Sunday, May 6, 2018

Ngobrol Sehat HijupXSoftexDaunSirih : Cara Tepat Merawat Kesehatan Daerah Kewanitaan Supaya #BersihSehatBebasWorry

Sebagai wanita, daerah kesehatan kewanitaan sangat penting untuk dijaga lho, ladies!



                  
Seorang wanita biasanya lebih mengutamakan kebersihan wajah dan tubuh, sehingga sering kali merawat daerah kewanitaan secara asal-asalan. padahal organ tersebut merupakan suatu organ reproduksi yang sangat penting, apabila tidak dijaga dengan baik, nantinya akan menimbulkan bakteri, yang menyebabkan bau tak sedap dan penyakit lainnya.

Saya ingat betul, ada beberapa teman wanita yang bercerita tentang masalah pada daerah intim mereka, yang mengalami telat datang haid, nyeri yang berlebihan saat sedang datang haid, sampai masalah keputihan yang disertai dengan rasa gatal dan bau yang kurang sedap.

Teman saya pikir, apa yang dialaminya tersebut karena ia terlalu capek dan stress. Namun, seiring waktu permasalahan keputihan yang terjadi disebabkan oleh faktor lain. Tentu saja hal ini, membuat teman saya menjadi kurang nyaman, apalagi saat sedang banyak aktifitas. 

Saran yang dapat saya berikan ketika itu, memberitahukannya untuk rajin mengganti celana dalam, mengobatinya secara alami dan menggunakan panty liners dan juga periksa ke Dokter. Karena permasalahan ini membuat dirinya sedikit terganggu.

Awalnya saya berpikir bahwa permasalahan keputihan pada wanita merupakan hal yang bersifat wajar dan normal, namun ternyata keputihan yang dialami oleh teman saya ini berlangsung secara terus-menerus dalam jumlah yang banyak pula dan berbau.

Dari pengalaman teman ini, akhirnya membuat saya jadi bercermin dan lebih menjaga kesehatan daerah kewanitaan saya. Karena saya tahu daerah kewanitaan ini sangat rentan dan saya juga tak mau mengalami permasalahan keputihan seperti yang dialami oleh teman saya tersebut.

Meskipun saat ini saya sudah berkeluarga dan memiliki satu orang anak, lantas permasalahan organ intim wanita menjadi salah satu perawatan yang penting dan tak mau asal-asalan pula dalam menjaganya.


Beruntungnya permasalahan kesehatan wanita ini masih banyak yang perduli, salah satunya dengan acara yang diadakan oleh Hijup X Softex Daun Sirih yang mengajak kami para wanita untuk "Ngobrol Sehat, Bebas Worry bersama Lulu Elhasabu, sebagai Social Media Influencer, dr.Bram, SpOG, Spesialis Obstetri Ginekologi dan Anastasia Erika, selaku Brand Manager Pt. Sofex Indonesia.

All Narasumber

Acara silaturahmi Hijup Bloggers Meet Up X Softex Daun Sirih ini yang berlokasi di Opulence Restaurant Jakarta Selatan, saat itu hari minggu tanggal 22 April, meskipun di guyur hujan namun tak menyurutkan niat kami para wanita yang menggunakan pakaian bernuansa hijau untuk mendapatkan insight mengenai menjaga kesehatan permasalahn wanita ini.

Cara Tepat untuk Merawat Daerah Kewanitaan

Menurut dr. Bram, SpOG ada beberapa faktor resiko yang menyebabkan permasalahan pada organ intim wanita yaitu :


