Friday, November 23, 2018

Kemnaker Dukung Film Animasi Karya Anak Bangsa "Nano Millenial Force" dengan Meluncurkan Creative Room

Tak bisa dipungkiri industri kreatif Indonesia saat ini memang terus berkembang, terutama di bidang film animasi. Buktinya sudah ada beberapa film animasi karya anak bangsa yang telah beredar di layar kaca dan layar lebar. Tentu saja hal ini sudah sepantasnya mendapatkan apresiasi dari pemerintah. 

Beberapa hari yang lalu Departemen Ketenaga kerjaan (Kemnaker) memberikan dukungan film animasi karya anak bangsa "Nano Millenial Force" dengan meluncurkan creative room. Kehadiran film animasi karya anak bangsa menjadi pembuktian kemampuan dan kualitas sineas atau animator tanah air dalam menghadirkan sebuah tontonan film animasi yang layak untuk dinikmati, baik dari segi cerita, pesan moral, hingga penggambaran karakter tokoh anak yang kekinian.


Me bersama Blogger MB Communication di acara peresmian Creative Room
dan peluncuran Film Animasi Karya Anak Bangsa "Nano Millenial Force"

Bagi kita yang lahir di tahun 80-an pasti tau serial anak Si Unyil yang saat itu ditayangkan di TVRI. Setelah serial Si Unyil tak tayang lagi, belasan tahun kemudian tak ada lagi film animasi karya anak bangsa yang ditayangkan. Stasiun TV lebih suka menayangkan kartun-kartun yang berasal dari negara luar, seperti Jepang, yang mulai masif tayang pada awal tahun 90-an.

Bahkan terakhir belakangan ini, animasi anak asal Malaysia yaitu Upin dan Upin menjadi sebuah tontonan yang sangat di gemari di tanah air. Bukan hanya anak-anak saja yang menyukai film animasi ini, bahkan orang dewasa seperti saya juga menyukai film animasi yang satu ini. Karena selain tokoh Upin dan Ipin yang bikin gemes, ceritanya juga lucu. Makanya nggak heran dech, kalau sampai sekarang film animasi ini masih banyak dinikmati.

Namun, seiring berjalannya waktu perkembangan animasi di Indonesia, serial anak sudah mulai bermunculan kembali di layar kaca. Jika selama ini yang terlintas dipikiran kita, apabila mendengar animasi adalah  buatan Negara Amerika atau Jepang, memang tak salah, karena boleh dikatakan dua negara ini masih mendominasi. Lewat rumah produksi Disney dan Pixar, Hollywood secara rutin mengeluarkan deretan film animasi mereka. Begitu juga dengan anime-anime Jepang yang tidak perlu kita ragukan lagi.

Tapi saat ini film animasi tidak melulu didominasi oleh kedua negara tersebut lho! Film animasi karya anak bangsa sudah banyak dan kualitasnya pun tidak kalah dengan film luar. 

Hal ini dibuktikan dengan keseriusan Kemnaker yang memberikan dukungan untuk film animasi "Nano Millenial Force" yang melibatkan para anak muda berbakat yang berda di Creative Room.

Kemnaker Dukung Film Animasi Karya Anak Bangsa "Nano Millenial Force" dengan Meluncurkan Creative Room

Untuk memenuhi kebutuhan film animasi hasil anak bangsa, Kemnaker sangat mendukungnya. Oleh karena itu diresmikan Creative Room untuk meningkatkan kemampuan dan keahlian para animator maupun calon animator.

Tepatnya pada tanggal 16 November 2018 lalu Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri meresmikan Creative Room sekaligus meluncurkan film Animasi Karya Anak Bangsa 'Nano Millenial Force" di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bekasi (BBPLK) Bekasi.


Menteri Ketenagakerjaan Bapak M. Hanif Dhakiri di Peluncuran
Film Animasi Karya Anak Bangsa "Nano Millenial Force"

Menurut Bapak Menteri Creative Room ini merupakan salah satu bentuk fasilitas  pemerintah untuk pengembngan digital skills bagi anak-anak muda yang bertalenta di bidang animasi dan games.

Assik.. God news buat kalian yang memiliki hobi tentang animasi bisa meramaikan konten-konten perfilman Animasi di Indonesia. Jadi selain dapat menyalurkan keahlian dan bakat para animator, kehadiran Creative Room ini juga menjadi pembuka jalan untuk meningkatkan keahlian para animator dan memberikan peluang agar dapat bekerja di studio-studio maupun perusahaan-perusahaan yang terlibat dalam bidang animasi.

Creative Room sendiri luasnya 25.30m x 12m, harapannya dengan adanya tempat pelatihan ini dapat mengupgrade kejurusan teknologi informasi, khususnya di kota Bekasi yang berfokus pada animasi dan games.


Salah satu ruang fasilitas yang ada di Creative Room

Tujuan lainnya dengan peluncuran Creative Room ini, karena beberapa alasan berikut :
  • Penyerapan tenaga kerja untuk industri animasi
  • Meningkatkan kompetensi atau kemampuan animator-animator Indonesia
  • Membangun industri animasi Indonesia
  • Melatih satuan kerja untuk memiliki skill dan mengikuti perkembangan teknologi di masa kini 
  • Sasaran anak-anak muda kreatif berbakat dan memiliki minat bidang animasi dan siap diserap di industri
Oiya, di Creative Room ternyata banyak fasilitas yang tersedia lho, diantaranya :
➮ Ruang Teater, untuk ditampilkannya pertunjukan film hasil karya siswa animasi
➮ Ruang Motion Capture, ruangan untuk proses merekam digital dari gerak-gerik actor yang sudah diberi sensor pada tiap titik acuan yang diinformasikan ke sebuah system computer khusus menjadi suatu animasi karakter
➮ Ruang Dubbing& Editing, ruang untuk proses mengisi suara pada suatu tayangan video dalam sebuah film
➮ Ruang Produksi, ruang untuk membuat produksi film animasi
➮ Ruang Bermain, dan
➮ Pantry

Jadi tempat ini dibangun senyaman mungkin dengan fasilitas yang lengkap agar para siswa yang belajar dapat mengembangkan kreatifitas mereka dengan baik.

Pertama kali mendengar kalau film Animasi "Nano Millenial Force ini merupakan hasil Karya Anak Bangsa, saya exicted untuk melihatnya. Kamu juga nggak?

Sinopsis Film Animasi Nano Millenial Force

Jadiii.. Film ini menceritakan tentang tiga peserta magang asal Indonesia, masing-masing bernama Nano, Yoko, dan Aris. Mereka tersesat ketika sedang berjalan-jalan di tempat wisata Kuil Kiyomizu dera di Kyoto.

Bangunan yang masuk dalam Warisan Dunia Unesco ini merupakan bangunan kayu tertua, yang menyimpan banyak misteri, sehingga wajar ketiga magang tersebut tersesat. Bagaimana petualangan mereka selanjutnya? 

Mending kalian saksikan ajah ya Film Animasi Nano Millenial Force ini!

Happy Watching everyone!





No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, semoga bermanfaat.
Tunggu kunjungan balik saya di Blog kalian.

Salam hangat