Wednesday, June 13, 2018

Sentuhan Cinta Ibu, Membantu Ribuan Bayi di Indonesia

Halo Mama apa kabarnya?

Sentuhan Cinta Ibu, dapat membantu ribuan bayi di Indonesia, qo bisa ya! Tanggal 5 Juni 2018 saya di undang oleh The Urban Mama untuk menghadiri acara #TUMBloggersMeetUp bersama dengan Johnson, yang bertempat di Gudang-Gudang Yoga Studio Kemang Timur No.88 Jakarta Selatan. Tentang apakah acara ini?



Well, Johnson sebagai salah satu perusahaan produk bayi terkemuka yang berfokus terhadap perkembangan holistik anak, meluncurkan inisiatif terbarunya yaitu "Sentuhan Cinta". Program ini mendorong seluruh Ibu di Indonesia untuk mendukung pentingnya sentuhan cinta ibu untuk keehatan dan perkembangan bayi.

Sentuhan Cinta ini bertujuan agar bayi di seluruh Indonesia memiliki  kesempatan yang sama untuk hidup agar mereka dapat tumbuh,berkembang, dan menggapai impian mereka kelak. 

Pada keempatan ini dijelaskan bahwa pada periode 2020-2030 akan ada yang namanya Bonus Demografi, yang artinya diperkirakan jumlah orang usia produktif di Indonesia akan mencapai 70% dari populasi. Lantas semua ini apa hubungannya dengan Bayi di Indonesia ya?

Hubungannya sangat penting, karena nantinya bayi memiliki kesempatan untuk tumbuh, sehingga mereka dapat mencapai impiannya di beberapa dekade kedepan dan dapat memberikan kontribusinya kepada pembangunan negara. Nah, jadi ini niy peran kita sebagai orangtua sangat penting untuk menjaga kesejahteraan bayi ya Mama.



Dalam banyak hal, sentuhan menjadi bahasa pertama kita, sentuhan lembut dan penuh kasih ini dapat membantu bayi untuk tumbuh lebih kuat dan tanpa rasa cemas. Bayi yang disentuh secara rutin ternyata melakukan kontak mata 50% lebih banyak dan menunjukan ekspresi positif tiga kali lebih banyak, jika dibandingkan dengan bayi yang lainnya. Salah santuk bentuk sentuhan adalah dengan melakukan pijat pada bayi, perlu diketahui ya Mama, bahwa pijat itu bukan hanya diperuntukan bagi orang dewasa saja, tetapi bayi juga perlu diberikan pemijatan untuk memberikan rasa nyaman kepada mereka.

Jujur, saya sendiri waktu anak pertama juga tidak berani untuk melakukan pijat, khawatir melakukan kesalahan dan berakibat fatal buat si kecil. Nah, beruntungnya saya hadir di acara Johnson Sentuhan Cinta bersama The Urban Mama, jadi ilmu tentang memijat kepada bayi yang benar, sehingga sang anak merasakan manfaat kesehatannya sudah saya dapatkan, tinggal dipraktekan nanti kepada anak kedua.



Wynne Lukman, selaku Brand Manager Johnson juga menambahkan, "masih banyak orangtua yang belum mengetahui bahwa kontak fisik adalah ikatan emosional pertama antara bayi dengan ibu". Hal tersebut dapat merangsang stimulasi sensorik pada bayi yang merupakan kunci dari pertumbuhan, komunikasi serta pembelajaran. Nah, sentuhan sederhana yang penuh cinta ini dapat dilakukan dengan melakukan ritual pijat dan mandi. Ketika dua hal ini digabungkan dapat menjadi waktu yang tepat untuk membangun ikatan ibu dan bayi.

stimulasi pijat sering pula disebut dengan istilah lain stimulasi sentuh, pijat bayi, baby massage, dan yang lainnya. Stimulasi pijat bayi juga merupakan kombinasi bentuk stimulasi multi modal, yaitu raba (taktil), dan gerak (kinestetik) yang sebauknya dilakukan oleh orangtua.

