Wednesday, December 23, 2020

Lengkapi Kenyamanan Hidupmu dengan Asuransi Syariah Manulife

 Kamu sedang menimbang-nimbang mau ikut asuransi syariah?


Beberapa belakangan ini tren berhijrah dengan menerapkan prinsip-prinsip keislaman di berbagai sektor semakin meningkat. Mulai dari produk-produk keuangan yang berbasis syariah juga semakin menyeruak, tidak terkecuali dengan asuransi yang berbasis syariah.


Asuransi syariah hadir untuk memenuhi kepentingan dan keinginan banyak orang, terutama segmen muslim, yang berharap ingin memiliki sebuah produk asuransi yang halal dan sesuai dengan ketentuan syariah. Karena kita tahu penduduk muslim Indonesia saat ini berjumlah 85% dan ini merupakan populasi muslim terbesar di dunia.


Perkembangan industri syariah di Indonesia saat ini tak bisa dipungkiri, jika kita melihat 10 tahun terakhir, banyak acara-acara yang dihubungkan dengan syariah. Maraknya asuransi syariah di Indonesia khususnya, baik asuransi dari luar negeri atau dari Indonesia sendiri hampir seluruhnya memiliki produk asuransi syariah.


Ya, perkembangan asuransi syariah di Indonesia telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Sebenarnya perbedaan antara asuransi non syariah dengan asuransi syariah tidak terlalu signifikan, tapi terletak perbedaannya ada pada perjanjian transaksinya. Jika dalam asuransi non-syariah, nasabah membeli produk asuransi kepada perusahaan dan akan ditanggung ketika terjadi musibah. Sedangkan bagaimana dengan suransi syariah?




Untuk membahas mengenai sistem asuransi yang berbasis syariah ini,  pada hari Jum’at tanggal 18 Desember 2020 saya mengikuti blogger gathering secara online yang diadakan oleh pihak Manulife Indonesia. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi dengan diri kita, keluarga kita dan orang-orang terdekat kita di masa yang akan datang. Jadi lengkapilah kenyamanan hidup keluarga kita dengan memiliki asuransi yang berbasis syariah. Kenapa asuransi Syariah?


Kenapa Asuransi Syariah?


Meskipun Indonesia merupakan populasi pendudk muslim terbesar di dunia, nyatanya saat ini hanya 1% masyarakat kita yang memiliki asuransi syariah. Dalam kesempatan acara blogger Gathering ini menghadirkan narasumber sebagai berikut;

  • Karjadi Pranoto, Direktur & Chief of EB & Unit Syariah Distribution
  • Jeffrey Kie, Chief Agency Officer

Bapak Karjadi Pranoto, mengungkapkan kenapa Asuransi Syariah? Industri Syariah di Indonesia memang semakin diminati, perkembangan ini tak bisa dipungkiri dengan data yang ada menunjukan bahwa pendapatan distribusi dalam bidang syariah tumbuh 9.76% yang melebihi pertumbuhan asuransi jiwa (nonsyariah).



Kita mungkin sering sekali ditawarkan berbagai produk asuransi, baik itu asuransi kesehatan, maupun asuransi jiwa. Tapi sejauh ini saya sendiri mulai mencari informasi lebih mengenai asuransi syariah, dan sama seperti yang dikatakan oleh Bapak Karyadi bahwa asuransi syariah itu prinsipnya adalah tolong-menolong.


Jelasnya lagi, berdasarkan fatwa DSN MUI 21/DSN-MUI/X/2001 tentang pedoman Umum Syariah, Asuransi syariah adalah usaha untuk saling membantu dan berbagi di antara sejumlah orang atau pihak melalui investasi dalam bentuk aset atau tabarru yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu menggunakan akad yang sesuai dengan syariah.


Jika kita memilih asuransi syariah maka sebagai peserta kita akan mendapatkan dua (2) manfaat sekaligus, pertama Proteksi untuk diri sendiri /pribadi, dan yang kedua berbuat baik dengan menyisihkan sebagian dana untuk menolong orang lain, melihat fakta ini kamu jadi tertarik nggak?


