Friday, August 24, 2018

Smesco Indonesia Salah Satu Destinasi Wisata Asian Games 2018

Siapa yang belum bisa move on dari Opening Ceremony Asian Games 2018 beberapa waktu lalu? Yess, berarti sama dengan saya yang masih kagum dengan acara tersebut yang bisa dibilang World Class. Dibalik kemegahan acara tersebut terdapat orang-orang hebat yang berada di belakangnya.


Upss, tapi saya nggak akan membahas hal ini. Karena kita tahu pada ajang Asian Games ke 18 ini tentunya banyak para kontingen Atlet dan turis yang datang Oleh karena itu moment Asean Games ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk memperkenalkan dan menjual produk-produk buatan Indonesia. Dimana Smesco Indonesia dipilih menjadi salah destinasi wisata Asian Games 2018.

Seperti apa dukungan Smesco untuk Asian Games 2018 ini..? 

Dukungan Kreatif Smesco Untuk Asian Games 2018

Sebagai warga negara Indonesia sudah sepatutnya dunk kita berbangga hati karena menjadi tuan rumah untuk event terbesar de Asia. Asian Games ini telah berlangsung sejak tanggal 18 Agustus 2018 yang lalu, sehari setelah Hari Kemerdekaan Indonesia.

Kota Jakarta dan Palembang terpilih sebagai penyelenggara event olahraga ini. Sedangkan Smesco sendiri sebagai wadah kreativitas yang berada di naungan Kementrian Koperasi dan UKM tak mau ketinggalan untuk mendukung acara yang membanggakan ini.



Saya dan  beberapa teman blogger serta para awak media yang hadir mendengarkan langsung bentuk dukungan yang disampaikan oleh,
1. Ibu Emilia Suhaimi, Direktur Utama LLP - KUKM
2. Bapak Mochtar Sarman, Vice Director Revenue
3. Bapak Juan Firmansyah, UKM DuAnyam
Pada tanggal 15 Agustus 2018 yang lalu bertempat di
Creative Stage Lt.3 Smesco Indonesia.

Ajang Asian Games ini merupakan kesempatan bagi UKM untuk belajar. Bapak Mochtar juga mengatakan banyak peluang yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku UKM di ajang Asia  Games 2018 ini, salah satunya yaitu dengan menjual produk daerah.

Ini merupakan kesempatan emas, so Smesco tidak boleh ketinggalan moment yang berharga ini. Perlu diketahui juga niy guys! Penjualan souvenir Asian Games 2018 ini telah memiliki lisensi, meskipun produk yang dijual tidak boleh menggunakan logo Asian Games, karena sudah ada sponsor resmi tersendiri. Bukan berarti ini menjadi hambatan untuk Smesco dalam menjual produk-produk khas daerah Indonesia.

Biasanya jika kita berkunjung ke suatu daerah, pasti kita ingin membeli produk asli dari daerah tersebut,  begitu pula inilah yang diharapkan oleh pihak Smesco.

Mengapa Smesco Terpilih menjadi Destinasi Wisata Asian Games?

Gedung Smesco Indonesia (Rumah Produk Unggulan UKM Indonesia) terpilih dan menjadi salah satu destinasi Wisata Asian Games 2018, karena Smesco merupakan tempat paling khas dan unik yang menyajikan pesona unggulan produk terbaik dan terbaru dari seluruh provinsi di Indonesia.

Pada kesempatan itu, Ibu Emilia menambahkan terpilihnya Smesco sebagai tempat wisata belanja juga sudah tertuang dalam MOU pada tanggal 9 Juli 2018, antara pihak Smesco dengan PT. Character Land selaku perusahaan yang ditunjuk oleh INASGOC sebagai marketing Agency Official Merchandise Asian Games 2018.

