CERELAC NutriPuffs Snack Pertama dari CERELAC Untuk Penuhi Nutrisi dan Tumbuh Kembang Optimal Si Kecil

09.45 Evi Fadliah 20 Comments



Menjadi seorang New Mom membuat saya harus banyak belajar dan bertanya kepada yang lebih ahli. Apalagi yang berhubungan dengan masalah makanan, karena tidak semua makanan itu baik, apalagi makanan untuk si kecil. Karena kita tahu anak-anak pada masa pertumbuhannya membutuhkan nutrisi yang baik dan sehat untuk mendukung perkembangan otaknya dan kesehatannya.

Si kecil sering merenget untuk meminta cemilan? Sebelum kita memberikan cemilan kepada si kecil, kita harus selektif dalam memberikan makanan sehat dan bergizi. Terkadang anak kecil sering melakukan Gerakan Tutup Mulut (GTM) pada saat makan, untuk itu kita sebagai orang tua harus bisa mengganti makanan berat dengan cemilan yang menyehatkan dan baik untuk anak.

Nah, yang harus kita perhatikan cemilan sehat untuk anak harus digolongkan sesuai usia anak, untuk itulah pentingnya orang tua dalam memiih dan menunjukan kreatifitas dengan memberikan makanan untuk anak-anak. Berikut beberapa cara memilih cemilan sehat untuk anak :

1. Jauhkan Junk dan Fast Food

Untuk memberikan nutrisi yang baik kepada anak, kita sebagai orang tua juga harus membiasakan hidup sehat terlebih dahulu. Biasakan pula untuk mengurangi makanan fast food dengan mengganti makanan dengan pola yang lebih sehat. Biasanya jika di lemari es kita tersimpan makanan cepat saji seperti; sosis, nuget dan lainnya, mulailah mengganti isi kulkas dengan sayuran dan buah.

2. Pilih Makanan Berserat

Bukan hanya orang dewasa saja tetapi anak-anak juga membutuhkan serat, pasti diantara kita juga sudah banyak yang tahu mengenai peran dari serat yaitu untuk memaksimalkan dan menyehatkan sistem pencernaan dalam melakukan tugasnya. Kebutuhan serat setiap anak juga berbeda-beda, yang terpenting kita dapat memenuhi serat anak setiap harinya, salah satunya dengan memberikan cemilan yang sehat. Kita bisa memberikan cemilan sehat yang kaya serat kepada anak, seperti jagung, kacang, alpukat dan roti.

3. Pilih Makanan yang Sedikit Manis

Tak selamanya gula itu buruk untuk kesehatan anak, asalkan pemberiannya sesuai dengan takaran dan tidak berlebihan, kita bisa memberikan cemilan yang manis seperti jus buah, yoghurt, coklat dan smoothie yang dibuat dari susu

4. Ciptakan Suasana yang Menyenangkan

Pemberian cemilan seharusnya jadi moment yang menyenangkan untuk anak-anak, karena jika suasana hati si kecil senang tak menutup kemungkinan makanan yang kita berikan akan dihabiskan dan menjadi saat-saat yang ditunggu oleh sang buah hati kita nantinya.

5. Jangan Pernah Memaksa

Siapapun tak akan suka jika dipaksa, hal tersebut juga berlaku dengan anak-anak saat makan. Jika sang buah hati tak mau makan apa yang telah kita buatkan tak perlu memaksanya dan bukan berarti kita juga harus menyerah. Jika sekali diberikan lalu si kecil menolak, kita dapat mencobanya boleh lebih dari 3 kali pemberian kepada sang anak.

Yang terpenting kita telah mengenalkan rasanya kepada sang anak, jika memang tetap tidak disukai oleh anak sebaiknya kita mencoba memberikan kreasi makanan yang berbeda kembali.

6. Perbanyak Menu

Jangan pernah terpaku pada satu makanan tertentu saja, banyak cara untuk mengenalkan makanan atau cemilan yang sehat kepada anak-anak. Kita harus memberikan menu yang beragam kepada anak namun tetap memperhatikan tekstur dan kandungan nutrisinya.

7. Jangan Mudah Percaya Dengan Label Produk

Begitu banyak pilihan cemilan untuk anak-anak yang bisa kita dapatkan di minimarket, namun kandungan nutrisi dan gizi yang terkandung di dalamnya belum tentu baik untuk anak-anak. Sebagai orang tua kita harus benar-benar selektif dalam memilih produk cemilan yang bergizi dan menyehatkan untuk sang buah hati kita.

