Sunday, April 22, 2018

Mandiri Jogja Marathon Mendukung Kearifan Budaya Lokal Yogyakarta

Halo semuanya apa kabar..??

Rasanya belum lama ya, Mandiri Marathon di gelar di Jakarta pada tahun lalu. Nah, tahun ini Bank Mandiri menyambangi kota gudeg. Suatu hal yang patut kita hargai ya konsistensi dan komitmen Bank Mandiri untuk mendukung event olahraga.


Apalagi event ini berskala internasional. Tak ada salahnya dunk kalau kita juga ikut mendukung kegiatan ini. Yaa, meskipun belum jadi peserta lari kita ikut membagikan kemeriahannya juga boleh. Mandiri Jogja Marathon 2018 ini, lebih mengangkat dan mempromosikan kekayaan budaya juga produk lokal.

Dari ajang ini diharapkan, kunjungan wisata ke wilayah Yogyakarta dan sekitarnya akan semakin meningkat. Apalagi event ini menggandeng berbagai instansi terkait seperti Pemkab Sleman, Kepolisian Daerah Yogyakarta, serta PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko.

Peserta dan Kesenian di Event MJM 2018

Peserta MJM 2018 mencapai 8000 runner lho, pesertanya sendiri ada yang berasal dari dalam dan luar negeri. Wajar siy jumlahnya sangat banyak, karena saat ini olahraga lari bisa dibilang lifestyle, bukan hanya menyehatkan badan tapi salah satu cara biar tetap eksis.

Ajang Marathon kali ini ada 4 kategori yaitu : Full Marathon (42,195 km), Half Marathon (21 km), 10 km dan 5 km. Sebagian besar runners berasal dari Jabodetabek, dan kota-kota lain di Indonesia. Lalu ada juga peserta yang berasal dari Malaysia, Jepang, Kenya, Brunei Darussalam, Irlandia, India, China, Brazil, Singapura, Filipina dan Australia.


Dalam event besar ini, Bank Mandiri ikut melibatkan banyak sekolah, sanggar, komunitas seni dan kelompok-kelompok lainnya untuk berperan aktif dari sisi kesenian yang ingin ditampilkan.

Jadi jangan heran, saat lari nanti akan kita temukan banyak kesenian, salah satunya JATHILAN yang bisa kita temukan di KM 6, KM 20 dan KM 40.


Kalian tau nggak apa itu JATHILAN? Ini merupakan tarian yang paling tua di Jawa, yang mempertontonkan kegagahan prajurit saat di medan perang.


Lalu ada juga BARONGAN yang akan kita temui di KM 38. Siapa diantara kalian yang tahu kisah BARONGAN? Yuup, ini merupakan karakter utama dalam legenda Jawa-Bali, sebagai perwujudan dari nilai-nilai kebaikan dan keadilan, rasanya serru dech kalau mendengar cerita ini.


Selain itu di KM 12, kalian jangan merasa horor terlebih dahulu ya teman, dimana kalian akan mendengar musik Karawitan yang aslinya bikin tenang gitu lho! Supaya para runners bisa tetap terus berlari namun tetap santai menikmati musik, biar nggak terasa sudah sampai garis finish nantinya.


Selain itu para runner juga akan menikmati musik KERONCONG di KM 34, terbayang dunk merdunya musik KERONCONG ini.


Wait, masih ada maskotnya lho, yaitu ada REOG, para runner akan beruntung bertemu dengan kesenian ini di KM 32. Kalian tau dunk, sedikit sejarah tentang kesenian REOG ini yang diciptakan untuk menyindir pemerintah pada saat itu.


Nah, kalau kesenian yang satu ini akan kita temui di KM 18 yaitu, HADROH pada saat melewati di titik ini pasti kita akan merasa semangat, belum lagi sambutan yang kita dapatkan dari warga-warga sekitar.

