Tidak Perlu Meragukan Kualitas Obat Generik, Langkah Baru HJ Generik Kini Dalam Kemasan Biru

20.58 Evi Fadliah 8 Comments

Karena harganya yang relatif lebih murah, banyak yang kemudian tidak percaya dengan obat generik. Kualitasnya dianggap tidak terjamin bila dibandingkan dengan obat paten, padahal hal ini pemahaman yang keliru dan sudah melekat di masyarakat.

Seringkali jika kita diberikan resep oleh dokter, biasanya dokter akan bertanya terlebih dahulu kepada pasien, mau menggunakan obat paten atau obat generik. Padahal kehadiran obat generik harus diakui keberadaanya yang sangat menguntungkan untuk pasien.

Selfie dulu sebelum acara dimulai
Sebagian pasien ada yang beranggapan bahwa obat paten lebih bagus kualitasnya, lebih manjur, dan cepat sembuh, karena obat paten harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan obat generik. Benar nggak siy demikian? Jujur, saya sendiri juga masih sedikit ragu dengan obat generik, sampai akhirnya saya mendapatkan undangan untuk berkunjung ke salah satu pabrik produksi obat generik.

Wah, keraguan saya akan terjawab disini, tepatnya senin, 13 November 2017 berlokasi di Pabrik PT. Hexpharm Jaya Jl. Angsana Raya Blok A3 No. 1 Kawasan Industri Lippo Cikarang. Saya bersama dengan teman-teman blogger lainnya diberikan kesempatan untuk mengunjungi pabrik pembuatan obat generik PT Hexpharm Jaya.

Dalam dunia farmasi dan kedokteran dikenal dua jenis obat yaitu, obat paten dan obat generik. Obat generik pun dibagi lagi menjadi obat generik berlogo dan obat generik bermerek. Ternyata penggunaan obat generik di Tanah Air jumlahnya terus meningkat lho, saat ini penggunaan Obat Generik Berlogo (OGB) di Indonesia telah mencapai 60-70 %. lantas, apa sih perbedaan ketiganya?

Pengertian Obat Paten, Obat Generik dan Obat Bermerek

Jenis Obat Paten dan Obat Generik
Pengertian Obat Paten

Dinamakan obat paten yang diberikan kepada industri farmasi atau obat baru yang ditemukan dan telah melakukan riset terlebih dahulu kemudian diberi hak paten untuk memproduksi dan memasarkan obat tersebut. 

Nantinya obat paten yang telah diberi hak paten tersebut tidak boleh diproduksi dan dipasarkan dengan nama generik oleh industri farmasi lain tanpa izin dari pemilik hak paten tersebut selama masih dalam masa hak paten. 

Sesuai dengan UU nomor 14 tahun 2001 pasal 8 yang menjelaskan tentang paten, dimana masa hak paten umumnya selama 20 tahun dan tidak dapat diperpanjang. Karena harus membayar biaya hak paten dan berbagai promosi, sehingga menjadikan obat paten lebih mahal jika dibandingkan dengan obat generik. 

Pengertian Obat Generik

Obat generik merupakan obat yang telah habis masa patennya sehingga dapat diproduksi oleh semua perusahaan farmasi tanpa perlu membayar royalti Obat generik memiliki efektivitas yang sama dengan obat paten, namun memiliki harga yang jauh lebih murah.

Kenapa harga obat generik lebih murah?

  1. 1. Tidak perlu mengeluarkan biaya untuk melakukan riset penemuan
  2. 2. Tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pematenan obat

Ternyata saat ini yang menjadi permasalahan di tengah masyarakat kita adalah sering dibuat bingung karena ada obat generik berlogo dan obat generik bermerek.

Pengertian Obat Bermerek

Obat generik berlogo (OGB) merupakan obat yang penamaannya disesuaikan dengan zat aktif yang dikandung. Sedangkan untuk penamaan obat generik bermerek disesuaikan dengan keinginan produsen farmasi. Jika dilihat keduanya memiliki kandungan zat aktif dan efektivitas yang sama, namun perbedaanya terletak pada kemasan. 

OGB menggunakan kemasan yang sederhana dibandingkan dengan kemasan obat generik bermerek yang menggunkan kemasan sesuai dengan keinginan produsen. Maka tidak heran jika obat generik bermerek memiliki harga yang relatif lebih mahal dari OGB, namun lebih murah dari obat paten.

