Monday, September 30, 2019

10 Destinasi Wisata Paling Banyak Dicari di Google Pada tahun 2019, Kamu udah Berkunjung ke Mana Saja?

kamu udah punya rencana kemana untuk liburan akhir tahun ini? Kalau belum, pasti yang muncul pertama kali di pikiran kita langsung meluncur ke mesin pencari Mbah Google. Ini tuch memang jawaban yang udah paling tepat untuk membantu kita mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang kita punya. Penasaran nggak siy, tempat wisata mana yang paling banyak dicari di google? 



Dalam rangka merayakan Hari Pariwisata Dunia yang jatuh pada tanggal 27 September, Google membagikan sejumlah hasil analisis penting tentang perkembangan Pariwisata di Indonesia. Dengan berbagai kemajuan teknologi 4.0 juga menjadi andil meningkatkan kemajuan dunia pariwisata di Indonesia.

As we know, peluang Indonesia di dunia pariwisata itu sangat terbuka lebar dan Indonesia memiliki daya tarik tersendiri sebagai negara destinasi wisata pilihan yang dapat bersaing dengan negara-negara lain. Selain menawarkan keindahan alam, Indonesia juga kaya akan budaya dan terkenal dengan penduduknya yang ramah.

Kalau ini aku sendiri mengakuinya bahwa masyarakat Indonesia ramah, dan murah senyum. Bukan karena aku orang Indonesia, tapi ini aku buktikan ketika aku melakukan perjalanan ke luar negeri, dan bertemu dengan masyarakat sekitar, kebanyakan dari mereka sibuk dengan urusan masing-masing dan jarang melemparkan senyum kepada para wisatawan seperti kebanyakan orang Indonesia.

Lantas, destinasi apa ajah siy yang paling banyak dicari di Google pada tahun 2019 ini, penasaran?

Ini dia10 Destinasi Pariwisata Indonesia yang Paling Banyak Dicari di Googe pada tahun 2019

Selama Januari 2018 hingga Juni 2019, Google melaporkan kenaikan 5x lipat dalam penelusuran mengenai wisata hemat sebagai peluang bagi pariwisata di Indonesia. Berdasarkan google trends yahun 2019, ada berbagai destinasi wisata domestik yang dicari oleh pengguna google. Sebenarnya kalau dilihat dari daftar yang dirilis nggak terlalu mengejutkan siy, kita tahu kalau Bali menjadi salah satu andalan tempat wisata di Indonesia.




Pada kesempatan acara Google Insights Travel 2019 di Google Indonesia Office, SCBD, Jakarta, Zulfi Rahadian perwakilan dari pihak Kementrian Pariwisata indonesia mengatakan Indonesia masih menjadi market pariwisata dan terus mengalami peningkatan. Ternyata kategori domestik menjadi yang paling banyak dicari oleh wisatawan Indonesia.

Hal ini berdasarkan analisis Google, yang diketahui 8 dari 10 pencarian wisata di Google adalah destinasi dosmetik. Apalagi menjelang liburan akhir tahun, biasanya jumlah pencarian akan semakin meningkat. Umumnya masyarakat Indonesia tuch kalau liburan suka cari kota-kota yang dekat, dengan waktu yang singkat dan dadakan pula. Kaya tahu bulat digoreng dadakan.. heheheh

Nah, ternyata ini lho 10 destinasi wisata yang paling populer!
  • Dieng, belum lama ini ada festival Dieng jadi banyak para wisatawan yang datang kesana, andil Dieng Culture Festival yang ikonik dengan cara pelepasan lampion ternyata cukup menarik para wisatawan untuk menyaksikan langsung secara dekat. 
  • Gunung Bromo, siapa yang sudah pernah kesana. Ini sebenarnya masuk ke dalam list aku tempat wisata yang mau aku kunjungi.
  • Candi Borobudur, sebagai candi terbesar di dunia wajar jika pada perayaan hari Ibadah Waisak banyak dikunjungi oleh wisatawan umat Budha dari seluruh dunia.
  • Candi Prambanan, tempat wisata yang satu ini sering menjadi perhalatan event-event penting, bahkan acara musik juga diadakan di Candi Prambanan ini.
  • Kota Tua Jakarta, salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi masyarakat Jakarta pada akhir pekan niy! Termasuk aku, apalagi sekarang udah makin cantik ajah kota tua ini.
  • Nusa Penida, bisa menjadi alternatif buat kamu yang bosen ke Bali dfan ingin mencari sesuatu pengalaman yang baru.
  • Gunung Semeru, Gunung tertinggi yang ada di pulau Jawa ini, menjadi banyak yang paling dipilih oleh para pendaki.
  • Kawah Ijen, ada yang pernahn kesana? Kawah Ijen yang berada di Banyuwangi ini menjadi favorit konon karena trek yang mudah dan memilki pemandangan yang sangat indah.
  • Gunung Rinjani, Meskipun pada tahun 2018 lalu sempat diterpa gempa, namun saat ini telah dibuka kembali dan wisata pegunungan tetap menjadi destinasi yang peling diminati oleh para wisatawan.
  • Garuda Wisana Kencana Bali, karena tempat wisata ini baru dibuka, jadi mengundang para wisatawan penasaran ingin mengunjungi dan mencarinya di Google.
Peningkatan pariwisata di Indonesia ini juga menjadi peluang bagi brand  agregator perjalanan online (Online Travel Aggregator, atau OTA), seperti Traveloka, pegi-pegi dan ticket.com yang mengalami peningkatan kenaikan sekitar 20%, tentu saja ini menjadi kesempatan pula bagi brand OTA untuk mengembangkan usaha mereka.

Jadi biasanya ada 3 komponen yang masyarakat cari saat liburan dari brand-brand OTA ini, yaitu promo, kenyamanan dan rasa percaya sama brand tersebut. Kalau kamu sendiri gimana?

Sebagai generasi millenial dengan kemajuan teknologi yang ada saat ini, rasanya dengan memanfaatkan Online travel ini benar-benar aku rasakan sendiri kemudahannya. Yupp, bener banged kalau 3 komponen tersebut menjadi pertimbangan aku juga. So, buat liburan akhir tahun nanti aku juga sudah cari-cari lho informasinya di Google.



Jadi, destinasi wisata mana niy yang sudah kamu kunjungi? Punaya pengalaman seru saat mencari informasi wisata di Google, share yuuk di kolol comment.


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, semoga bermanfaat.
Tunggu kunjungan balik saya di Blog kalian.

Salam hangat