Wednesday, May 23, 2018

Sembutopia Mengajak Masyarakat untuk Mengangkat Kembali Takdir Kebangkitan Indonesia

Halo semuanya apa kabar?

Kalau ada yang bilang bahwa makanan yang enak itu adalah makanan yang mahal, jawabannya tentu saja tidak. Tapi, lebih kepada bagaimana cara pengolahannya dan bagaimana kita menikmati makanan tersebut.


Salah satu jenis makanan sederhana, yang seringkali orang yang memakannya akan ketagihan adalah ikan asin. Apalagi menikmati ikan asin ini dengan sepiring nasi hangat dan sambal, ehmmm kalau makan ini saya pun pasti akan lahap.


Filosofi Ikan Asin

Ternyata ikan asin ajah ada filosofinya ya guys, konon ikan asin itu adalah oleh2 khas dari kota Tegal, dimana kelezatannya sangat luar biasa.

Banyak yang beranggapan kalau makan dengan lauk ikan asin dan sambal terasi dianggap dari golongan masyarakat yang kurang mampu. Padahal pemikiran tersebut salah besar, harga ikan asin yang terjangkau menjadikan siapapun bisa menikmatinya.

Mulai dari anak-anak, orang dewasa, sampai orangtua yang sudah berumur pun bisa menikmatinya. Selain itu ikan asin bukan hanya dikenal di Negara Indonesia saja, tetapi juga dikenal di negara lain, seperti Singapura, Thailand, Malaysia dan negara lainnya.

Perlu diketahui, ikan asin juga memiliki kandungan gizi lho!


Menurut data Kementrian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya : 

Ikan asin kering mengandung energi sebesar 193 kilokalori, protein 42 gram, karbohidrat 0 gram, lemak 1,5 gram, kalsium 200 miligram, fosfor 300 miligram, dan zat besi 3 miligram. 

Selain itu di dalam ikan asin kering juga terkandung vitamin A, vitamin B1 dan Vitamin C. Semua hasil tersebut didapatkan  melalui penelitian terhadap 100 gram ikan asin kering, dengan persentase jumlah yang dapat dimakan sebanyak 70%. 

Ngomongin masalah ikan asin, masih banyak yang suka anggap remeh, padahal ikan asin itu sudah dipakai sebagai bahan tambahan di berbagai negara, misalnya di negara Italia sebagai Anchovy.

Nah, jadi wajar dunk kenapa banyak yang pakai ikan asin? Soalnya ikan asin selain harganya terjangkau, juga memberikan rasa nikmat yang masuk cita ke 5 yaitu Umami yang memberikan rasa gurih dan nikmat.

Hal ini menandakan salah satu kekayaan yang dimiliki oleh negara Indonesia. Oleh karena itu tanggal 20 Mei 2018 kemaren bertempat di Gourmet Atelier-Kebayoran Baru Jakarta Selatan, saya bersama dengan teman-teman blogger lainnya menghadiri acara ngabuburit bersama Sembutopia.

Sembutopia Mengajak Masyarakat untuk Mengangkat Kembali Takdir Kebangkitan Indonesia.

Rasanya bukan rahasia umum ya, jika Indonesia itu memiliki kekayaan alam yang luar biasa, dimana Indonesia memiliki 17.504 pulau dan ada 734 bahasa.

Bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional yang ke 110 Sembutopia mengangkat kembali takdir kejayaan Indonesia. Dimana Indonesia salah satu negara yang dilewati oleh garis khatulistiwa dari 14 negara. Meskipun memiliki cuaca yang tropis dan dapat dikatakan cukup panas, namun Indonesia kaya akan sumber alam.


Oiya, pasti diantara kalian banyak yang bertanya apa siy sebenarnya Sembutopia itu? Jadi, Sembutopia ini adalah sebuah ide sederhana untuk memotivasi dan menginspirasi Indonesia agar, kita bersama-sama menciptakan sebuah lingkungan yang lebih sehat dan terbebaskan dari semua penyakit dan konflik baik secara kejiwaan dan keragaan.

Orang dibalik dari ide ini adalah Bapak Kafi Kurnia, yang bersama teman-temannya di bulan November 2017 memprakarsai sebuah platform digital yang diberi nama Sembutopia ini.

Siapa sangka dalam jangka waktu 6 bulan saja Sembutopia ternyata sudah memiliki followers lebih dari 52.000. Woww keren yaa!!

Apalagi generasi mileneal saat ini banyak yang tidak perduli terhadap sejarah kebangsaan, so Bapak Kafi akhirnya membuat "Sebuah Takdir Kejayaan Indonesia 2020. Nah, 2020 ini konsep ya guys bukan tahun.

Pada kesempatan ini kita diajak bukan hanya untuk mengingat masa kejayaan Indonesia saja, tapi diminta untuk ikut berperan aktif untuk mencapai #TakdirKejayaanIndonesia, semoga saja semua hal tersebut dapat terwujud ya! Aamin



Dari sekian banyak teman Bapak Kafi yang hadir malam itu, diantaranya ada Mbak Fifi dan Mas Sandy, dimana mereka yakin bahwa negara Indonesia bisa menjadi negara yang hebat dan makmur.

2 comments:

  1. Saya yakin Indonesia bisa mewujudkan Takdir Kejayaan 2020, hal pertama yang kita harus lakukan adalah mengkonsumsinya di keluarga kita dahulu.

    ReplyDelete
  2. Betul vi, peran aktif kita perlu disesuaikan dengan kemampuan diri

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, semoga bermanfaat.
Tunggu kunjungan balik saya di Blog kalian.

Salam hangat