Wednesday, December 16, 2020

Pencegahan Ekstra Penyebaran Virus Corona dengan Pepsodent Active Defense

Virus Corona memaksa setiap orang untuk lebih ekstra menjaga kebersihan diri dan juga saluran pernapasan. Why? Karena kita tahu bahwa pintu masuk Virus Covid-19 sebelum sampai ke paru-paru, melalui mata, hidung, dan mulut. So, untuk mengurangi frekuensi virus di rongga mulut setelah sikat gigi banyak disarankan untuk membersihkan gigi dan mulut lebih maksimal dengan menggunakan obat kumur atau mouthwash.





Saat pandemi seperti sekarang ini mouthwash memiliki manfaat lebih, selain menjalankan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan dengan sabun, Menjaga jarak), menggunakan obat kumur juga menjadi sarana untuk pencegahan ekstra penyebaran virus corona.


Pandemi Corona yang sudah berjalan hampir satu tahun ini, dan kita juga tidak pernah tahu kapan pandemi ini akan berakhir. Bukti menunjukan bahwa virus corona ini lebih mudah  penyebarannya dan dapat bertahan hidup di udara dan dipermukaan dalam waktu yang cukup lama. Hingga saat ini, Indonesia dan negara lainnya sedang berjuang untuk melawan virus covid-19 dan setiap harinya kasus angka positif covid-19 masih terus bertambah.


Tentu tidak mudah untuk menghentikan penyebaran virus ini, masyarakat juga terus diingatkan oleh pemerintah untuk mengikuti protokol kesehatan dengan baik, yang sekarang ini sudah menjadi kebutuhan bagi kita semua. Jangan sampai kita lengah dan terus menerapkan pola hidup sehat.


Meskipun kita sudah berusaha menjalankan pola hidup sehat, rasa khawatir pasti masih menghantui kita, bagusnya rasa kekhawatiran ini menjadi motivasi kita untuk mengubah perilaku menjadi lebih bersih, memperbanyak makan sayur dan buah, rajin berolahraga, dan menjaga kebersihan tangan dan mulut. Banyak riset yang menunjukan bahwa virus Covid-19 ini juga terdapat di rongga mulut orang yang terinfeksi, terutama pada air liur. Hal ini yang harus kita waspadai karena dalam 1 ml air liur terdapat lebih dari 1 juta partikel virus.


Aku mendapatkan insight lagi tentang bagaimana kita menjaga kesehatan mulut dan pencegahan ekstra penyebaran virus corona di acara webinar yang diadakan oleh Pepsodent. Webinar ini juga sekaligus launching produk terbaru dari Pepsodent yaitu Pepsodent Active Defense Mouthwash dengan new CPC Technology.


Peluncuran Pepsodent Active  Defense Mouthwash


Acara Webinar bersama Pepsodent yang diadakan pada tanggal 8 Desember 2020 ini, menghadirkan beberapa pembicara yang keren dan pastinya orang-orang yang sangat  perduli dengan situasi sekarang, diantaranya :

  • Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent, MDSc, selaku Head of Sustainable Living Beauty & Personal Care and Home Care Unilever Indonesia Foundation
  • drg. Tritarayati, SH, MHKes, selaku Ketua Komite Kesehatan Gigi dan Mulut Kementrian Kesehatan
  • Dr. drg. Armelia Sari Widyarman , M.Kes, Dokter Gigi dan Peneliti
  • dr. Kuntjoro Adi Purjanto, M. Kes, Ketua Umum PERSI




Potensi terbesar penularan virus covid itu melalui droplet atau percikan air liur, itu lah sebabnya kenapa sekarang ini menggunakan masker bukan lagi paksaan tapi sudah harus dijadikan sebagai kewajiban, supaya kita tidak menularkan atau ditularkan oleh virus ini. Hasil riset dari Unilever yang dilakukan beberapa waktu lalu mengkonfirmasi hasil studi in vitro menunjukan bahwa berkumur dengan Pepsodent Active Defense Mouthwash selama 30 detik ternyata bisa mengurangi jumlah virus SARS-CoV-2 dan efeknya sendiri bisa bertahan hingga 6 jam lho! Kalian tau kenapa?

Ternyata hasil tes in vitro (studi dalam lingkungan terkendali di luar organisme hidup)  menunjukan bahwa obat kumur dengan Teknologi CPC efektif mengurangi jumlah virus SARS-CoV-2 hingga 99.9 persen.





