Saturday, September 14, 2019

Jadi Konsumen Cerdas, dengan Melakukan Cek KLIK Sebelum Membeli Obat dan Makanan

Kenapa siy kita harus jadi konsumen yang cerdas? Soalnya kalau kita membeli sesuatu tanpa melakukan pengecekan terlebih dahulu, apalagi barang yang kita beli tersebut, makanan atau obat. So, kebayang nggak kalau barang tersebut sudah kedaluwarsa!


Trus, kita baru menyadarinya ketika sudah sampai dirumah dan hendak dikonsumsi, ternyata makanan tersebut sudah tidak layak untuk dimakan. Nah, hal ini pernah kejadian sama aku. Jadi, waktu itu Aku belanja bulanan di salah satu minimarket di Jakarta. Biasanya anak-anak kalau ada yang mau dibeli, mereka langsung ambil sendiri. Waktu itu Key memilih salah satu makanan instan, karena melihat kemasan luarnya yang menarik, tanpa ragu Key langsung memasukannya ke dalam troli belanjaan.

Karena belanja di minimarket, jadi merasa kalau barang-barang yang dijual disana aman dan bagus. Tapi, ternyata aku salah tentang hal ini. Begitu sampai dirumah dan Key ingin makan yang dia pilih, bau busuk tercium dari dalam kemasan. Ternyata benar, makanan instan tersebut sudah busuk, dan setelah aku melakukan pengecekan pada kemasan tertera kalau kedaluwarsa tinggal 1 minggu lagi.

Kejadian ini, benar-benar menjadi pelajaran buat aku pribadi untuk lebih berhati-hati ketika membeli barang. Duch, nggak kebayang dech kalau makanan yang sudah busuk tersebut dikonsumsi oleh Key. Ada harga mahal yang harus dibayar akibat kejadian ini nantinya.

Setelah kejadian tersebut, aku dan suami ketika berbelanja bulanan dan jika Key mengambil makanan, kita mulai mengajarinya untuk melihat melakukan pengecekan terlebih dahulu, terutama masa kedaluwarsanya. Jadi, ketika kita membeli sesuatu entah itu di pasar tradisional ataupun di supermarket sekalipun, tetap yang namanya melakukan pengecekan harus dilakukan. Jangan kita cuma asal ambil saja, lalu bayar!

Apalagi saat ini tantangan baru era digital ekonomi semakin besar, belum lagi banyak selebgram yang sering postingan di akun mereka tentang produk endorsement pula. Kita juga tidak tahu, apakah mereka sudah menanyakan ke pihak brand, produk yang mereka promosikan tersebut sudah mendapatkan izin dari BPOM atau belum? Maka, disinilah peran kita sebagai konsumen kita harus paham hak dan kewajiban saat memilih produk, jangan sampai salah pilih.

Sama halnya kalau kamu salah pilih jalan, pasti nggak akan sampai ke tempat tujuan!

Jadilah Konsumen Cerdas, dengan Melakukan Cek KLIK Sebelum Membeli Obat dan Makanan

Malam minggu tanggal 7 September 2019 kemaren ada yang berbeda dari malam minggu aku biasanya. Yupp, bertempat di Avenue of Stars, Lippo Mall Kemang Jl. Pangeran Antasari, Jakarta Selatan aku dengan teman-teman menghadiri talkshow, Launching Program Cek Klik bersama BPOM RI.


Acara yang dipandu oleh Ananda Omesh ini dihadiri bebrapa narasumber, yaitu :
  • DR. IR. Penny K. Lukito, MCP Kepala Badan POM RI
  • Tulus Abadi, Ketua YLKI
  • Ojak S. Manurung, SE, M, Kementrian Perdagangan
  • Fathurrahman, ST, APRINDO
  • Ussy Sulistiawaty, Womenpreneur dan Selebrity
Jadi, siapa siy yang nggak suka belanja, baik belanja makanan, obat, kosmetik dan konsumsi jamu tradisional? Sebelum kita konsumsi sudah dipastikan aman atau belum? Nah, oleh karena itu BPOM RI ngajak kita untuk lebih mengenal dengan yang namanya aplikasi terbaru mereka CEK KLIK, untuk memastikan semua makanan dan obat yang kita konsumsi aman.


Ibu Penny, selaku Kepala Badan POM RI menjelaskan tentang pentingnya memperhatikan dan mengecek produk yang akan kita beli, baik di supermarket atau belanja melalui E-Commerce yang saat ini lebih mudah untuk diakses, pastikan terlebih dahhulu kemanannya, ingan CEK KLIK

Kemasan

Pastikan kemasan produk dalam kondisi baik, tidak sobek atau berlubang, tidak karatan dan kondisi penyok.

Label

Baca informasi produk yang tertera pada labelnya dengan cermat dan seksama.

Izin Edar

Pastikan setiap produk yang akan kita beli sudah memiliki izin edar dari BPOM RI.

Kedaluwarsa

Penting memastikan produk yang kita beli tidak melebihi dari masa kedaluwarsa, jangan sampai kejadian yang pernah aku alami terjadi sama kalian, atau bagi yang sering stok makanan jangan sampai lewat masa kedaluwarsanya baru sadar.

Lantas bagaimana cara kita melakukan pengecekan jika barang tersebut sudah aman dan terdaftar di BPOM RI? Now, saatnya kita menjadi konsumen yang lebih cerdas dengan melakukan pengecekan melalui Mobile BPOM. Jadi Mobile BPOM ini merupakan aplikasi berbasis mobile phone yang dapat digunakan untuk memudahkan konsumen dalam pengecekanproduk obat dan makanan yang terdaftar, melakukan pengaduan terhadap suatu produk, serta mendapatkan berita terbaru dari BPOM.


Nantinya, ketika kita akan membeli suatu produk, kita dapat melakukan verifikasi produk tersebut dengan melakukan scan pada 2D barcode yang terdapat pada produk makanan dan obat. Setelah itu akan muncul informasi lengkap dari produk tersebut.

Ingat ya, kita sebagai konsumen, sebelum melakukan pembayaran, wajib mengetahui terlebih dahulu informasi utuh dari produk yang akan kita beli. Makanya aplikasi BPOM Mobile ini berguna untuk digunakan dalam keseharian masyarakat kita.

Karena ini tuch memang hak kita lho sebagai konsumen untuk mendapatkan produk yang aman. Tapi, perlu diingat juga kita sebagai konsumen juga memiliki kewajiban untuk melakukan cek label, kedaluwarsa, begitu juga petunjuk pemakaian yang sering kita lewatkan. 


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, semoga bermanfaat.
Tunggu kunjungan balik saya di Blog kalian.

Salam hangat