Dalam hal risiko asuransi syariah pun mengedepankan risk sharing berupa dana tabarru yaitu dana yang terkumpul dari uang partisipasi seluruh peserta Asuransi Syariah. Selain itu mereka juga bersedia tolong menolong bila terjadi peristiwa buruk. Uniknya bukan hanya umat muslim saja yang tertarik untuk memiliki produk asuransi syariah, tetapi mereka  non muslim juga banyak yang tertarik dengan sistem dan manfaat asuransi syariah ini.


Karena prinsip asuransi syariah adalah tolong menolong, dimana setiap peserta berkontribusi untuk menolong peserta lain dalam kebajikan serta memberikan rasa aman ketika terjadi risiko diantara peserta. Oleh karena itu proteksi berbasis syariah ini dapat memperkuat rasa kepedulian, persaudaraan, dan gotong royong bagi para pesertanya. Makanya nggak heran dech kalau banyak yang tertarik!

Lantas, apa saja manfaat dan keunggulan asuransi syariah yang dimiliki oleh Manulife Indonesia?


Program Asuransi Syariah yang dimiliki oleh Manulife Indonesia


Asuransi syariah memberikan kita rasa aman, ketenangan dan kepastian, kita tidak akan tergerus risiko investasi bodong atau dana kita habis karena dipakai untuk biaya berobat. Makanya tidak heran jika pertumbuhan dan minat masyarakat Indonesia yang besar terhadap produk syariah. Disaat kita sudah memiliki pemasukan maka akan lebih baik jika kita berinvestasi asuransi dan perlindungan syariah bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mempersiapkan masa depan keluarga kita.


Untuk mewujudkan hal tersebut Manulife Indonesia memiliki produk yang berbasis syariah yaitu MiSmart Insurance Solution Syariah (MiSSION Syariah). Apa MiSmart Insurance Solution Syariah ini?


Jeffrey Kie (Chief Agency Officer Manulife) menjelaskan tentang MiSmart Insurance Syariah (MiSSION Syariah) merupakan produk asuransi syariah dari Manulife Indonesia yang memberikan perlindungan jiwa, investasi optimal serta manfaat akhir masa program Asuransi Jiwa Syariah sesuai dengan prinsip syariah. 



MiSSION Syariah ini memberikan
Solusi 3 in 1 (Proteksi Jiwa, Investasi, dan Kesehatan).Dimana Solusi 3 in 1 ini Mengedepankan prinsip syariah, untuk melengkapi kenyamanan dan ketenangan hidup yang aman, amanah, dan penuh berkah. Apalagi ditengah pandemi seperti sekarang ini, tentu saja kita memerlukan perlindungan maksimal untuk keluarga tercinta kita.


MiSSION Syariah ini memiliki beberapa keunggulan, yaitu :

  • Tolong menolong melalui dana tabarru, kesempatan tolong menolong terhadap sesama melalui dana tabarru.
  • Kontribusi terjangkau, pilih kontribusi yang sesuai dengan kebutuhan kita, mulai dari Rp. 4.000.000/USD 400 per tahun.
  • Dilengkapi dengan Asuransi Kesehatan sebagai asuransi tambahan, MiSSION Syariah dilengkapi dengan asuransi kesehatan sebagai asuransi tambahan yaitu MiSmart Health Care Syariah, Mismart Critical Care Syariah dan MiSmart Waiver Syariah.
  • Santunan Asuransi maksimal & alokasi investasi Optimal Berbasis Syariah, dimana perlindungan jiwa seumur hidup bagi peserta usia 110 tahun, serta 100% alokasi investasi sejak tahun polis ke-2.
  • Bonus loyalitas total 750%, 50% dari kontribusi dasar tahunan di akhir tahun polis ke-10 dan 700% dari kontribusi dasar tahunandi akhir tahun polis ke-25.
  • Surplus underwriting, yaitu surplus dari total kontribusi peserta ke dalam dana tabarru setelah dikurangi pembayaran santunan/klaim, kontribusi reasuransi dan cadangan teknis, dalam satu periode tertentu.