Sesuai dengan temanya "Berlari setiap kilometer bersama kearifan budaya Yogyakarta" bukan hanya sekedar kompetisi saja, tetapi para pelari juga dapat menikmati panorama, kebudayaan sampai kuliner enak di Jogja.


Jika dilihat dari segi ekonomi, event Mandiri Jogja Marathon ini, ikut berdampak besar. Why? Soalnya Bank Mandiri juga bekerjasama dengan berbagai hotel dan pelaku ekonomi lokal, termasuk para penjual jajanan pasar dan kuliner khas Yogyakarta.

Ehmm, kebayang dech kalau saya kesana bakalan lebih banyak jajan niy! Heheheh

Oiya teman-teman selama event Mandiri Jogja Marathon 2018 ini pihak panitia juga sudah menyediakan snack untuk para pelari, yaitu buah pisang. Nah, pisang ini disediakan untuk para runners nanti dan jumlahnya sebanyak 8000 buah. Wuichh, banyak banged yaa, konon pisang Jogja ini terkenal manis dan enak lho!


Untuk kelancaran transaksi dalam event ini, Bank Mandiri telah menyiapkan jaringan pembayaran non tunai. Skema pembayaran ini sengaja diberlakukan sebagai bagian upaya memasyarakatkan cashless sociaty yang telah dicanangkan oleh pemerintah.


Mandiri Jogja Marathon 2018 Bertabur Hadiah Menarik

Para peserta lari secara otomatis sudah mendapatkan perlindungan dari AXA Mandiri. Asuransi ini meliputi pertanggungan kematian akibat kecelakaan selama mengikuti lomba yang berlaku mengikat, jadi runners tenang dunk yaa!

Ada lagi niy yang bikin para peserta menjadi semangat, apalagi kalau bukan hadiahnya? Ehmm kalau membicarakan tentang hadiahnya, jadi bikin mupeng dech..  Jutaan rupiah pastinya sudah disiapkan untuk para pemenang, ini dia niy hadiahnya


Satu lagi niy yang harus kita acungin jempol, dimana dalam ajang MJM 2018 ini ada bantuan penyaluran CSR dari Bank Mandiri senilai Rp. 1 Miliar guna memperbaiki infrastruktur jalan dan sarana umum di Kabupaten Sleman.

Harapannya dengan diperbaiki infrastruktur masyarakat di wilayah Sleman dan sekitarnya dapat lebih lancar, sehingga perekonomian lokal dapat tumbuh ke arah yang lebih baik.

Masih ada niy yang bikin kita envy, apalagi kalau bukan Medali Finisher! Kawung, Gong, dan Gunung Merapi yang identik dengan kota Yogyakarta.


Medali Finisher MJM 2018
Dok. Mbak Elly Nurul
Jika kita lihat lebih dekat lagi, gambar yang ada di medali ini terdapat gambar Kawung, yaitu motif batik khas Yogyakarta yang berasal dari abad ke-9 dan ada filosofinya juga lho, yaitu kerja keras dan pengendalian diri yang sempurna.

Pada setiap medali terdapat spesifik untuk tiap kategori lomba dan pemenang. Lalu pada bagian bawah medali terdapat gunung merapi yang merupkan simbol sakral mistis dari kota Yogyakarta.

Hadiah dalam ajang MJM 2018 ini bukan hanya milik para peserta saja qo, tapi ada lombanya juga bagi kita yang nggak ikut lomba lari, melainkan hanya menjadi penonton dan mantau melalui medsos saja.

Buat kalian yang suka jeprat-jepret, harus ikutan niy lomba fotonya. So, berikan foto terbaik kamu dan jangan lupa berijan caption yang menarik. Siapa tau rezeki kalian bisa memenangkan hadiah menarik, seperti : GoPro Hero, Digital Kamera, Smartphone Stabilizer, dan uang tunai pastinya. Info lengkapnya silaka  kalian klik bit.ly/jogmarmoment.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, semoga bermanfaat.
Tunggu kunjungan balik saya di Blog kalian.

Salam hangat