Mungkin diantara teman-teman ada yang pernah atau sering menggunakan obat generik? Nah, PT. Hexpharm Jaya (HJ) adalah salah satu produsennya niy!

Sekilas tentang PT Hexpharm Jaya

PT. Hexpharm Jaya (HJ) yang merupakan salah satu anak perusahaan dari PT. Kalbe Farma Tbk, salah satu perusahaan farmasi yang masuk dalam 20 perusahaan farmasi terbesar di Indonesia dan termasuk dalam 3 perusahaan farmasi  yang fokus dalam memproduksi obat generik.


PT. Hexpharm Jaya
Perusahaan HJ juga berkomitmen untuk mensukseskan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang merupakan kebijakan pemerintah dengan memproduksi obat generik yang berkualitas. Sesuai dengan misi mereka, ingin membangun masyarakat yang lebih sehat melalui produk-produk kesehatan yang ekonomis dan berkualitas.

Pada pagi hari itu setibanya kami tiba di lokasi pabrik, kedatangan kami disambut hangat oleh pihak staff karyawan dan segenap jajaran PT. Hexpharm Jaya.

Dalam kegiatan produksinya Pt. Hexpharm Jaya seluruh fasilitasnya telah disesuaikan dengan standar CPOB (Cara Pembuatan Obat yang Baik) yang berlaku. Selain itu HJ selalu berusaha meningkatkan kualitas produk-produk kesehatan yang aman dan berkualitas sesuai dengan standar CPOB. 

Produk-produk yang dihasilkan oleh perusahaan yang sudah berdiri sejak tahun 1971 ini telah lolos BA/BE (Bio Ekivalensi), yang menandakan bahwa obat-obat generik tersebut memiliki kualitas yang baik. Produk HJ yang diproduksi HJ diantaranya : Amoxcilin, Bisoprolol 5 mg, Ciprofloxacin 500 mg, Clopidrogrel 75 mg, Ketokonazole 200 mg, Lansoprazole 30 mg, Meloxicam 15 mg dan Irbesartan 300 mg.

Sekilas tentang Kalbe

PT. Kalbe Farma Tbk, berdiri sejak tahun 1966 dan merupakan salah satu perusahaan farmasi terbuka terbesar di Asia Tenggara. Kalbe memiliki empat divisi utama yang menangani portofolio merek yang handal dan beragam, yaitu :
➮ Divisi obat resep : cefspan, Brainact, Broadced, dan lain-lain
➮ Divisi obat bebas : Woods, Promag, Mixagrip, Komix, Fatigon, dan yang lainnya dan minuman kesehatan : Hydro coco, Extra joss dan Nitros
➮ Divisi nutrisi : Chilkid, Prenagen, Diabetasol, dan lain-lain
➮ Divisi distribusi 

Kalbe saat ini memiliki lebih dari 20 anak perusahaan, 9 fasilitas produksi berstandar internasional dan memperkerjakan lebih dari 17.000 karyawan, yang tersebar di lebih dari 71 cabang di seluruh Indonesia. Lalu pada tahun 1991, saham Kalbe telah tercatat di Bursa Efek Indonesia.


HJ Luncurkan Kemasan Baru Obat Generik

Sebelum kami para blogger yang hadir diajak untuk berkeliling pabrik untuk melihat produksi obat generik HJ secara lebih dekat, Bapak Hari Nugroho selaku Kepala Komunikasi Eksternal PT. Kalbe Farma memperkenalkan jajaran management yang hadir pada pagi hari itu.


Dr. Artati General Manager Medical Dept.
Pt. Kalbe Farma
Hadir sebagai narasumber yang pertama Ibu Dr. Artati General Manager Medical Dept. PT. Kalbe Farma yang akan menjelaskan kepada kita tentang apa itu Obat? Sebenarnya obat itu memiliki 3 nama, yaitu : nama kimia, nama generik dan nama dagang.

Sedangkan obat generik hanya menggunakan nama generik saja dan tidak menggunakan nama-nama yang lain yang perlu dihapal oleh para Dokter. HJ sendiri ketika memasarkan produk obat generik telah memiliki izin BPOM dan memiliki uji yang sama dengan paten yaitu uji bioekuivalent, bisa dikatakan bioekuivalent jika cara, bentuk dan konsentrasi obat maksimal harus sama dengan obat yang dipatenkan.


