Friday, March 15, 2019

Kebun Agro Wisata di Subang Bentuk Sinergi Prudential dengan Dompet Dhuafa dalam Program Wakaf

Promosikan Kebon Agro Wisata Bentuk Sinergi Prudential 
dan Dompet Dhuafa, Untuk Kembangkan Program Wakaf Produktif



Beberapa waktu yang lalu saya posting tulisan mengenai Prudential Indonesia meluncurkan Program Wakaf dari PRUsyariah, yang merupakan sebagai wujud dari komitmen Prudential yang baru yaitu "We Do Good" atau "Kami Mewujudkan Kebajikan". Dimana program ini sebagai solusi terhadap kebutuhan nasabah untuk menjalankan wakaf dan membantu mereka untuk berkelanjutan melaksanakan kebajikan.

Program Prudential Wakaf ini memang lebih difokuskan kepada kemudahan nasabahnya dalam menyalurkan wakaf asuransi. Oleh karena itu dalam pengelolaan dana wakaf ini Prudential menggandeng tiga lembaga wakaf atau nazhir terpercaya untuk yang telah memiliki rekam jejak yang panjang sebagai lembaga pengelola dana zakaf dan wakaf.

Dompet Dhuafa salah satu nazhir yang digandeng oleh Prudential untuk mengembangkan program wakaf ini. Selain itu kedua lembaga wakaf lainnya yakni Yayasan Inisiatif Wakaf (iWakaf), dan Lembaga Wakaf Majelis Ulama Indonesia (LW-MUI), dimana dari ketiga lembaga ini nasabah dan calon nasabah dapat memilih ingin menyalurkan dana wakafnya dimana.

Saat menghadiri acara peluncuran program Wakaf dari PRUsyariah beberapa waktu lalu, saya juga sempat penasaran, dana wakaf dari nasabah dan Calon nasabah Prudential Asuransi Syariah ini dikelola untuk apa ya? Meskipun ketika itu setiap perwakilan dari lembaga hadir dan menjelaskan pengelolaan dana wakaf dari Prudential.

Akhirnya, Sabtu tanggal 9 Maret 2019 saya bersama dengan teman-teman Blogger lainnya, Prudential Indonesia mengajak kami semua untuk mini trip mengunjungi tanah wakaf yang dikelola oleh nazir Dompet Dhuafa.

Mini Trip Kebun Buah Naga di Subang

Akhir pekan lalu saya melakukan perjalanan dari Jakarta menuju Kebun Pemberdayaan di Subang. Ini merupakan perjalanan pertama saya untuk mengunjungi Kebun Agro Wisata bersama teman-teman Blogger lainnya. Lama perjalanan dari Jakarta ke Subang memakan waktu sekitar 5 jam lamanya, jalanan yang dilalui untuk menuju lokasi juga tak selalu mulus dan berkelok.

Namun kami disuguhi dengan pemandangan hijau sawah dan hutan, udara sejuk langsung bisa saya rasakan ketika mendekati Kebon Agro Wisata Buah Naga ini. Terus kita mau ngapain siy ke kebun buah naga di Subang ini?

Sesampainya di lokasi kami langsung disuguhi minuman jus buah naga merah dan buah nanas, begitu mencobanya rasa jusnya terasa berbeda dengan jus yang pernah saya minum. Rasa manis jus buah naga dan nanas ini ternyata tidak perlu ditambahkan lagi dengan gula, rasa manisnya sudah cukup.



Terutama jus nanas, jujur ini pertama kalinya saya minum jus nanas, rasanya manis segar, asem menjadi satu dan bikin ketagihan. Setelah puas minum jus, kami telah disuguhi makan siang dengan hidangan khas Sunda yang di sajikan diatas daun pisang, kalau saya biasa menyebutnya liwetan.

Lamanya perjalanan, sejuknya udaha dan hidangan yang menggiurkan makan siang bersama teman-teman terasa sekali nikmatnya. Apalagi dalam hidangan tersebut ada menu ikan bakar yang menajdi favorit saya, sungguh double nikmatnya.

