Apakah Kamu Content Writer yang Kami Cari?

00.27 Evi Fadliah 4 Comments

Me menikmati Hot Dark Choclate
Hallo Friends apa kabarnya?

Ketika saya menulis dengan penuh rasa percaya diri dan dalam hati mengatakan bahwa apa yang saya tulis ini akan sangat bermanfaat untuk orang lain dan berharap banyak orang yang tertarik untuk membacanya. Yess, tebakan saya meleset, ternyata peminat para pembaca tak terlalu bersemangat untuk klik tulisan saya ini.

But, wait beralih ketulisan saya yang selanjutnya, berita ini terlihat cukup ekslusif dan berkelas, cocok untuk pembaca salah satu portal tempat saya menulis. Yess, lagi-lagi pembacanya tak sebanyak yang saya harapkan, jumlahnya hanya ratusan ribu orang saja yang membacanya.

Okeh, saya mencoba untuk menulis apa yang dekat dengan kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Apa perbedaan orang jaman dulu dengan orang era millenials sekarang ini. Hohoho, pembacanya jutaan orang dan menjadi salah satu artikel dengan nilai tertinggi diantara artikel yang lainnya.

Tak mengira tulisan yang saya pikir hanya sekedar informasi lewat saja, hanya sebuah nyinyiran saja, tapi dibaca dan di share oleh banyak orang. Ilmu dan menjadi penelitian untuk diri saya sendiri dalam melihat gaya tulisan dan mencari tahu genre pembaca saya.

Itu sedikit cerita pengalaman saya saat diberikan kesempatan untuk menulis artikel di salah satu platform terkini yang ada di Indonesia. Menjadi pengalaman tersendiri, dan lebih simple dibandingkan jika saya menulis di blog, karena jumlah kata-katanya memang tak sebanyak ketika menulis di blog pribadi.

One day, munculah informasi di branda facebook saya, mengenai informasi Workshop Content Writer oleh Komunitas Indonesian Social Blogpreneur (ISB), semangat sekali saya membaca pengumuman mengenai informasi tersebut sama semangatnya ketika saya mendaftar untuk terlibat dalam acara ini.


Teh Ani Berta Founder ISB
Tepat hari Jum'at tanggal 20 Oktober kemaren acara workshop ini diadakan dan bertempat di Kantor CNI di Puri Kembangan Jakarta Barat, tebak siapa yang menjadi pembicaranya? Yuhuu, Teh Ani Berta yang merupakan founder dari ISB, satu yang saya tahu setiap workshop yang saya datangi dan menghadirkan Teh Ani Berta sebagai narasumbernya.

Guest What?

Nggak pernah rugi dan nggak pernah menyesal, karena setiap materi yang beliau sampaikan dan pengalaman yang beliau bagikan menjadi informasi yang bermanfaat untuk terus meningkatkan kemampuan kita dalam dunia menulis.

Banyak pelajaran yang bisa saya ambil dan saya terapkan dalam menulis, meskipun semua itu belum maksimal. Tapi Teh Ani selalu berpesan jangan menyerah dan terus upgrade diri untuk belajar dan bertanya kepada yang lebih tahu dan memiliki banyak pengalaman, baik di dunia menulis, jurnalis, media sosial dan lainnya.

Lantas, sebenarnya kali ini kita mau belajar tentang apa siy? Qo, saya sampe tertarik githu!

Content Writer.. Apa yang kamu ketahui tentang Content Writer guys?
Berbekal sedikit penglaman saya yang lalu, menurut hemat saya content writer itu menulis di platform.

Jelas sekali berdasarkan pengetahuan yang minim mengenai tema ini, rasanya memang sangat tepat saya nyemplung di work shop ini. Jangan pernah untuk menyia-nyiakan kesempatan yang ada, kelak kau akan menyesal anak muda. Ciyee yang masih muda!

Latar Belakang

Baiklah dimulai dengan mencari tempat duduk barisan depan, karena tempat menunjukan prestasi guys! Selanjutnya mendengarkan pemaparan dari Teh Ani perihal latar belakang kenapa istilah atau profesi seorang content writer itu muncul dipermukaan.

Sebelumnya beberapa bulan belakangan ini, kata-kata seperti Blogger, Buzzer, Influencer, Reviewer begitu dekat di telinga saya, dan ada satu kata yang hampir semuanya senang jika mendengar ucapan ini, yaitu invoice cair. Yuhuu, belanja kita. Heheh

Jadi, ternyata kemajuan teknologi saat ini ikut ambil peran dalam perkembangan dunia content writer, karena di dasari beberapa hal berikut :

1. Pertumbuhan era digital, yupp pertumbuhan sangat cepat dan tak bisa kita hindari
2. Kebutuhan informasi meningkat, hal ini sangat saya rasakan sekali dengan kecanggihan smart phone yang kita miliki saat ini, membuat siapapun ingin mendapatkan informasi dengan cepat, tepat dimanapun dan kapanpun
3. Setiap perusahaan dan organisasi perlu informasi dan publikasi kegiatan

tau dunk, sekarang ini bukan hanya transportasi online dan tempat nongkrong enak saja yang berjamur, tapi media online dan website institusi juga nggak kalah banyak. Belum lagi para publik figur yang tidak memilki kemampuan menulis.