Uji Bioekuivalent
Ibu Artati juga menjelaskan cara pencernaan obat yang telah kita konsumsi, ketika obat dari mulut masuk kedalam lambung kemudian masuk ke usus, baru diserap dan masuk ke dalam darah. Lalu sisanya akan dikeluarkan melalui fases dan ginjal.

Saat obat masuk ke dalam darah maka kadarnya perlahan naik dan akan mencapai puncaknya setelah 2 jam, istilahnya adalah konsentrasi maksimal (ini contoh proses obat paten). Perlu digaris bawahi pula bahwa reaksi obat akan berbeda dan dosisnya tergantung dari 3 hal, yaitu : genetik, usia dan kehamilan

Jadi selalu perhatikan apa saja yang masuk ke tubuh termasuk obat-obatan. Pilih obat generik itu harus JELI, yaitu :

J : Elas Produsennya
Pastikan diproduksi oleh pabrik farmasi yangtersertifikasi CPOB, berpengalaman dan terpercaya
E : Fektif Khasiatnya
Kualitasnya setara dengan obat paten
L : ihat Kemasannya
Pastikan dalam kondisi terkemas dengan baik dan informasi yang lengkap
I : ngat Belinya hanya di Tempat yang Resmi
Untuk memastikan kualitas dan melindungi dari obat palsu

Selanjutnya Bapak Parlindungan D.S, Site Head PT. Hexpharm Jaya yang menjelaskan keunggulan dari PT. HJ Generikyang telah memiliki sistem yang handal untuk menjamin mutu produk #HJGenerik


Bapak Parlindungan D.S,
Site Head PT. Hexpharm Jaya
PT. Hexpharm Jaya Labs sebagai perusahaan farmasi yang tergabung dalam kalbe group memiliki keunggulan-keunggulan kompetitif sebagai berikut :

1. System yang handal
Untuk menjamin produknya HJ. Generik telah menerapkan Good Manufacturing Practice yang terkini dengan standar PIC/S, Pharmaceutical Inspection Convention/Scheme.

Selain memenuhi kebutuhan dalam negeri sebagian obat-obatan HJ Generik di ekspor ke luar negeri seperti Singapura, Kamboja, Mynmar dan Hongkong, untuk itu agar dapat dipasarkan ke negara-negara tersebut perusahaan wajib memenuhi standar atau regulasi di masing-masing negara tersebut.

2. Infrastuktur yang handal
Mesin-mesin yang digunakan di produksi di desain sesuai dengan teknologi terkini sesuai dengan spesifikasi yang telah ditetapkan oleh Good Manufacturing practice.

Fasilitas Laboratorium yang handal untuk menunjang pemeriksaan produk baik sebelum, selama dan setelah proses produksi dilakukan. Selain itu ada juga Sistem Penunjang seperti HVAC, PWG, Clean Steam IPAL untuk menjamin proses produksi berjalan sesuai speks dan hasil produksi tidak akan mencemari lingkungan.

PT. Hexpharm Jaya Laboratories selalu berkomitmen untuk menghasilkan produk kesehatan yang bermutu melalui berbagai kebijakan, diantaranya :

➮ Penerapan CPOB

➮ Penerapan ISO 9001, ISO 14001 dan OHSAS 18001, Sistem Management mutu ISO 9001 : 2015 merupakan sistem manajemen untuk mutu produk yang diterima diseluruh negara. Perusahan yang telah menerapkan sistem manajemen ini telah terbukti mengendalikan mutu dari produk yang dihasilkannya sesuai dengan spesifikasi yang dipersyaratkan.

➮ Peningkatan yang berkesinambungan, semua level karyawan di HJ. Generik wajib melakukan peningkatan yang berkesinambungan atau continual improvement dari 4 aspek yaitu : Finansial aspek, customer, internal proses dan learning & growth. Perusahaan yakin keseimbangan yang baik dalam ke-4 aspek tersebut dapat membawa perusahaan terus bertumbuh dan berkembang.

➮ Kepuasan pelanggan, ini merupakan hal yang penting bagaimanapun produk yang telah diproduksi oleh HJ. generik dapat memberikan kepuasan kepada pelanggannya.

