Tuesday, December 3, 2019

Berikut Upaya Kemenkop, Agar UMKM Naik Kelas

Naik kelas, biasanya kita berharap bisa berada ke tingkat yang lebih baik. Begitu juga dengan usaha dari Kemenkop dalam mengupayakan agar UMKM Naik Kelas, kenapa UMKM? 

Soalnya UMKM memiliki peran penting dalam pergerakan perekonomian Indonesia.

Oleh karena itu, untuk menginformasikan kepada masyarakat luas, Kementrian Koperasi dan UMKM menyelenggarakan forum diskusi dengan tema "Menjaring Kemitraan, Perkuat UMKM naik kelas"


Acara ini diselenggarakan pada hari Selasa tanggal 26 November 2019 bertempat di Press Room Lt. 1 Kemenkop Jakarta Selatan. Dalam acara ini hadir pembicara :
  • Abdul Kadir Damanik, Deputi Bidang Restrukrisasi Usaha Kementrian Koperasi dan UMKM
  • Suryo Hadiyanto, Direktur Utama Koperasi Telekomunikasi Seluler (Kisel)
Nggak bisa kita pungkiri kalau UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia, mengapa demikian? Karena kontribusi UMKM dalam perekonomian sangat signifikan, berkontribusi pada total PDB nasional, tenaga kerja, lapangan pekerjaan, barang ekspor, dan investasi.

Melalui pertumbuhan UMKM, maka berpotensi mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia ke level yang lebih tinggi

Saat ini total UMKM sudah ada sekitar 64 jutaan, kira-kira berapa banyak UMKM yang naik kelas?

Upaya Kemenkop Agar UMKM Naik Kelas

Tren saat ini mengatakan bahwa UMKM mengalami kenaikan, artinya dalam situasi seperti ini, berarti ada lapangan pekerjaan baru sekitar 97%. Dengan demikian pertumbuhan perekonomian Indonesia juga mengalami kenaikan.

Meskipun UMKM di Indonesia dalam skala internasional masih kecil, tapi berdasarkan data Pemerintah Indonesia, ternyata UMKM menyumbang 60,3% produk domestik bruto (pdb) dan 97% tenaga kerja. Bukankah ini berita bagus!

Apalagi di era digital sekarang ini, para pelaku UMKM tidak lagi berjalan sendiri-sendiri, melainkan kolaborasi antara para pelaku UMKM dengan berbagai pihak menjadi kunci utama.


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, semoga bermanfaat.
Tunggu kunjungan balik saya di Blog kalian.

Salam hangat