Wednesday, April 18, 2018

Aplikasi Halodoc : Pilihan Layanan Kesehatan Masyarakat Indonesia

Aplikasi Halodoc Solusi Layanan Kesehatan
Masyarakat Indonesia

Saat ini melalui genggaman tangan, apapun bisa kita lakukan. Kecanggihan teknologi terus berkembang, sehingga banyak layanan yang dapat kita manfaatkan. Tak terkecuali interaksi antara dokter dan pengguna, bisa kita dapatkan melalui aplikasi.

Tak hanya layanan jasa transportasi saja yang berkembang pesat, layanan kesehatan bagi masyarakat pun tak mau ketinggalan. Yupp, saat ini sebagai solusi akses kesehatan yang cepat, akuran, aman dan terpercaya, hadir HaloDoc yang merupakan sebuah inovasi di bidang kesehatan.

Why HaloDoc?

Bisa dibayangkan dunk, suasana saat kita berobat ke rumah sakit atau klinik terdekat dari rumah. Mulai dari mendaftar, antri menunggu nomer antrian kita dipanggil untuk diperiksa oleh dokter, setelah itu kita harus antri lagi untuk mengambil obat yang telah diresepkan oleh dokter.

Pemandangan tersebut pasti sering kita lihat dan alami jika berada di rumah sakit. Sama halnya jika kita mau makan harus melalui proses memasak atau keluar rumah terdahulu untuk membelinya. 

Namun dengan perkembangan zaman, kita bisa order makanan melalui smartphone saja dan tinggal stalking akun IG artis kesayangan kita ajah, makanan yang kita mau sudah ada di depan mata dech! 

Nah, sekarang pun jika kita ingin periksa ke Dokter, bisa dengan memanfaatkan aplikasi smartphone secara online. Wuichh keren yaa!

Penasaran, aplikasi seperti apa yang menawarkan kita untuk berdiskusi dengan dokter melalui online. Karena dari pengalaman saya sendiri, jika ingin menanyakan suatu hal tentang penyakit, biasanya kita dapat berkonsultasi dengan dokter melalui chat atau menelponya langsung.

Akhirnya, untuk menjawab rasa ingin tahu saya, Jum'at tanggal 13 April 2018 bertempat di Restorang Dailycious Serpong, Ruko Bulseno Tangerang, saya menghadiri undangan Halodoc Gathering yang mengangkat tema "5 Kesalahan Pola Asuh Gizi pada Anak"

Dalam acara ini hadir sebagai pembicara, Dr. Herlina, Sp, A - Pediatric dan Mba Blessy D. R sebagai Marketing Offline Halodoc.



Halodoc, aplikasi dokter, cara baru untuk sehat.

Mba Blessy menjelaskan bahwa halodoc merupakan aplikasi dokter yang bisa diandalkan dan terpercaya. Aplikasi kesehatan ini merupakan fasilitas interaksi antara dokter dengan pengguna secara personal dan unik.


Kenapa unik? Karena halodoc menghubungkan antara dokter dengan  kita secara langsung dan kapan saja. Jadi aplikasi ini dapat kita gunakan selama 24 jam dalam seminggu.


Terbayang dunk kemudahan yang kita dapatkan dari aplikasi ini. Kita tak perlu melewati jalur seperti biasa untuk berkonsultasi dengan dokter, cukup melalui aplikasi halodoc yang ditujang dengan jaringan internet yang mumpuni.


Terus terang saja, saya hanya pernah mendengar nama aplikasi halodoc saja, dan sama sekali belum mengetahui layanan dan manfaat yang ada di halodoc.


Ternyata tujuan dari halodoc ini adalah untuk menyederhanakan akses kesehatan secara online dimana kita dapat berinteraksi langsung dengan dokter sesuai dengan kebutuhan menggunakan smartphone. 


Bukan hanya itu saja, manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari aplikasi halodoc, sebagai berikut :

  • Cepat, aman dan nyaman
 Kita dapat menikmati mudahnya membeli         obat atau suplemen dengan cepat, aman         dan nyaman, langsung diantarkan sesuai         alamat yang kita inginkan.
  • Terpercaya
Kebutuhan media kita sudah terpenuhi dengan dokter dan apotik yang sudah tersebar di seluruh Indonesia.
  • Dimana saja dan kapan saja
Dimana pun dan kapun pun kita berpergian, aplikasi halodoc selama 24/7 siap memberikan kemudahan untuk kesehatan diri kita pribadi dan keluarga.

Dengan manfaat yang telah kita ketahui, pasti ingin tahu juga bukan, fitur apa saja yang ada dalam aplikasi ini?

Fitur-Fitur Aplikasi Halodoc

  • Apotik Antar, belanja kebutuhan medis menjadi lebih cepat, aman dan nyaman. Kita terbebas dari yang namanya ribet dan antri, kemudian langsung diantar ke alamat kita.
Fitur Apotik Antar
  • Official Store, kita menjadi lebih hemat karena adanya diskon up to 50% untuk obat dan vitamin yang kita beli.
Fitur Official Store
  • Hubungi Dokter, temukan dokter sesuai dengan kebutuhan kita, dengan berbagai pilihan komunikasi melalui chat, dan voice/video call dari smartphone kita dimana saja.
Fitur Hubungi Dokter
  • Lab Service, untuk melakukan cek laboratorium kesehatan kita  dapat dilakukan dirumah, kita hanya menentukan tanggal saja, nantinya akan ada staff yang datang ke rumah kita.
Fitur Lab Service
Selain informasi mengenai aplikasi halodoc, pada gathering ini kita juga diajak untuk membahas mengenai 5 kesalahan pola asuh gizi pada anak.