Mungkin mereka menguasai berbicara di depan orang banyak, berakting di depan kamera, tapi menulis sebuah artikel bahkan menceritakan tentang dirinya sendiri dalam tulisan belum tentu mereka kuasai. 

Nah, inilah yang menjadi penyebab mengapa kebutuhan akan penulis itu meningkat, kebutuhan akan produksi pun juga ikut meningkat, ternyata disebabkan oleh beberapa faktor yang telah saya sebutkan diatas tadi.

Ambil contoh, publik figur di Indonesia, yang kita kenal lewat layar kaca atau media, ketika ingin menceritakan perjalanan karir mereka, apa mereka mampu menulis dan menjadikanya sebuah buku biografi mereka? 

Belum tentu, publik figur biasanya memiliki begitu banyak cerita yang ingin disampaikan dan dibagikan kepada penggemar mereka dalam sebuah tulisan, tapi  mereka tak mampu untuk merangkainya dalam kata-kata, disinilah peran seorang penulis sangat membantunya.

Sejauh ini, saya telah memaparkan mengenai latar belakang dari content writer, lalu buat kalian yang masih bingung apa siy arti dari content writer itu? Apakah sama dengan Copywriter?

Begini ulasannya, dibaca terus ya Friends!

Apa itu Content Writer?

Merupakan bagian dari content creator, namun ini lebih spesifik, yaitu biasanya membuat konten berupa tulisan. Nantinya konten tersebut bisa untuk berbagai jenis media dan platform, namun pada umumnya siy platform digital. 


Me dengan Keinginannya Untuk Menjadi Content Writer
 Jadi jika menjadi seorang content writer kita harus bisa memberikan informasi kepada pembaca, dan sebisa mungkin tulisan kita harus memberikan informasi untuk pembaca, mendidik dan juga harus membuat pembaca merasa terlibat dengan alur tulisan kita alias harus ada engage.

Sedangkan seorang copywriter yang saya tahu itu, membuat tulisan yang mampu membuat pembacanya tertarik dan pada akhirnya membeli sesuatu produk yang ditawarkan.


Sekilas, terlihat mudah ya guys tugas dari seorang content writer itu? Padahal ada banyak hal yang mesti kita lakukan dan perhatikan pada saat mengisi konten di website, antara lain :

➮ Minimal penulisan 500 kata dan maksimal 1000 kata
➮ Sesuaikan gaya penulisan dengan ciri khas website portal
➮ Tulisan reportase yang artinya kita harus merujuk kepada 5 W (who, What, Where, when dan Why) 
➮ Atur jadwal update sesuai kesepakatan kerjasama
➮ Isi kanal-kanal webite sesuai kategori yang kita kuasai
➮ Masukan key words yang tepat
➮ Baca kembali setelah menulis draft, jangan sampai ada yang typo yah!
➮ Foto high resolution

Kalau melihat penjelasan diatas sepertinya setiap orang bisa menjadi content writer ya? Kuncinya adalah kita mau terus belajar, yang bisa kita dapatkan dari workshop seperti ini, bisa dari talk show, bisa dengan melakukan wawancara narasumber, bisa juga dengan membaca buku, majalah, surat kabar atau melalui diskusi forum secara live.

Yang tak boleh kita tinggalkan adalah banyak membaca tentang tulisan yang ada dalam website atau platform tersebut. satu hal yang tak boleh ketinggalan memiliki peralatan yang menunjang untuk meliput suatu event atau acara.

Setelah penjelasan diatas, bagaimana kita bisa menjadi seorang content writer yang baik? Perhatikan beberapa hal yang sebaiknya kamu ketahui guys!

1. Teknik penulisan dasar

Siapa saja bisa jadi paham dengan teknik penulisan, paling tidak paham Ejaan Bahasa Indonesia (EBI) yang baik. Semakin berkualitas konten yang kita buat dengan penulisan yang baik, maka akan semakin mendapatkan impresi atau timbal balik dari pembaca.

2. Gaya Penulisan

Biasanya banyak media online yang menginginkan gaya penulisan yang lebih santai dan story telling dan ini biasanya yang dimiliki oleh para blogger. Alasannya jika tulisan terlalu formal, khawatir akan membuat para pembaca cepat merasa bosan.

3. Jumlah kata

Kebutuhan banyaknya kata ini tergantung kepada perusahaan dan disesuaikan dengan kebutuhan. Normalnya bisa paling sedikit 300 kata dan paling banyak 1000 kata.

4. Kenali SEO

Meskipun optimasi SEO biasanya siy ditangani oleh pemilik situs web atau tim lain, namun harap diingat bahwa konten yang kita tulis akan tetap diindeks oleh mesin pencari. 

5. Riset

Terkadang ketika diminta untuk menulis tentang tema yang tidak kita kuasai, oleh karena itu biasakan melakukan riset terlebih dahulu sebelum menulis, agar apa yang kita sampaikan kepada pembaca harus berdasarkan fakta.


