Monday, February 11, 2019

Dukung si Kecil Kembangkan 5 Karakternya, dengan Katakan "Iya Boleh"

"Kamu jangan naik itu ya, nanti jatuh"
"Kamu jangan main itu ya, nanti kotor"
"Enggak usah main diluar, mainnya dikamar ajah"

Bunda pernah bersikap seperti ini nggak sama anak-anak dirumah? Aku iya, saat ajak anak bermain diluar pasti kata-kata ini tanpa sadar sering kita ucapkan ke mereka. Padahal dengan pola asuh yang seperti ini akan menjadikan anak-anak kurang untuk bereksplorasi dirinya lho!


Stimulasi bareng si Kecil di acara Gerakan 1 Juta Boleh Bersama Dancow

Karna anak-anak ini adalah aset masa depan kita, jadi keterlibatan kita sebagai orangtua tentunya sangat besar dampaknya dalam pembentukan karakter si kecil. Dengan memperhatikan kebutuhan asupan nutrisi dan gizi anak-anak, memberikan mereka bimbingan, menanamkan dan mengajarkan nilai-nilai positif sejak dini kepada anak-anak. Harapannya kelak anak-anak kita menjadi generasi bagi Bangsa di masa yang akan datang.

Oleh karena itu  untuk mendukung generasi Emas 2045 anak-anak Indonesia, Kamis 7 Februari 2019 bertempat di Ayana Midplaza Hotel, Dancow mengajak masyarakat Indonesia untuk ikut dalam gerakan "1 Juta Iya Boleh"

Dancow Advanced Excelnutri + Luncurkan Gerakan "1 Juta Iya Boleh" Bagi Orangtua Indonesia

Sebagai mitra terpercaya orangtua untuk mendukung tumbuh kembang optimasi si kecil, Bapak Alvin Wiradarma selaku Brand Manager Dancow Advanced Excelnutri + memaparkan bahwa Dancow Advanced Excelnutri + senantiasa memberikan gizi baik dan perlindungan yang dilengkapi dengan Lactobacillus rhamnosus dan serat pangan inulin yang dibutuhkan si kecil di masa eksplorasinya.

Tujuan Dancow meluncurkan gerakan ini adalah untuk meningkatkan kualitas hidup dan kontribusi warga Indonesia menjadi lebih sehat. Dancow merupakan salah satu simbol cinta dari Bunda dalam mempersiapkan yang terbaik bagi si kecil.

Melalui stimulasi yang tepat, asupan nutrisi dan gizi yang seimbang serta adanya layanan Dancow Parenting Center, Dancow mendukung cinta setiap orangtua untuk memilihara masa depan yang lebih sehat bagi anak-anak. Selain itu Dancow juga mendorong bagi orangtua untuk berani berkata "Iya Boleh" dalam mendukung si kecil bereksplorasi dan mempelajari hal-hal yang baru dari lingkungan sekitarnya.


All Narasumber di Acara Peluncuran Gerakan 1 Juta #IyaBoleh Bersama Dancow (dari kiri ke kanan) :
Dr. dr. Ray Basrowi, MKK (Head of Medical & Nutrition Services Nestle Indonesia), 
Ratih Ibrahim, Psikolog Klinis, Ibu Prita, Ussy Sulistiawaty (Dancow Inspiring Mom), dan
 Alvin Wiradarma (Brand Manager Dancow Advanced Excelnutri +)

Memang tidak mudah untuk mengatakan Iya Boleh, sering kali kita sebagai orangtua dihantui rasa khawatir, dan rasa takut. Maka Dancow ingin mendorong orangtua untuk mengatakan Iya Boleh, dan campaign ini merupakan tahun ketiga. Harapannya Dancow bisa merangkul lebih banyak lagi para orangtua untuk bergabung di Gerakan 1 Juta Iya Boleh.

Lantas apa siy manfaat Iya Boleh bagi anak-anak? Dengan mengatakan Iya Boleh banyak manfaat yang bisa kita dapatkan yaitu, memiliki pengaruh besar agar anak-anak lebih mandiri, bebas bereksplorasi dan menemukan apa yang mereka inginkan, tentunya untuk mendukung mereka agar bisa menjadi pemimpin di masa depan. 

Pentingnya Peran Nutrisi Untuk Pertumbuhan Anak

Bunda pasti mau dunk anak-anaknya sukses di masa depan? Semua itu memang tidak lepas dengan pemberian formulasi nutrisi dan gizi yang tepat kepada anak-anak. dr. Ray W Basrowi sebagai salah satu narasumber yang hadir pada hari itu mengatakan mengenai pentingnya peran nutrisi untuk pertumbuhan anak.

