Friday, December 13, 2019

Menanak Nasi Lebih Sehat dan Enak, dengan Menggunakan Rice Cooker Cosmos Harmond

Bagi sebagian orang memasak nasi secara tradisional menggunakan kompor dan dandang hasilnya jauh lebih enak ketimbang pakai rice cooker. Bener juga siy, soalnya saya masih mengalami hal ini. Tepatnya ibu saya dulu kalau masak nasi masih menggunakan dandang. 

Kenapa jauh lebih enak, soalnya menanak nasi dengan manual telah melalui proses yang terukur secara bertahap. Makanya nggak heran kalau nasi yang dihasilkan jauh lebih pulen dan enak.

Rice Cooker Cosmos Harmond CRJ-6288 
Namun, sekarang ini memasak nasi jauh lebih mudah dan praktis dengan menggunakan rice cooker, tapi permasalahannya yang sering kita hadapi terkadang sering terlalu lembek, cepat berkerak dan nggak tahan lama.

Tapi bukan berarti menanak nasi pakai rice cooker itu nggak bisa menghasilkan nasi yang enak sekaligus sehat. Meski sistemnya otomatis, ada trik-trik tertentu supaya nasi yang kita hasilkan enak, dan sehat. 

Karna kita sebagai masyarakat Indonesia belum bisa lepas dari yang namanya makan nasi, ibaratnya belum makan kalau enggak pakai nasi, kamu githu juga nggak?


Menanak Nasi dengan Menggunakan
 Rice Cooker Cosmos
Alasan kepraktisan dan nggak mau ribet, kebanyakan keluarga Indonesia lebih suka menanak nasi dengan menggunakan rice cooker, ketimbang menanak nasi dengan cara tradisional. Selain lebih praktis, rice cooker biasanya bisa digunakan untuk menjaga nasi tetap hangat, dan usia simpannya juga lebih panjang.

Tapi, jangan kira menanak nasi dengan rice cooker ternyata nggak segampang yang kita bayangkan ya Ibu-ibu, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan supaya nasi yang kita masak bukan hanya enak tapi tetap terjaga kesehatannya. 

Yang Harus Diperhatikan Saat Menanak Nasi

Ada beberapa hal niy yang mesti kita perhatikan agar nasi yang kita masak matang sempurna, sehat, dan usia simpannya lebih panjang, diantaranya sebagai berikut :
  1. Cuci beras maksimal tiga kali, supaya beras benar-benar bersih, dan kandungan serat yang menempel pada bagian kulitnya nggak hilang.
  2. Pastikan perbandingan air dan beras benar-benar tepat sesuaikan dengan jenis berasnya.
  3. Pastikan tutup rice cooker sudah rapat, karena bisa mempengaruhi tekstur dan ketahanan nasi.
  4. Setelah nasi masak yang ditandai dengan perpindahan indikator memasak dari cook ke warm, biarkan terlebih dahulu nasi dalam kondisi warm selama 5-7 menit. Setelah itu baru dech nasi bisa diaduk-aduk agar sisa airnya menguap.
  5. Jangan mencolakkan rice cooker terus-menerus
  6. Pastikan Rice Cooker yang digunakan memiliki kualitas yang baik. Salah satunya adalah Rice Cooker Cosmos Harmond CRJ-6288.
Pemilihan rice cooker ini harus diperhatikan, biasanya rice cooker sekarang ini sudah bisa mengolah makanan selain beras, sepintas kita melihat semuanya aman-aman saja kita gunakan sehari-hari. Padahal ada bahaya mengintai dalam pengolahannya, apakah kamu tahu bahaya apa itu?

Kebanyakan masyarakat kita tuch, kalau beli peralatan untuk masak biasanya yang anti leket/non stick material. Dimana lapisan ini membuat kita yang menggunakan merasa nyaman, karena nggak ada makanan yang menempel pada permukaan alat dan lebih mudah dibersihkan pula.

Padahal ya, lapisan anti lengket ini mengandung zat kimia asam perfluorooctanoic (PFOA) yang diduga memiliki dampak buruk bagi kesehatan kita. Dampaknya kita bisa mengalami gangguan tiroid, penyakit ginjal kronis, penyakit hati, dan yang bahaya lagi bisa memicu kanker. Serem ya!

