Cara Efektif Mengatasi dan Mencegah Ruam Popok pada Anak

Hello Bunda apa kabarnya?

Pernah nggak siy ngalamin si kecil rewel saat kita sedang mengganti popoknya? Apalagi saat kita lihat ada bercak kemerahan pada daerah bokong, paha, dan alat kelaminnya. Ehmm, panik nggak siy! Jangan-jangan itu tanda anak kita mengalami ruam popok.



Sebagai seorang ibu, banyak hal baru yang harus kita pelajari, salah satunya adalah mempelajari cara mengatasi ruam popok pada anak. Apalagi kulit bayi yang lembut, biasanya sangat rentang terhadap ruam, benjolan, merah-merah, gatal atau alergi akan suatu hal.

Biasanya kalau mengalami situasi seperti ini, dari pengalaman pribadi saya sebagai New Mom tentu panik dunk! Apalagi anak juga jadi lebih rewel, lengkap dech paniknya.

Perasaan kita merasa sudah cukup telaten merawat si kecil, eh tapi qo masih kecolongan ya! Yuuk, kita cari tahu dulu penyebab terjadinya ruam popok!!

Kenali Dulu Penyebabnya

Ruam popok tidak akan dialami oleh bayi yang baru lahir, melainkan ketika usia mereka sudah diatas 6 bulan dan pemicunya ada beberapa sebab, berikut penjelasannya.

Sebelumnya Bunda sudah tahu belum, sebenarnya ruam popok itu apa siy? Apa kalau kulit anak kita merah-merah itu sudah pasti ruam?



Jadi, ruam popok adalah peradangan dan kemerahan pada kulit dengan atau tanpa terkikisnya lapisan kulit akibat paparan berulang/terus menerus dari urin (pipis), atau dari feses (BAB) pada kulit dibagian perigenital (dekat kelamin)

Penjelasan lebih lengkapnya saya dapatkan dari para ahlinya ketika hadir di acara Cavilon 3M Gathering pada hari Sabtu, tanggal 26 Mei 2018, yang berlokasi di Ocha Bella Restaurant Jl. KH. Wahid Hasyim No 70 Kebun Sirih Menteng, Jakarta Pusat

Tema yang diangkat pada hari itu adalah "Love Your Baby, Love Your Skin"



Menurut dr. Rinawati Rohsiswatmo, Sp. A (K), Neonatolist Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), bahwa ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya ruam popok, diantaranya :
  • Iritasi karena kulit terpapar oleh air kemih atau tinja terlalu lama
  • Gesekkan dan kulit sensitif terhadap bahan kimia (detergent, sabun, dll)
  • Perubahan bentuk makanan (ASI 》MPASI
  • Infeksi Bakteri atau jamur
  • Bayi atau anak mendapat terapi antibiotik
Jadi, Bunda harus bisa membedakan jenis ruam popok bada baby, bukan saja iritasi karena lembab, tapi bisa juga diakibatkan karena bakteri dan virus.

Lalu bagaimana jika anak kita sudah terlanjur terkena ruam?

Ini Dia Cara Mengatasinya

Disini yang perlu diingat adalah kita harus selalu menjaga kebersihan kulit anak dan juga pastikan sudah dalam keadaan kering. Biar si kecil nggak rewel karena ketidaknyamanannya, Bunda bisa melakukan hal-hal berikut ini qo: 

  • Ingat, cuci bersih tangan bunda sebelum mengganti popoknya.
  • Cara terbaik untuk menjaga agar area popok tetap bersih dan kering yaitu segera mengganti popoknya ketika sudah basah atau terkena tinja.
  • Lalu, bersihkan area tersebut dengan air bersih. Bunda bisa memakai sabun yang lembut untuk membantu membersihkan kulitnya sehabis buang air besar. Usap-usap dengan lembut, ketika sulit mendapatkan air, bunda bisa menggunakan tisu basah. Pilihlah tisu basah yang bebas alkohol dan pewangi.
  • Pastikan area ruam tersebut benar-benar bersih dan kering sebelum bunda mengoleskan krim atau salep. 
  • Setelah krim atau salep tersebut kering, bunda bisa memakaikan si kecil popok kembali.
Nah, bunda jika ruam popok yang dialami sama si kecil termasuk parah, dan selama lebih dari 2-3 hari belum juga membaik, malah menjadi lebih bertambah parah, maka harus ada perawatan ekstra untuknya, seperti :
  • Membawa si kecil untuk diperiksa ke dokter, biasanya dokter akan meresepkan krim steroid, krim antijamur (jika terinfeksi jamur), atau antibiotik (jika terinfeksi bakteri)
  • Membersihkan area popok dengan menyemprotkan air dan hindari menggosok bagian kulitnya yang sedang lecet
  • Jangan memakaikan si kecil popok untuk sementara waktu, agar proses penyembuhan lebih cepat.
  • Gunakan popok dengan ukuran yang lebih besar dari biasanya.
Dr. Rina juga menambahkan, prinsip beliau untuk mengobati pasiennya yaitu dengan cara :
1. Bersihkan terlebih dulu dari urin, kotoran dan pup
2. Disemprot bagian ruam dengan Cavilon 3 M

