Wednesday, February 14, 2018

Begini Cara Produksi Mitsubishi Xpander dan Sensasi Saat Test Drive

Halo teman-teman apa kabarnya?

Ketika saya melintasi jalan raya, banyak sekali mobil bagus dari berbagai model, bentuk dan warna yang beraneka ragam. Membayangkan kenyamanan saat sang pengendara mengendarai mobil tersebut, siapapun yang ada di dalamnya pasti merasakan kenyamanannya.


Mitsubishi Xpander
Ketika melihat mobil Pajero, sering kali saya dibuat kagum dengan yang satu ini. Tak hanya terlihat elegan, tapi juga bisa merasakan keseruannya berpetualang menjelajah dengan kenyamanan yang berkelas. Tentu saja ini tak lepas dari nama besar Mitsubishi.
Namun, ada satu mobil yang sejak dulu ingin sekali saya mencoba berkendara dengan mobil jenis MPV, entah kenapa merek mobil yang satu ini telah membuat saya jatuh hati. Apalagi saat ini generasi terbaru dari MPV menciptakan apa yang diinginkan oleh keluarga Indonesia, yaitu hadirnya fitur terbaik di kelasnya Mitsubishi Xpander.

Desain modern dan kokoh ketika saya melihat mobil Mitsubishi Xpander ini, tentu saja memberikan kesan sebagai mobil keluarga yang berkelas, dan rasanya bagi seorang wanita mengendarai mobil ini pasti sangatlah aman dan nyaman. 

Ya, ketika saya menyebutkan dua nama mobil Pajero dan Xpander, nama besar Mitsubishi Motors yang berada di belakangnya. Sudah hadir di Indonesia sejak 40 tahun yang lalu, tentu tak asing lagi bagi para pecinta otomotif. Dalam perjalanannya di dunia otomotif Mitsubishi Motors pada tanggal 1 April 2017, PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) melakukan restrukturisasi bisnis.

Jadi ini merupakan pengalihan bisnis distribusi kendaraan penumpang dan niaga ringan merek Mitsubishi Motors di Indonesia, kepada PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). Tujuan dari restrukturisasi ini bertujuan untuk lebih fokus pada segmen pasar, agar lebih cepat dan fleksibel. Tentu saja tujuan lainnya yaitu agar Mitsubishi Motors dapat terus berkembang dan memperluas layanan dengan kualitas yang lebih baik.

Selama ini saya hanya sering melihat dua merek mobil tersebut saat berada di jalan raya, namun pucuk dicinta ulam tiba, saya mendapatkan kesempatan untuk mengetahui secara langsung proses pembuatan mobil Mitsubishi Xpander yang di produksi di Indonesia. Tak hanya melihat prosesnya saja ternyata saya nantinya bisa merasakan kenyamanan saat berada di dalam mobil ini ketika berlaju di rute khusus yang telah disiapkan di pabrik Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI).

Tak sabar rasanya, ketika kesempatan itu datang pada tanggal 7 Februari 2017 saya bersama teman-teman blogger lainnya mendapatkan undangan untuk mengunjungi Plant Mitsubishi di Cikarang Bekasi. Bukan hanya para blooger saja tapi para awak media dan komunitas pecinta model kendaraan Mitsubishi juga berkesempatan untuk mengunjungi pabrik perakitan Mitsubishi Motors di Indonesia.

Apa yang menjadi tujuan kami diberikan kesempatan yang langka ini? Tentu saja hal ini karena tidak lepas untuk menunjukan fasilitas dan proses produksi yang dilakukan di pabrik yang baru saja diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo pada 25 April 2017 yang lalu. Dimana nantinya pabrik ini akan memproduksi Mitsubishi Xpander sebagai small Multi Purpose Vehicle (MPV) serta Pajero Sport, yang menjadi kendaraan andalan Mitsubishi di Indonesia.


Menikmati Lunch di Telaga Seafood

Menikmati Lunch Bersama Teman-Teman Blogger
dan Team Kompas.com
Sebelum menuju ke lokasi, kami menikmati terlebih dahulu makan siang di Telaga Seafood, dan disini pula kami para blooger yang hadir diberikan beberapa informasi mengenai Do and Don't saat berada di area pabrik. Tentu hal ini bukan yang pertama kali yang saya rasakan, karena jika kita mengunjungi suatu pabrik pasti memiliki peraturan masing-masing yang harus kita ketehaui dan patuhi.