Mama, tau nggak siy, sebenarnya apa siy tujuan dari pijat bayi itu? Jadi, tujuannya adalah untuk mengoptimalkan pertumbuhan serta perkembangan pada bayi yang dapat dilakukan dalam ruangan yang nyaman selama kurang lebih 15 menit, dan harus dilakukan secara rutin. Tidak ada batasan yang baku mengenai frekuensi waktu untuk pemberian pijatan per hari, Namun, sebaiknya orangtua menjadikan pijat bayi sebagai suatu rutinitas setiap hari.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat kita melakukan stimulasi pijat ya Mama, diantaranya :

  • Melihat respon bayi, ini sangat penting jadikan moment pijat ini menyenangkan bagi si kecil
  • Jika bayi menangis, sebaiknya dicek terlebih dahulu penyebabnya, jangan memaksakan pijatan pada bayi
  • Saat memberikan pijatan, dapat dilakukan dengan memberikan stimulasi multi modal dengan memperdengarkan lagu, mengajak anak bicara dan yang lainnya.
  • Gunakan lotion atau baby oil sebagai media untuk memijat pada bayi
  • Sebaiknya kita sebagai orangtua ketika melakukan pijatan sediakan waktu 15 menit ke depan, supaya tidak ada gangguan apapun.



Jadi Mama, banyak manfaat yang bisa kita dapatkan jika kita memijat bayi sendiri dirumah, asalkan dilakukan di waktu yang tepat, usahakan jangan setelah minum susu atau makan, jangan dilakukan saat bayi lapar, jangan membangunkan bayi dari tidur hanya untuk dipijat, karena khawatir nantinya si kecil akan rewel jika kita melakukan disaat-saat tersebut.

Lalu, apa saja ya manfaat pijat pada bayi?
  • Pijat bayi dapat membantu dalam menaikan berat badannya
  • Dapat meningkatkan frekuensi menyusui pada bayi
  • Membantu bayi dalam relaksasi
  • Dapat membuat bayi dapat tidur lebih lama dan lelap
  • Akan membuat frekuensi menangis dan rewel bayi menjadi berkurang
  • Si kecil akan menjadi lebih santai
  • Dapat mengembangkan mental, sosial, dan fisik bayi
  • Pijat bayi dapat memberikan ikatan batin antara bayi dan orangtua
Kegiatan penuh cinta melalui pijat ini juga dapat memicu stimulasi multisensorik yang membantu perkembangan psikologis dan emosional bayi serta melancarkan sirkulasi darah dan menguatkan sistem imunitas tubuh bayi.

Selain itu untuk memastikan program ini dapat menjangkau para ibu di seluruh Indonesia, Johnson juga bekerja sama dengan Yayasan Sayangi Tunas Cilik, Save The Children di Indonesia, Alfamart, dan juga Tokopedia. 



Jadi Mama dan seluruh masyarakat Indonesia dapat menjadi bagian dari perjalanan Johnson's dan berpartisipasi dalam program ini dengan membeli semua jenis produk Johnson's Baby dengan transaksi minimum Rp. 25.000 di Alfamart atau membeli Johnson's Baby Care Collection di Tokopedia. Setiap transaksi ini otomatis kita akan menyumbangkan Rp. 500 untuk Save the Children dan membantu mereka untuk mendidik ibu lainnya di seluruh Indonesia agar bayi-bayi mereka dapat tumbuh kuat dan sehat.

Melalui Program Sentuhan Cinta ini, Johnson's akan memulai perjalanan dan mengadv
okasi para ibu di wilayah Indonesia dengan angka kematian yang relatif tinggi seperti di Maluku, Sumba, Sumatera Utara.

Yukk, Mama kita dukung program ini, dan memberikan yang terbaik bagi si kecil. Karena sejatinya kebahagian seorang Mama adalah mengasuh dengan tangan sendiri serta mengamati pertumbuhan si kecil dari hari ke hari, agar ikatan kasih sayang ibu dan anak semakin kuat.




No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, semoga bermanfaat.
Tunggu kunjungan balik saya di Blog kalian.

Salam hangat