Friday, February 1, 2019

Batuk Berdahak Saat Musim Pancaroba, Berikut Ini Cara Mengatasinya

Berbicara seputar kesehatan, 
terutama di musim pancaroba seperti sekarang ini, 
sangat rentan dengan yang namanya batuk berdahak. 

Lalu apa hubungannya antara batuk berdahak dengan musim pancaroba ya? 

Ternyata di musim pancaroba seperti sekarang, batuk lebih gampang menyerang. Biasanya banyak pasien yang datang ke rumah sakit dari 100 orang pasien, lebih dari 50% menderita batuk dan flu. Hal ini memang ada hubungannya ternyata.

Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan seseorang terkena batuk berdahak saat musim pancaroba, terlebih jika daya tahan tubuh (imun) dalam keadaan lemah, karena memang setiap orang memiliki daya tahan tubuh yang berbeda. 



Pastinya kita pernah merasakan yang namanya batuk, seperti diri saya dalam kurun waktu 3 bulan terakhir ini saya terkena batuk. Biasanya jika batuk baru 1-2 hari saya pribadi suka cuek, bahkan cenderung mengabaikan. Karena saya berfikir nanti juga sembuh sendiri, yang penting mengurangi makan gorengan dan banyak minum air putih.

Padahal tanpa kita sadari bahwa ada virus dan kuman di dalam diri kita yang bisa menyebarkan ke orang lain, bisa menular kepada anak, suami dan anggota keluarga yang lainnya. Jika boleh jujur, meskipun baru batuk 1-2 hari sudah cukup menganggu, aktivitas juga jadi terbatas.

Belum lagi kita harus menggunakan masker, untuk mengantisipasi agar virus dan kuman tidak menyebar ke orang lain. Jadi disaat kita batuk sering kali kita suka menunda untuk mengobatinya,  apa dampaknya kelak?



Tanggal, 25 Januari 2019 yang lalu saya mendapatkan undangan dari Fimela.com, KYL dan Bisolvon yang berlokasi di Kedai Kopi 89 Jl. Kemang Raya No. 89 Jakarta Selatan. Acara yang dipenuhi nuansa kuning dan putih ini, dikemas dengan menarik karena kita diajak ngobrol-ngobrol seputar kesehatan terutama di musim pancaroba dan batuk berdahak.

Jadi dalam kesempatan acara ini saya mendapatkan informasi tentang hubungan antara musim pancaroba dengan batuk berdahak dan bagaimana cara mengatasinya. ada beberapa pembicara yang hadir di acara ini, yaitu :

- dr. Riana Wijaya, Sanofi Medical Expert
- Mega Valentia, Brand Manager Bisolvon, dan
- Amallia Sarah, Kol Family

Apa Hubungan Batuk Berdahak dengan Musim Pancaroba?

Mba Amallia berbagi cerita ketika anaknya terkena batuk, sebagai seorang ibu, beliau sangat khawatir dan panik karena bingung harus memberikan obat yang kandungan seperti apa dan bagaimana dengan efek sampingnya.

Sebagai penanganan pertama Mba Amallia, memberikan madu, jeruk nipis diperas dengan takaran satu sendok teh kepada anaknya. Apa yang dialami Mba Amallia ini, pasti juga banyak dialami oleh ibu-ibu yang lainnya. Lalu apa siy hubungannya musim pancaroba ini dengan batuk berdahak?



Menurut dr. Riana, Kenapa kita sering menunda pengobatan disaat kita terkena batuk, padahal ini bahaya lho, dan imbasnya juga luar biasa. Selain memperburuk kesehatan diri sendiri, juga berdampak kepada orang-orang yang kita sayang, karena kita nggak bisa bergaul dan dekat-dekat dengan mereka.
Nggak mau dunk pastinya!!

Musim pancaroba seperi sekarang ini memang perlu kita waspadai, karena cuaca yang tidak menentu, terkadang siang hari terik kemudian sore hari hujan deras, cuaca mudah berganti tanpa terprediksi.