Guys! 

Tertarik untuk menjadi content writer? Ikuti langkah ini terlebih dahulu, agar bisa menjadi kontributor di sebuah website;

➧Tentukan tujuan : Kamu menjadi content writer untuk mendapatkan penghasilan atau memang sukarela saja.
➧ Cari tahu terlebih dahulu website atau portal yang akan kita minati.
➧ Ajukan proposal penawaran.
➧ Awali dengan mengisi konten gratisan, gunanya sebagai porto folio kita
➧ Manfaatkan kanal citizen journalism di  media mainstream : Kompasiana, Indosiana, detik, Citizen 6 dan lain-lain
➧ Promosikan hasil tulisan kita di media sosial

Terlihat mudah bukan?

Asalkan kita mau terus belajar dan mengembangkan networking kita, pasti kesempatan itu akan datang. Kita yang harus menciptakan, jangan hanya menunggu kesempatan itu datang ya guys.

Sekecil apapun yang kita lakukan di muka bumi ini, pasti akan mendapatkan balasan, begitu pula jika kita menekuni dunia content writer ini akan mendatangkan manfaat untuk diri kita. Apa saja benefitnya? Bisa dijadikan sebagai branding diri kita, dapat dimasukan dalan porto folio, terkadang bagi yang suka menulis bisa dijadikan hobi tapi menghasilkan.

Sunguh luar biasa jika kita bisa menjadi social entrepeneur, yang paling penting tulisan kita dapat bermanfaat untuk orang banyak. Jangan lupa untuk terus upgrade ilmu setiap saat dan meningkatkan wawasan serta skill kita.

More info about geraicni.com

Jika semua itu sudah kita kuasai, apakah kamu sudah siap untuk menjadi content writer di CNI? Karena CNI merupakan bisnis MLM yang terus meningkatkan layanan digital agar tetap eksis dan terus berkembang di tengah maraknya kompotitor bisnis yang sama.

Talk show yang diadakan oleh CNI Indonesia ini dari tanggal 18-22 Oktober 2017 mengangkat tema IDEA PRENEUR jadi Entrepreneur hebat dengan memanfaatkan Dunia Digital. Dalam rangka HUT CNI ke-31 #HUTCNI31 ini banyak sekali gelaran yang bertajuk CNI Expo 2017.


Bapak Gusti Perwakilan dari Pihak CNI Indonesia
Pada kesempatan kali itu Bapak Gusti sebagai perwakilan dari pihak CNI Indonesia menceritakan sekilas tentang bisnis CNI dan perkembangannya hingga saat ini. 

Jika diantara kalian yang mau bergabung bersama CNI namun malu untuk door to door, maka tidak perlu khawatir karena kita bisa memanfaatkan geraicni.com, apa saja yang bisa kita temukan disini?

Pada gerai CNI merupakan satu fasilitas yang diberikan oleh pihak CNI berupa "Toko Online CNI" yang menjual produk-produk untuk dapat dimanfaatkan oleh seluruh anggota CNI maupun konsumen (dari anggota CNI) untuk berbelanja secara online. 

Lantas apa manfaatnya jika kita menggunakan geraicni.com ini? banyak sekali, diantaranya :

1. Bisa melakukan transaksi selama 24 jam, 7 hari seminggu
2. Dapat bertransaksi atau berbelanja kapan saja dan dimana saja
3. Proses belanja, hingga proses pembayarannya sangat mudah
4. Banyak pilihan untuk melakukan pembayaran transfer
5. Biaya pengiriman relatif murah, karena akan dikirim dari 10 kota terdekat kota tujuan anda
6. Menggunakan jasa pengiriman ternama yaitu JNE

Berdasarkan riset Frontier menjadi produk paling dipercaya oleh publik. Karena dunia terus berubah namun, hanya bisnis CNI yang mampu memberikan income atau penghasilan pasti. Semakin besar jaringan kita maka akan semakin besar juga income yang kita dapat bersama CNI.

Jadi mana yang kamu pilih mau bergabung menjadi member CNI atau menjadi Content Writer di CNI? So are you ready for the next content writer? Mulai sekarang siapkan bank foto ya!

Harapan Baru, CNI Pasti


Penghargaan yang Telah Diraih CNI Indonesia


Penghargaan yang Telah Diraih CNI Indonesia
Akun Sosmed CNI INdonesia :

Twitter : @CNI_ID
IG : @cniindonesia
FB : CNI IIndonesia


4 komentar:

  1. Semangat ya Mba Evi dan mudah2an tulisan ini banyak dibaca juga aamiin hehehe

    BalasHapus
  2. iya ya public figure yang jago public speaking seperti Merry Riana bisa saja kurang terampil menulis atau udah ga sempat saking sibuknya. Nah di sini guna content writer.

    BalasHapus
  3. CW kalo ditekuni bisa menghasilkan banget. Ga nanya itu, banyak banget untungnya dan nambah wawasan selain dapat banyak teman dan relasi.

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, dan memberikan coment mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.