Satu hal yang membuat senang selain masakan yang disajikan enak, di Telaga Seafood ini juga tersedia fasilitas mushalla, sehingga kami sebelum melanjutkan perjalanan menuju pabrik dapat menunaikan ibadah shalat Djuhur terlebih dahulu disisni. Meskipun saat itu hujan deras menemani perjalanan kami, namun tak sedikitpun mengurangi semangat kami untuk melihat produksi mobil Xpander Mitsubishi.

Konfrensi Pers Mitsubishi Xpander

Setibanya di lokasi kami langsung memasuki ruangan konfrensi pers Mitsubishi Xpander. Hadir sebagai pembicara pertama Mr. Kyoya Kondo, Presiden Direktur Mitsubishi Motors Indonesia (MMKI) yang memberikan sambutan hangat atas kehadiran kepada semua pihak, mulai dari para jurnalis, blogger dan komunitas pencinta otomotif Mitsubishi Indonesia.


Mr. Kyoya Kondo
Mr. Kyoya Kondo berharap melalui acara ini, semua peserta yang hadir mendapatkan pengalaman yang menarik dan berharga, mulai dari proses produksi hingga mencoba sensasi test drive Mitsubishi Xpander. Karena performancenya yang bagus, nantinya Mitsubishi Xpander ini juga akan diekspor ke negara Asia dan juga pasar lainnya.

Selain itu pabrik kendaraan MMKI ini mengusung "New Plant Concept" dengan menitikberatkan dua poin utama yaitu High Quality & Reliable Products dan juga Environmentallly Friendly, ungkap dari Mr. Takao Kato Presiden Direktur Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKYI).


Mr. Takao Kato
Lebih lanjut Mr. Takao Kato menjelaskan pada aspek High Quality and Reliable Products, MMKI berkomitmen untuk menghasilkan produk kendaraan Mitsubishi yang berkualitas tinggi, dapat diandalkan dengan ditunjang teknologi yang terbaru dan canggih. 

Selain itu MMKI merupakan pabrik yang ramah lingkungan, salah satu bentuk nyatanya yaitu penghematan air tanah dengan melakukan daur ulang untuk air limbah dan menggunakan air hujan dalam produksi kendaraan mereka. Hal tersebut dilakukan supaya pabrik ramah lingkungan dapat mereduksi emisi karbon dioksida melalui penghematan energi pada proses pengecetan dengan mengurangi proses ovent dan Heat Pump Hot Water System.

Bukan hanya itu saja MMKI juga menganut "Omotenashi" yaitu ruang dengan kebijakan ramah lingkungan yang memaksimalkan penggunaan lampu LED dan juga cahaya matahari, hal ini dilakukan karena dinyakini mampu mengurangi emisi hingga 11%, keren yaa!!!

hadir pula pada kesempatan hari itu Rifat Sungkar yang didaulat sebagai Ambasador Produk Mitsubishi Motors Indonesia, menurut beliau Xpander memiliki banyak keunggulan, oleh karena itu pantaslah beliau dan keluarganya jatuh hati dengan mobil ini. Semua keunggulan yang dimiliki Xpander, yang menjadi nilai utamanya adalah mobil ini sesuai dengan karakter orang Indonesia.


Rifat Sungkar
Sebagai mobil yang didesain untuk keluarga, memiliki banyak tempat penyimpanan botol dan barang, dan tempat mengeces daya batrai ponsel yang belakangan ini, menjadi salah satu hal yang sangat dicari dan dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. 

Bagaimana dengan bahan bakarnya? Tentu saja dengan teknologi dan inovasinya Mitsubishi Xpander ini mempunyai konsep mesin yang efisiensi bahan bakar, dan yang membuat Rifat Sungkar menyukai Xpander, salah satunya adalah keistimewaan pada bagian stir, ya stir Xpander ternyata bisa diatur kemiringannya dan juga tinggi rendahnya, sehingga dapat menyesuaikan dengan postur sang pengemudi. Noted ya guys

Mas Rifat Sungkar juga menambahkan, di bagian depan mobil ini memiliki 3 titik lampu, yaitu pada bagian atas ada LED Positioning Lights, lampu depan utama terletak di bagian bumper, dan bohlam pada bagian bawah. Meskipun lampu yang ada dibagian bumper terlihat rendah namun, sebenarnya posisi tersebut cukup tinggi. Hal tersebut karena Mitsubishi Xpander di desain dengan konsep futuristic, tambah Rifat Sungkar.