Untuk itu Nestle CERELAC hadir untuk meluncurkan CERELAC NutriPuffs, pada tanggal 24 Mei 2017 mereka memperkenalkan snack yang dirancang khusus untuk menemani moment snacking bagi anak yang berusia 10 bulan ke atas. Cemilan ini dibuat dari gandum utuh dan buah asli serta diperkaya zat besi dan vitamin B1.

Acara ini berlokasi di D'Lab, jalan Riau No. 1 Menteng Jakarta Pusat. Turut hadir dalam acara ini dr. Thjin Wiguna, Sp.KJ, Psikolog anak, Eka Herdiana, market Nutritionist, PT Nestle Indonesia, Nur Shilla Christianto, VP Head of Corporate Communications, PT Nestle Indonesia, Rendi Kusumo, Category Marketing Manager Infant Cereal, PT Nestle Indonesia dan celebrity mom Laura Basuki.

All Narasumber

Sedikit kita mengulas tentang Nestle CERELAC

Awal Perjalanannya 1860an, angka kematian bayi di Eropa cukup tinggi, diperkirakan 1-4 bayi tidak bisa bertahan hidup. Disaat itu, peneliti mulai mempelajari adanya hubungan antara malnutrisi dan pertumbuhan anak. Henri Nestle seorang visioner yang memiliki ketertarikan di bidang sains, mulai mencari tahu untuk mengurangi angka kematian bayi akibat malnutrisi.

Dimana Henri Nestle menggunakan dasar ilmu gizi dan teknologi untuk menciptakan makanan pertama yang tinggi nutrisi : sereal bayi. Hingga akhirnya produk Henri Nestle yang revolusioner langsung mendapatkan perhatian luas dan pada tahun 1874 sereal bayi telah tersedia di 18 negara di berbagai belahan dunia. Pada tahun 1948 Produk Nestle sudah menggunakan teknologi terbaru untuk membuat resep instan, membuat produk ini lebih mudah dibuat dan disajikan.

Produk Nestle terus melakukan inovasi dalam produknya hingga pada tahun 1949 sereal bayi CERELAC diluncurkan ke publik dan beberapa tahun kemudian beberapa produk baru sereal bayi Nestle telah diluncurkan ke dunia. Sampai pada tahun 2015 produk Nestle sudah tersedia di 180 negara dan lebih dari 14.000 porsi sereal bayi Nestle dikonsumsi setiap menit dan memberikan nutrisi yang baik untuk bayi diseluruh Indonesia.

Dengan bangga Nestle melalui produk pertama Henri Nestle : sereal bayi untuk bantu melengkapi kebutuhan nutrisi anak dan juga ikut mencegah kekurangan zat besi anak di dunia dengan formula Iron untuk mendukung pertumbuhan si kecil dengan Optimal.

Menyadari bahwa 4.5 juta kelahiran per tahun, masa depan Indonesia ditentukan oleh kualitas generasi mendatang. Berdasarkan data yang ada bahwa Indonesia menghadapi beban ganda dalam hal nutrisi Anak usia 0-24 bulan dan 98% kebutuhan zat besi anak harus dipenuhi dari MP-ASI. Zat besi sebagai nutrisi penting untuk perkembangan otak dapat diperoleh dari snack yang difortifikasi, ini penjelasan yang dipaparkan oleh Eka Hardiana selaku Market Nutritionist Pt. Nestle Indonesia.

Ibu Eka Hardiana Market Nutritionist Pt. Nestle Indonesia.

Ibu Eka juga menambahkan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih Snack untuk si kecil : Kita harus memperhatikan kandungan gizi yang terkandung, serta rendah gula dan garam. Ukuran dan tekstur juga biasanya menjadi hal pendukung yang harus kita perhatikan pula dan yang paling penting harus disukai anak-anak.

Proses pemberian makanan, termasuk makanan selingan yang teratur dan menyenangkan menjadikan anak usia batita turut mengembangkan rasa percaya terhadap ibu atau orang tua atau pengasuhnya menjadi lebih baik. Psikiater anak dr. Tjhin Wiguna, spKJ(K) menuturkan faktanya pemberian nutrisi yang sehat merupakan hal yang penting bagi perkembangan otak. Pemberian makanan selingan juga memberikan manfaat positif, seperti : Stimulasi, mendukung interaksi dan komunikasi pada anak dengan orang tua dan lingkungan sekitarnya.

