Tips Mudik Selamat, Aman dan Nyaman Lewat Jalur Udara

23.45 Evi Fadliah 10 Comments


Hallo teman-teman apa kabarnya?

Siapa yang sudah siap-siap untuk Mudik ke kampung halaman? Karena beberapa hari lagi umat muslim di seluruh dunia akan merayakan hari kemenangan setelah 1 bulan lamanya berpuasa. Banyak sekali tradisi yang ada di Indonesia saat menjelang lebaran, mulai dari membuat kue kering, ketupat, THR, halal bihalal, takbir keliling, tradisi lebaran dengan pakai baju baru boleh lah jika kita ada uang lebih yahh, tapi ini gak harus qo. Tentunya yang paling menjadi sorotan adalah tradisi Mudik.

Faktanya tradisi mudik merupakan tradisi terbesar di hari raya Idul Fitri bagi masyarakat Indonesia, hal ini disebabkan banyaknya para perantau, baik dari luar kota maupun luar pulau untuk mencari nafkah jauh dari kampung halamannya. Sehingga tradisi Mudik di hari Lebaran tidak akan pernah terlewatkan dari tahun ke tahun.

Apalagi libur Lebaran biasanya akan lebih panjang jika dibandingkan dengan hari-hari libur lainnya, dan hal inilah yang banyak dimanfaatkan orang-orang untuk pulang ke kampung halaman. Moment inilah yang kerap kali menjadi ajang untuk bertemu dengan orang tua dan keluarga besar di kampung halaman. Biasanya di hari lain kita sudah disibukkan dengan kegiatan dan pekerjaan masing-masing, sehingga mudik Lebaran menjadi hal yang banyak dinanti-nanti oleh banyak orang.

Begitu banyak moda transportasi yang dapat kita gunakan untuk pulang ke kampung halaman, bisa melalui jalur darat, jalur laut dan jalur udara dan pastinya kita harus benar-benar memikirkan alat transportasi yang akan kita gunakan untuk Mudik. Jangan sampai waktu mudik kita dihabiskan di jalan. Jika sebelumnya bus dan kereta api merupakan moda transportasi mudik yang paling popular karena relatif lebih murah.

Namun sejak tahun 2010 peningkatan penumpang Mudik dengan menggunakan pesawat terbang semakin meningkat. Nah #SobatAviasi sebutan untuk komunitas yang dibentuk oleh Direktorat Jendral Perhubungan Udara Kementrian Perhubungan, dalam komunitas ini biasanya kita akan mendapatkan informasi dan edukasi mengenai dunia Aviasi atau Penerbangan. Harapannya supaya semakin banyak masyarakat Indonesia yang gabung di #SobatAviasi kesadaran untuk keselamatan, ketertiban dan kenyamanan dalam dunia transportasi udara di Indonesia semakin meningkat.

#SobatAviasi berikut beberapa keuntungan menggunakan Pesawat Terbang untuk transportasi Mudik Lebaran :

1. Cepat Sampai

Moda ini dipilih biasanya lantaran dapat menempuh jarak jauh dengan lebih cepat, para pemudik tidak menghabiskan banyak waktu di jalan. Banyak para pemudik rela untuk mengeluarkan uang lebih banyak supaya bisa lebih cepat sampai di kampung halaman. Contohnya saja jika mudik ke Balikpapan jika menggunakan pesawat kita hanya menghabiskan waktu untuk duduk di dalam pesawat kurang lebih selama 2 jam, sedangkan jika kita menggunakan jalur darat perlu menghabiskan beberapa hari di jalan.

2. Lebih Aman

Keamanan barang bawaan kita saat Mudik dengan menggunakan pesawat dijamin lebih aman, dikarenakan setiap barang bawaan penumpang dilakukan pengecekan yang lebih ketat, jadi tak perlu khawatir dengan barang-barang bawaan penumpang lain yang berbahaya.

3. Lebih Nyaman

Jika kita menggunakan moda pesawat terbang maka kita akan mendapatkan ruang yang berAC, tempat duduk yang nyaman karena jumlah penumpang yang tidak melampaui batas, selain itu kita juga mendapatkan pelayanan yang prima dari para kabin profesional, tiga hal ini rasanya cukup menggambarkan kenyamanan mudik dengan pesawat.

4. Anti Macet

Sudah pasti jika kita menggunakan pesawat tidak akan menemukan kemacetan yang kerap diwarnai juga dengan bunyi klakson, debu dan asap knalpot kendaraan. Dengan naik pesawat juga bisa mengurangi tingkat stress kita karena mengalami antrian.

5. Maskapai sering mengadakan promo

Biasanya banyak sekali maskapai yang memberikan promo lebaran, jika kita tidak mau kehabisan tiket alangkah lebih baiknya jika kita booking tiket sejak jauh-jauh hari.



Khusus menyambut arus mudik dan balik lebaran tahun 2017 ini, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Perhubungan telah menyiapkan sarana dan prasarana transportasi udara, agar masyarakat dapat melakukan perjalanan dengan nyaman, lancar dan selamat hingga tujuan.

