Sunday, September 15, 2019

Melihat Kekayaan Indonesia Melalui Kriya Nusa 2019

Halo teman-teman apa kabarnya

Kalau ditantang seberapa lokalnya kamu, kira-kira berapa banyak barang buatan lokal yang kamu miliki? Lebih banyak buatan luar negeri atau buatan hasil karya anak bangsa.


Jangan karna soal gaya hidup saat ini, yang mulai beragam dan banyaknya tren yang muncul di masyarakat terjadi pergeseran, kita menjadi gengsi untuk menggunakan produk anak Indonesia. Memang nggak ada salahnya kita membeli produk barang impor, terutama bagi mereka yang memang mampu untuk membelinya. Karena pada dasarnya semua itu adalah hak tiap orang. Cuma sayang ajah kalau kita menggunakan brand luar karena gengsi,jadi kecintaan kita terhadap produk Indonesia sangat minim.

Aku sendiri, memang tak menyangkal ada beberapa barang buatan luar negeri yang aku gunakan. Namun, produk karya anak bangsa yang aku punya juga bisa dibilang nggak sedikit. Karena banyak produk Indonesia yang nggak kalah bagus dengan produk luar qo! Jadi, yang namanya streotip kalau produk luar itu lebih unggul, aku buang jauh dech. Karena aku tahu Indonesia kerap melakukan perbaikan dan terus melakukan terobosan baru agar produk-produk anak bangsa bisa diakui oleh dunia.

Oleh karena itu, dalam rangka mempromosikan produk Indonesia Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengadakan acara Temu Netizen #KriyaNusa2019

Melihat Kekayaan Indonesia Melalui Kriya Nusa 2019

Untuk mempromosikan gelaran Pameran KriyaNusa 2019 yang bertempat di Balai Kartini Jakarta, berlangsung pada tangga 11-15 September 2019. Pada acara tersebut hadir beberapa narasumber, 
  • Widodo Muktiyo, Direktur Jendral Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo RI
  • Euis Saedah, Sekretaris Jendral Dekranas
  • Triana Rudiantara, Ketua Bidang Humas, Promosi, dan Publikasi KriyaNusa, dan
  • Septriana Tangkary, Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Kemaritiman Kemkominfo RI
Pada kesempatan itu, Bapak Widodo menyampaikan dukungannya untuk mempromosikan kegiatan besar pameran KriyaNusa 2019 ke ranah media sosial melalui teman-teman Netizen dan influencer. Agar masyarakat Indonesia lebih mencintai dan bangga menggunakan produk lokal. Kita sebagai warga Indonesia memiliki peranan agar Hasil Karya Seni Indonesia dapat dipublikasikan agar seluruh dunia mengenal dan tertarik dengan produk Indonesia


Bangga nggak siy, kalau produk anak Indonesia itu bisa mendunia?

Pasti bangga dunk! Apalagi Indonesia dikenal dengan tangan-tangan masyarakatnya yang terampil dan kreatif membuat suatu karya yang memiliki kualitas, bermutu dan juga memiliki daya saing tinggi.

Jika diluar sana banyak yang bertanya, kenapa KriyaNusa di kelola oleh Kemkominfo, jawabannya adalah karena Kemkominfo bersinergi dengan seluruh link yang terkait untuk mengembangkan kerajinan Indonesia untuk mendunia. Sedangkan yang menjadi latar belakang diselenggarakannya KriyaNusa 2019 ini karena DEKRANAS sudah berkomitmen untuk melestarikan serta mengembangkan hasil produk kerajina Indonesia.

Selain itu juga untuk menanamkan rasa cinta dan bangga masyarakat Indonesia terhadap penggunaan produk Kriya Indonesia. Oleh karena itu Ibu Triana mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk datang ke pameran Kerajinan Karya anak bangsa. Melalui KriyaNusa 2019, DEKRANAS juga ingin memberika ruang bagi para pengrajin Indonesia untuk memperkenalkan produk-produk unggulan hasil kerajinan daerah mereka masing-masing ke masyarakat yang lebih luas.




Benar rasanya produk kerajinan yang disajikan di pameran KriyaNusa 2019 sangat beragam dan memiliki kualitas yang tinggi karena melibatkan perajin terpilih dari seluruh kabupaten/kota di Indonesia yang sudah terlatih oleh Dekranasda setempat.

Produk yang ditawarkan juga memiliki original, otentik dan memiliki ciri khas daerah yang ada di Indonesia, bukan produk pasaran yang diproduksi secara massal seperti barang grosiran yang sering kita jumpai di pasar tradisional.

Lewat KriyaNusa 2019 ini kita juga bisa melihat kekayaan Indonesia, karena memang produk-produk yang dipamerkan didatangkan langsung dari tangan-tangan pengrajin daerah. Dont worry gaes, harga yang ditawarkan juga jauh lebih murah qo, soalnya para pengrajin dari seluruh daerah tidak dikenakan biaya stan untuk pameran KriyaNusa 2019 ini.

Makanya nggak heran banyak teman-teman yang hadir di Balai Kartini, nggak segan untuk borong barang-barang yang ada disana. Kamu kemaren ikut borong juga nggak?

Betapa Indahnya Kerajinan Indonesia

Seluruh dunia mengetahui kalau Indonesia adalah negara yang kaya akan kebudayaan daerahnya. Makanya tidak heran jika kerajinan Indonesia menjadi daya tarik bagi industri pariwisata. Nah, tugas kita niy anak millenial yang harus terus menjaga dan melakukan regenerasi untuk menjaga keberadaan produk kerajinan lokal.

Ibu Euis, yang hari itu hadir dengan menggunakan produk-produk kerajinan anak Bangsa merepresentasikan betapa cinta dan bangganya beliau dengan produk lokal. Dalam misinya DEKRANAS memiliki 3 yang menjadi patokan dalam melakukan pembinaan.
  • Warisan Budaya, kaum netizen, kaum millenial kita mempunyai budaya, jadi kita harus paham bahwa kita punya tenun, punya batik, punya bordir yang begitu indah dan beragam. Menggunakan kebaya dan songket sekarang ini udah kekinian qo, nggak old.
  • Regenerasi, sedih siy di beberapa tempat para pengrajinnya sudah pada sesepuh.
  • Kerjasama, bagaimana kita harus bermitra, tidak bisa hanya dilakukan oleh Dekranas seorang, kerjasama ini bisa dilakukan oleh siapapun yang memiliki kepedulian untuk mengangkat kerajinan Indonesia.

Sebagai generasi muda, yuk ramaikan media sosial kita dengan ikut berpartisipasi untuk mempromosikan produk kerajina terbaik Indonesia baik dalam negeri maupun ke mancanegara. Dengan mengenakan dan menggunakan produk lokal dalam keseharian kita.

Jadi, sudah seberapa lokalnya kamu!!!


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, semoga bermanfaat.
Tunggu kunjungan balik saya di Blog kalian.

Salam hangat