Tuesday, February 27, 2018

Begini Cara Daftar Peserta JKN-KIS yang Lebih Praktis dan Tanpa Antri Melalui Care Center 1 500 400

Halo teman-teman apa kabarnya?

Setiap profesi di dunia ini masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, serta ada tantangannya sendiri-sendiri. Dengan begitu, setiap orang diantara kita sudah sewajarnya tidak saling menghakimi profesi yang lainnya. Terkadang, profesi yang terlihat sederhana, bahkan sering diremehkan ternyata memiliki tingkat atau berpotensi menimbulkan frustasi bagi pekerjanya.


Care Center BPJS Kesehatan 1500400
Salah satu pekerjaan yang memiliki tingkat stess tinggi adalah Call Center atau Customer Service Officer (CSO). Banyak yang berpikir, pekerjaan ini mudah untuk dijalani, tinggal duduk dan mengangkat telpon saja, namun pemikiran tersebut musnah setelah saya terjun langsung di dunia Call Center ini, selama 4 tahun lebih.

Padahal tidak semua telpon yang masuk akan ramah dan bersikap sopan, namun banyak dari mereka yang menelpon, langsung mengeluarkan kata-kata kasar sebelum kita mengetahui permasalahan yang mereka hadapi, sehingga sering kali pekerja Caal Center ini mendapatkan pelecehan verbal, dari makian kata"bodoh" sampai nama-nama binatang pernah diterima oleh mereka.

Namun, saya merasa bersyukur karena selama menjalani profesi tersebut kata-kata kasar yang pernah saya terima sebutan "bodoh". Beda dengan perlakuan yang diterima oleh teman saya, selain kata bodoh, semua nama binatang keluar, kata-kata pelacur dan menghina keluarga pernah diterima oleh teman saya.

Alhasil, tak sanggup menerima perlakuan pelecehan verbal tersebut, teman saya menangis dan tak sanggup melanjutkan layanan lebih jauh kepada sang penelpon tersebut. Jika sudah begini biasanya, kasus ini akan langsung ditindaklanjuti oleh team leader atau SPV mereka. Awal saya bekerja di dunia Call Center pun selama kurang lebih 3 bulan setiap pulang kerja pasti selalu menangis, karna tidak tahu dengan apa yang kita kerjakan, karena hampir setiap hari kita menerima komplain dari nasabah. Hal ini hampir membuat saya ingin berhenti dan mencari pekerjaan baru.

Tapi, banyak pihak yang memberi nasehat dan menceritakan pengalaman mereka selama bekerja di dunia Call Center, hingga akhirnya saya memutuskan untuk bertahan dan menantang kepada diri saya sendiri untuk lebih kuat dan sabar dalam menghadapi nasabah. Kesabaran saya dan tekad saya membuahkan hasil, karena saya mendapatkan predikat sebagai Best of Agent Call Center tingkat Junior, hingga predikat Best of Agent Call Center tingkat Senior, lanjut Team Leader hingga akhirnya test menjadi karyawan tetap saya dapatkan.

Sehingga, saat saya mendapatkan undangan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang bertepatan pada hari valentine tanggal 14 Februari 2018 lalu di The Hook Restaurant Jl. cikatomas II no.35 Jakarta Selatan. Undsangan ini bersifat Ngopi bareng JKN agar kita semua lebih dekat dengan BPJS Kesehatan dengan tema yang dibedah pada sore hari itu mengenai Care Center BPJS 1 500 400.

Pada acara Ngopi bareng JKN ini, hadir sebagai narasumber : Ibu Upik Handayani, Asisten Deputi Bidang Pengendali Mutu Pelayanan BPJS Kesehatan, Charles Bonar Sirait, Publik Figur yang sering kita lihat di layar kaca televisi dan Mas Iwan Setyawan, Inspirational People.