Menurut dr. Riana hal ini membuat tubuh kita harus ekstra kerja keras untuk menyesuaikan terhadap suhu lingkungan kita. Karena ketika perubahan cuaca yang ekstrim ini, membuat tubuh perlu beradaptasi, ini yang membuat daya tahan tubuh kita di musim pancaroba menjadi lemah, sehingga kita menjadi gampang sakit.

Selain itu dengan suhu dan kelembaban seperti sekarang ini, ternyata membuat virus dan bakteri lebih gampang untuk berkembang. Apalagi ketika daya tahan tubuh kita sedang lemah, tentunya virus dan bakteri tersebut jadi gampang masuk ke tubuh kita, karena banyak di udara. Alhasil kita jadi cenderung gampang atau rentan terkena penyakit yang namanya batuk.

Apalagi ketika kita menggunakan masker, kita sudah seperti punya label sebagai pembawa virus bagi orang lain, tak jarang kita sering juga dijauhkan. Nggak rela dunk kalau kita harus kehilangan moment berharga, jangan sampai batuk menjauhkan yang dekat.

Jangan Karna Batuk Berdahak Menjauhkan yang Dekat

Menurut data Nielsen, 1 diantara 3 orang di Indonesia ini pasti mengalami batuk dalam 3 bulan terakhir. Hayooo iya khan! Kalau saya sendiri iya

Seperti yang saya alami ketika batuk, rasanya pengen jauh dari orang-orang tersayang, karena khawatir mereka akan tertular. Padahal kita harus senantiasa terhubung dengan orang lain, jadi jangan sampai batuk menjauhkan orang yang dekat.

Oleh karena itu Bisolvon hadir untuk rangkaian obat batuk untuk seluruh keluarga. Bisolvon sebagai merk yang sudah ada di Indonesia selama lebih dari 45 tahun, selalu dapat diandalkan untuk mengalahkan batuk berdahak bagi keluarga Indonesia.

Lantas apa siy perbedaan Bisolvon dengan obat batuk lainnya?

Pada kesempatan itu Ibu Mega Valentia, selaku Brand Manager Bisolvon mengatakan ketika kita memilih obat batuk hal penting yang harus diperhatikan adalah obat tersebut terdaftar di badan POM. Harus kita lihat nomer registrasinya, apakah sudah terdaftar di badan POM.





Lalu pilih juga obat batuk yang sudah teruji klinis efektivitasnya dan juga direkomendasikan oleh dokter. Nah, kriteria tersebut sudah terpenuhi oleh Bisolvon. 

Bisolvon juga dikenal sebagai obat batuk yang dapat meredakan batuk disertai dengan dahak, dimana obat ini mengandung bahan utama Bromhexine HCI, yaitu obat mukolitik dengan level kandungan kimia yang rendah dan mengencerkan atau menipiskan dahak pada saluran pernapasan.

Varian Lengkap Bisolvon

Karena disediakan untuk keluarga Indonesia jadi variannya harus lengkap, apapun kebutuhannya. Karena pada dasarnya siapapun bisa terkena batuk, tapi Bisolvon  ingin mendukung masyarakat Indonesia untuk senantiasa dengan pengobatannya dan tetap terhubung dengan orang-orang di sekitarnya, berikut beberapa varian yang dimiliki Bisolvon :

1. Bisolvon Extra
Sesuai dengan namanya, ekstra juga isinya bukan hanya mengandung bromhexine (obat yang berfungsi mengencerkan dahak) tetapi juga ada kandungan guaiphenesin (yang befungsi untuk mengencerkan dan mengeluarkan dahaknya).

Bisolvon Extra ini bisa digunakan sejak usia 2 tahun dengan rasa papermint yang lembut, jadi langsung bikin tenggorokan menjadi lega dan  diminum sebanyak 10 ml.

