Kementerian Kesehatan : 5 Alasan Mengapa Harus Mengkonsumsi Sayur dan Buah Setiap Hari

18.27 Evi Fadliah 8 Comments

Buah-Buahan Segar yang Dapat Kita Konsumsi Setiap Hari (Dok.Pri)

  Hallo teman-teman, apa kabarnya?

Kalian ada di kubu mana niy, Pecinta buah atau sayur? Saya siy, hadir di barisan yang paling depan untuk Vegetables and Fruits Lover. Pasti kita semua sudah tau manfaat dari mengkonsumsi buah dan sayur, namun sayangnya masih saja yang tidak suka. Selain itu masih banyak yang menganggap buah dan sayur bukan prioritas yang harus ada dalam setiap menu makanan, sehingga tidak dikonsumsi secara teratur.
Ternyata masih banyak pula yang menganggap harga buah dan sayur mahal harganya, padahal banyak buah lokal yang dijual di pasar dengan harga terjangkau, seperti buah pepaya, jambu biji, pisang, apel dan masih banyak lagi buah yang lainnya. Padahal jika kita lihat, hasil penilitian secara medis telah membuktikan bahwa jika kita rutin konsumsi buah dan sayur akan memiliki kekuatan dan ketahanan tubuh tiga kali lebih besar, dibandingkan dengan orang yang hanya rutin konsumsi makan daging.

Mengapa harus makan sayur dan buah setiap hari?

Berdasarkan Data Riset Kesehatan Dasar tahun 2013 menyatakan sebanyak 93,5% penduduk Indonesia berusia diatas 10 tahun masuk dalam kategori kurang makan buah dan sayur. Sehingga penyakit tidak menular saat ini banyak diderita oleh kaum urban dan mulai banyak ditemukan di kelompok usia muda dan produktif (15-64 tahun). Padahal sebagian besar penyakit tidak menular dapat dicegah dengan perubahan pola makan dan gaya hidup.

Perubahan yang seperti apa? Pastinya rekomendasi perubahan disini adalah pola makan yang dimaksud yaitu dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Fakta lain yang ditemukan dari Departemen Pertanian tahun 2013 menunjukan konsumsi sayur penduduk Indonesia hanya sebanyak 40,35%/kapita/tahun, sedangkan konsumsi buah sekitar 34,55 kg/kapita/tahun. Tentu saja, angka ini masih rendah jika dibandingkan dengan anjuran Food dan Agriculture Organization yaitu konsumsi sayuran idealnya 91,25% kg/kapita/tahun dan buah 73 kg/kapita/tahun. 

Kita ketahui, bahwa sayur dan buah dua hal yang tidak bisa terpisahkan. Keduanya mengandung vitamin dan mineral, serta serat yang dibutuhkan oleh tubuh setiap hari. Beberapa protein dan mineral penting yang terkandung dalam sayur dan buah, yaitu : Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, magnesium, seng, kalium, fosfor dan asam folat. Dimana semua kandungan tersebut dapat memenuhi kandungan nutrisi kita, dan dapat mencegah berbagai macam penyakit.

Informasi mengenai manfaat konsumsi buah dan sayur setiap hari, saya dapatkan ketika menghadiri undangan dari Kementrian Kesehatan dalam rangka peringatan Hari Buah Sedunia 2017, pada hari kamis tanggal 13 Juli 2017, bertempat di RPTRA Teratai Tebet, Jl. Tebet Timur raya No. 10 Tebet Timur.

Narasumber : dr.Lily S. sulistyowati, MM- direktur direktorat Jenderal
Pencegahan dan Penfendalian Penyakit Tidak Menular dan
dr. Flastusi Witjaksono MSC, MS, Sp.GK-Dokter Spesialis Gizi Klinis

Dalam acara ini hadir sebagai pembicara : dr.Lily S. sulistyowati, MM- direktur direktorat Jenderal Pencegahan dan Penfendalian Penyakit Tidak Menular, dr. Flastusi Witjaksono MSC, MS, Sp.GK-Dokter Spesialis Gizi Klinis dan Chef Eddrian tjahia.