Bunda, ketika kita berbicara mengenai pentingnya nutrisi untuk pertumbuhan anak, yang kita bicarakan bukan hanya pertumbuhan yang sekedar baik tapi harus sempurna. Karna bunda tahu nggak, nyatanya masih banyak balita di Indonesia yang masih kekurangan gizi, 
-17,7% kurang gizi
-28,1% anemia defisiensi besi
-30,8% stunting

Hal ini menjadi tugas kita sebagai orangtua untuk terus menerus memberikan dan memperhatikan asupan nutrisi kepada si kecil. Bukan hanya 3 masalah tersebut saja yang dihadapi oleh anak-anak Indonesia, tapi juga permasalahan ISPA untuk usia 1-4 tahun sebanyak 41,9%, diare 12,2% juga menghantui balita di Indonesia.

Jika permasalahan ini tidak diatasi dengan serius maka akan berakibat mengalami gangguan makan, gangguan gizi dan akan berdampak panjang bagi tumbuh kembang anak-anak di kemudian hari. Jika dari 1000 hari pertama sudah mengalami gangguan nutrisi maka akan bertahan permanen sampai seumur hidup anak-anak kita.

Terus bagaimana cara mencegahnya? Ada 3 hal yang harus kita perhatikan yaitu,
1. Memberikan nutrisi yang baik
2. Stimulasi sesuai usia anak, hal ini penting untuk tumbuh kembang mereka karena dengan bermain merupakan proses belajar bagi anak-anak
3. Cinta orangtua, ini setuju banged karena anak-anak yang berlimpah kasih sayang memiliki pengaruh besar bagi pertumbuhan mereka.


Keseruan Anak-anak Saat Mengeksplorasi Kreativitas Mereka

Sebelum anak-anak kita bereksplorasi, kita sebagai orangtua harus memberikan perlindungan terlebih dahulu, sebagai fondasi tumbuh kembang optimal si kecil. Salah satu caranya dengan menjaga kesehatan pencernaan karena dalam pencernaan mengandung bakteri baik. 

Faktanya Pertama, dengan menjaga sistem pencernaan yang baik karena 80% sel-sel daya tahan tubuh ada di sistem pencernaan. Kedua, semua zat gizi yang dibutuhkan dalam tubuh masuk dari sistem pencernaan yang didominasi bakteri-bakteri baik. 

Untuk itu penting bagi kita ya bunda untuk memberikan makanan yang mengandung bakteri baik, contohnya makanan yang mengandung lactobacillus ada dalam susu pertumbuhan. Oleh karena itu pilihlah produk yang dapat memberikan asupan kalsium dan protein yang terbaik bagi si kecil.

Sedangkan untuk membantu proses belajar anak diperlukan asupan Omega3, Omega 6 dan DHA, agar otak dapat menyimpan memori untuk proses belajar anak di kemudian hari. Selain itu anak-anak juga harus mendapatkan zat besi makro dan juga zat besi mikro, terutama vitamin dan mineral.

Jika sudah mendapatkan asupan gizi yang baik, setelah itu langkah selanjutnya bagi kita sebagai orangtua membiarkan si kecil bereksplorasi dan memberikan stimulasi yang baik.

Setelah pemaparan mengenai pentingnya kandungan nutrisi, bunda menjadi lega atau galau? Nggak perlu galau bunda, ada yang tidak kalah penting selain nutrisi, yaitu dukungan cinta dari orangtua.

Kenapa Dukungan Cinta Orangtua sangat dibutuhkan?

Ketika ditanya perihal cita-cita anak, pasti kita sebagai orangtua ingin cita-citanya yang luhur-luhur semua dunk! Ingin anak kita menjadi orang yang berperilaku baik, anak yang soleh, kelak dewasa nanti menjadi orang yang sukses. Benar nggak bunda?

Bicara mengenai cita-cita, sampai tahun 2045 Indonesia memiliki bonus demografi dimana lebih dari 70% warganya berada di usia produktif yaitu usia 15-60 tahun. Jika rentan usia tersebut berkumpul maka kita dapat menciptakan Indonesia menjadi negara yang maju.

Bagaimana caranya supaya Indonesia memiliki bonus demografi generasi emas tersebut? Menurut Psikolog Drs. Ratih Ibrahim, M.M, caranya yaitu anak-anaknya harus menjadi manusia yang unggul, untuk memulainya dari investasi sejak umur balita.

Oleh karena itu kenapa dukungan orangtua itu sangat dibutuhkan, ketika kita mengingankan anak-anak kita menjadi manusia yang unggul modalitas ada 3 yang harus kita perhatikan yaitu :
  • Memberikan nutrisi yang bagus
  • Memberikan stimulasi yang sesuai dengan usia anak
  • Cinta dan kasih sayang dari orangtua
Nah, cinta orangtua ini pasti membuat kita selalu ingin memberikan yang terbaik bagi anak-anak. Oleh karena itu mengatakan Iya Boleh sangat besar dampaknya agar anak-anak dapat mengeksplorasi dirinya sebagai bagian stimulasi untuk mendukung tumbuh kembang si kecil.


Peran Orangtua untuk Menemani Anak-anak saat Bermain

Melalui eksplorasi ini anak-anak akan belajar lebih banyak, skill motorik mereka menjadi meningkat, jadi lebih percaya diri, dan untuk menciptakan itu semua perlu keterlibatan aktif orang tua untuk katakan Iya Boleh.

