Friday, November 30, 2018

Rangkaian Lomba Medsos #MenujuIndonesiaMaju Bersama Sekretariat Kabinet Berhadiah Ratusan Juta

Berbicara mengenai media sosial saat ini sudah semakin marak, hampir sebagian besar masyarakat akrab dengan dunia maya. Rasanya ada yang kurang kalau sehari aja nggak mampir ke media sosial. Meskipun itu cuma sekedar bikin status, atau kepo apa yang sedang terjadi di luar sana. 

Melihat antusias masyarakat dengan dunia medsos, Sekretariat Kabinet (SetKab) tak mau ketinggalan momentum ini, untuk mengadakan Lomba Media Sosial dan Blog Menuju Indonesia Maju. Melalui netizen ini daharapkan dapat menyebarkan informasi yang baik mengenai program pemerintah.


Lomba Setkab ini diluncurkan pada tanggal 26 Maret 2018 yang lalu di Aula Serbaguna Kementrian Sekretariat Negara Gedung III lantai 1, Jakarta Pusat. Untuk lomba ini SetKab menggandeng Bank Mandiri yang merupakan Bank BUMN untuk mendukung secara penuh lomba medsos ini. 

Alasan Bank Mnadiri mendukung kegiatan lomba media sosial ini agar masyarakat lebih mengenal kabinet kerja, program serta pencapaianya. Tentu saja suatu kegiatan yang baik harus di dukung toch.

Tujuan Lomba Sosial #MenujuIndonesiaMaju

Menurut Sekretaris Kabinet, Bapak Pramono Anung, tujuan diadakan lomba media sosial ini yaitu :

1. Harapannya para generasi/netizen millenial dapat mengajak masyarakat untuk lebih dekat dengan kabinet kerja beserta program-programnya.
2. Menyebarkan informasi yang bertanggung jawab mengenai program-program kabinet kerja
3. Masyarakat lebih aware, terutama generasi muda terhadap kondisi negara.

Lomba media sosial ini diadakan mulai bulan April 2018-November 2018, untuk media yang digunakan yaitu IG, Facebook, Twiiter, Youtube dan Blog. Lomba media sosial ini terbuka bagi siapapun seluruh warga Indonesia dan tidak dibatasi dengan umur.

Begitu banyak pencapaian dari kabinet kerja selama pemerintahan Pak Jokowi dan Jusuf Kalla, namun apakah masyarakat Indonesia sudah mengetahuinya? Jujur, saya sendiri tidak selalu mengikuti perkembangannya.

Jadi, melalu lomba media sosial inilah diharapkan masyarakat luas lebih aware terhadap pembangunan Indonesia. Apa saja pembangunan tersebut?

Tahun pertama Jokowi-JK dengan kabinet kerja yang mereka pimpin meletakkan pondasi pembangunan nasional yang kokoh melalui transformasi fundamental perekonomian dan meletakkan kembali paradigma Indonesia-Sentris

Pada tahun kedua, pemerintah mendorong percepatan pembangunan nasional, baik pembangunan infrastruktur fisik, peningkatan daya saing dalam mengejar ketertinggalan dengan negara lain, maupun melakukan percepatan deregulasi ekonomi melalui berbagai Paket Kebijakan

Sedangkan pada tahun ketiga, pemerintah memfokuskan pada pemerataan bagi seluruh rakyat Indonesia. Memasuki tahun keempat fokus pada penguatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat dengan pondasi yang sudah dibangun sejak awal pemerintahan.

Ternyata antusias terhadap lomba media sosial yang diadakan oleh SetKab ini mendapatkan respon yang baik dari masyarakat, hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya masyarakat yang mengikuti lomba ini.

Mekanisme Lomba Sosial #MenujuIndonesiaMaju

1. Blog (Menulis Artikel)

Untuk kategori ini peserta menulis di blog mereka yang bertema tentang #Menuju IndonesiaMaju sebanyak 500-1500 kata. Nantinya tulisan tersebut di share di akun media twitter  sosial masing-masing dengan menyertakan tagar #MenujuIndonesiaMaju dan tak lupa untuk mention ke @setkabgoid

2. Vlog/Video pendek di Youtube

Pada kategori ini Vlog atau video yang yang dibuat berdurasi maksimal 5 menit yang di unggah ke youtube. Kategori ini bisa dibuat secara perorangan atau group maksimal terdiri dari 5 orang. Untuk tema yang diangkat dalam lomba vlog ini yaitu mengenai pembangunan infrastruktur di Indonesia dan manfaatnya bagi masyarakat luas.

Oiya, untuk lomba Vlog ini kmau masih bisa ikutan lho, soalnya kategori ini terbagi menjadi 2 periode, yaitu :

Periode 1, mulai bulan Mei-Juni 2018 dan periode ke 2, mulai bulan Oktober-Desember 2018.  Masih ada waktu 1 bulan lagi buat kamu-kamu para vloger yang mau ikut lomba ini.

3. Instagram

Lomba di Instagram terakhir bulan November ini, tema yang diambil adalah membuat Meme pahlawan masa kini versi kamu. Sedangkan untuk tema sebelumnya yaitu membuat konten/video yang berdurasi 1 menit bertemakan #MenujuIndonesiaMaju, dan juga ada kuis menemukan kata dalam kotak.

4. Facebook

Untuk kategori ini saya ikut lho! Periode terakhir bulan November peserta diminta untuk mengisi teka-teki silang. Sedangkan untuk bulan sebelumnya, kita diminta untuk mengisi kata yang hilang dalam pidato Presiden atau Setkab.

5. Twitter

Peserta lomba diminta untuk untuk periode bulan November kemaren peserta diminta menuliskan komentar sosok pahlawan masa kini versimu yang telah berkontribusi bagi bangsa dan negara demi #MenujuIndonesiaMaju. Selain itu ada juga teka-teki silang yang dilaksanakan melalui media twitter, sedangkan 

Kamu ikut lomba yang mana guys? Aku ikut di media facebook dan twitter tapi sayang belum beruntung. Heheeh
At least, saya turut menjadi bagian dari netizen dan generasi millenial yang perduli terhadap kemajuan Bangsa Indonesia tercinta.

Rangkaian Lomba Medsos #MenujuIndonesiaMaju Bersama Sekretariat Kabinet Berhadiah Ratusan Juta Rupiah

Selain tema yang menarik, hadiah berupa tabungan yang bernilai jutaan rupiah menjadi penyemangat bagi para peserta. Kalian tau berapa total keseluruhan dari hadiah lomba medsos ini? Ngak main-main totalnya mencapai 107 rupiah. Nah, berikut ini rincian hadiah dari masing-masing akun media :
  • Hadiah untuk lomba Blog senilai 6 juta rupiah
  • Hadiah untuk Vlog di Youtube senilai 29 juta rupiah
  • Hadiah untuk lomba di Instagram setiap bulannya senilai 3 juta perbulan x 8 bulan, totalnya senilai 24 juta rupiah
  • Hadiah untuk lomba Facebook setiap bulannya senilai 3 juta perbulan x 8 bulan, totalnya senilai 24 juta rupiah
  • Hadiah untuk lomba Twitter setiap bulannya senilai 3 juta perbulan x 8 bulan, totalnya senilai 24 juta rupiah
Lumayan banged khan hadiahnya, sayang bagi kamu yang nggak ikutan lomba ini. Lalu siapa saja mereka yang beruntung? 

Ini niy mereka yang beruntung, apakah ada namu Kamu..??






















1 comment:

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, semoga bermanfaat.
Tunggu kunjungan balik saya di Blog kalian.

Salam hangat