Bapak dr. Tjhin Wiguna spKJ (K) kedua dari sebelah kanan.

Pemberian makanan yang teratur juga dapat membuat anak memahami bahwa setiap hari pada saat tertentu mereka mendapatkan "kesenangan dan kebahagiaan". Melalui pola dan kebiasaan makan yang teratur menjadikan stimulasi perkembangan motorik halus dan melatih indenpendensi anak (makan sendiri)

Dalam kesempatan itu dr. Tjhin Wiguna, spKJ(K) juga memberikan Tips food rules :

➧ Anak sebaiknya didukung untuk bisa makan sendiri sehingga melakukan stimulasi sejak dini sangat penting. Serta memberikan jenis dan bentuk makanan yang sesuai dengan tingkat perkembangan anak.

➧ Jangan pernah menjanjikan atau mengucapkan bahwa pemberian snack dijadikan sebagai hadiah atau reward.

➧ Jangan membiasakan saat pemberian makanan dijadikan saat untuk bermain bersama anak-anak karena hal tersebut memang tidak dianjurkan menggunakan mainan untuk merangsang makan, justru kita harus menjadikan saat memberikan makan sebagai perangsang anak untuk mengeksplorasi dan memberikan stimulasi.

➧ Jika dalam waktu 10-15 menit makanan yang diberikan kepada anak tidak dihabiskan dan hanya dijadikan sebagai mainan oleh anak lebih baik makanan tersebut disingkirkan saja.

Produk Nestle CERELAC NutriPuffs Snack Pertama  dari CERELAC

Kita tahu bahwa anak-anak merupakan generasi dari penerus kita oleh karena itu sejarah Nestle terus memelihara dan mengembangkan produknya untuk masa depan anak-anak yang lebih baik, masa depan yang lebih sehat, yang selalu setia melayani kebutuhan setiap anak dengan produk-produknya. Nestle dengan sederhana sangat memahami apa saja sebenarnya yang dibutuhkan oleh si kecil.

Nestle akan terus berkomitmen untuk menciptakan generasi yang lebih sehat, melalui inovasi-inovasi nutrisi yang berbasis ilmiah. WHO merekomendasikan pemberian ASI Eksklusif hingga bayi berusia 6 bulan dan Nestle sepenuhnya mendukung rekomendasi ini untuk memberikan ASI dengan memperkenalkan makanan pendamping ASI seperti yang disarankan oleh Dokter atau tenaga kesehatan.

Inovasi terbaru yang dikeluarkan oleh Nestle CERELAC yaitu CERELAC NutriPuffs dirancang khusus untuk si kecil, karena snacking ternyata memiliki peranan yang penting untuk si kecil, diantaranya : membantu pemenuhan nutrisi harian si kecil, memberikan stimulasi untuk mengembangkan kemampuan self-feeding dan pastinya membantu membentuk trust antara anak dan orang tua.

Bapak Rendi Kusumo, Category Marketing Manager Infant Cereal,
PT Nestle Indonesia

Dalam kesempatan ini pula Bapak Rendi Kusumo, Category Marketing Manager Infant Cereal, PT Nestle Indonesia mengatakan, faktanya lebih dari 70% anak usia 10-24 bulan di Indonesia tidak mengkonsumsi snack yang dirancang khusus untuk usianya. Sehingga kehadiran CERELAC NutriPuffs ini dianggap tepat untuk menyediakan pilihan yang baik, lezat dan sehat untuk keluarga Indonesia dan ini juga sebagai salah satu bentuk komitmen Nestle.

Sebuah penelitian, menunjukan bahwa makanan ringan bermanfaat bagi anak-anak untuk memberikan perbaikan gizi, sehingga Snack pertama dari CERELAC ini juga banyak memberikan manfaat untuk sang buah hati kita.


Keunggulan Snack CERELAC NutriPuffs

1. Dibuat Dari Gandum Utuh dan Buah Asli


Cemilan ini terbuat dari bahan-bahan yang alami yang aman untuk dikonsumsi oleh anak-anak, dipilih gandum utuh karena lebih menyehatkan daripada gandum yang diproses kupas hingga berbentuk tepung terigu. Gandum utuh juga kaya akan serat (fiber) mineral, sumber kalori tubuh dan vitamin.