Drg. Ratu Mirah Afifah juga mengungkapkan dalam hasil penelitian disebutkan, dimana salah satu obat kumur dengan teknologi CPC ini mengandung 0,07 persen CPC yang bekerja menargetkan dan menghancurkan selubung lipid dari virus SARS-CoV-2. Dalam penelitian ini juga diketahui bahwa teknologi CPC dikenal oleh industri perawatan gigi dan mulut karena kemampuannya mengurangi bakteri tanpa mengganggu keseimbangan bakteri baik di dalam rongga mulut.


Selain di saluran pernapasan, banyak riset menunjukan bahwa virus SARS CoV-2 juga terdapat di rongga mulut orang yang terinfeksi, terutama di air liur. Ketua Komite Kesehatan Gigi dan Mulut Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, drg. Tritarayati menghimbau kepada masyarakat luas untuk mewaspadai bahwa disetiap 1 ml air liur terdapat lebih dari 1 juta partikel virus.

Hal ini juga diperkuat dengan data terbaru dari Central Disease Control and Prevention (CDC) mennunjukan bahwa lebih dari 50 persen penyebaran virus SARS CoV-2 berasal dari kasus konfirmasi tanpa gejala dari orang yang berada di sekita kita. Nah, ini yang mesti kita waspadai jika menjadi OTG, karena kasusnya semakin banyak yang OTG ini. 


drg. Tritarayati menambahkan virus penyebab covid-19 ini ternyata menyebar melalui tetesan air liur  atau keluarnya cairan dari hidung, yang telah terdeteksi sebelum, selama, dan setelah fase akut penyakit, begitu juga dalam kasus tanpa gejala. Jadi selain menjalankan protokol kesehatan dengan 3M ditambah dengan perlindungan ekstra dengan menggunakan Mouthwash yang mengandung CPC, inovasi dari Pepsodent Active Defense.

Ingat! ini Bukan Obat yaaa...

Peryataan senada juga diungkapkan oleh dokter cantik Dr. drg. Armelia Sari Widyarman, M.Kes selaku dokter gigi  dan peneliti menambahkan, bahwa hasil studi itu didukung oleh sebuah uji klinis dari sekelompok peneliti independen  yang berada di Singapura dimana para peneliti disana melibatkan sejumlah penderita Covid-19.





Hasilnya, memperlihatkan jika kita berkumur dengan mouthwash yang mengandung CPC ternyata dapat mengurangi jumlah virus SARS-CoV-2 secara signifikan lho! Jika kita berkumur selama 30 detik, dan efeknya bisa bertahan selama 6 jam. drg. Amelia mengingatkan bahwa ini bukan obat ya, jadi bukan untuk mengobati dan membuat kita jadi kebal terhadap Virus Covid-19, tapi lebih kepada mengurangi penyebaran risiko terpapar  covid-19.

Jangan sekali-kali ada yang berani untuk meminum obat kumur ini, nggak githu juga ya guys cara penggunaannya!


Mungkin, banyak yang bertanya sebenarnya apa siy CPC itu?


Bagaimana Mouthwash dengan CPC bisa Mencegah Penularan Virus Corona?


Berbagai temuan menunjukan bahwa Mouthwash (obat kumur) berpotensi menjadi tambahan perlindungan penting untuk kehidupan sehari-hari kita lainnya, seperti mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker.

Unilever bekerjasama dengan laboratorium-laboratorium terkemuka dalam melakukan penelitian untuk mengetahui apakah mouthwash dengan teknologi CPC dapat mengurangi jumlah virus corona? Penelitian ini dilakukan secara independen, di dalam lingkungan laboratorium yang terjaga.

Hasil awal dari penelitian ini menunjukan bahwa setelah 30 detik pembilasan, formula mouthwash yang mengandung teknologi CPC efektif dalam mengurangi jumlah SARS-CoV-2 virus corona hingga 99.9 persen. 30 detik adalah durasi yang dianjurkan dalam menggunakan mouthwash dan durasi tersebut jadi acuan dalam setiap penelitian. Dengan demikian, penemuan tersebut dapat menjadi langkah awal bahwa pemakaian rutin mouthwash dengan teknologi CPC, seperti Pepsodent Active Defense, berpotensi  menjadi perlindungan tambahan untuk mengurangi penyebaran virus corona.


Apa perbedaan Mouthwash dengan Teknologi CPC dibandiingkan Mouthwash dengan Alkohol dalam Mengurangi Virus Corona di Mulut?


Kita tahu selama ini kebanykan mouthwash mengandung alkohol (ethanol), dan biasanya kandungannya hanya sekitar 11-14%. Hasil dari penelitian di laboratorium menunjukan bahwa kandungan ini bila digunakan sesuai dengan petunjuk yang tertera untuk berkumur, maka ethanol kurang efektif melawan virus. Inilah yang menjadi alasan dalam penelitian, ternyata Teknologi CPC pada mouthwash lebih efektif dalam mengurangi virus.