Berapa banyak sayur dan buah yang harus kita konsumsi setiap hari?

World Health Organization (WHO) merekomendasikan 400 gram buah dan sayur per hari, sedangkan Kementerian Kesehatan melalui Pedoman Gizi Seimbang, Undang-Undang Kesehatan No. 36 tahun 2009 merekomendasikan konsumsi 3-5 porsi sayur dan 2-3 porsi buah per hari.

Dimana ukuran satu porsi buah yaitu satu potong ukuran besar seperti buah melon dan semangka, atau satu buah ukuran sedang seperti apel dan pir, atau 10 buah ukuran kecil seperti anggur dan kelengkeng. Sedangkan untuk ukuran satu porsi sayuran yaitu satu mangkuk ukuran sedang.

Namun, pada kenyataanya jumlah ini masih terlalu banyak untuk porsi masyarakat Indonesia. Padahal kita dapat mensiasatinya dengan memasukannya dalam menu makan kita sehari-hari. Dalam kesempatan ini juga diinformasikan, kapan waktu yang baik untuk mengkonsumsi buah dan sayur? Apakah setelah makan atau sebelum makan menu utama? Pada dasarnya, mau makan buah setelah atau sebelum makan boleh-boleh saja. 

hal tersebut bisa dilihat dari kebutuhan kita, apabila bagi kita yang memiliki berat badan ideal baiknya mengkonsumsi buah setelah makan itu baik, sedangkan untuk yang sedang menjalani diet, makan buah sebelum hidangan utama, itu sangat disarankan, agar kita lebih merasa cepat kenyang.

Yuuk, kita bahas manfaat konsumsi buah dan sayur

5 Alasan kita harus mengkonsumsi buah dan sayur :

1. Terhindar dari berbagai macam penyakit

Seperti penyakit hipertensi, kanker, diabetes, dan gangguan pencernaan. Karena berdasarkan penilitian dengan mengkonsumsi buah dan sayur sebanyak 5 porsi dalam sehari dapat mengurangi resiko terkena penyakit tersebut.

2. Berat badan dapat terkontrol

Bagi kita yang sedang melakukan diet atau ingin memiliki berat badan yang ideal, konsumsi buah dan sayuran sangatlah baik. Karena kandungan serat yang terdapat pada buah dan sayur dapat membantu kita merasa lebih cepat kenyang, sehingga mengkonsumsi cemilan yang berkalori tinggi dapat lebih terkontrol.

3. Mencegah penyakit usia

Masa siyy, qo bisa yahh? Hal tersebut, karena di dalam buah-buahan yang mengandung antioksidan flavonoid bernama anthocyanin dapat membantu mencegah penyakit yang berkaitan dengan usia, serta penyakit serius lainnya, seperti kanker, diabetes dan penyakit jantung. Kandungan Anthocyanin sangat mudah ditemukan pada buah yang berwarna merah atau biru, seperti strawberry, blueberry, berry dan kubis merah.

4. Bagus untuk pencernaan

Tingginya serat dalam 5 porsi buah dan sayur sangat bagus sehingga proses metabolisme bekerja dengan lancar. Sehingga proses buang air besar pun jadi lancar dan mudah, yang dapat mencegah kita dari penyakit wasir.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

bukan hanya pemaparan tentang manfaat konsumsi buah dan sayur saja yang kita dapatkan pada hari itu, tapi ada demo masak juga dari Chef Eddrian Tjahia, yang sudah malang melintang di TV nasional. Menu yang dibuatnya pun sangat sehat dan pastinya ada kandungan buah dan sayur pada resep masakan yang dibuat saat itu. Tapi mohon maaf ya teman saya lupa catat, jadi saya bagikan hasil foto masakannya saja yahh..! heheheh

Chef Chef Eddrian Tjahia Bersama 2 Narasumber lainnya
(Dok.Mba Frieda)

Hasil Menu Masakan Chef Eddrian Tjahia (Dok.Pri)

Penghujung acara juga diadakan lomba untuk membuat bento buah yang terdiri dari 5 orang dalam setiap group, dan beruntungnya group saya bersama teman-teman blogger yang hadir pada hari itu mendapatkan juara ke-2. Tema bento yang kami buat atas inisiatif dari rekan Mbak Eni Martini, yang menamakan sate bento dan perahu layar.. So kreatif ya Mba Eni ini.

