat ini lagi musim hujan juga. Rasanya hal ini membuat kita sebagai orangtua jadi khawatir bukan, begitu juga Sophie Navita yang kita kenal sebagai seorang presenter dan ibu dari dua orang anak. Sophie ikut menyuarakan,
Jangan pernah bosan mendampingi anak-anak dan memberikan percakapan kepada anak, supaya kelak mereka bisa mewariskan  kebiasaan baik. Selain itu Sophie juga berpesan supaya kita terus meningkatkan wawasan dan pengetahuan.


Apakah Aman Mengkonsumsi Es Krim Setiap Hari? 


Soalnya sekarang ini kita masuk musim penghujan, pasti banyak orangtua yang melarang anaknya untuk mengkonsumsi es krim. Dr Attila menjelaskan sebenarnya mengkonsumsi es krim setiap hari aman qo, dan tidak menyebabkan batuk dan flu.


Tapi dengan catatan tubuh anak dalam keadaan sehat, tidak memiliki riwayat alergi dingin dan susu dan sebaiknya diberikan kepada anak-anak yang sudah menginjak usia satu tahun.


Sehingga kalau kita memilih es krim Paddle Pop sebagai cemilan baik untuk anak-anak, sangatlah boleh. Karena kamu harus tau,

- Sudah berdiri sejak 28 tahun dan menjadi pionir cemilan es krim anak di Indonesia.

- Rasanya yang enak dan memiliki kandungan susu dan buah.

- Prinsipnya tidak lebih dari kalori 110 kkal 12 g gula dan 3 g lemak jenih yang diperlukan untuk memenuhi asupan nutrisi sesuai dengan kebutuhan anak.

- Mengikuti acuan dari World Health Organization (WHO) dan Kementrian Kesehatan RI.

- Sudah memiliki ijin edar dari BPOM dan sertifikat Halal dari MUI

- Hadir dengan Logo "Cemilan Baik UntukMu" 




Jadi yuuk mak, dalam Hari Gizi Nasional kit bisa memilih lagi cemilan yang baik untuk anak-anak.


Kamu sudah stock berapa banyak es krim Paddle Pop  dirumah?






Tidak ada komentar

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, semoga bermanfaat.
Tunggu kunjungan balik saya di Blog kalian.

Salam hangat