➮ Pencegahan kecelakaan kerja, penyakit akibat kerja dan pencemaran lingkungan

➮ pemenuhan terhadap peraturan perundangan dan peraturan lain yang terkait keselamatan kesehatan kerja dan lingkungan (K3L)

Semua kebijakan tersebut dilakukan juga sesuai dengan kebijakan pemerintah tentang Jaminan Kesehatan Nasioanal (JKN) yang mendorong pertumbuhan obat generik yang sangat tinggi. Oleh karena itu HJ. generik selalu mengikuti standar mutu yang dimulai dari penelitian dan pengembangan produk, penyedian bahan baku hingga proses produksi untuk menghasilkan produk yang berkualitas.


Warna Desain Kemasan Biru
Obat Generik PT. Hexpharm Jaya
Salah satunya dengan melakukan perubahan warna desain kemasan biru yang telah melalui proses registrasi dan persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Sebelumnya desain kemasan obat generik diatur dengan aksen garis untuk zat aktif tertentu. Kenapa dipilih warna biru pada kemasan?

Karena warna biru melambangkan kenyamanan layaknya sseorang ibu kepada anaknya.

Hal yang tidak kalah pentingnya pabrik HJ. generik ini dilengkapi dengan Building Automation System, dimana jika tekanan udara rendah  makakomputer akan meminta mesin bekerja lebih keras sehingga suhu udara akan menyesuaikan.

Setelah penjelasan dari kedua narasumber. tibalah saatnya saya bersama dengan teman-teman blogger akan jalan-jalan ke dalam pabrik nih. Masuk ke dalam pabrik tidak boleh menggunakan aksesoris dan perhiasan, penggunaan peniti dan jarum pentul juga tidak diperbolehkan.

Saatnya Jalan-Jalan ke Pabrik

Saat masuk ke dalam pabrik kita menggunakan baju produksi yang dilengkapi dengan harnet, shoes cover dan bahu khusus yang benar-benar steril. Semua keamanan ini dilakukan agar kebersihan terjamin bagi proses produksi.

Dalam kunjungan ke dalam pabrik kita terbagi menjadi 2 tim, saya masuk ke dalam kelompok 2 yang dipandu oleh Bapak Erwinanto- Manager Engenering PT. Hexpharm Jaya yang menjelaskan kepada kita semua bahwa air yang digunakan mencapai ph 5-6 dengan menggunakan sumber air dari penampungan Lippo Cikarang. 

Pengelolaan air diproses dengan computerize, sehingga akan mendeteksi dengan baik, dimana dengan kapasitas sebanyak 3000 liter dan kompresor yang digunakan pada pengolahan air juga Oil Free lho! Sehingga zero partikel dan air murni kebersihannya.



Kumpulan Beberapa Foto
saat Keliling Pabrik HJ. Generik
Pada bagian pengolahan air ini mesin0mesin yang digunakan terbagi menjadi 4 bagian, yaitu : Pengolahan air, kompresor angin, penghasil panas (boiler), yang digunakan untuk mengeringkan air dengan proses penguapan dan pengolahan limbah.

Saat masuk ke bagian produksi dengan menggunakan pakaian khusus, ternyata mulai dari penimbangan bahan baku hingga menjadi obat, mesin yang digunakan tidak semua mesin import lho, ada juga mesin yang buatan lokal. jadi tau dunk kenapa obat generik murah, selain karena menggunakan mesin lokal dengan kualitas yang bagus, mesin-mesin tersebut juga dirawat dengan baik sehingga dapat mengefisiensi proses produksi.


Pakaian Khusus saat Berada di Ruang Produksi Pabrik

Ini niy Pakaian Khusus saat Berada di Ruang Produksi Pabrik,
Meskipun Tertutup tapi Tetap eksis
Tetap Eksis
 Meskipun Cuma Kelihatan Matanya Doank
Setelah puas mengelilingi ke dalam pabrik, maka banyak informasi yang saya dapatkan dan ada beberapa catatan yang saya dapatkan dari kunjungan ini :