CERELAC NutriPuffs ini juga dilengkapi dengan buah asli dari Pisang, yang sangat disarankan sebagai makanan lumat bayi di awal pemberian MP-ASI yang di dalamnya juga terkandung serat, vitamin B2, B6, Vitamin C dan Zat Besi (fe), kalsium, magnesium dan mineral penting lainnya. Strawberry yang kaya berbagai mineral, vitamin dan antioksidan yang semuanya mudah untuk diserap oleh tubuh. Kemudian buah Jeruk memiliki kandungan gizi sempurna sebagai buah yang memiliki nutrisi paling sehat dalam tubuh.

2. Mudah Dipegang Oleh Bayi

Snack CERELAC NutriPuffs ini memang dirancang dalam bentuk mini biskuit stars yang dirancang untuk pengalaman belajar makan yang menyenangkan. Berbentuk Bintang karena, nantinya snack ini bisa dipegang oleh si kecil dari berbagai sudut.

3. Mudah Meleleh Dalam Mulut

Pada umumnya anak-anak akan menyukai makanan yang gurih, dan kita juga mengetahui di usia 10 bulan keatas pertumbuhan gigi pada si kecil belum sempurna oleh karena itu snack ini dibuat mudah meleleh pada saat dikonsumsi oleh si kecil hal tersebut karena untuk menghindari bahaya tersedak yang biasa dialami oleh sang buah hati saat makan.

4. Bebas Lemak Karena Dipanggang bukan Digoreng

Memanggang memang membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama dalam memasak, namun manfaatnya bisa kita dapatkan karena lebih banyak mempertahankan vitamin dan mineral yang dikandung dalam makanan. Terutama untuk makanan si kecil, tentu saja proses pengolahan harus diperhatikan.

5. Bebas Bahan Pengawet

Karena terbuat dari bahan alami dan diproses dengan dipanggang sehingga CERELAC NutriPuffs ini bebas dari bahan pengawet dan pewarna. Dengan dikeringkan atau dipanggang sehingga terbebas dari penggunaan minyak goreng.

6. Tinggi Zat Besi dan Vitamin B1

Zat besi merupakan komponen hemoglobin dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh. Sedangkan manfaat dari vitamin B1 sendiri membantu dalam mengkonversi karbohidrat menjadi glukosa, yang pada akhirnya digunakan untuk memproduksi energi, menjaga fungsi saraf, menyehatkan pencernaan dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

7. Halal dan Aman Untuk Dikonsumsi

Kemasan CERELAC NutriPuffs ini dikemas dalam bentuk Zip & Lock sehingga aman untuk disimpan dan tidak mengakibatkan snack ini jadi melempem, yang pasti sangat mudah dan ringan untuk kita bawa saat berpergian.

Bukan hanya sehat saja tapi kita juga menginginkan agar makanan yang kita berikan kepada si kecil sudah teruji dan mendapatkan sertifikasi Halal dari MUI, dan untungnya CERELAC NutriPuffs ini sudah mengantongi label tersebut dan sudah terdaftar di MUI dengan No 00050030660704 serta sudah tercatat di BPOM RI ML 260701008302.




Setelah pemaparan diatas, jadi kita tak perlu khawatir untuk memberikan Snack CERELAC NutriPuffs ini kepada si kecil yahh, makanan ringan ini sudah bisa kita dapatkan di minimarket terdekat dan pastinya dengan harga yang terjangkau. Jangan lupa untuk memperhatikan petunjuk dari konsumsi makanan ringan ini :

- Sebelum mengkonsumsi sebaiknya cuci tangan kita, anak terlebih dahulu dan semua peralatan yang digunakan.
- Biasakan untuk memberikan snack kepada anak dalam posisi duduk dan dalam pengawasan kita sebagai orang tua.
- Untuk penyajian snack ini sebaiknya 2 kali sehari atau 7 gr per sajian.
Apabila kemasan yang kita beli sudah dalam kondisi rusak sebaiknya jangan memberikan snack ini untuk dikonsumsi pada anak.
Setelah dibuka, tutup rapat kemasan dan sebaiknya simpan di tempat kering dan sejuk, dalam jangka waktu 2 minggu harus dihabiskan.