Selain itu berdasarkan data pertumbuhan penumpang pada periode sebelumnya di tahun 2016, diperkirakan pada lebaran tahun 2017 ini akan terjadi kenaikan jumlah penumpang sebesar 9,8%. Hal ini dikarenakan minat masyarakat menggunakan angkutan udara sebagai moda transportasinya semakin besar.


Untuk teman-teman yang memilih jasa transportasi pesawat terbang sebagai sarana mudik, berikut ini adalah tips selamat, aman dan nyaman lewat jalur udara :

➮ Beli tiket jauh hari sebelum lebaran



Jika kita sudah matang untuk merencanakan mudik dengan moda transportasi udara sebaiknya kita pesan tiket lebih awal atau jauh-jauh hari dari sebelum hari keberangkatan agar kita tidak khawatir kehabisan tiket. Karena tingginya transportasi udara pada saat arus mudik tentunya akan berpengaruh pada ketersedian tiket. Meskipun pada saat mudik biasanya jumlah kursi yang dialokasikan akan lebih banyak dari hari sebelumnya.

Sebaiknya kita memesan tiket untuk berangkat dan kembali alias tiket PP sekaligus untuk lebih ekonomis. Jika ingin lebih murah lagi kita bisa melakukan pemesanan tiket di loket penjualan resmi atau di biro perjalanan. Apalagi jika kita beruntung bisa mendapatkan harga tiket pesawat dengan harga yang lebih murah dari pemesanan secara online yang sedang mengadakan promosi.

Kita juga harus mengetahui tips membeli tiket online, apalagi dengan perkembangan teknologi saat ini semakin memudahkan kita untuk mendapatkan tiket perjalanan pesawat udara. Caranya kita bisa menggunakan smartphone, kemudian mengunjungi situs website biro perjalanan yang terpercaya atau bisa juga langsung pada maskapai pilihan.


Kemudian kita isi data penumpang sesuai dengan kartu identitas (KTP, SIM, Paspor), jangan lupa mencantumkan nomor telepon yang aktif serta alamat e-mail pada formulir pembelian. Jangan lupa untuk memastikan nama bandara serta kota tujuan kedatangan dengan teliti. Setelah kita melakukan pembayaran, tiket elektronik pun diterima. Sehingga pada saat kita check-in di bandara tidak perlu lagi membawa- bawa kertas tiket.


➮ Berangkat lebih awal dari rumah

Untuk menghindari macet di perjalanan menuju bandar udara, sebaiknya kita berangkat dari rumah lebih awal dan biasanya setiap maskapai penerbangan mewajibkan para penumpangnya untuk check-in 1 jam lebih awal dari keberangkatan pesawat sesuai dengan yang tertulis di tiket. Untuk kendaraan menuju bandar udara kita bisa memanfaatkan taksi yang menggunakan sticker Airport Taxi, bisa juga menggunakan bus dumri yang sudah tersedia di beberapa titik, atau kita bisa diantar oleh keluarga hingga terminal. Semua biaya perjalanan tersebut kita anggap sebagai biaya tambahan Mudik Lebaran.


Agar semuanya berjalan dengan lancar, sebaiknya kita ingat panduan 3-2-1 berikut ini :

  • 3 Jam sebelum waktu penerbangan, usahakan kita telah sampai di bandara dan siap untuk melakukan pemeriksaan barang bawaan.
  • 2 Jam sebelum waktu penerbangan, lakukan proses check-in atau kita bisa menggunakan fasilitas check-in online.
  • 1 Jam sebelum waktu penerbangan, Pastikan kita sudah berada di waiting room gate yang sesuai dengan penerbangan kita (Dapat kita lihat pada keterangan boarding pass).

➮ Bawalah koper atau ransel yang ringan



Sebaiknya kita mengemas barang bawaan dalam satu tas saja, karena semakin sedikit barang bawaan kita maka akan memudahkan kita dan semakin praktis. Karena kita sedang mudik dan bukan sedang pindah rumah maka tas besar sebaiknya dititipkan dibagasi saja sedangkan tas kecil bisa dijinjing dan dibawa ke kabin pesawat.

Gunakan koper atau ransel yang nyaman saat kita gunakan nanti dan pilihlah warna koper yang mencolok agar mudah kita kenali dan tidak tertukar dengan penumpang yang lain. Biasanya kita bisa menandai koper atau ransel kita dengan sesuatu yang mudah kita kenali, hal ini juga agar kita tidak bingung saat harus mengantri mengambil di bagasi.

