Thursday, November 14, 2019

Generasi Milenial, yuk Cerdas Memilih Pangan yang Aman Untuk Dikonsumsi Sehari-hari

Bisakah makan enak sekaligus makan sehat? 

Biasanya yang namanya makanan sehat itu rasanya kurang enak, apalagi sekarang ini jenis makanan semakin banyak dan bervariatif.

Banyak Tempat Makan Kekinian
dengan Menu yang Bervariatif

Tampilannya juga instagramable banged, hal ini nggak bisa dipungkiri menarik konsumen terutama para generasi milenial. Demi eksis di dunia maya dan nggak mau kudet alias kurang update, mereka tergiur untuk nyobain makan-makanan yang kekinian. Bahkan rela antri berjam-jam untuk mencicipi makanan tersebut.

Padahal belum tentu makanan kekinian tersebut aman dan sehat untuk kita konsumsi? Di satu sisi makanan dan minuman tersebut sedang ngehits, tapi di sisi lain kandungan gizinya tidak seimbang, dimana kandungan gula, garam dan lemaknya tinggi.

Nah, bagaimana menyikapi hal tersebut?

Generasi Milenial, yuk Cerdas Memilih makanan yang Aman dan Sehat

Aku pribadi sebagai generasi milenial pasti ingin hidup sehat dan cerdas. Jangan sampai karna tergiur dengan promo makanan yang murah, kita mengabaikan kualitasnya.

Kalau yang berhubungan dengan promo, siapa siy yang bisa menolaknya. Di tambah lagi dengan pelayanan yang praktis dan cepat, cukup pesan secara online, kita tinggal duduk manis menunggu pesanan diantar.

Dengan kemajuan teknologi saat ini, masyarakat termasuk generasi milenial dengan mudah busa mendapatkan produk obat dan makanan yang dijual secara langsung maupun online.

Oleh karena itu, kita harus hati-hati memilih produk pangan yang akan kita konsumsi untuk sehari-hari. Masalahnya jika kita tidak memperhatikan aspek keamanan, gizi, dan mutu dari pangan tersebut bisa berdampak bagi kesehatan tubuh kita.


Soalnya pangan yang bermasalah tersebut dapat menimbulkan masalah kesehatan, diantaranya penyakit tidak menular (diabetes, hipertensi, kolesterol, dll) dan kejadian luar biasa akibat pangan (diare, muntah, dan sebagainya).

Berbicara mengenai pangan, kalian tau nggak siy apa yang dimaksud dengan pangan itu? Kalau aku pribadi biasanya mengelompokan apapun yang berhubungan dengan makanan, yaitu pangan.

Tapi tepatnya, pangan itu adalah segala sesuatu yang berasal dari sumber hayati dan air baik yang diolah, yang diperuntukan sebagai makanan atau minuman untuk dikonsumsi manusia. Termasuk bahan tambahan pangan, bahan baku pangan dan bahan lain yang digunakan dalam proses penyiapan, pengolaham atau pembuatan makanan dan minuman.

Nah, kamu tau nggak siy ternyata di Indonesia ada sekitar 4000 makanan lokal, dimana makanan tersebut akan menentukan makanan kita di masa depan. Tapi sayang sekarang ini hanya ada 9 komuditas yang diproduksi di dunia ini. Tentu hal ini menjadi tantangan kita bersama. 

Belum lagi permasalahan tentang gizi makanan yang kita konsumsi, apakah bagi kita yang tinggal di kota-kota besar sudah terbebas dari masalah kekurangan gizi? Jawabannya, adalah masalah gizi bukan hanya dihadapi oleh kota-kota kecil saja, tapi kota-kota besar juga qo!

Penyebab dari kekurangan atau masalah gizi biasanya disebabkan dari makanan yang kita konsumsi itu 
* Tidak sehat
* Nutrisi tidak tercukupi
* Bakteri atau kuman yang ada di dalam makanan ikut kita makan

Makanya BPOM dengan gencar mengajak seluruh masyarakat Indonesia khususnya generasi milenial agar mengkomsumsi makana  sehat.

Peran BPOM Menjaga Keamanan Makanan yang Kita Konsumsi

Dalam rangka memperingati hari pangan sedunia yang jatuh pada tanggal 16 Oktober, BPOM mengadakan bincang-bincang bersama para milenial tentang "Makan Sehat ala Generasi Cerdas".

Acara yang berlokasi di Mitra Terrace Jl. Gatot Subroto Kav. 21 Jakarta selatan dihadiri oleh Dr. Ir. Penny K. Lukito, MCP, Kepala Badan BPOM, Prof. Dr. Purwiyatno Hariyadi, Guru Besar Teknologi Pangan IPB dan dipandu oleh Kemal Gen FM.

Sebelumnya, keseruan acara ini dimulai dengan lomba yel-yel dari beberapa Sekolan Menengah Atas yang ada di Jakarta. Mereka menampilkan yel-yel dengan tema memperingati Hari Pangan Sedunia.

Hadirnya teman-teman SMA ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai Pangan yang Sehat dan Aman. Jadi, mereka tidak hanya sekedar menerima informasi saja, tapi sebagai generasi milenial bisa berpikir kritis dengan melakukan pengecekan kebenaran informasi tersebut.


Jadi ketika mereka ingin menyebarkan informasi tersebut, mereka sudah tahu apakah itu berdampak positif atau negatif? Intinya harus kritis dan cerdas dalam menerima dan menyebarkan informasi.

Kenapa siy masalah pangan ini penting, soalnya seperti penjelasan aku diatas kalau sekarang itu trennya penyakit tidak menular, selain itu ada juga malnutrition.

Makanya kehadiran BPOM sangat penting, untuk menjaga agar makanan yang beredar di tengah masyarakat aman dan sehat. Agar masyarakat bisa mengetahuinya maka perlu dicantumkannya nilai gizi dan nutrisi di label makanan dan minuman yang kita konsumsi. Lalu perlu juga dicantumin kandungan gula, garam, dan lemak.

Bukan hanya saat kita beli makanan secara langsung ajah, tapi ketika kita membelinya secara online juga harus kita cek dan ricek terlebih dahulu.

Sebagai konsumen kita harus cerdas kenali label gizi untuk pilihan lebih sehat, dan konsumsi dalam jumlah yang wajar yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Bagaimana caranya? Kamu bisa memastikan Obat, makanan dan minuman itu aman atau tidak melalui Cek klik yaitu :
Kemasan, dalam kondisi baik tidak bocor, tidak sobek, tidak penyok, dan tidak mengembung.
Label, baca semua informasi pada label termasuk informasi nilai gizi.
Izin Edar, periksa izin edar produk dengan menggunakan aplikasi cek BPOM atau dengan scan 2D barcode di BPOM Mobile.
Kedaluwarsa, pastikan tidak melebihi kedaluwarsa.

So, guys Ingin hidup Sehat? Yuk, jadi konsumen yang cerdas mulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan.

Kalau kamu menemukan berita-berita yang terkait dengan produk makanan, minuman, obat berbahaya, yang belum jelas kebenarannya. Jangan pernah ragu ya untuk menghubungi langsung Badan POM melalui Halo BPOM 1500533 atau melalui flatform media sosial mereka di :

Website : pom.go.id
IG : bpom_ri
FB : bpomRi
Twitter : bpom_ri

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, semoga bermanfaat.
Tunggu kunjungan balik saya di Blog kalian.

Salam hangat