Juara 2 Lomba Membuat Bento Buah (Dok.Mba Frieda)
Dengan makan buah dan sayur maka tubuh kita akan lebih segar dan enerjik. Mengkonsumsi buah dan sayur pun dapat membantu kita dari proses pemulihan setelah sakit. Makanya tidak heran ketika kita menjenguk kerabat atau sanak saudara membawakan buah-buahan untuk diberikan.

Itulah beberapa manfaat dan alasan kenapa kita harus mengkonsumsi buah dan sayur, agar kita terhindar dari berbagai macam penyakit dan tubuh kita bisa tetap fit dan bugar. Jangan lupa untuk membiasakan memberikan buah dan sayur kepada anak kita sejak dini, kelak bertambah usianya nanti sudah terbiasa dan suka makan buah dan sayur.

Jangan lupa untuk membiasakan pola hidup sehat everyone..!!












8 komentar:

  1. Nice writing, Mbak! Jadi pengin nanem buah dalam pot. (Maunya sih di lahan yang lumayan, cuma ngga ada lahan luas. xixi...) Soalnya biar bisa konsumsi buah tiap hari, minimal sering2, ya. Kayak orang desa jaman dulu. Sekarang bagi sebagian orang beli buah rasanya berat di ongkos duluan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mbaa.. TulisanMu pun keren Mbaa

      Setuju tuch Mba, nanem buah sendiri di perkarang rumah pasti serru banged, tapi sayang yaa lahannya gak ada. Apa kita nanem barengan ajah ya Mba dalam pot. Heheheh
      Semoga ajah ongkos buat beli buah ada teruss ya Mbaa.. Aamin

      Hapus
  2. buah dan sayur kaya manfaat banget... saya setiap hari selalu konsumsi sayur. kalo buah agak jarang. wkwkwk.. soalnya mahal. ato kalo g ya kalo dah panen pepaya, srikaya, mangga, dan pisang di rumah baru deh konsumsi rutin mpek abis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa bener manfaatnya banyak Mas Uwan, tapi sayang ya masih banyak masyarakat kita yang belum mengkonsumsinya setiap hari.. Wahh enak dunk bisa panen buah punya sendiri, jadi bisa rutin makan buahnya.

      Sayang jauh, kalau deket bagi hasil panen buahnya boleh ya Mas.. heheheh

      Hapus
  3. Aku kubu pecinta buah, mbak.��
    Tapi kurang suka sayur yang dimasak gitu aja. Kalo diolah dgn kreatif, kyk pecel ato gado2 aku masih mau makannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheheyy.. Sama kita Mbak, aku pun pecinta hampir semua buah.
      Nah, kalau sayuran diolah menjadi pecel dan gado-gado, alias saladnya orang Indonesia itu udah pasti enak ya Mbak, jadi pasti banyak orang yang suka.

      Hapus
  4. Saya team buah. Suka bgt, malah
    Penting bgt utk pelengkap nutrisi karna kandungan vitamin dan mineral yg baik utk melengkapi pola hidup sehat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assik tim buahnya banyak, Toss lah kita Mba Siti, tapi tetap makan sayuran juga khan Mba..! Betul banged kandungan nutrisi yang terdapat pada buah dan sayur udah yang paling tepat dech untuk memenuhi kebutuhan nutrsi dan menjaga pola hidup sehat kita.

      Jangan sampai ketingglan ya Mba makan buah dan sayurnyaaa..

      Hapus

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, dan memberikan coment mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.