➧ Pabrik HJ. generik kebersihan lingkungan sekitar dan dalam pabrik sangat terjaga, terbukti sampah-sampah yang ada diklarifikasikan menjadi sampah produksi dan non produksi.
 Bahan baku yang ada didatangkan dari luar negeri diantaranya dari negara India dan China
➧ Obat yang diproduksi oleh HJ. generik ini berlogo K, dimana artinya untuk mengkonsumsi obat tersebut harus berdasarkan resep dari Dokter
➧ PT. HJ Generik menjamin produknya obat yang dibuat tidak mencemari lingkungan dan saat memproduksi menggunakan alat-alat yang tidak terkontaminasi ke dalam kandungan obat.
➧ Kualitas air yang digunakan bagus, dengan kandungan mineralnya telah dihilangkan agar tidak berinteraksi dengan kandungan obat. Tapi perlu diingat airnya tidak bisa diminum oleh manusia, hanya untuk proses pembuatan obat saja.
➧ Vendor yang ada tidak sembarangan, karena sebelum lolos mereka harus melewati uji quality control dari PT. HJ Generik dan untuk pergantian vendor juga tidak bisa sembarangan karena terdata dengan baik.
➧ Mesin-mesin yang ada didatangkan dari Jerman, Italia dan alat-alat canggih lainnya sangat bersih dan 100% wadah bahan baku juga selalu diperiksa.
➧ Untuk ruang logistik memakai sistem terbaik, sampai ke berat timbangan harus sama persis. Apabila beda 0,001 gram saja tidak akan terprint labelnya
➧. Mesin pengemasan obat sangat sensitif dan canggih, sampai jika dalam kemasan terdapat obat yang setengah atau kosong maka oleh mesin akan ketahuan dan akan langsung ke reject.
➧ PT. HJ Generik sebisa mungkin saat membuat obat cukup sekali proses dan harus jadi, sehingga detail pembuatan obat sangat diperhatikan. Apabila dalam jangka 6 bulan masa expired obat, maka obat-obat tersebut akan ditarik dari pasaran.
➧ Yang bikin salut semua limbah produksi HJ. Generik yang dibuang ke penampungan air lippo sudah bersih dan melewati proses limbah, yang nantinya penampungan Lippo Cikarang akan diolah kembali menjadi air bersih, sehingga bisa digunakan kembali oleh umum dan diambil oleh pabrik.


Kumpukan Foto saat Berada di Ruang Pengolahan Obat
So, sekarang nggak ada alasan lagi dunk untuk ragu menggunakan Obat generik, kenapa harus HJ Generik?

1. Memenuhi standar produksi yang ditetapkan pemerintah
2. Setara dengan obat paten
3. Terjamin khasiatnya
4. Di produksi di pabrik yang modern
5. Memiliki rangkaian produk generik yang lengkap

Terima kasih HJ Generik telah menerima kunjungan saya dan teman-teman blogger dan semua informasi yang diberikan sangat bermanfaat. Semoga bisa ada kesempatan kembali untuk kembali ke Pabrik HJ Generik.


Sambutan Pihak HJ. Generik to All Blogger



8 komentar:

  1. Baru tahu kalau obat berlogo Kepala Haris berdasarkan resep dokter. Terimakasih infonya mba.

    BalasHapus
  2. Gue kalo ke dokter juga obat2nya dikasih yg generik. Selain biaya dokternya jadi lebih murah (udah sekalian obat), biasanya kalau udah ke dokter yg pakai obat paten, badan jadi ga mempan lagi makan yg generik. Ternyata bisa lebih murah ini karena udah ga perlu bayar royalti dsb ya. Walau bahan bakunya dari India, tapi obat generiknya bisa ekspor juga ya. Berarti cukup dipercaya ya kualitasnya. Nice visit :D

    BalasHapus
  3. Wah aku penasaran dengan sistem pengolahan airnya mbak. Krn gak ikut ke sana. Aku cuma tahu kran2nya aja krn kyknya di setiap ruang terutama lab ada :D

    BalasHapus
  4. Saya sih tak ragu lagi milih obat generik yang kemasan biru :)

    BalasHapus
  5. Kalau urusan obat kita memang harus jelas produsennya ya.. pt hexpharm sebagai anak perusahaan dari pt kalbe nih dah jelas banget. Produk2 mereka terjamin kualitasnya. Ga ragu lagi deh cari obat generik keluaran pt. Hj.

    BalasHapus
  6. Kalau sudah tahu pengertian generik dan paten. Pasti nggak ragu lagi minta dokter resepkan obat generik. Manfaatkan waktu diruang dokter itu perlu lho.

    BalasHapus
  7. Sekarang jadi makin yakin ya kalau obat generik sama kualitas nya dengan obat paten.

    BalasHapus
  8. Seru banget bisa masuk ke pabrik obat, pakai baju khusus trus bisa liat langsung proses produksinya ya

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, semoga bermanfaat.
Tunggu kunjungan balik saya di Blog kalian.

Salam hangat