Saturday, February 9, 2019

Mau Punya Rumah yang Instagrammable? Ini 4 Tips yang Bisa Kamu Lakukan

Halo teman-teman apa kabarnya

Siapa diantara kamu yang resolusi tahun ini mau punya rumah sendiri? 

Punya rumah sendiri, pasti jadi impian banyak orang, termasuk aku pengen punya rumah selain yang minimalis tapi juga instagrammable. Siapa bilang punya rumah impian yang instgramable adalah hal yang sulit? Enggak juga qo! Memang siy, untuk mewujudkan keinginan kita ini perlu niat dan insipirasi tanpa harus meninggalkan dari ciri khas kepribadian pemilik rumah.



Biasanya kalau mau foto-foto yang instragrammable mesti pergi ke tempat rekreasi atau cafe-cafe githu. Nah, daripada uangnya keluar untuk pergi ke tempat tersebut, lebih baik kita menciptakan suasana dan ruangan yang instagramable di rumah sendiri.

So, hari Minggu tanggal 3 Februari 2018 kemaren aku datang ke Indonesia Properti Expo yang bertempat di JCC Senayan. Informasi yang informastif ini aku dapatkan dari narasumber yang keceh yaitu Adelya Vivin dan Irma Alaydrus di acara Blogger Gathering & Talkshow Indonesia Properti Expo.



Emangnya ada apa siy di Indonesia Properti Expo ini?

Jadi aku datang ke Indonesia Properti Expo itu mau cari inspirasi bagaimana kita bisa memiliki design rumah meskipun minimalis tapi tetap nyaman, fungsional dan keceh untuk kita foto-foto.

Bagaimana Memilih Tema untuk Rumah Minimalis

Kesempatan pertama Mba Adelya menjelaskan kepada kita semua yaitu tentang bagaimana memilih tema rumah minimalis? Menurut Mba Adel, pemilihan tema rumah ada bermacam-macam yaitu, Minimalist, Japanese, Boho, dan Industrial.

Yukk, kita ulasa satu-satu!

Tipe Minimalist, gaya ini rasanya paling tepat untuk menggambarkan era millennial seperti sekarang ini, karna kita ketahui kalau harga tanah khususnya di daerah Jakarta setiap tahunnya selalu melambung naik. Makanya bagaimana caranya kita bisa memilki rumah dengan lahan yang terbatas tapi tetap nyaman dan modern.

Jadi ciri khas dari konsep rumah minimalis itu biasanya barang-barangnya tidak terlalu banyak, jadi hanya ada barang-barang yang dipakai saja yang ada di dalam rumah. Untuk pajangan yang digunakan juga yang fungsional dengan ornamen yang dipakai terbuat dari kayu tua, dan usahakan memiliki pencahayaan dan ventilasi yang baik.

Tipe ini, juga bisa lho menempatkan beberapa tanaman minimalis agar rumah tetap ada nuansa hijau dan lebih warm.

Kedua tipe Japanese, dimana ciri khas dari tipe ini banyak didominasi dengan warna-warna kayu, dan tone warnanya juga berbau unsur kayu putih, dan beige, ada sedikit warna hitam juga didalmnya tapi tidak terlalu banyak. karna hitam menurut orang Jepang itu terlalu bolt jadi banyak memasukan unsur kayu agar unsur kesederhanaannya terlihat.

Tipe yang ketiga Boho atau Bohemian, terlihat sedikit ramai dan biasanya yang menyukai tipe ini senang dengan tanam-tanaman, warna bangku didominasi dengan warna abu-abu, warna temboknya sendiri bisa dibilang bermain warna, seperti warna putih, hijau, coklat  domain dari bohemian sendiri biasanya warna putih.

gaya rumah ini berasal dari Eropa yang tujuannya agar tidak menggunakan aturan baku pada desain rumah. Selain itu tipe Boho ini kita bisa mengkolaborasikan benda-benda atau furnitur yang tergolong murah, biasanya terlihat tua dan sudah lama di pakai.

Tipe keempat Industrial, tipe dari rumah ini didominasi dengan warna-warna hitam-putih, bisa dibilang maskulin alias laki banged. Karna biasanya terlalu banyak ornamen, jadi baiknya warna tembok berwarna putih.

Ciri khas dari tipe Industrial ini yaitu langit-langitnya yang terbuka dengan memperlihatkan elemen struktual yang menjadi ciri khasnya. Desain Industrial ini biasanya banyak diaplikasikan pada perkantoran dan cafe.

Dengan tema-tema tersebut jika diterapkan di rumah masing-masing tidak ada salahnya jika kita menghiasinya dengan Indoor Plant, atau tanaman hidup agar rumah lebih terlihat hidup tidak monoton dengan warna-warna putih.

Untuk pilihan tanaman yang bisa kita taruh di dalam rumah menurut Mba Adelya ada beberapa yang bagus, cocok untuk kita letakan di dalam rumah dan pastinya yang perawatannya mudah, diantaranya ada Moonstera, rubber Tree, Palm treas dan Foodle leaf.

Bagi kita yang tinggal di daerah pusat kota, umumnya tipe rumah minimalis sangat cocok untuk diterapkan, karena bentuk rumah ini geometris dan tidak terlalu banyak memiliki dekorasi.

Perlu diperhatikan juga, apapun tipe rumah yang kita inginkan harus memperhatikan faktor lighting, agar rumah terlihat semakin hangat selain mengandalkan lighting alami, kita  bisa juga  menggunakan bohlam yang berwarna kuning. 

Selanjutnya kita juga mendapatkan informasi yang informatif lainnya dari Mba Irma Alaydrus tentang mengabadikan dekorasi rumah agar terlihat instagrammable.

Mengabadikan Dekorasi Rumah agar Terlihat Instagrammable

Kenapa alasan Mba Irma yang sebelumnya di dunia food fotografi lalu tekun juga ke dunia design interior, jawabannya ternyata Mba Irma memang memiliki hobi atau passion di bidang yang satu ini. 

Untuk menumbuhkan minatnya ini, awalnya Mba irma terapkan sendiri di dalam rumahnya dan kemudian beliau share di media sosial, Dari sini lah banyak orang yang senang dengan desain rumahnya tersebut.

Lalu bagaimana jika kita bosan dengan interior di rumah, caranya kita melakukan ganti style dan ganti layoutnya.

Untuk interior styling disini, kita dapat menerapkan gaya desain rumah dengan penempatan peralatan dan perlengkapan dengan konsep yang sederhana dan minimalis. Lalu ada juga konsep PRINCIPLES, yaitu pilihan dengan konsep atau tone senada.

Kalau kamu yang memiliki small living jangan ragu untuk melakukan dekorasi rumah. Banyak costum sesuai yang bisa kita beli sesuai dengan isi hati dan konsep yang kita inginkan.



Bagi kamu yang belum sempat datang ke Indonesia Properti Expo ini, mending luangkan waktu dech. Soalnya Indonesia Properti Expo ini masih berlangsung sampai tanggal 10 Februari 2019.



No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, semoga bermanfaat.
Tunggu kunjungan balik saya di Blog kalian.

Salam hangat