Wednesday, March 20, 2019

Membuat Soun Goreng Menu Rumahan yang Sederhana nan Spesial

Biasanya setiap 1 bulan sekali saya selalu menghadiri arisan keluarga besar suami. Untuk tempatnya selalu berpindah, arisan ini sengaja diadakan supaya kami bisa kumpul dan hubungan tali silaturahmi tetap terjaga baik. Apalagi yang namanya keluarga besar, pasti kalau nggak ada acara seperti ini, bakalan susah untuk bertemu.

Soalnya masing-masing dari kami sibuk dengan pekerjaan dan aktivitas masing-masing. Arisan ini bukan cuma sekedar kumpul saja, biasanya kita awali dengan doa dan tahlil, lalu dilanjutkan dengan ramah tamah dari tuan rumah, dan selanjutnya sudah pasti acara makan-makan.


Bersama 2 Sahabat Saya, yang Suka Makan Soun Goreng Plus Gorengan
Kalau masalah makanan ini, suka ada permintaan kira-kira menu apa yang mau dimasakin, supaya kita nggak bosen dengan menu yang itu-itu terus, yang penting harus ada menu untuk dikonsumsi dan disukai sama anak-anak. 

Kebetulan arisan bulan ini bertempat di rumah mamah mertua saya, it means saya pun sedikit membantu mempersiapkan menu masakan yang akan disajikan untuk arisan kemaren. Ada salah satu menu hari itu yang dinikmati oleh banyak orang, sou goreng plus bakwan goreng jagung yang dinikmati selagi hangat.

Hemmm.. Yummy! anak-anak juga ikutan lahap makan menu yang satu ini. Apalagi mamah mertua saya memang jago masak, makanya nggak heran siy kalau masakannya selalu laris manis dan tak sedikit yang membungkusnya untuk dibawa pulang.

Membuat Soun Goreng Menu Rumahan yang Sederhana nan Spesial

Karena ketagihan dengan soun goreng yang dibuat oleh mamah mertua, akhirnya saya mencoba masak soun goreng di rumah. Apalagi saya pribadi termasuk yang suka bingung mau masak menu makan sehari-hari yang pas untuk keluarga.

Kebetulan soun goreng ini termasuk olahan yang tidak sulit untuk dibuat, menu sederhana namun soun bisa kita olah menjadi beragam sensasi lezat nan spesial. Apalagi bagi saya yang nggak jago masak, jadi menu yang sederhana dan pilihan alternatif.

Jika diperhatikan bentuk soun ini tidak terlalu jauh dengan mi, hanya saja soun berwarna putih dan potongannya lebih kecil. Selain itu soun juga dikemas dalam bentuk mi kering yang harus kita seduh dahulu sebelum disajikan atau diolah menjadi bahan menu pilihan keluarga.


Soun memiliki karakteristik yang cenderung transparan, tekstur kuat dan kaku saat masih kering, tapi licin dan mudah putus saat matang. Rasa Soun sendiri cenderung tawar, sehingga akan menyerap rasa dalam masakan dengan baik.


Oiya, tips dari mamah mertua saya dalam mengolah soun goreng, sebaiknya soun terlebih dahulu direndam dengan menggunakan air hangat, direndam cukup setengah matang saja agar nantinya soun tidak terlalu lembek. Hindari juga mengaduk terlalu lama karena akan membuat soun lebih mudah hancur.

Menu Soun Goreng ala Masako

Membuat menu ini cukup mudah dan bahan yang digunakan juga sederhana, pokoknya masak menu yang satu ini nggak pake ribet qo!

Yuk, kita siapkan bahan-bahannya :

300 gr Soun
1 ikat Daun Sawi Hijau
100 gr Wortel
3 bh Cabe Merah
75 gr Sosis Sapi
50 gr Bakso Sapi
1 bks Masako Rasa Sapi kemasan 10 gr
1 Bawang Bombay
1 Batang Daun Bawang
3 sdm Kecap Manis
4 sdm Air
4 sdm Minyak Goreng


Bahan-Bahan Membuat Soun Goreng Sederhana Ala Masako

Cara Memasak :
1. Iris daun bawang, bawang bombay, sosis, bakso dan poting wortel ukuran korek api, sisihkan
2. Panaskan minyak goreng, masukan wortel, bawang bombay, cabe merah, bakso dan sosis, aduk rata
3. Tambahkan soun, air, kecap manis dan Masako Rasa Sapi, kemudian aduk hingga rata
4. Masukkan daun sawi dan daun bawang, lalu aduk rata, masak hingga matang.
5. Angkat dan sajikan selagi hangat



Sebagai teman makan Soun goreng ini cocok dengan gorengan, dan saya pun membuat tempe goreng tepung ala Masako sebagai hidangan pelengkap santap makan keluarga.

Kenapa ala Masako? Hadir dengan kemasan baru, Masako makin disukai. Karena Masako ini terbuat dari daging asli pilihan dan bahan-bahan berkualitas lainnya, dan diproduksi di pabrik sendiri. So, bagi saya yang nggak jago masak, pakai bumbu Masako ini bisa melezatkan makanan.

Dengan dukungan yang diberikan oleh Masako untuk program pemerintah, membantu ibu-ibu Indonesia seperti saya ini dapat memasak masakan bernutrisi menggunakan sayuran.