2. Bisolvon Kids
Dengan rasa strawbery yang banyak disukai oleh anak-anak dan tersedia dalam ukuran 60 ml. Bisolvon kids (bromhexine) ini sebagai agen mukolitik, yaitu untuk membantu mengeluarkan dahak pada penderita batuk berdahak 

3. Bisolvon Tablet
Buat kamu generasi millenial yang memiliki mobalitas tinggi tersedia Bisolvon tablet. Banyak yang bilang kalau bawa obat batuk itu ribet, tapi ini tidak berlaku bagi Bisolvon tablet, karena praktis untuk kalahkan batuk berdahak dan bisa masuk kantong. Jadi saat traveling kamu bisa banged bawa Bisolvon tablet ini.

4. Bisolvon Solution
Bagi kamu yang punya suatu kondisi khusus, seperti penyakit diabetes Bisolvon hadir pula dengan kandungan bebas gula yang cocok bagi penderita diabetes. 

Jadi no excuse untuk mengatasi batuk berdahak

Sekarang kamu nggak perlu khawatir lagi, jika diantara keluarga ada yang terkena batuk, bisa stock Bisolvon dirumah. Rangkaian Bisolvon ini bisa memenuhi semua kebutuhan keluarga Indonesia.

Dimana kita bisa mendapatkan Bisolvon?

Saat ini Bisolvon tersedia di apotek-apotek terdekat, tersedia juga di Guardian, di Watson dan di Indomaret sekarang juga sudah ada. Jadi atasi batuk berdahak, kalahkan batuk berdahak kini semakin mudah dan dekat dengan Bisolvon. Bukan hanya variannya saja yang lengkap untuk keluarga Indonesia, tapi juga mudah untuk didapatkan.

Bagaimana aturan pakai obat Bisolvon?

Bisolvon ini dapat dikonsumsi dengan atau tanpa resep dokter, tersedia dalam bentuk tablet dan sirup sehingga bisa dikonsumsi sebelum atau sesudah makan. Beberapa obat ada yang  harus diminum setelah makan, biasanya ini untuk penderita sakit maag yang bikin asam lambung naik. Khawatir jika sebelum makan akan merangsang pengeluaran asam lambung dan menyebabkan maagnya menjadi kambuh.

Untuk Varian Bisolvon yang tersedia di masyarakat tidak ada batasan umur, obat ini aman dan bisa diminum untuk anak 2 usia tahun, orang dewasa bahkan orangtua. Jangan lupa untuk selalu membaca petunjuk yang tertera pada kemasan Bisolvon. Jangan menambahkan atau mengurangi dosis tanpa izin dokter. Selain itu, apabila obat ini tidak memberikan reaksi apapun setelah 14 hari penggunaan maka segeralah konsultasikan ke dokter. 

Apakah Bisolvon aman diminum untuk penderita darah tinggi?

Bagi mereka yang menderita darah tinggi ada beberapa hal yang harus diperhatikan, karena ada beberapa kandungan obat yang tidak diperboleh digunakan untuk pasien darah tinggi karena dapat meningkatkan tekanan darahnya.

Nah, berdasarkan uji kliniks untuk kandungan yang terdapat dalam Bisolvon sampai saat ini belum kontraditasi atau tidak ada warning untuk diminum oleh pasien darah tinggi.

Kapan kira-kira kita harus memberikan obat batuk ?

Sejak awal ketika kita terkena batuk sebenarnya kita sudah bisa memberikan obat batuk.  Idealnya untuk minum obat per 8 jam, diseimbangkan juga dengan makan teratur. Namun, yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah jenis batuk berdahak atau tidak berdahak, karena pengobatannya berbeda.

Lantas kapan kita harus membawa ke Dokter? Pertama, jika sudah demam diatas 38, sebaiknya dibawa periksa ke dokter, khawatir itu infeksi bakteri yang dapat menyebabkan kejang. Kedua, jika dahak sudah berwarna kuning kehijauan, sebaiknya diperiksa ke Dokter karna bisa jadi memerlukan resep-resep antibiotik. Ketiga, jika sudah sesak napas, dada terasa nyeri, sudah tidak napsu makan & minum, sulit tidur lebih baik dibawa periksa ke dokter.

Jadi dengan tanda-tanda bahaya yang ditunjukan tersebut, sebagai upaya  kita tidak telat dalam mencari pengobatan, karena khawatir komplikasi menjadi radang paru-paru. Nantinya pengobatannya malah lebih sulit.

