Sunday, January 20, 2019

Sun Life Resolution Run 2019, Langkah Awal untuk Mewujudkan Resolusi Hidup Menjadi Lebih Sehat

Ketika mendengar almarhum bapak terkena penyakit diabetes, saya pikir ini bukanlah penyakit yang berbahaya dan tidak menular. Namun, saat itu bapak harus benar-benar menjaga pola makan yang sehat. Mulai dari mengurangi konsumsi karbohidrat dan mengurangi konsumsi minuman manis, intinya bapak diharuskan untuk mulai mengatur porsi makan dan lebih rajin untuk berolahraga.




Sadar Bahwa saya memiliki keturunan diabetes, jadi memiliki risiko besar untuk terkena juga. Oleh karna itu saya berusaha untuk menjalani pola hidup sehat, karena pada dasarnya diabetes bisa dicegah sejak awal oleh penderita. Sejalan dengan hal ini ternyata Sun Life Indonesia memiliki keperdulian yang tinggi terhadap penyakit diabetes di Indonesia.


Karena berdasarkan data RISKESDAS 2018, angka prevelensi obesitas di Indonesia untuk usia generasi produktif mengalami peningkatan dari 14,8% menjadi 21,8% pada tahun 2018. Kelebihan berat badan atau obesitas ini bukan hanya mempengaruhi kesehatan saja, tetapi juga mempengaruhi membebani biaya hidup negara secara keseluruhan. 

Melalui kementerian kesehatan pemerintah selalu menggalakan untuk mengajak masyarakat Indonesia agar menjalankan pola hidup sehat. Pemerintah mangajak masyarakat untuk hidup sehat dengan 3 cara, yaitu : mengecek kesehatan secara rutin, olahraga teratur, serta memperbanyak makan sayur dan buah. 

Nah, dalam hal ini Sun Life Indonesia sejalan dengan misi pemerintah yang aktif ikut melakukan kampenya Live Healthier Lives, bukan hanya di Indonesia saja tapi di seluruh Asia.


Bersama Mba Mira dan Mba Utiie hadir di Presscon Sun Life Resolution Run 2019


All Narasumber di Acara Presscon Sun Life Resolution Run 2019

Sebagai bentuk aksi nyata, pada awal tahun ini 2019 Sun Life menghadirkan Sun Life Resolution Run 2019. Faktanya masyarakat Indonesia banyak yang menginginkan untuk hidup lebih sehat, dan tentunya ini menjadi harapan bagi banyak orang. So, pada tanggal 17 januari 2019 kemaren, bersama dengan teman-teman blogger lainnya di FX Sudirman Jakarta, saya menghadiri prescone Sun Life Resolution Run 2019.

Sun Life Resolution Run 2019, Langkah Awal untuk Mewujudkan Resolusi Hidup Menjadi Lebih Sehat

Sun Life Resolution Run 2019 ini adalah ajang kompetisi lari, sekaligus penggalangan donasi untuk diabetes. Soalnya setiap peserta yang mendaftar, seluruh biaya peserta akan disumbangkan langsung oleh pihak Sun Life Indonesia yang bekerjasama dengan Rumah Sakit RSCM untuk membantu edukasi mengenai diabetes di Indonesia.

Sun Life Resolution Run 2019 sendiri, merupakan agenda tahunan yang diadakan oleh Sun Life di 5 negara Asia, yaitu Filipina, Hong Kong, Malaysia, Indonesia dan juga Vietnam. Kegiatan ini pertama kali dilakukan di Indonesia, dimana sebelumnya Sun Life Indonesia selalu melakukan kegiatan Fun Walk. Sun Life Resolution Run 2019 di gelar dan akan hadir 3 kategori lomba; 5K, 10K dan Family Run 1.5K.