Coba kamu bayangin, kalau lapisan tersebut mengelupas lalu bercampur dengan makanan, setelah terpapar panas yang tinggi. Oleh karena hal tersebut membuat Cosmos sebagai produsen handal meluncurkan Rice Cooker Harmond series yang tidak menggunakan zat kimia asam PFOA.

Menanak Nasi Lebih Sehat, dengan Rice Cooker Cosmos Harmond

Cosmos yang berdiri sejak tahun 1976, terus melakukan inovasi dan terobosan produknya, dan kali ini memperkenalkan teknologi harmond, yaitu teknologi anti gores pada innerpan (panci) rice cooker Cosmos. Dimana panci diproses dengan teknologi khusus dan didinginkan ke temparature mendekati 0°C sehingga innerpan/panci menjadi anti gores, lebih sehat dan tahan lama.




Trus kenapa anti gores harmond itu bagus? Karena rice cooker harmond ini telah melewati banyak uji coba, demi apa? Untuk membuktikan kalau kualitas lapisan innerpan-nya tidak terkelupas atau tergores meskipun sudah disikat dengan menggunakan sikat besi atau baja. 

Aku udah buktikan sendiri lho!

Terobosan ini, sebagai bentuk komitmen Cosmos untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia.

Jadi, kenapa harus Rice Cooker Cosmos Harmond
  • Teknologi Harmond, teknologi anti gores, tidak terkelupas meskipun disikat dengan sikat baja sehingga lebih aman untuk kesehatan
  • Tongolan Magicap, yang membuat nasi lebih pulen
  • Inner pan Anti gores dengan kapasutas 2 liter
  • Dew Collector, menjaga rice cooker tetap bersih
  • Comfortable handle, pegangan yang nyaman dan aman saat dipindahkan
  • Fungsi 3in1, yaitu : memasak, menghangatkan dan mengukus
  • Designya elegan
  • Dilengkapi dengan gelas ukur, pengukus, dan sendok nasi
  • Daya masukan 400 watt
  • Terdiri dari 3 varian warna, merah, biru dan hijau nah kebetulan punya saya dirumah warna hijau. Love it 
Tongolan Magicap, yang membuat nasi jadi pulen
Selain menggunakan rice cooker cosmos Harmond CRJ-6288 anti gores, untuk penyimpanan beras juga cukup penting, untuk menjaga nasi tetap sehat maka dimulai dengan menyimpan beras di sarana penyimpanan beras, dan untuk penyimpan beras ini saya menggunakan Penyinpan Beras Cosmos 007-Pundi.

Penyimpan Beras Cosmos 007-Pundi

Kalau dulu biasanya aku nyimpan beras di baskom atau di toples kerupuk yang ukuran besar. Masalahnya yang sering terjadi beras jadi banyak kutunya dan warnanya lama-kelamaan jadi coklat. 



Akhirnya ketemu juga solusinya, sekarang saya sudah menggunakan Penyimpan Beras Cosmos 007-Pundi yang lebih aman, sehat dan praktis. Jadi permasalahan seperti sirkulasi beras tidak sehat, karna biasanya beras yang berada tumpukan paling bawah jadi sulit diambil, tapi dengan Penyimapan Beras Cosmos 007-Pundi ini memiliki beberapa kelebihan yaitu :
  • FIFO Technology, (first in, first out), beras yang masuk pertama akan keluar terlebih dahulu.
  • Ukuranya compact alias praktis, dimana kapasitasnya hingga 7kg, jadi nggak banyak makan tempat.
  • Pull and Dispense, sekali tarik satu takaran 130gr tersedia otomatis
  • Anti slip, lekat dan tidak bergeser
  • Bebas kutu
  • Bebas karat
  • Kualitas beras tetap terjaga
Perawatan tetap harus diutamakan, karena nantinya beras yang kita simpan ke dalam alat akan dimasak dan dimakan sama kita, jadi kita harus terus menjaga beras agar selalu dalam keadan baik dan siap pakai sebelum dimasak.

Supaya keluhan beras bau apek, berjamur dan banyak kutu nggak kita alami lagi.

Oiya, buat kamu yang mau tahu lebih tentang informasi produk Cosmos, juga tips dan informasi bermanfaat lainnya jangan lupa kunjungi website Cosmos di www.cosmos.id yaa!!

Happy Cooking everyone...

#BanggaCosmos #JagaNasiSehat
#RiceCookerSehat #HarmondAntiGores

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, semoga bermanfaat.
Tunggu kunjungan balik saya di Blog kalian.

Salam hangat