Membedah Care Center 1500400

Siapa diantara teman-teman yang pernah datang langsung ke kantor Cabang BPJS? Pasti pengalaman yang tidak menyenangkan karena antrian yang panjang hampir dialami semua yang datang ke kantor Cabang BPJS. huff

Karena BPJS ingin terus berinovasi dan memberikan layanan yang terbaik bagi pesertanya dan memanfaatkan kemajuan teknologi, mendorong pihak BPJS Kesehatan membuka layanan Care Center 1 500 400, sebagai salah satu alternatif kanal pendaftaran peserta mandiri yang lebih praktis dan tanpa antri pastinya.


Ibu Upik Handayani (kiri)
Ternyata 1 500 400 ini bukan hanya sekedar call center biasa lho! hmm, lalu apa saja ya manfaanya?
Dalam hal ini Ibu Upik Handayani menjelaskan, lewat Care Center ini kita bisa mendaftar jadi anggota BPJS (anggota disebut JKN-KIS), dapat melakukan pengkinian data, buat kalian yang mau menanyakan apa saja seputar bpjs, cara berobat, tanya Dokter (konsultasi) bahkan mau mengeluh soal BPJS bisa kita dapatkan melalui layanan ini.

Apalagi layanan ini buka 24 jam setiap hari, jadi kita tidak perlu khawatir mau menelpon jam berapapun, pasti akan ada petugas yang mengangkat dan melayani telpon kita. Tentu saja dengan semua ini, banyak sekali kemudahan dan informasi yang kita dapatkan jauh lebih cepat dan akurat, tanpa harus datang ke kantor BPJS.

Karna banyaknya peserta BPJS yang mengeluhkan pelayanan dari BPJS Kesehatan, mulai dari iuran yang tiba-tiba membengkak, lupa dengan nomer virtual account (VA), hingga saat berobat ternyata tidak ditanggung oleh BPJS, semua keluhan tersebut yang kita alami bisa langsung menghubungi di Care Center ini. Dengan begitu, pertanyaan yang paling sering ditanyakan dan dialami oleh peserta BPJS diharapkan dapat memberikan solusi kepada para peserta BPJS melalui Care Center 1 500 400 ini.

Wahh, jauh lebih mudah dan enak ya, pendaftaran jadi lebih cepat, bisa konsultasi dokter melalui telpon secara gratis pula, yang kita perlu bayar hanya biaya telponnya saja dan inipun pulsa lokal qo!

So, buat kalian yang mau daftar menjadi peserta JKN-KIS melalui Care Center ini, tinggal menyiapkan antara lain : Nomor Kartu Keluarga, Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Rekening Tabungan (BRI/Mandiri/BNI), Nomor Handphone, Alamat Email, dan Alamat Domisili/tempat tinggal (untuk pengirman kartu).

Alur Pendaftaran


Alur Pendaftaran Peserta JKN-KIS
Melalui Care Center di 1500400
Proses Selanjutnya, nomor virtual Account (VA), nanti akan dikirimkan ke nomor handphone atau email calon peserta. Ssetelah mendapatkan nomor VA, peserta wajin untuk membayar iuran pertama paling cepat 14 hari dan paling lama 30 hari setelah VA diterbitkan. Setelah semua persyaratan tersebut dipenuhi, pihak BPJS Kesehatan akan mengirimkan Kart JKN-KIS ke alamat yang telah diinformasikan oleh peserta pada saat mendaftar.

Nah, satu lagi informasi yang nggak kalah penting, layanan Care Center ini kita juga bisa melakukan perubahan data lho! Selain Care Center ini, ada juga aplikasi Mobile JKN, nantinya kita bisa mengunduh kartu JKN digital melalui aplikasi ini.


Charles Bonar Sirait Publik Figur
Hadir pula Charles Bonar Sirait yang ternyata telah mengunjungi Care Center di City Walk Sudirman, dimana diruangan tersebut berisi anak-anak muda yang produktif dan dekat dengan teknologi. Seperti cerita saya diatas tentang pengalaman di dunia Call Center, memang benar bahwa petugas Call Center itu harus sabar karena kita akan menemui orang-orang yang berbeda mulai dari suara yang datar sampai yang marah-marah.