T-shirt untuk Peserta Sun Life Resolution Run 2019
Salah Satu Medali untuk Peserta Sun Life Resolution Run 2019 untuk Kategori 10K


Harapannya dengan diadakan Sun Life Run Resolution 2019 ini, mampu mengajak masyarakat Indonesia untuk menerapkan gaya hidup sehat dengan berolahraga dan bergerak aktif.

Jadi ini juga sebagai langkah awal untuk mewujudkan resolusi hidup masyarakat menjadi lebih sehat. Karena berdasarkan riset, ada 3 resolusi yang paling populer di tahun 2019 ini, yaitu :
1. Melakukan Diet sebanyak 71%
2. Rutin Berolahraga 65%
3. Menurunkan Berat Badan sebanyak 54%

Hayoo.. apakah ketiga data tersebut menjadi resolusi kamu juga?

Hal ini, menjadi fakta bahwa masyarakat Indonesia sudah mulai sadar untuk menjalani pola hidup sehat dan dimasukan dalam catatan resolusi mereka. Tapi yang menjadi pertanyaannya adalah, apakah resolusi tersebut dijalankan atau tidak? 

Sadar akan hal tersebut, pihak Sun Life Indonesia ingin mengajak masyarakat untuk mengikuti kompetisi Sun Life Run 2019 yang diselenggarakan pada hari minggu tanggal 20 Januari 2019 di ICE BSD, Tangerang Selatan. Kegiatan ini bukan mencari pemenang Run, melainkan kompetisi ini adalah kompetisi terhadap diri sendiri.





Sebanyak 1.500 Tiket Telah Terjual

Bagaimana Sun Life Indonesia ingin mengajak dan mewujudkan resolusi mereka untuk hidup lebih sehat, supaya resolusi mereka bukan hanya sekedar ditulis saja, tapi juga diwujudkan dalam bentuk aksi yang nyata. So, nggak heran sebanyak 1.500 tiket Sun Life Resolution Run 2019 telah terjual, ini menandakan banyak masyarakat yang atusias dan melakukan aksi nyata mereka untuk hidup lebih sehat di awal tahun 2019.

Selain itu keistimewaan dari Sun Life Resolution Run 2019 ini dibandingkan dengan kegiatan lari lainnya, selain peserta lari menjadi hidup sehat juga ikut berkontribusi aktif untuk berdonasi membantu menanggulangi penyakit diabetes dan juga meningkatkan kualitas hidup dari pasien diabetes. Ini juga menjadi tanggup jawab sosial bagi pihak Sun Life Indonesia, salah satunya yang berfokus pada diabetes.

Kapan lagi khan kamu ikut kompetisi lari, sekaligus ikut berdonasi juga!

Bagaimana Olahraga Lari dapat Mencegah Seseorang Terkena Obesitas

Ternyata diabetes juga erat kaitannya dengan obesitas, jadi memang hal ini tidak bisa kita abaikan. Ada kutipan yang mengatakan bahwa obesity is killing the world, tapi jangan khawatir, obesity is preventable.
Obesity is Killing the World, Obesity is Preventable


Menurut Dr. Grace Joselini, selaku Dokter Timnas Sepakbola Wanita Indonesia Asian games 2018, yang hadir menjadi salah satu narasumber pada siang hari itu mengatakan bahwa olahraga lari dapat mencegah seseorang terkena obesitas, karena lari ini masuk ke dalam intensitas yang lumayan tinggi, dilakukan kurang lebih selama 1 jam 15 menit - 2,5 jam/minggu