Bagaimana cara menyimpan obat Bisolvon?

Bagi kita yang tinggal di negara tropis, sangat riskan menyimpan obat di udara terbuka dalam waktu yang lama. Disarankan untuk penggunaan sekali saja, meskipun kita menyimpannya di dalam lemari es, ini pun belum tentu terjamin kebersihannya.

Seandainya kita patuh terhadap dosis, dan diminum sesuai aturan maka dalam satu terapi pengobatan obat tersebut sudah habis. Jadi sebaiknya hindarkan menyimpan obat terlalu lama.

Bagaimana Cara Mengatasi Batuk Berdahak di Musim Pancaroba? Berikut ini Tips yang harus kamu perhatikan

Supaya kita yang sedang terpapar penyakit di musim pancaroba sekarang  ini, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan yaitu :


1. Olahraga secara teratur, kita bisa melakukan olahraga bersama dengan keluarga tercinta
2. Menjaga pola makan, perbanyak makan sayur dan buah, kurangi makanan junk food dan makanan manis
3. Minum air putih yang banyak, minimal 2 liter atau 8 gelas air putih per hari
4. Jaga kesehatan tubuh kita terhadap perubahan cuaca, caranya dengan sedia payung, jaket, jas hujan, dan topi untuk melindungi diri kita, supaya daya tahan tubuh kita tidak terlalu lemah.
5. Gunakan masker, untuk melindungi diri sendiri dan juga orang lain. Jika kita sedang sakit akan lebih baik jika kita menggunakan masker supaya orang lain tidak tertular
6. Waspada demam berdarah dengan menjaga kebersihan, jaga kebersihan diri kita, rumah kita dan lingkungan kita.





Jadi dalam masa pancaroba ini jika batuk berdahak menyerang, langsung kalahkan batuk berdahak dengan Bisolvon, dan kembalilah dekat dengan keluarga dan pekerjaan kita. Jangan sampai kita kehilangan moment-moment yang berharga bersama dengan orang-orang tercinta.

kamu punya pengalaman juga dengan batuk berdahak, share pengalamannya dunk di kolom coment!

8 comments:

  1. Paling tidak enak saat batuk dan reak tidak keluar.

    Sakit dan gatal tenggorokan menghampiri. Wuih sebel deh.tidak bisa tidur.

    Bisolvon ada pengencer dahak membantu kita dalam mengobati batuk berdahak yang biasa melanda pada musim pancaroba

    ReplyDelete
  2. Ada pilihan sirup dan tablet dari bisolvon yah. Bener banget emang di musim sekarang ini harus pinter jaga kesehatan, agar tidak terserang penyakit.

    ReplyDelete
  3. Akh ini mah yang ada dalam kotak p3k aku kak. Aman nyaman ini solusi obat batuk. Nggak enak kalau ada yang batuk ya . Kasian liatnya. Capek.

    ReplyDelete
  4. Teman sekolah banni banyak yang absen sekolah karna sakit, dan banyak yang batuk berdahak.. Banni juga mulai tertular makasih tipsnya mba langsungvak kasih bilsolvon deh

    ReplyDelete
  5. Wah.. Pas banget ini, Mba. Saya dan anak sedang sama-sama batuk. Memang lagi musim, ya. Awalnya adik eh terus menjalar ke anak baru deh saya ikutan juga

    ReplyDelete
  6. Duh iya nih saya dan anak pun kena nih daya tahan tubuh memang kudu dijaga ya..

    ReplyDelete
  7. Musim pancaroba memang identik dengan batuk. betul juga, untuk pengobatannya sering menunda-nunda. Padahal, bisa menjauhkan yang dekat. Makasih ya, tipsnya mengatasi batuk berdahak di musim pncaroba.

    ReplyDelete
  8. Musim ga jelas gini emang harus sedia obat batuk yah mbak, saya juga dirumah ready selalu bisolvon ini, alhamdulillah cocok

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, semoga bermanfaat.
Tunggu kunjungan balik saya di Blog kalian.

Salam hangat