Jika dr. Rina menjelaskan kepada kita semua tentang permasalahan ruam pada anak-anak, hadir narasumber selanjutnya dr. Sony Wijaya, Sp.B mengatakan jika ruam popok bukan hanya terjadi pada anak bayi saja, tetapi orang dewasa juga banyak yang terkena ruam.


Menurut beliau, kelembaban kulit akan mempengaruhi parah atau tidaknya iritasi yang ditimbulkan. Sama halnya dengan dr. Rina, ternyata dr. Sony yang merupakan dokter bedah sekaligus praktisi perawatan luka juga menggunakan Cavilon dari 3M ini sejak tahun 2015 yang diberikan kepada pasien yang luka, terutama mereka yang terkena fases dan urin.

Cavilon digunakan oleh dr. Sony kepada pasiennya karena Cavilon ini membentuk lapisan pelindung antara bahan perekat dengan kulit manusia. Jadi, ketika perekat tersebut dicabut maka yang terkena ya si Cavilonya bukan kulit si pasien.

Makanya nggak heran dech kenapa Cavilon ini banyak digunakan oleh para dokter untuk mengobati pasien ruam dan iritasi.

Mengenal Produk 3M yang Sudah Banyak Beredar di Pasaran

Kalian sudah ada yang pernah dengar tentang 3M? Ternyata 3M ini merupakan perusahaan yang berawal dari bisnis mining di Minnesota, yang sudah berdiri sejak ratusan tahun dan terus berkembang. Bunda tau apa kepanjangan dari 3M? 3M yaitu Minesota Mining Manufacture yang memiliki visi sebagai berikut :



Ibu Sita selaku Brand Manager 3M memaparkan bahwa produk yang diproduksi oleh perusahaan 3M sangat banyak macamnya termasuk health care.

Ini niy, bebrapa produk dari perusahaan 3M, secara tak sadar ternyata produknya sering atau pernah kita gunakan. Sedangkan untuk Cavilon sendiri pertama kali diperkenalkan pada tahun 2008, dan hadir di Indonesia sendiri sejak tahun 2015.


3M merupakan perusahaan yang produknya hampir beredar di seluruh dunia. Selain itu 3M juga sudah banyak menerima penghargaan di tingkat dunia, hal ini pantas karena 3M sangat mengikuti peraturan dan anti korupsi.

3M Cavilon untuk Mengatasi dan Mencegah Ruam Popok pada Anak

Kelebihan yang dimiliki dari produk Cavilon ini adalah akan membentuk lapisan barier film yang menjadi lapisan pelindung antara bahan perekat dengan kulit, hal ini yang menjadikan kulit tetap aman dan terlindungi.



Produk Cavilon ini bukan hanya digunakan untuk  bayi saja, tapi juga dapat diaplikasikan untuk obat iritasi pada daerah kewanitaan lho Bunda! 
Cara menggunakan cavilon juga mudah  yaitu setelah kulit dibersihkan, aplikasikan Cavilon ini untuk melindungi kulit dari paparan fases dan urin yang berulang.

Karena Cavilon ini bukan termasuk obat, melainkan alat kesehatan sehingga untuk pembeliannya tidak harus menggunakan resep dokter, bunda sudah bisa membeli si Cavilon ini secara online di ecommerce, seperti : Lazada dan Shopee.

Bunda penasaran dengan harga si biru Cavilon ini, untuk kemasan yang semprot ini seharga Rp. 180.000 untuk 140 kali semprot, bisa dibilang ekonomis ya!

Kenapa harus Cavilon, karena ada beberapa karekteristik yang dimiliki oleh Cavilon, yaitu: 

1. Terbukti melindungi kulit dari kerusakan
2. Steril
3. Cepat kering dan tidak lengket
4. Tahan air selama 72 jam

Kalau bunda punya pengalaman dengan ruam popok dan iritasi biasanya diobati dengan cara apa? Share yuu di kolom coment.