Faktor Risiko Pada Organ Intim Wanita
                       
Oleh karena bukankah kita lebih baik mencegah daripada mengobati, mengingat organ wanita sangat rentan terkena berbagai penyakit. Sehingga sebagai wanita rasanya memang penting untuk memahami keputihan yang dan permasalahan organ intim lainnya secara tepat dan tuntas. Ada banyak cara yang dapat kita lakukan, diantaranya :
  • Mencuci daerah kewanitaan dengan benar dan bersih
Kebanyakan wanita mencuci daerah kewanitaannya dari arah belakang (anus) ke arah depan, padahal hal ini salah, yang nantinya malah akan menimbulkan bakteri bisa masuk ke daerah intim.
  • Menggunakan pembersih vagina yang alami
Wanita biasanya senang menggunakan sabun pembersih atau parfum kewanitaan untuk menghilangkan bau yang tak sedap, padahal jika digunakan terlalu sering, apalagi yang ada kandungan kimianya maka akan mengakibatkan pH alami kewanitaan menjadi rusak
  • Membasuh vagina sebelum dan sesudah bersenggama
Sebaiknya bagi wanita yang sudah berkeluarga, menjaga organ kewanitaan sangatlah penting, oleh karena itu salah satu bentuk cara merawatnya yaitu dengan membasuh sebelum dan sesudah bersenggama.
  • Kurangi minum alkohol
Hindari makanan dan minuman yang dapat memicu keputihan, lebih baik penuhi kebutuhan air mineral tubuh, dan usahakan jangan terlalu banyak mengkonsumsi kafein dan alkohol.
  • Kurangi rokok
Selain menjaga pola makan dengan menu yang sehat, menjaga pola hidup sehat juga sangatlah penting, misalnya dengan tidak merokok dan minum-minuman yang beralkohol.
  • Gunakan celana dalam berbahan katun
Banyak macam jenis celana dalam yang beredar di pasaran dengan berbagai bahan. Namun, pakailah bahan katun untuk kenyamanan organ intim kita.
  • Paksin HPV
Vaksin ini untuk melindungi wanita dari kanker serviks yang disebabkan oleh virus HPV. vaksin ini dapat diberikan sejak umur 9 tahun, sebagai salah satu usaha untuk mencegah kanker serviks.

Itulah beberapa hal cara tepat merawat kesehatan daerah kewanitaan agar selalu #BersihSehatBebasWorry dan tepat, ladies! So, ingat selalu perlakukan dengan tepat dan jangan asal-asalan ya karena organ ini sangat penting untuk reproduksi wanita.

Bagaimana, jika sudah terjadi infeksi, maka ketahuilah penyebabnya terlebih dahulu dan tentu saja harus berkaca tentang gaya hidup. Peran softex untuk merawat daerah kewanitaan sangatlah tinggi. Buktinya pihak softex melakukan riset, mengenai permasalahan apa yang paling banyak dialami oleh wanita Indonesia.

Ternyata dari riset tersebut, berawal dari masih minimnya pengetahuan wanita tentang penggunaan pembalut. Mba Anastasia Erika mengatakan banyak yang tidak tahu jika kita menunda pergantian pembalut maka akan menyebabkan kelembaban di daerah intim wanita kita. Begitu juga dengan penggunaan panty liners yang harus diganti 3 jam sekali.
Banyak wanita Indonesia yang aktif, sehingga mereka lupa untuk mengganti pembalut dan panty liners yang mereka gunakan. Dari sinilah softex mencari cara untuk mencegah pertumbuhan bakteri, sehingga akhirnya ditemukanlah inovasi pada softex daun sirih.
Kita ketahui bahwa daun sirih sejak lama dikenal sebagai tanaman obat yang mengandung banyak khasiat dan mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan. Bagi para wanita daun sirih sudah dikenal untuk mengatasi keputihan atau problem seputar organ intim wanita.

Bukan hanya wanita Indonesia saja yang mengandalkan daun sirih untuk menjaga kebersihan dan kesehatan. Orang Cina juga menggunakan daun sirih untuk mengobati batuk, gatal-gatal, perut kembung, dan mengobati luka terbakar.


Terinspirasi dari sejuta manfaat daun sirih, akhirnya dalam inovasi pembalutnya Pt. Softex Indonesia memproduksi softex daun sirih. Dimana pembalut dan panty liners jenis ini mempunyai tambahan manfaat yaitu, khasiat alami ekstra daun sirih yang berfungsi sebagai antiseptik. 