Jadi mengapa Mouthwash dengan Teknologi CPC ini menjadi langkah pelengkap?
  • Berkumur dengan Pepsodent Active Defense dua kali sehari selama 30 detik dapat mengurangi jumlah SARS-CoV-2 virus corona hingga 99,9%
  • Memiliki efek pada plak
  • Menjaga Kesehatang Rongga Mulut
  • Mengandung Mentol
  • Mencegah Bau Mulut
  • 99,9% Anti Bakterial
  • Aman untuk digunakan sehari-hari untuk keluarga di atas usia 12 tahun.

So, alangkah baiknya jika kita menggunakan Mouthwash dengan Teknologi CPC ini untuk perlindungan tambahan keluarga tercinta kita. 


Kerennya lagi, studi awal ini menjadi inspirasi Pepsodent untuk mendonasikan 50.000 produk Pepsodent Active Defense ini, kepada mereka yang telah berjuang sebagai bentuk perlindungan tambahan bagi para tenaga kesehatan yang berada di garda terdepan. 


Donasi ini nantinya akan diberikan ke rumah sakit rujukan di wilayah Jabodetabek dan Wisma Atlet Kemayoran.
Semoga langkah baik ini, dapat menginspirasi masyarakat luas dan jangan pernah bosan, jangan pernah lengah untuk selalu menjalankan protokol kesehatan dengan baik.


Stay safe untuk kita semua yaa!! Tetap semangat dan Keep Smile



12 comments:

  1. Cobain Pepsodent Active Defense ah. Bisa buat sekeluarga nih, karena yang terkecil di rumah udah di atas 12 tahun. Pokoknya usaha teruuuus biar tetap sehat.

    ReplyDelete
  2. wakaka.. ngakak nggak sih bacanya, "Ini tuh bukan obat, jangan sekali2 ditelan" :D
    oke boleh lah ya pepsoden inovasinya keren banget, nanti aku mo coba pakai ah walaupun nggak kemana2 jg

    ReplyDelete
  3. Wah penjelasannya lengkap sekali mba. Memang kita harus mencoba berbagai macam cara untuk menjaga diri terhadap virus corona. Aku jadi penasaran deh mau coba Pepsodent Active Defense.

    ReplyDelete
  4. Nah..iya, di masa Pandemi ini menjaga kesehatan harus lebih ekstra
    Terutama kebersihan juga kesehatan mulut dan gigi, bisa jadi rekomendasi nih mouthwashnya

    ReplyDelete
  5. Pas banget ini emang nyari mouthwash yg antiCovid-19 ni. Mouthwash Pepsodent Active Defense ini hype banget yaa

    ReplyDelete
  6. wah pepsodent mengeluarkan mouthwash baru ya, lucu banget warnanya blue gitu. ibu saya kalau pasta giginya bukan pepsodent ga mau pakai. pasti pengen nyobain juga kalau tahu ad produk barunya, cobain beli ah mba

    ReplyDelete
  7. Kita harus rajin Kumur2 dengan Pepsodent Active Defense nih sebelum beraktivitas karena bisa mencegah virus msuk hal ini penting bngt masa pandemi kek sekarang

    ReplyDelete
  8. Produk mouthwash andalan nih, aku dari dulu pake ini loh kak.

    ReplyDelete
  9. Aku juga pakai jni di rumah, rasanya ga terlalu keras sih dan kalau habis pakai ini mulut jauh lebih segar juga.

    ReplyDelete
  10. Belum pernah cobain nih mbak aku pakai pepsoden active defense mouthwash ini, mau coba cari di spuermarket deh bagus banget kayaknya untuk kesehatan mulut dan gigi apalahi di masa pendemi seperti sekarang

    ReplyDelete
  11. Aku pengguna setia Pepsodent tapi aku belum pernah coba pakai pepsoden active defense mouthwash ini, mau coba cari di minimarket deket kosan ah kayaknya bagus untuk kesehatan mulut dan gigi apalahi di masa pendemi seperti sekarang

    ReplyDelete
  12. Sebagian besar kuman memang ngendon di mulut ya, apalagi kalau kita malas menggosok gigi, duhhh bercampur dengan segala macam bekas makanan tuh di mulut. Makanya penting banget melengkapi aktivitas gosok gigi kita dengan mouthwash agar mulut tetap bersih dan segar. Semoga aja dengan langkah ini virus yang mungkin disebabkan oleh droplet jadi makin berkurang.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, semoga bermanfaat.
Tunggu kunjungan balik saya di Blog kalian.

Salam hangat