Setelah kami selasai makan siang dan shalat, acara dilanjutkan dengan bincang-bincang  di alam terbuka mengenai tujuan dari acara trip mini ini. Tapi sayang ketika itu cuaca tidak mendukung, karena turun hujan sehingga kami kembali balik ke saung tempat kami makan siang. 






Mas Bobby yang menjadi perwakilan dari pihak Prudential mengatakan kalau Dompet Dhuafa menjadi salah satu lembaga filantropi islam yang diamanahkan oleh Prudential Indonesia untuk menerima wakaf dari para nasabahnya dalam program wakaf terbaru PRUsyariah.

Sehingga kami para blogger yang hadir dapat memberikan informasi kepada masyarakat luas, bahwa Kebun Agro Wisata di Subang ini menjadi salah satu bentuk pengelolaan dana wakaf secara profesional dan memastikan nilai harta wakaf tetap terjaga.

Sependapat dengan perkataan Mas Bobby, Muhammad Koharudin-Marcomm Spv Dompet Dhuafa juga menjelaskan selama ini banyak masyarakat yang mengira kalau wakaf itu hanya dalam bentuk tanah dan bangunan saja. Padahal wakaf itu luas dan tidak harus menunggu menjadi kaya atau memiliki uang banyak terlebih dahulu.

Kebon Agro Wisata Buah Hasil Wakaf Sinergi Prudential dan Dompet Dhuafa

Kebon Agro Wisata yang terletak di Subang ini ditanami dengan 4 buah yaitu, buah naga merah dan putih, buah nanas, buah pepaya dan buah jambu kristal. Tanah seluas 10 hektar ini bukan hanya ditanami oleh pohon buah saja, tapi juga ada peternakan kambing yang disiapkan untuk hewan korban menjelang Idul Adha.

Dompet Dhuafa dalam menjalankan program kebon agro wisata ini tidak hanya mengedukasi tentang proses menanam hingga memanen buah saja. Tetapi Dompet Dhuafa juga menyediakan akses pemasaran dan pengolahan untuk membuat hasil buah yang dihasilkan memiliki nilai yang lebih.

Jadi melalui program wakf yang bersinergi dengan Prudential ini, Dompet Dhuafa mencoba memberikan kontribusi yang baik untuk masyarakat sekitar desa Cirangkong, Kabupaten Subang Jawa Barat untuk kesejahteraan ekonomi masyarakat.




Kebon ini menjadi bukti nyata bahwa dana yang dikelola oleh pihak Dompet Dhuafa dapat menjalankan amanah dari para pewakaf, sekaligus memperdayakan dan mengangkat potensi lokal daerah, yang hasilnya dapat dinikmati masyarakat dan tentu saja dapat membantu perekoniman masyarakat menjadi lebih baik.

Bukan hanya berjalan mengelilingi kebon buah naga saja, tetapi kami juga diberikan kesempatan untuk memetik buah naga merah yang telah matang. Kami juga mendapatkan informasi bagaimana ciri dari buah naga merah dan buah naga putih.

Ciri dari buah naga merah bentuknya bulat dan siripnya rapat dan pada batangnya polos berbeda dengan buah naga putih batangnya ada tanda putih di batangnya, bentuk buahnya juga agak lonjong dan siripnya jarang. Pastinya pengalman memanen buah naga ini menjadi berharga dan membuat saya semakin sadar bahwa dengan berkunjung ke kebun buah hasil wakaf bentuk sinergi Dompet Dhuafa dengan Prudential ini, menjadi bukti nyata begitu besar dampak dari wakaf ini.

Yukk, jalanin bareng dengan Prudential Indonesia

Thank you for Having Us Prudential!!



2 comments:

  1. Mantap banget program wakaf ini ya mbak, apalagi menggandeng Dompet Dhuafa yang udah jelas pelaksanaannya

    ReplyDelete
  2. Pengen mengulang perjalanan seperti ini lagi. Seruuuu! Prudential Indonesia semakin keren aja, nih

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, semoga bermanfaat.
Tunggu kunjungan balik saya di Blog kalian.

Salam hangat