Softex Daun Sirih

Jika dilihat dari packaging softex daun sirih ini feminin sekali, karena dominan warna hijaunya yang lembut. Selain itu dengan tagline "Natural Hygiene" Lebih Bersih dan Sehat karena Ekstrak Daun Sirih, setidaknya dapat kita ketahui bahwa ada 4 poin yang diusung softex daun sirih ini :

  1. Breathable Layer, lapisan sirkulasi udara untuk mencegah lembab
  2. Sirih Protection Technology, melindungi daerah kewanitaan secara alami dan higienis
  3. Absorb in 1 Second, mampu menyerap dalam satu detik
  4. Pillow-Feel Top Sheet, permukaan senyaman bantal

Memang saat saya menggunakan softex daun sirih untuk pertama kalinya, manfaat diatas tersebut bukanlah hisapan jempol semata. Apalagi saat saya menggunakannya pada malam hari yang sedang banyak-banyaknya, tak perlu merasa cemas lagi karena takut tembus atau bocor.


All Varian Softex Daun Sirih
Bahkan saat kita menggunakannya ketika olahragapun tak ada masalah, tetap merasa nyaman. Karena softex daun sirih ini dilengkapi dengan liquid lock untuk mengunci cairan agar tidak bocor. 



Kebetulan saya sudah menggunakan softex daun sirih Slim Heavy Flow 29 cm yang slim bentuknya sehingga nyaman meskipun saat kita sedang banyak-banyaknya. Memilki kekuatan menyerap dalam 1 detik, sehingga membuat bagian pada permukaannya tetap lembut dan kering. Kondisi tersebut bisa meminimalisir iritasi kulit dan dapat menghambat tumbuhnya bakteri yang dapat menyebabkan rasa gatal dan bau tak sedap.
Softex daun sirih mengklaim bahwa produknya ini non gel dan non parfume, jadi tidak ada alasan bagi kita untuk merasa was-was saat menggunakannya.
Softex daun sirih benar-benar memanfaatkan kelebihan dari daun sirih, oleh karena itu kita sebagai wanita harus jeli dalam memilih dan mempertimbangkan pembalut yang kita gunakan. Dengan softex daun sirih ini bukan hanya kenyamanan yang kita dapatkan tetapi kebersihan sekaligus kesehatan juga kita peroleh. 

Karena saat-saat menstruasi adalah saat-saat yang paling sensitif dan pribadi bagi wanita, sudah sepantasnya untuk hal yang paling pribadi tersebut kita memilih pembalut yang benar-benar mengerti wanita. Apalagi kandungan antiseptik yang ada didalamnya memang betul-betul maksimal daya kerjannya, so recommended for you ladies!


Softex daun sirih memiliki 4 varian, yaitu :

1. Slim Regular Flow Non Wings (23 cm)
2. Slim Reguler Flow Wing (23 cm)
3. Slim Heavy Flow Wing ( 29 cm)
4. Slim Heavy Flow Wing (36 cm)



Ketika haid sudah tidak terlalu banyak, saya biasanya menggunakan Slim Reguler Non Wings (23 Cm), dimana aktifitas yang saya lakukan juga tidak terlalu banyak. Ladies, hal lain yang perlu kalian ketahui juga bahwa produk softex ini bukan hanya pembalut saja tapi ada panty linersnya juga lho! Panty liner Softex ini dapat kita gunakan sehari-hari atau saat hari-hari terakhir haid.
Ganti Panty Liner setiap 3 jam agar tetap bersih dan sehat
Panty Liner softex ini ada 2 varian, pantyliner (15 cm) dan Pantyliner longer and Wider (18 cm) sama dengan pembalutnya, panty liner softex ini juga ekstra daun sirih. Memiliki kandungan antiseptik, baik pembalut dan panty liner softex ini sudah bersetifikasi Halal. Jadi makin aman dunk ya ladies..!





Hadirnya Lulu Elhasbu sebagai pembicara juga membagikan pengalamanya dan kesibukannya sebagai seorang media influencer. Beliau mengatakan karena kesibukannya sering berada di luar rumah dan sering menghadiri banyak acara, sehingga ketika sedang haid, dia sering malas untuk mengganti pembalut.