Jadi untuk peserta Sun Life Resolution Run 2019 nanti ada beberapa faktor yang harus diketehaui, diantaranya :
  • Ketahui terlebih dahulu kemampuan tubuh, harus dapat mengukur intensitas yang sesuai dan bertahap. Karena olahraga itu sama kaya kita minum obat, harus sesuai dengan dosis. Kalau misalnya kurang juga tidak terlalu bermanfaat, begitu juga kalau kelebihan akan menjadi bahaya bagi kesehatan.
  • Melakukan Pemanasan, pendinginan 
  • Banyak minum air putih untuk mencegah terjadinya dehidrasi
  • Menggunakan sepatu khusus lari, paling tidak digunakan 1 bulan sebelum kompetisi, usahakan ukuran sepatu lari harus satu nomer  lebih besar dari ukuran kaki, karena  saat berlari agak lebih lama kaki biasanya akan lebih membesar.
  • Pakai pakaian olahraga yang sesuai
  • Menggunakan Sun Block, agar terhindar dari paparan matahari
Persiapan ini terkadang dianggap sepele, padahal jika kita tidak perhatikan baik-baik maka akan berbahaya.

Nah, semua persiapan yang kita lakukan tersebut, menurut Dr. Grace hal ini untuk mencegah terjadinya risiko-risiko yang terjadi pada saat kita melakukan kompetisi lari.

Tips Kelly Tandiono untuk Persiapan Sun Life Resolution Run 2019

Pada ajang Sun Life Resolution Run 2019 ini selain diikuti oleh masyarakat umum, juga diikuti oleh dua public figure yang ikut dalam mengkampanyekan pentingnya hidup sehat dengan rutin melakukan aktivitas lari, yaitu : Ibnu Jamil dan Kelly Tandiono.




Siang hari itu Ibnu Jamil bukan hanya didaulat sebagai MC saja di acara prescone Sun Life Resolution Run 2019, tapi dia bersama dengan Kelly Tandiono akan ikut aktif untuk menggaungkan semangat Live Healthier Lives untuk bersama-sama mewujudkan resolusi hidup masyarakat menjadi lebih sehat.

Kelly Tandiono menggemari olahraga lari sudah sejak kecil, karena betapa pentingnya olahraga ini untuk kesehatan, sekaligus juga sebagai investasi di hari tua. Investasi itu bukan hanya uang atau materi saja tapi kesehatan juga merupakan investasi.

Apalagi dengan aktivitas Kelly yang padat beliau merasa dengan berolahraga staminanya juga lebih bagus dan juga nggak gampang sakit. 

Melalui olahraga lari ini banyak manfaat yang didapatkan oleh Kelly, seperti melatih dirinya yang disibukkan dengan berbagai aktivitasnya menjadikan dirinya tidak mudah sakit.

Pada kesempatan siang hari itu Kelly juga membagikan Tipsnya untuk persiapan Sun Life Resolution Run 2019, yaitu :
1. Banyak Minum Air Putih, karena dehidrasi itu sangat tinggi sekali
2. Tidur yang cukup
3. Harus mengetahui tubuh kita sendiri, upayakan satu bulan sudah latihan
4. Perhatikan asupan gizi
5. vitamin, ini sangat penting terutama omega 3 dan multivitamin

Semua narasumber-narasumber yang hadir sangat luar biasa, yang pastinya memberikan informasi yang sangat informatif kepada kita semua. Harapan dari pihak Sun Life Indonesia dengan diselenggarakannya Sun Life Resolution Run 2019 ini, untuk menghimbau masyarakat Indonesia, terutama generasi muda, jangan hanya berhenti di resolusi, bahwa resolusi itu bukan komitmen tapi jadi aksi nyata, harus mulai bergerak.




 Khusus untuk Event ini Peserta Sun Life Resolution Run 2019 Mendapatkan Asuransi Proteksi Mikro Siaga

Jadi Sun Life Resolution Run 2019, menjadi Langkah Awal untuk Mewujudkan Resolusi hidup Masyarakat Indonesia Menjadi Lebih Sehat, sekaligus berkontribusi kepada negara kalau  generasi mudanya sehat maka negara akan lebih baik.

Setuju nggak?




16 comments:

  1. Acara keren nih ngajak hidup sehat sekalian bs berdonasi pula..

    ReplyDelete
  2. Semoga Sun Life Indonesia terus menyuarakan arti pentingnya masyarakat Indonesia menjaga kesehatan. Ini penting sekali di pahami oleh masyarakat sebab rakyat sehat, negara akan kuat.