Tanpa disadari orangtua sering melakukan 5 kesalahan pola asuh yang berdampak buruk bagi anak

Menjadi orangtua bukanlah perkara yang mudah, pasti kita pernah merasakan berada di titik sulit karena anak sulit makan atau apakah anak kita sudah cukup makan, tanpa kita sadari ternyata ada dari tindakan kita sendiri yang mengacaukan selera makan anak.

Apa saja siy kesalahan yang sering orangtua lakukan?  Dr. Herlina, Sp, A mengatakan berikut 5 kesalahan pola asuh gizi pada anak yang sering terjadi :


1. Memaksa anak untuk makan

Biasanya jika anak menolak makan, sering kali kita memaksakannya, padahal hal ini dapat membuat anak menjadi trauma. Sebenarnya banyak cara yang bisa kita lakukan agar anak mau makan tanpa harus dipaksa, yaitu dengan mengkreasikan menu makanan, atau jadwal pola makan anak, ciptakan suasana makan yang menyenangkan, biasakan anak-anak untuk makan di meja makan yang sama dengan kita orangtuanya.

2. Terlalu dini memberikan makanan pendamping Asi
Kita pasti sering mendengar dari orangtua terdahulu, bahwa mereka memberikan makanan pendamping Asi, sebelum anak-anak mereka berumur 6 bulan. Namun seiring dengan pertumbuhan lingkungan, polusi dan sebagainya, kebiasaan tersebut tak bisa kita terapkan di zaman sekarang ini.

Karena nasehat dan ketidaktahuan, masih banyak orangtua yang sudah memberikan makanan pendamping Asi sebelum bayi mereka mencapai 6 bulan, banyak yang beralasan agar bayi mereka cepat gemuk dan tidak rewel. Padahal, hal ini bisa menimbulkan bahaya dan tak jarang merenggut nyawa anak mereka.

 3. Memberikan makanan yang tidak sesuai usia anak
Sebaiknya kita memperkenalkan makanan pada anak sesuai dengan usianya. Mulailah dengan makanan yang lunak, kemudian meningkat menjadi lebih padat.

Jangan karena anak sudah mendapatkan Makanan pendamping Asi, lalu memberikan mereka makanan sama seperti apa yang kita konsumsi padahal kemampuan organ pencernaan anak belum lah sempurna. Jika hal ini dilakukan maka akan memberikan efek yang tidak bagus untuk perkembangan dan pertumbuhannya.

4. Penggunaan dot terlalu lama

Penggunaan dot pada bayi biasanya akan mengganggu proses menyusui, dikarenakan bentuk puting dan dot berbeda. Jika anak terbiasa menyusui dengan dot kemudian beralih keputing susu, maka hal ini akan menyebabkan sang anak kaget dan proses menyusui menjadi tidak menyenangkan.

Hal tersebut pada akhirnya juga mempengaruhi faktor mengunyah. Karena anak yang terlalu lama menggunakan dot akan mengalami gangguan makan.

5. Banyak memberikan makanan manis

Jangankan anak kecil, orang dewasa pun pasti tak akan menolak jika diberikan makanan yang manis. Sering kali anak yang sering diberikan makanan manis, seperti permen, coklat, kue maka akan menyebabkan sang anak menjadi cepat kenyang, tentu saja hal ini dapat menghambat makanan bergizi untuk pertumbuhannya.

Bukan hanya itu saja, memberikan terlalu banyak makanan manis, juga dapat menyebabkan anak-anak menjadi obesitas, diabetes, kepadatan tulang yang buruk dan lain sebagainya.

Teknologi sudah semakin berkembang, kemudahan informasi bisa kita dapatkan dengan cepat dan akurat melalui media . Jadi tak ada lagi alasan untuk kita menerapkan pola asuh pemberian gizi yang salah kepada anak.

Selain itu hadirnya halodoc dapat membantu kita untuk berkonsultasi tentang permasalahan kesehatan sesuai dengan yang kita butuhkan. Jangan lupa untuk download aplikasi halodoc, temukan pula artikel kesehatan favorit langsung dari aplikasi dan bisa juga follow akun instagram mereka di @halodoc. 

All Narasumber dan Blogger
Berfoto Bersama
Remember! #KataDokterHalodoc bahwa #SehatLebihMudah lho..! Yess, i'm agree


8 comments:

  1. Itu tuh kesalahan pola asuh masih banyak banget diadopsi, kebanyakan sih turun temurun ya, padahal setiap zaman selalu berubah lingkungannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi tugas kita ya Kaa, yang bisa memilah dan memilah informasi yang baik dan dapat dipertanggung jawabkan.

      Selama pola asuh turun menurun itu baik dan tidak membahayakan, bisa lah kita terapkan

      Delete
  2. Obat resmi pasti aman kualitasnya. Hello doc bisa mendapatkan obat ya teruji

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mpo, salah satu solusi kita untuk mendapatkan informasi seputar kesehatan yang kita butuhkan dengan cepat dan terpercaya.

      Delete
  3. Semakin transparan dan mudah untuk konsultasi perihal masalah kesehetan. Hal ini seakan menjadi solusi. Memang ya teknologi itu perannya positif banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Ka Siti, kemajuan teknologi yang tak bisa kita elakkan dan akan terus berkembang pastinya. Salah satunya aplikasi halodoc ini yg memanfaatkan kecanggihan teknologi digital.

      Delete
  4. Jadi senakin mudah, y untuk dpt informasi apapun lewat halodoc, dah gitu bisa konsultasi gratis lagi��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa Mbaa, tinggal unggah aplikasinya dan gunakan dech fasilitas yang ada.

      Delete

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, semoga bermanfaat.
Tunggu kunjungan balik saya di Blog kalian.

Salam hangat