Berikut ini beberapa alasan, terpilihnya Smesco Indonesia sebagai destinasi wisata belanja :


Dalam ajang pesta olahraga yang bergengsi ini, produk khusus yang dijual berasal dari 34 provinsi yang mengirimkan 5 jenis produk terbaim mereka masing-masing sebanyak 100 buah jenis kerajinan, dengan harga yang bersaing pula pastinya.

Ajang Asian Games 2018 ini ada 45 negara berpartisipasi, sehingga ini menjadi showcase untuk UKM Indonesia. Diharapkan para UKM yang menjadi pemegang lisensi di Asian Games 2018 dapat terus belajar agar naik kelas dari standar lokal menjadi standar internasional.

DuAnyam Bangga Produknya menjadi Brand Exposure di Ajang Asian Games 2018.

Kalian pernah mendengar produk duAnyam? Belum, begitu juga dengan saya, hadir di acara ini dimana saya mengenal duAnyanm terpilih menjadi salah satu pembuat souvenir Asian Games 2018.

DuAnyam ini berasal dari Kabupaten Flores NTT, yang artinya Ibu Menganyam. Bahan anyaman mereka berasal dari daun lontar dimana yang terlibat untuk mengerjakan kerajinan ini adalah para ibu rumah tangga.

Awalnya DuAnyam merasa miris melihat kondisi kesehatan para Ibu yang sulit untuk mendapatkan akses kesehatan ke puskemas. Selain itu 1 dari 3 anak kekurangan gizi kronis dan 260 bayi meninggal sebelum usia bayi 1 bulan.

Hampir 45% ibu mengalami kurang gizi, namun disisi lain ada daun lontar yang bisa memberi akses pasar untuk para kaum ibu. Akhirnya DuAnyam menghubungkan kearifan lokal dan sumber daya lokal dengan memperdayakan perempuan melalui kemanan ekonomi.


DuAnyam memberikan arahan dan menyediakan pasar dari kerajinan produk-produk yang telah mereka buat, salah satu pasarnya adalah di ajang Asian Games 2018 ini.
Pada kesempatan ini, ada 20 produk dari DuAnyam, diantaranya : topi, kipas, bookmark, agenda cover, lugage tag, ecobag dan masih banyak lagi, yang diharapkan seluruh produk tersebut dapat diterima market.

Ajang Asian Games ini dimanfaatkan betul oleh DuAnyam untuk memperkenalkan produk mereka di mata Internasional, selain itu juga menjadi pemacu untuk para Ibu di Flores untuk terus berusaha untuk perekonomian keluarga mereka yang lebih baik.

Tahun ini DuAnyam juga melakukan ekspansi ke Papua dan Kalimantan, dengan tetap mengedapankan pemberdayaan perempuan, promosi kebudayaan dan peningkatan kesehatan. Pihak DuAnyam tetap mengkombinasikan antara profit oriented dan misi sosial.

Semoga apa yang dilakukan DuAnyam ini menjadi contoh yang baik untuk menginspirasi UKM lain dan tetap menciptakan persaingan yang sehat.

So, guys jangan lupa untuk mengunjungi Smesco Indonesia ya! Karena produk yang ditawarkan oleh mereka relatif terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat, hal tersebut karena produk yang dipasarkan langsung dari tangan pengrajin pertama.

Hanya denga  mengunjungi Smesco Indonesia kita bisa mendapatkan merchandise Asian Games dengan kualitas yang terbaik. Selain itu dengan membeli produk dalam negeri, berarti kita juga ikut andil dalam membangun perekonomian negara.

Harapan kita semua adalah sukses Asian Games, sukses Atlet dan sukses UKM Indonesia. Aamin

Siapa Kita? Indonesia.. Indonesia





1 comment:

  1. Beli oleh oleh tidak perlu jauh jauh apalagi di lengkapi bis wisata dari wisma atlet. Tinggal duduk aja , sudah nyampe

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, semoga bermanfaat.
Tunggu kunjungan balik saya di Blog kalian.

Salam hangat