Dengan manfaat yang diberikan tersebut, serta MiSSION Syariah menawarkan kontribusi terjangkau, yaitu mulai dari Rp. 300 ribuan per bulan, ini termasuk nilai yang terjangkau bukan? Jadi sekarang lengkapi kebahagian keluarga kita bukan lagi Cuma sekedar impian saja, tapi kita bisa mewujudkannya mulai dari sekarang.


MiSSION Syariah ini juga merupakan bagian dari upaya berkelanjutan Manulife Indonesia untuk memprioritaskan karyawan, pelanggan, dan komunitas pada tahun 2020 ini. Pastinya Manulife Indonesia terus melakukan inovasi untuk kenyamanan para nasabahnya. Meskipun di tengah pandemi seperti sekarang ini, tapi pihak Manulife Indonesia tetap berkomitmen kuat untuk memenuhi kebutuhan finansial masyarakat Indonesia.

Jadi kita juga harus optimis dunk, untuk memiliki produk proteksi kesehatan dan jiwa.


Oiya, siapa disini yang merasa sedang berada diposisi “Sandwich Generation”? Yu, putuskan rantai yuk, mulai dari diri kita sendiri, dan perlahan mulai memperbaiki kondisi keluarga, bagaimana caranya?


Yuk, Putuskan Rantai Sandwich Generation, Sekarang!


Sebagai generasi milenial jarang banged pasti kita mendengar ucapan pertanyaan, kapan punya suransi? Biasanya kita sering mendengar ucapan kapan nikah?  Kapan beli mobil? Kapan punya rumah? Mengenai asuransi kita juga biasanya hanya sekedar tahu saja, kita tidak menganggap itu kebutuhan yang penting.




Sering generasi milenial menganggap saat ini masih muda, masih bekerja, dan sudah memiliki asuransi juga dari kantor, trus untuk apa punya asuransi lagi? Nggak heran siy banyak para milenial yang melontarkan peryataan tersebut. Padahal sebanyak 33,75% dari jumlah penduduk keseluruhan merupakan generasi milenial. Ini artinya jika tanpa perhitungan dan persiapan hari tua yang matang, maka generasi milenial berpotensi menjadi generasi sandwich untuk anak mereka kelak.


So, yuk putuskan rantai Sandwich generation!


Nah, ungkapan lebih cepat lebih baik, ternyata juga berlaku di dunia asuransi. Semakin muda seseorang memiliki asuransi maka relatif semakin murah premi yang akan dibayarkan. Qo bisa? Generasi milenial cenderung terhindar dari risiko sakit kritis atau kematian yang berpotensi menghabiskan biaya perawatan besar, lalu alasan lainnya karena generasi milenial belum memiliki banyak tanggungan.


Makanya mumpung masih muda, lebih baik kita alokasikan pengeluaran yang lebih penting, seperti asuransi. Buat kamu generasi milenial, Manulife Indonesia memiliki solusi untuk memilih asuransi yang cocok bagi kamu kaum milenial yang baru pertama kali memiliki produk asuransi. Yaitu MiSmart Insurance Solution (MiSSION Syariah), dengan premi yang sangat terjangkau tapi memiliki manfaat asuransi yang dibutuhkan oleh para milenial.


Hanya dengan membayar mulai dari 4 juta per tahun, kamu sudah memperoleh keuntungan investasi dari premi yang dibayarkan. Ditambah lagi dengan manfaat loyalitas total 750%, serta perlindungan jiwa seumur hidup dengan uang pertanggungan normal.


Jadi, nggak perlu khawatir lagi kalau kamu di desak dengan pertanyaan kapan kawin? Kapan pun hari spesial itu datang, yang jelas kita sudah memiliki persiapan lahir-batin sebagai kaum milenial.



No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, semoga bermanfaat.
Tunggu kunjungan balik saya di Blog kalian.

Salam hangat