Plant Tour dimulai

Setelah mendapatkan penjelasan mengenai Xpander, akhirnya saat yang dinanti yaitu plant tour pun dimulai. Sebelum melakukan peninjauan ke dalam pabrik, semua peserta yang hadir terlebih dahulu diberikan pengarahan dan dijelaskan mengenai keselamatan diri. Semua yang ingin memasuki lingkungan pabrik harus menggunakan baju yang berlengan panjang, penglihatan mata juga harus terjaga dengan mengunakan kaca mata, tak lupa kami pun menggunakan topi untuk menutupi bagian kepala.


Peserta saat Berada dalam Lingkungan Pabrik
Peserta saat Berada dalam Lingkungan Pabrik
Sebagai alat komunikasi, semua peserta diberikan guide phone yang dipasang sebagai alat pendengar yang dapat menghubungkan antara instruktur yang menerangkan dengan para peserta kunjungan pabrik, untuk memudahkan komunikasi saat berada di dalam lingkungan pabrik. 

Begitu saya memasuki lingkungan pabrik, kesan pertama yang terlihat adalah bersih, pencahayaan yang terang dan nyaman. Disana juga kita bisa melihat begitu banyaknya tanda-tanda keselamatan, dimana semua hal tersebut bertujuan untuk menunjang proses produksi, agar dapat menghasilkan produk yang berkualitas.

Proses Produksi Xpander

Kami mendapatkan penjelasan bagaimana tahapan mobil Mitsubishi Xpander dibuat, yaitu mulai dari stamping (pencetakan), welding (pengelasan), painting (pengecetan), dan Assembling (perakitan)

Total seluruh pekerja untuk memproduksi mobil Xpander ini berjumlah 120 orang dalam 1 shift, dan di pabrik ini terbagi menjadi 2 shift. Dimana sebanyak 176 unit dihasilkan setiap harinya. Yuk, kita melihat lebih lanjut proses apa saja yang ada disana.

1. Stamping (pencetakan) 

Semua lembaran baja yang ada masih dalam bentuk lembaran yang besar, dibagian stamping ini potongan baja tersebut siap untuk dijadikan bagian mobil, seperti pintu mobil, badan mobil hingga bagian atap mobil. Semua lembaran baja tersebut melalui 4 tahap mesin press, dan untuk menjadikan sebuah panel pintu mobil diperlukan waktu sekitar 6 detik.

2. Welding (pengelasan)

Pada bagian ini merupakan proses untuk menyatukan 2 kompenen dengan cara dipanaskan hingga melebur. Pada tahap ini 40% dikerjakan dengan menggunakan tenaga robot dan sisanya 60% menggunakan tenaga manusia. Saat ini 1 line dapat melakukan proses welding untuk 1 model saja. Namun, kedepannya memungkinkan untuk menambah model lain karena lebih fleksibel.

3. Painting (pengecetan)

Di pabrik ini menggunakan 3 coat 1 bake, dimana hal tersebut menjadikannya lebih efisien dan ramah lingkungan. Sedangkan untuk sistem konvensional menggunakan 3 coat 2 bake. Pada tahap ini juga menggunakan robotic spray painting, agar hasilnya lebih berkualitas tinggi dan tentu saja agar lebih efisiensi, mengingat bagian pengecetan merupakan proses yang paling lama.

4. Assembling (perakitan)

Pada proses perakitan menggunakan system barcode, tujuannya adalah untuk menghindari kesalahan jika ada pencarian parts yang sudah terpasang di mobil. Ada juga tahapan kit supply system, yaitu sistem untuk mendukung kualitas dan menghindari kesalahan pemasangan part atau kelalaian dari line operator. 

Pada tahap assembling ini hanya menggunakan 1 robot saja, yaitu untuk pemasangan kaca bagian depan.

5. Pengecekan Keseluruhan Bagian Mobil (Quality Control)

Pada tahap ini dilakukan pemeriksaan dan memastikan tidak ada kerusakan pada bagian luar maupun bagian dalam mobil. Selain itu pada bagian ini juga melakukan pemeriksaan bagian mesin untuk memastikan mesin yang ada, dalam kondisi yang baik dan tidak rusak.