Saya memilih Masako, bumbu penyedap masak ini karena ada beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Masako, yaitu :

  •  Alami dan Lengkap, dibuat dengan daging ayam dan sapi berkualitas dengan kandungan ekstrak daging yang banyak, dan diperkaya bumbu rempah pilihan.
  • Rasa kaldu lebih lezat, memiliki rasa dan aroma kaldu yang kuat, diperkaya dengan rasa bumbu serta dengan rasa gurih yang pas.
  • Praktis dan Ekonomis, rasa, aroma, dan warna dari daging asli sama seperti kaldu buatan rumah, dengan harga yang terjangkau Rp. 1000/2 bungkus.
  • Bumbu Kaldu No. 1 di Indonesia, Masako dipercaya dan menjadi pilihan ibu-ibu di Indonesia sebagai bumbu kaldu no. 1 yang dapat melezatkan semua masakkan dan pastinya Halal.


Soun Goreng dan Tempe Goreng Tepung ala Masako
Soun sendiri bisa menjadi pengganti dari nasi lho, makanya ketika kita menikmati menu yang satu ini cukup merasa kenyang. Apalagi soun ini merupakan makanan sumber karbohidrat yang rendah lemak. 

Dalam 180 gram soun dapat menyediakan 121 gram karbohidrat, 291 kalori  dan 14 mg natrium. Selain itu soun juga diperkaya dengan vitamin B kompleks dan mineral, seperti fosfor, kalsium, dan magnesium.

Bukan hanya mudah dalam memasaknya, tetapi juga sehat untuk dihidangkan kepada keluarga tercinta.

33 comments:

  1. Yummi, Mbak.
    Saya juga suka soun. Biasanya di rumah saya dicampur juga dengan sup kacang merah.
    Tapi memang, soun dimasukkan pas disantap saja. Biar tidak lembek.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh.. Saya belum pernah coba niy Mas soun dicampur dengan sup kacang merah. Pasti enak yaaa!!

      Delete
  2. wah makanan praktis ini... soun bisa diganti bihun gak kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mba praktis dan enak, bisa juga qo diganti sama bihun.

      Delete
  3. Soun salah satu makanan kesukaanku, dimasak dengan Masako tentu lebih enak ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak ya Mba jadi nggak heran dech kalau banyak yg suka.

      Delete
  4. Anaku kalau maem pakai soun, kdg suka gadoin sounnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anakku juga Ka suka makan soun, lahap pula makannya.

      Delete
  5. Enaaaak, aku sukaa soun goreng.
    Mau dong dibuatin juga hihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bolehh.. Hayuu Mba maen kerumah nanti aku buatin soun goreng.

      Delete
  6. Aku lapar pengen makan ini, soun memang selalu enak dibikin apa saja ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi pas lagi hujan2 makan soun goreng sama tempe/bakwan gorenh maknyus ya Teh..

      Delete
  7. Aseli ngiler. Pengen cobain hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayukk main ke Jakarta Ka, nanti aku buatin soun goreng lagi dech.

      Delete
  8. Asiiiik dapat resep
    Aku tuh suka banget makan soun goreng, tapi jujur, belum pernah masak sendiri
    Suka gak pede hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku awal2nya dikasih resep sama mamah mertua Mba, akhirnya belajar masak sendiri dech, ehh no bad lah. Heheheh

      Delete
  9. Kalau lagi kehabisan ide mau masak apa, saya juga bikin soun goreng begini. Mudah bikinnya enak rasanya. Apalagi kalo ditambah masako...mantap!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menu sederhana yg praktis tapi enak dan bergizi ya Mbaa

      Delete
  10. Kelihatannya enak. Buatnya pun gampang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa ini enak Ka dan buatnya juga gampang qo.

      Delete
  11. Mupeng banget liatnya. Tempenya juga menggoda banget..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayukk Mba bikin, nanti aku cobain yaaa. Heheheh

      Delete
  12. Soun goreng begini menu kesukaan anak saya yang perempuan. Dia makannya banyak deh kalau ada soun goreng

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh.. Anak2 sama niy Mba pada suka makan soun goreng yaa..

      Delete
  13. Biasanya yang digoreng itu mie atau bihun. Baru kali ini tau soun goreng. Kayaknya enak juga.

    ReplyDelete
  14. Soun dan gorengan jadi ngingetin suasana ramadhan. Sering banget disajikan selain kolak biasanya

    ReplyDelete
  15. Udah lama nggak buat soto. jadi ada ide nih untuk amsak nanti malam. Belanja dulu ngecek kebutuhan untuk amsak. :D

    ReplyDelete
  16. Enak tenan ini..copas ah resepnya, belum pernah bikin kek gini
    Kalau soun goreng dengan bakwan di Medan dimakan sama sambel kacang (pecel). Jadi sekalian jual mie,soun , pecel , keliling jualannya.

    ReplyDelete
  17. Ini adnalanku banget, Mbak. Gampang anakku suka. Tapi sounnya aku ganti bihun. Soalnya anak-anak lebih suka bihun.

    ReplyDelete
  18. Saya malah fokus sama tempe goreng tepungnya tuh. Disantap sama nasi hangat pasti enak banget.

    ReplyDelete
  19. Cara buatnya mirip mirip dengan resep mie goreng ya. Hujan hujan begini emang mantep nih makan soun goreng plus teh panas. Wah lengkap...

    ReplyDelete
  20. Auto recomended nih resep ke istri di rumah, ijin share ya Mbak,cocok kalau malam nanti dimasakin ini

    ReplyDelete
  21. Aku bacanya ini pas sore-sore. Cocok juga d cemilin ya mba, karena udah ada soun plus tempe tepung itu. Wah ak jg paling seneng sama soun goreng ini mbaa, nagih hehe

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, semoga bermanfaat.
Tunggu kunjungan balik saya di Blog kalian.

Salam hangat