    ReplyDelete
  3. bagus juga ya mba program sunlife ini. memang yang terpenting itu mengubah gaya hidup masyarakat karena kalau sudah hidup sehat pasti kepedulian akan perlindungan diri jadi meningkat ya...

    ReplyDelete
  4. Acaranya inspiratif banget ya.. melakukan aksi nyata.. sangat memotivasi banyak orang yang resolusi hidup sehatnya belum dimulai hingga hari ini.. semoga ajakan gerakan hidup sehat dari sun life indonesia ini tersebar luar ya.. agar resolusi hidup sehat segera dimulai dengan langkah nyata. yuk ah gerak dan olahraga

    ReplyDelete
  5. Kalau ngomongin gaya hidup sehat bagiku memang susah-susah gampang sih mbak, lha bagaimana ya, kadang harus ada perencanaannya begitu. Kayak program diet sehat misalnya. Ada-ada saja halangan yang menghantui kayak ketemu makanan favorit :D

    ReplyDelete
  6. Keren bamgat sih acara Sun Life Resolution Run 2019 ya Mba, semoga rutin diadakan tiap tahun.

    Setuju bangat, ajang ini bukan hanya mengajak masyarakat untuk meraih hidup sehat dengan berolahraga tapi juga membantu pemerintah untuk menekan jumlah masyarakat yang sakit akibat kurang bergerak aktif.

    ReplyDelete
  7. Waah keren banget nih sunlife membuat acara olahraga yang memginspirasi masyarakat untuk bergaya hidup lebih sehat

    ReplyDelete
  8. Hidup sehat hidup banyak bergerak. Jangan malas mentang2 semua sudah serba modern ya...

    ReplyDelete
  9. Keren banget tiketnya bisa sold out 1500 tiket. Tanda bahwa peminat lomba larinya tinggi ya mbak? Kemungkinan besar kyknya tahun depan kalau ada lagi, pasti ntr kuota pesertanya ditambah tuh.

    ReplyDelete
  10. Tantangan banget buat aku yang udah lama ngga lelarian..... stamina mesti dijaga banget kalau mau ikutan tapi untuk gebnerasi milenial sekarang, sepertinya lari udah jadi hal biasa deh ya

    ReplyDelete
  11. Diabetes adalah ibu segala penyakit Ev. Dahsyatnya penyakit ini bikin pilu. Kakak sepupu ada yg diabet lalu komplikasi krn tdnya meremehkan diabet. Akhirnya makin parah dan komplikasi.

    ReplyDelete
  12. Setuju dong sebab generasi muda adalah tonggak terwujudnya resolusi bangsa. Apa yg dilakukan sunlife dalam menyuarakan gaya hidup sehat melalui ajang run resolution tentu menjadi langkah yg baik

    ReplyDelete
  13. REsolusiku aktif berolahraga. Saya jalaninnya sih usahakan melakukan jalan langkah kaki 8000 langkah tapi masih mentok di angka 6000 langkah terus. ini target tahun lalu. Sama olahraga mingguannya baisanya CFDan atau berenang saya mba evi. yuk ah semangat hidup sehat. agar punya tubuh yang bugar dan prima.

    ReplyDelete
  14. Asik ya bisa berolahraga sekaligus berdonasi dalam acara sun life ini jadi pengen ikutan Seandainya dekat dengan tempat tinggal saya

    ReplyDelete
  15. medalinya keren banget..pengen ih ikutan acara ini. Saya lagi ngumpulin medali2 running soalnya

    ReplyDelete
  16. setuju banget sama kalimat yang terakhir mbak Evi yang cantik.

    Pokonya kalau generasi mudanya sehat, maka negara akan lebih baik..

    Hidup generasi muda!

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, semoga bermanfaat.
Tunggu kunjungan balik saya di Blog kalian.

Salam hangat