Kembangkan 5 Karakter Anak, dengan Katakan "Iya Boleh"

Dengan mengatakan "Iya Boleh" akan membentuk karakteristik anak Indonesia yang unggul dari dalam dirinya sendiri, dimana nantinya mereka akan memiliki 5 potensi : 
  • Berani, bermain di alam terbuka memberikan kesempatan kepada anak untuk belajar lebih banyak
  • Cerdas, aspek kecerdasan karena keberaniannya untuk mempelajari hal baru jadi kumpul
  • Kreatif, saat anak menjadi lebih pintar maka daya kreatifitasnya akan tumbuh
  • Peduli, anak juga perlu diajarkan untuk peduli terhadap orang lain yang ada disekitarnya, bisa dibantu dengan memilihara hewan peliharaan
  • Kepemimpinan, jika sudah memiliki sifat peduli maka kita bisa mendorong anak kita untuk menjadi pemimpin dengan mengajarkannya disiplin dan kemandirian yang baik.


Maka saat kita mendorong anak-anak untuk bereksplorasi penting banged yang namanya perlindungan, karena jika anak tidak sehat akan susah untuk distimulasi, emosinya juga tidak stabil. 

Bagaimana Caranya agar kita bisa mengatakan Iya Boleh kepada anak? Ada 3 tips yang perlu bunda ketahui untuk Berkata "Iya Boleh", yaitu anak harus siap, pastikan aman dan orangtua harus terlibat.

Bunda sudah siap untuk mengatakan Iya Boleh kepada anak? Yukk, kita gabung di Gerakan 1 Juta Iya Boleh, caranya simple banged bunda tinggal mengunjungi saja di www.iyaboleh.com disana kita bisa langsung menklik gerakan 1 Juta Iya Boleh. Lalu sebagai bentuk apresiasi bunda akan mendapatkan sertifikat Iya Boleh. 

Sertifikat Gerakan 1 Juta Iya Boleh
Di website tersebut bunda juga bisa mendapatkan beragam tips inspirasi aktivitas Iya Boleh yang bisa kita praktekan langsung dengan anak-anak. Dimana semua tips yang ada sudah mendapat dukungan dari para ahli demi mendukung tumbuh kembang optimal si kecil dan menjadikan mereka Anak Unggul Indonesia.


12 comments:

  1. Aku udah ikutan partisipasi gerakan 1 juta iya boleh dong. Seneng juga dapet sertifikat online gitu, kayak penghargaan aja.

    ReplyDelete
  2. Bener juga, kalimat iya boleh, yang diucapkan oleh ibunya bikin anak merasa nyaman ya. karena nyaman maka anak punya rasa percaya diri untuk mengembangkan dirinya

    ReplyDelete
  3. Bener banget, serba ngelaang ini itu bikin anak jadi gak berkembang yang kecerdasannya. Gak bisa berkreasi, gak bisa berimajinasi. Dengan bilang iya boleh, dia jadi terbuka. Tapi tentu ya, selalu dalam pengawasan kita. :)

    ReplyDelete
  4. Kalau kata "jangan" terus yang keluar kapan karakter anak mau berkembang ya

    ReplyDelete
  5. Tumbuh kembang anak harus selalu didukung dan diupayakan untuk tidak membatasi kreativitasnya dengan kata jangan

    ReplyDelete
  6. Setuju bgt nih Mba, gak cuma stimulasi ya tapi kita perlu melindungi si kecil dgn nutrisi yg tepat serta peran kita utk mendampingi

    ReplyDelete
  7. Anak2 yang dikasi kebebasan bereksplorasi memang biasanya lbh berani dan ekspresif ya mbak. Keren gerakannya nih, bikin ortu gak terlalu over njagain anaknya. Soalnya dr berani eksplorasi maka anak akan belajar.

    ReplyDelete
  8. Cukup dua kata " iya boleh..." yang terdengar sangat sepele ternyata bisa berdampak positif bagi anak2 kita ya. Iya boleh bagaikan sebuah kata2 motivasi yang mendukung anak2 untuk berani mengeksplore diri dan minatnya. TFS

    ReplyDelete
  9. kata "iya boleh" jadi kunci pembuka pintu segala kemungkinan kreativitas anak, ortu mengawal dan mengawasi ya kak

    ReplyDelete
  10. Iya boleh,nak...iya boleh ngapain aja. Nanti mama yang beresin. Hahahha...gemes sama anak2 sekarang. Pinter2. Karena para mamanya juga pinter.

    ReplyDelete
  11. Suka pusing saya kalau melihat orang tua serba melarang ank ank ny buat ini itu , kasihan JD nya .untung ny makin maju pengetahuan makin keren para mom ini dlm mendidik pura putrinya , aplgi untuk asupan gizinya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, semoga bermanfaat.
Tunggu kunjungan balik saya di Blog kalian.

Salam hangat