53 komentar

  1. 72 jam lama juga ya perlindunganya. Ruam pada bayi bikin kita nangis kalau melihat anak sedih

    BalasHapus
  2. aku pas Prabu kena ruam popok aku lepas pospak dulu, gak berani aku kasih krim2 takut perih

    BalasHapus
  3. jadi cuci tangan dulu ya pas mau ganti popok. trus popoj jangan basah, biar pantatnya nggak gatel. paling kasian kalo ruam popok, bayi nangis karena gatal dan kesal. cavilon bikin ruam popok hilang ya, bagus nih buat bayi kalo gitu

    BalasHapus
  4. Ruam popok mah bayi dimana juga rewel kan perih udah gitu gatal ga nyaman deh

    BalasHapus
  5. wah tiap satu kali semprot bisa tahan melindungi hingga 72 jam ya mb, produk inovatif bgt yg punya banyak fungsi

    BalasHapus
  6. ini jadi fungsinya nutupin ruam ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semacam pelindung githu Ka, jadi kalau pakai krim biasa biasanya khan akan ikut ke angkat saat si kecil pipis atau Pup, nah kalau Cavilon ini lapisannya nggak akan ikut terangkat makanya jangka waktu pemakaiannya bisa than sampai 72 jam.

      Hapus
  7. Dengan 3M Cavilon Ruam popok nggak maslaah lagi ya mam. Lebih cepat sembuh soalnya.

    BalasHapus
  8. Sedih dan ga tega kalau liat bayi kena ruam. Biasanya emang jd lebih rewel, produk ini sangat membantu para ibu juga praktis ya

    BalasHapus
  9. Ira duniabiza3 Juni 2018 20.41

    Saya merasa beruntung banget mba bisa kenal sama cavilon ini. Jadi punya senjata andalan tak hanya untuk menghadapi ruam saat si kecil terkena tapi juga andalan kalau menyerang diri sendiri di musim tertentu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mba Ira, Aku pun sudah mencoba untuk diri sendiri.

      Hapus
  10. Daku waktu meratinn Ponakan pakai popok, alhamdulillah nggak da ruam.
    Btw, thanx sharingnya mbak, karena lengkap dengan tipsnya

    BalasHapus
  11. Wah produk 3M jg.. mantap ya selain alat kebersihan, produk kesehatan. Ternyata Ada produk buat Ruam bayi jg. Jaminan mutu kalau 3 M mah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah terpercaya ya Mba produk2 dari 3M itu. Sudah puluhan tahun soalnya

      Hapus
  12. Memang kalau bayi sering dikasih diaper jadinya ya ruam ya. Untung ada Cavilon bebas ruam deh.

    BalasHapus
  13. Praktis ya sudah tinggal semprot saja. Jaman anak saya Fahmi masih belom ada obat ruam popok secanggih ni.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pun juga waktu Key ngalamin ruam popok di masa bayi belum mengenal produk ini Mba. Beruntung sekarang sudah mengenalnya dan sudah punya stocknya juga.

      Hapus
  14. Wah, jadi tau nih mbak soal ruam popok pada bayi. Klo ga ditangani dg benar, repot jg ya jadinya. Kasian bayinya nanti.
    Thanks infonya mbak

    BalasHapus
  15. Aku kadang ga ngerti penyebab ruam ini. Popok udah sering diganti. Masih aja ada ruam. Kya tadi pas abis mandi mau dipakein popok kok pada merah2 semuaaa..
    Ya Allah, untung punya stock cavilon ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kulitnya Dede Rayhan sensitif ya Mba.. Untung bunda punya stocknya jadi nanti tinggal disemprot ajah dech

      Hapus
  16. Kasihan bangat kalo bayi terkena ruam popok, ikut sedih lihatnya. Ponakan saya ada yg kena ruam begini, nanti saya beliin Cavilon ini saja klo begitu, semoga saja cocok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupp, belinn Om buat ponakannya, soalnya ini saat disemprotkan nggak bikin perih qo.

      Hapus
  17. Baru tahu dengan merk ini. Pemakaiannya pun beda dari merk lain, ya. Tinggal semprot. Praktis. Referensi yang wajib diketahui sama para ortu nih, biar bayinya bisa bebas dari ruam popok.

    BalasHapus
  18. Unik ya Bun. Plester tapi bentuknya semprot. Entar kalau ngebersihin tinggal dibuka gitu ya plesternya? Bagus dan perlu ada ni di rumah. Soalnya nggak hanya ruam. Buat kalau-kalau ada yang luka dan perlu diplester kan enak pake ini ya jadinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak perlu dibuka si Mba, jadi si Cavilon ini saat kita semprotkan di bagian yg ruam nggak akan perih dan tahan sampai 72 Jam, tapi nggak akan meninggalkan bekas apapun Mba.