Apalagi ketika berada di luar rumah, tentu saja saat ingin mengganti pembalut di kamar mandi umum sering membuat kita merasa kurang nyaman. Namun, Mba Lulu tidak mau hanya memperhatikan penampilan luarnya saja. Sehingga untuk pemilihan pembalut dan menjaga organ intimnya beliau juga memilih produk yang berkualitas, sekaligus menjaga kesehatannya pula.

Melihat penampilan Mba Lulu pada hari itu, tentu saja membuat para wanita juga terinspirasi dari gaya busana yang digunakannya. Pasti, para undangan yang hadir sore hari itu setuju kalau penampilannya cantik dan elegan.

Saya sendiri sebagai seorang yang suka memperhatikan dan memadu padankan busana yang akan digunakan, apalagi ketika hadir ke acara undangan, tentu saja nggak mau dunk terlihat biasa-biasa saja dan membosankan. Sebagai pilihan saya sering kepoin akun-akun online yang menjual perlengkapan busana wanita.

Nah, kebetulan niyy sebentar lagi kita mendekati bulan suci Ramadhan, jadi untuk membeli busana buat dipakai di Hari Raya nanti kalian bisa lho belanja di HIJUP dan dont worry ladies saya akan memberikan kalian Kode Vocher : HIJUOSFTXJAKARTA (potongan IDR 50.009 untuk pembelanjaan minimal IDR 250.000. Ingat ya ladies voucher ini berlaku hingga 31 Juli 2018, jadi buruan dech manfaatin kode voucher tersebut, jangan sampai menyesal dikemudian hari. Heheh

Lengkap dech acara Blogger Meet Up ini, selain ilmu tentang kesehatan merawat daerah kewanitaan, saya juga mendapatkan ilmu mengenai mini fotografi, jadi banyak belajar dech bagaimana cara mendapatkan foto yang bagus untuk objek yang mau kita ambil.

Ladies, kalian juga bisa lho dapetin informasi lebih, so jangan lupa follow akun ini yaa!!


https://www.hijup.com/id/?utm_source=blogger&utm_campaign=bloggermeetup220418-jakarta

Instagram: @womenhealthypedia
Facebook: Women Healthypedia
Web: www.softexbebasworry.com

Instagram: @hijup
Facebook: HIJUP
Web: www.hijup.com



6 comments:

  1. Celana dalam yg ga ketat, dan juga mencuci daerah kewanitaan dengan baik dan benar itu ternyata emang perlu banget.

    Makanya kesehatan daerah intim wanita itu sebenarnya juga dipengaruhi oleh pola hidup yg sehat ya. Wahh sekarang ada softex daun sirih yg baru ya. Aku baru tahu lho. Belum pernah pakai, nyoba nyari ahh

    ReplyDelete
  2. Wah bahaya juga ya, pakai pembersih kewanitaan. Apalagi pantyliner harus meski sering ganti.

    ReplyDelete
  3. Wah, ada softex daun sirih yaa untuk menjaga kewanitaan ya, perlu dicoba nih. Meet up yang bermanfaat banyak ilmu kewanitaan, ilmu fotografi ya

    ReplyDelete
  4. aku kalo ganti tiap 4 jam, kadang sayang ya baru nampung sedikit kalau udah akhir-akhir gitu, tapi tetap harus ganti, dari pada sakit. Hahahahah

    ReplyDelete
  5. Sesi sharing yg bermanfaat dimana banyak informasi seputar kewanitaan yang masih sering diabaikan. Disamping itu ada juga informasi utk bikin hasil foto lebih kece

    ReplyDelete
  6. Sejak dulu,nenek moyang kita sudah memperkenalkan daun sirih sebagai salah satu ramuan rahasia kecantikan kewanitaan. Skrg, mudah mendapatkan manfaat daun sirih ini di Softex daun sirih ya.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, semoga bermanfaat.
Tunggu kunjungan balik saya di Blog kalian.

Salam hangat