Sunday, October 27, 2019

Awas, Penggunaan Medsos yang Tak Bijak Bisa Menghancurkan Keluarga

Biasanya dalam satu hari berapa lama kamu berseluncur di dunia maya..?? Kemajuan teknologi saat ini tak bisa kita hindari dan menjadikan penggunaan media sosial menjadi konten yang banyak diakses oleh masyarakat Indonesia melalui jaringan internet.

Perempuan dan Media Sosial

Makanya nggak heran kalau saat bangun tidur yang pertama kali dicari pasti handphone, betul nggak?

Sebenarnya penggunaan media sosial itu bukanlah suatu hal yang buruk, asalkan kita menggunakan dengan bijak, justru akan mendatangkan banyak manfaat bagi diri kita. 

Kalau dulu mulutmu adalah harimaumu, kalau sekarang ini media sosial itu ibarat mata pisau yang tajam, lidah dan jemari bisa menjadi silet yang menusuk. 

Apalagi Isu media sosial belakangan ini punya pengaruh besar untuk menjaga ketahanan keluarga. Oleh karena itu latar belakang inilah yang menjadi alasan Kementrian Agama mengadakan Seminar Sehari.

Seminar Sehari pada tanggal 17 Oktober 2019 bertempat di Aula Rasjidi Kementrian Agama, Jakarta, dihadiri oleh anggota Dharma Wanita, Majelis Ta'lim dan perwakilan dari BloggerCronny mengajak kita untuk menimba ilmu Seminar Sehari Pengarustamaan Gender, penasaran nggak siy, ini membahas tentang apa?

Seminar Sehari Pengarustamaan Gender

Dalam acara ini hadir Prof. Dr. H. Muhammadiyah Amin, MA dalam sambutannya mengatakan bukan hanya perempuan tapi media sosial juga memiliki pengaruh buruk pada siapapun. Oleh karena itu sangat penting untuk menanamkan edukasi penggunaan media sosial dengan baik.


Nah, kalau kita sudah menggunakan media sosial berarti kita siap-siap nggak boleh BAPER!! Soalnya media sosial bukan berpengaruh untuk diri kita sendiri tapi juga berpengaruh ke keluarga, lingkungan bahkan bangsa dan negara.

Apalagi fenomena pengaruh dari media sosial saat ini banyak mengakibatkan terjadinya perceraian, semua ini berawal dari apakah kalian tahu?

Jadi, bukan hanya faktor ekonomi saja, tapi adanya pengaruh dari media sosial ini bisa menyebabkan terjadinya perceraian. Sereem nggak siy!!

Mengingat perempuan mempunyai peran yang setara dalam rumah tangga, makanya kita sebagai kaum perempuan harus lebih bijak lagi dalam menggunakan media sosial.


Pesan ini juga disampaikan oleh Ibu Trisna Willy Lukman Hakim S, selaku Penasihat Dharma Wanita Kementrian Agama mengatakan kalau masyarakat sudah teredukasi dengan baik dalam menggunakan medis sosial maka ada beberapa tips yang harus dijalankan, yaitu :

  • Saring sebelum Sharing
  • Pilih-pilih teman dalam bermedia sosial
  • Menjaga kenyamanan keluarga dengan menjaga privasi individu keluarga dalam bermedsos.
Kita harus dapat berpikir terbuka dan selalu membiasakan diri untuk selalu membaca dan saring terlebih dahulu informasi yang kita dapat, pastikan kalau berita tersebut bukan hoax.

Terlebih lagi kita kaum perempuan harus bisa menjaga agar pasangan kita selalu on the track dalam bermedsos, sekaligus menjadi pengawas penggunaan media sosial di lingkup keluarga.

Intinya sah-sah ajah kita main media sosial asalkan harus pintar mengatur waktu, jangan asik sendiri, terlebih lagi lebih mementingkan gadgednya daripada orang-orang yang ada disekitarnya.

Awas, Penggunaan Medsos yang Tak Bijak Bisa Menghancurkan Keharmonisan Keluarga

Jika kita telaah kembali menggunakan media sosial nggak selalu negatif dan serem qo, yang penting kita bisa memanfaatkan fiturnya dengan benar dan bijak. Jadi pahami terlebih dahulu bain buruknya, sebab teknologi hanya membantu sedangakan kita yang menggunakannya jangan sampai mau dibodohi dan diperbudak

Melalui acara ini, yuk sama-sama aktif dalam gerakan bersama untuk memproduksi content positif yang bermanfaat bagi orang banyak, dan ingat ada yang namanya jejak rekam digital.




No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, semoga bermanfaat.
Tunggu kunjungan balik saya di Blog kalian.

Salam hangat