      Hapus
  19. Unik dan canggih jg ya produk Cavilon ini. Kyke kok teknologi kaca filmnya sama dengan kaca film yg buat mobil, helm gtu2, cuma yg ini lbh elastis.
    Oh ya varian Cavilon banyak ya mbak ternyata? Aku dah tahu fungsi kemasan biru dan ungu, sisanya blm. Penasaran hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa variasinya banyak dan manfaatnya juga ya Mba. Assik nanti share2 ibformasinya ya Mbaa April.

      Hapus
    2. Penasaran sama produk2 Cavilon lainnya, kayaknya selain biru dan ungu msh ada bbrp warna lainnya. Tapi blm tau fungsinya buat apa ya.

      Hapus
  20. Anak saya dulu juga pernah mengalami ruam popok tetapi Ketika saya ganti Dia pernah ternyata sembuh jadi tidak sampai menggunakan obat untuk ruam popok nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untung yaa ruam popok si kecil nggak sampe parah.

      Hapus
  21. mencegah ruam popok sekarang jadi makin praktis yah karena tinggal semprot

    BalasHapus
  22. Bayi yang kena ruam popok, kasian liatnya. Untung sekarang sudah ada pilihan pengobatan praktis ya

    BalasHapus
  23. wah ini dulu anak pertama nih beberapa kali kena ruam popok, kulitnya lumayan sensitive, hanya cocok dengan merk pospak tertentu.. waktu itu belum tau saka CAVILON ini �� anak kedua sih aman, gak pernah kena ruam popok parah.. moga anak ketiga ini jangan deh, tp akan aku inget si cavilon ini buat jaga2 kedepannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh sudah punya pengalaman dengan ruam popok pada si kecil ya Mba, jadi sudah punya solusinya juga. Nah, produk Cavilon ini juga boleh banged Mba buat stock dirumah dan persiapan kedepannya.

      Hapus
  24. Duluuu waktu Saki baru lahir, bener bener stress deh ruam popok dan bintik bintik merah di wajah dan tubuhnya. Coba tau cavilon ya.makasih infonya ya mbak Evi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh ade Saki bintik merahnya sampai di wajah ya, pasti jadi rewel ya Mba Sakinya.

      Kembali kasih Mba Sri.

      Hapus
  25. Kl anak ruam popok emang bikin sedih ya mbak.. aku penasaran sm 3M Cavilon ini, cocok buat jaga2

    BalasHapus
  26. Baru tahu ada produk cavolon loh. Bagus banget ya, jadi gak khawatir anak balita kita kesakitan karena ruam.

    BalasHapus
  27. Praktis ya tinggal semprot gitu dan bisa di bawa kemana2 juga.

    BalasHapus
  28. Ruam popok pada bayi emang bikin gelisah ya..kasian jadinya krn bayipun merasakan perih. Untung ada cavilon yang praktis dan membantu mengatasi ruam popok si kecil. Thanks infonya ya.

    BalasHapus
  29. Anakku suka ruam jika abais pakai celana jins di bagain pinggang, ini bisa digunakan juga nggak ya..

    BalasHapus
  30. liat gambar anak-anak dengan kondisi ruam yang berbeda-beda parahnya bikin ngilu ya mak...

    BalasHapus
  31. Aku rekomendasiin ah, buat tanteku yang kemarin curhat soal masalah ruam pada ponakanku mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa Mba boleh banged di rekomendasiin, soalnya ini waktu disemprotkan ke bagian yg ruam nggak perih qo.

      Hapus
  32. Enak ya sekarang ada Cavilon ini, apalagi ada yg spray begini, praktis jadinya buat perjalanan

    BalasHapus
  33. Baru tau nih ada yang namanya ruam popok. Untung ya sekarang mudah menanganinya.

    BalasHapus
  34. Ruam popok memang agak bikin khawatir ya mbak. Kalau terlambat dan salah mengobati bisa jadi infeksi dan lebih lama proses sembuh nya

    BalasHapus
  35. Selain karena bau gak enak emang wajib dibersihkan segera ya biar gak bikin ruam pada bayi

    BalasHapus
  36. Mbak kyknya aku dah komen di sini ya? Tapi aku lupa kapan ahaha tapi kok komenku gak ono? :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheheh.. Iya Mba dirimu udah coment. Ada qo Comentnya diriMu diatas, tanggal 4. Tapi nggak apa2 Mba, Blogger ngehits yg coment mah bebas. Hehehehe

      Hapus
  37. Pakai Cavilon setelah oles krim, ya. Saat luka kena gesekan, ga bakal terasa perih.

    BalasHapus
  38. alhamdulillah anakku dua duanya nggak mengalami ruam ruam selama pakai popok.

    BalasHapus
  39. Terima kasih informasinya bun. lihat juga rekomendasi popok murah terbaik di halaman ini

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, semoga bermanfaat.
Tunggu kunjungan balik saya di Blog kalian.

Salam hangat