Selain itu kita juga harus memperhatikan barang-barang bawaan kita agar tetap rapi dan mudah kita cari saat ingin digunakan nanti. Meskipun sepele namun pada saat packing kita membutuhkan cara-cara yang jitu lho, simak kiat-kiatnya dibawah ini yahh #SobatAviasi :


- Pilih pakaian yang multifungsi untuk meringankan bawaan kita
- Sebaiknya pakaian yang tahan kusut bisa terlebih dahulu di gulung, seperti kaos, celana jeans dan celana bahan
- Selipkan barang berukuran kecil, misal kaos kaki, pakaian dalam di bagian kosong koper kita
- Setelah semua pakaian kita tersusun rapi, tutup tumpukan tersebut dengan menggunakan plastik agar terhindar dari noda dan basah
- Ikat pakaian yang sudah kita letakkan dalam koper
- Hindari menyimpan perhiasan atau barang berharga lainnya di dalam koper, untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan kelak

Perlu diingat juga periksa kembali barang bawaan kita jangan sampai bobotnya melebihi berat dari ketentuan bagasi yang telah ditetapkan oleh maskapai. Karena jika hal itu terjadi kita akan dikenakan biaya tambahan. Selain itu semua, kita juga harus memperhatikan barang-barang yang dibatasi dalam penerbangan. Setiap benda tajam yang termasuk dalam bagasi terdaftar harus dibungkus dengan rapi karena barang-barang tersebut tidak diijinkan untuk dibawa masuk kedalam kabin pesawat.

➮ Melindungi barang bawaan saat di bandara

Biasanya karena kita suka asik dengan gadget atau mengobrol dengan teman, membuat kita lengah terhadap barang-barang bawaan kita, untuk itu kita harus perhatikan tips dalam #infografis ini dengan seksama 

Selain itu sebaiknya saat memasuki area terminal keberangkatan untuk keselamatan diri sendiri dan orang lain sebaiknya kita mematikan ponsel, hal tersebut juga untuk menghormati yang lain. Untuk menjaga keselamatan dan keamanan perjalanan penerbangan, sebaiknya kita tidak menerima titipan bagasi, apapun bentuknya, dari orang yang tidak kita kenal.


Hal tersebut berpotensi menjadi gangguan keamanan penerbangan, bagaimanapun juga pengguna jasa angkutan udara wajib turut serta menjaga dan meningkatkan keamanan penerbangan. Pastikan bagasi kabin dan bagasi tercatat yang kita bawa merupakan milik kita sendiri.

➮ Hindari becanda tentang BOM


Pada hakikatnya keselamatan dan keamanan bukan hanya tugas dari aparat keamanan pemerintah saja, melainkan semua itu akan terwujud jika penumpang sebagai semua pengguna jasa penerbangan dapat memeliharanya.

Terlebih-lebih kita becanda mengenai BOM, tentu hal itu tidak diperbolehkan, karena hal ini telah diatur dalam UU No. 1 tahun 2009 tentang penerbangan, pasal 437.

➮ Berdoa sebelum berangkat

Last but not least, hal yang tidak kalah penting berdoa sebelum berangkat, karena apapun yang telah kita persiapkan dengan baik tapi tidak akan afdol jika kita tidak memohon perlindungan kepada Tuhan yang Maha Esa untuk kesalamatan kita selama perjalanan. Biarpun singkat namun tetap jangan pernah dilupakan.


Sebagaimana rutinnya seperti di tahun-tahun sebelumnya, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara sudah bersiap untuk mengantisipasi lonjakan penumpang angkutan udara pada arus mudik dan balik. Sejumlah langkah kebijakan dan koordinasi telah dirancang untuk meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat pada lebaran tahun ini.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk teman-teman semua yang akan Mudik Lebaran ke kampung halaman menggunakan moda transportasi Pesawat Terbang dan tetap selalu budayakan penerbangan yang #SelamatAmanNyaman. Untuk informasi lebih jelasnya boleh juga lho #SobatAviasi langsung mengunjungi http://selamanya.id/
Instagram : https://www.instagram.com/djpu151/
Facebook : https://www.facebook.com/djpu151/



Selamat Mudik dan Selamat Sampai di Kampung Halaman semuanya....

#AyoMudikLewatUdara



























10 komentar:

  1. Sy mudik deket mba evi.. cirebon.. pnggenny naik pesawat tp bandar udarany bkn u. umum d sana noted infny

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gpp Mba, siapa tau nanti bisa Lebaran ke kampung kerabat terdekat yang lebih jauh jadi bisa menggunakan pesawat dech.. Heheheh

      Hapus
  2. Hihihi panjang aja.. Oke poin poin nya udah dibaca

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Mba, biar infonya jelas dan tidak setengah-setengah. Heheheh

      Hapus
  3. Memang nyaman ya mudik pakai pesawat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa Mba bener, aman, nyaman dan cepat sampai ke kampung halaman.

      Hapus
  4. Sekarang banyak yg mudik pakai pesawat krn banyak pilihan armada pesawat yang ekonomis yaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju Mbaa, apalagi kalau musim mudik seperti ini, pasti banyak maskapai yang kasih diskon, biar gak keabisan harus pesen dari jauh2 hari dechh.

      Hapus
  5. Aman, nyaman, anti macet dan harga promo.

    trabsportasi udara memang idaman banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yesss, ini siyy udah lengkap banged ya Mba, Mudik bisa lebih cepat dan selamat sampai kampung halaman.

      Hapus

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, dan memberikan coment mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.