Mas Charles menambahkan lagi, bahwa Care Center perlu memiliki sifat yang ringkas, cepat, logis dan membantu. Oleh karena itu para petugas Care Center BPJS Kesehatan ini harus terlatih, terbiasa menghadapi berbagai tipe customer dan memiliki jiwa melayani orang dengan hati gembira. Wow ini sumpah nggak mudah Lho teman!!

salah satu PR terbesar untuk BPJS Kesehatan, dengan adanya Care Center ini bisa meningkatkan awareness masyarakat luas untuk memiliki asuransi kesehatan, dimana iuran yang dibayarkan setiap bulan dapat digunakan berbagai peserta lainnya yang membutuhkan.

Secara bertahap, program JKN-KIS terus berkembang pesat hingga tanggal 9 Februari 2018  sudah mencapai 192.492.151 jiwa atau lebih dari 74% dari total penduduk Indonesia.

Inspiration from Mas Iwan Setyawan

Dalam acara Ngopi bareng JKN ini, kita tak hanya membedah masalah Care Center 1 500 400 saja, tapi juga hadir Mas Iwan Setyawan, yang merupakan penulis buku 9 Summer 10 Autumn. Jika dilihat dari penampilannya sangat sederhana, namun begitu saya mendengar ceritanya sungguh luar biasa sosoknya.


Bang Iwan Setyawan 
Menurut Bang Iwan dalam menulis kita harus terus menggali keunikan masing-masing, agar personality setiap penulis akan keluar di setiap tulisannya. Ternyata dalam novel 9 summers 10 autumns ini beliau menuliskan kisah hidupnya, sebagai seorang anak supir angkot. Baginya dalam menulis nggak perlu menunggu kita menjadi Seseorang terlebih dahulu, enaknya setiap tulisan dibuka dengan story of I.

Bang Iwan ketika menulis novel ini, beliau tidak mempermasalahkan berapa banyak orang yang mau membaca dan membeli novelnya, bagi dirinya yang paling penting adalah, siapa tahu diluar sana ada orang lain yang terinspirasi oleh tulisannya. Noted niyy!!

Awal cerita Bang Iwan menulis, dimula saat beliau diberikan sebuah novel oleh temannya, dari situ Ia mulai rajin membaca hingga akhirnya menulis novelnya sendiri dan kita juga sudah tahu bahwa novelnya ini sudah difilmkan. Senang sekali hadir di acara Ngopi bareng JKN ini selain informasi mengenai BPJS Kesehatan, semangat dan ilmu dalam menulis saya dapatkan dari Bang Iwan.

Finally, kembali lagi ke topik, jika kita ingin menghubungi #BPJSKesehatan bisa banyak channel, diantaranya melalui website, facebook, twitter, instagram, youtube, aplikasi mobile dan telpon. harapannya melalui para peserta Ngopi bareng JKN yang hadir nantinya dapat menyampaikan informasi yang lebih akurat kepada peserta JKN-KIS, sehingga isu-isu hoax yang beredar dapat diminimalisir di tengah masyarakat.

Bagi teman-teman yang memiliki pengalaman selama menjadi peserta JKN-KIS boleh dunk share di kolom komentar. Buat kalian yang belum menjadi peserta JKN-KIS, yuuk, cepatan daftar melalui Care Center 1500400.




1 comment:

  1. Saya sih daftar BPJS secara online dan sampai hari ini puas dengan layanan BPJS dari kelas 1, 2, 3 pernah dicicipin dan tidak ada beda. Ok. Thanks ya sharingnya.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, semoga bermanfaat.
Tunggu kunjungan balik saya di Blog kalian.

Salam hangat