Semua pemeriksaan ini dilakukan, untuk menghasilkan produk yang berkualitas dan memiliki mutu yang baik, demi kenyamanan dan keamanan penumpang yang ada dalam mobil.

Area Test Drive

Setelah melihat proses pembuatan mobil Mitsubishi Xpander tibalah saatnya kami semua berada dilapangan yang cukup luas, dimana sudah tersedia trek khusus untuk melakukan test drive kepada peserta yang hadir dan telah memiliki SIM A. So, mari kita merasakan sensasi dan kenyamanan saat berkendara dengan Xpander ini!!

Berhubung saya tidak memiliki SIM A, jadinya saya cukup menjadi penumpang saja, meskipun sebagai penumpang tapi tetap ada rasa sedikit deg-degan lho! Karena kendaraan yang akan diuji ini nantinya akan melaju kencang, kemudian akan mengerem, lalu melaju kencang kembali, dan juga melaju secara zig zag.


Mitsubishi Xpander saat Test Drive

Mitsubishi Xpander di Jalur Zig Zag
Rasa cemas saya pun berangsur hilang, karena selama saya duduk dibelakang meskipun mobil melaju dengan kencang tapi ternyata Xpander ini tetap stabil dan saya tetap merasa nyaman saat berada didalamnya. Mitsubishi Xpander ini memiliki 2 airbag yang terletak pada bagian pengumudi dan di bangku samping pengemudi.

Selain itu bangku bagian tengah dan belakang juga dilengkapi dengan safety belt, tentu saja hal ini sebagai salah satu kelengkapan untuk kenyamanan dan keselamatan seluruh penumpang yang ada didalamnya. Dengan demikian saat mobil Xpander berada di jalan yang berupa tanjakan dan melewati medan, sebagai penumpang akan tetap duduk dengan nyaman.

Masih saya ingat sensasi ketika dilakukan test drive dimana mobil melaju dengan kencang, dan sang pengemudi mengerem secara tiba-tiba, dengan posisi mobil berhenti namun roda tidak terkunci dan masih dapat dibelokkan sehingga dapat menghindari terjadinya tabrakan. Hal ini karena Xpander telah dilengkapi oleh ABS (Anti Lock Bracking System), sehingga ini akan membuat pengemudi dengan mudah mengendalikan mobil dan peluang sangat besar untuk lolos dari kecelakaan.

Selain itu Xpander juga dilengkapi dengan fitur ESS (Emergency Stop Signal), dimana saat terjadinya pengereman mendadak, maka semua lampu akan menyala berkedip-kedip. Mitsubishi Xpander juga dilengkapi dengan sistem ASC (Active Stability Control), dimana kerja dari fitur ini saat ban mobil kehilangan keseimbangan dikarenakan kondisi jalan yang basah, berpasir dan tidak normal, maka tenaga masing-masing ban akan otomatis tereduksi.

Keseruan saya saat menjadi penumpang, harus disudahi karena harus bergantian dengan peserta lainnya yang juga ingin merasakan sensasi dari kenyamanan mobil Mitsubishi Xpander ini. Sebelum kami kembali kedalam bus, tak lengkap rasanya jika kita tidak mengabadikan keseruan acara ini dengan berfoto bersama sang Ambassador Mas Rifat Sungkar.

So, terima kasih untuk kesempatan yang telah diberikan oleh pihak MMKI dan juga Kompas untuk kunjungan ke pabrik Mitsubishi. Tentunya hal ini menambah pengetahuan dan pengalaman berharga. Now, saya hanya bisa merasakan sebagai penumpang saja, semoga suatu saat kita bisa memiliki dan mengendarai si Xpander mobil Small MPV (Multi Purpose Vehicle) Your Next Generation MPV ini yaa guys! Aamin


Foto All Blogger Kompas.com Bersama Rifat Sungkar


4 comments:

  1. Teknologi ASC itu canggih banget yah, nyaman jika digunakan di jalan2 pegunungan, mobil yang tepat buat para blogger hehehehe

    ReplyDelete
  2. Bener banged Mas, makanya penumpang yang ada didalamnya tetap merasa nyaman dech!!

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, semoga bermanfaat.
Tunggu kunjungan balik saya di Blog kalian.

Salam hangat