Lalu kapan sebaiknya anak diberikan Snack?

Kita harus memperhatikan, bahwa pemberian makan snack yang tidak menentu dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang pada akhirnya berujung pada obesitas. Selain itu waktu makan snack yang tidak dibatasi hingga anak merasa kenyang juga akan berpengaruh negatif, karena dapat menggangu selera makan utama pada anak.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan manfaat dari pemberian snack yang baik kita orang tua harus mengetahui batasannya, Biasanya anak perlu makan 5-6 kali sehari, yang terdiri dari 3 waktu makan utama, pagi, siang dan malam serta 2-3 kali makan snack. Untuk waktunya sendiri biasanya anak akan butuh makan setiap 3-4 jam sekali. Jika kita telah membiasakan anak untuk makan utama dan makan snack secara teratur maka kebiasaan tersebut perlahan-lahan dapat menghindari anak kita dari kegemukan.

Sedangkan waktu yang baik untuk kita menawarkan snack kepada anak yaitu beberapa jam setelah anak selesai makan utama yaitu sekitar 2-3 jam sebelum makan utama selanjutnya. Biasanya kita paling sering memberikan cemilan setelah jam makan pagi dan di sore hari setelah jam makan siang. Hal ini kita lakukan supaya mencegah anak untuk menolak makan utama dan makan snack berlebih. 

Semoga dari penjelasan diatas dapat kita ketahui bahwa pemberian Snack kepada si kecil bukanlah suatu hal yang negatif, justru kegiatan tersebut membantu memenuhi kebutuhan anak-anak. Di masa inilah banyak perubahan yang terjadi, sehingga tak heran jika kebutuhan nutrisi dan pemberian MP-ASI terus meningkat.

Sudah pasti setiap anak akan menyukai snack, bahkan menjadi waktu yang ditunggu-tunggu oleh meraka. Mulai sekarang berikanlah cemilan yang sehat yang dapat mencukupi nutrisi dan pertumbuhan perkembangan yang optimal. 

Saya ternyata sebagai seorang dewasa pun suka dengan cemilan CERELAC NutriPuffs ini, jadi tak heran anak saya pun sangat suka bahkan tak sampai 2 minggu sudah dihabiskan olehnya.

Nestle Awal Sehat Tumbuh Sehat

Laura Basuki Celebrity Mom
















20 komentar:

  1. Bener. Saya juga suka makan ini. Lebih banyak saya yang makan daripada bayi tetangga.
    Enak dan ga bosenin. Bikin saya berasa muda lagi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Snack CERELAC NutriPuffs ini selain disukai sama anak, orang dewasa pun suka. Assikk berasa anak muda lagii.. Heheh

      Hapus
  2. Ingat jaman anakku Baduta, aku stress dia ga doyan makan.Apalagi lihat anak seusianya makan lahap banget makin stress aku. Sekarang mah enak banyak cara menambah pengetahuan agar si kecil lahap makan.Ada seminar parenting untuk para bunda .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar Mbak, sekarang ilmu parenting bisa kita dapatkan ilmunya dan banyak sumbernya. Tinggal kita yang pintar menyeleksinya untuk diterapkan kepada keluarga kita. Salah satunya melalui media blog ini jadi tahu informasi terbaru tentang snack CERELAC NutriPuffs yang bagus kandungan nutrisinya untuk anak.

      Hapus
  3. Anakku jg suka makan cerelac tapi yang ini blm coba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo Mba dicoba buat si kecil pasti suka dech.. Rasanya guruh dan bentuknya unik.

      Hapus
  4. Nyemil sehat gak bikin anak obesitas tapi bikin anak terpenuhi kebutuhan zat besi nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa Mpo, bisa juga jadi aktivitas yang menyenangkan untuk si kecil pula.

      Hapus
  5. Sejak dulu saya selalu memberikan CERELAC untuk kedua putri saya. Mereka cocok dan suka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasanya yang enak dan menyehatkan jadi mudah di sukai sama anak2 ya Mbaa.. Anak saya juga MP-ASInya diberikan produk dari CERELAC pula.

      Hapus
  6. Huwoooow camilan nya,jadi mau punya baby lagi bund Evi hihihihii tapi pernah nyobain siy,Ade Levin kalo ikut belanja bulanan,matanya selalu tertuju sama camilan baby,alhasil dia ambil taroh keranjang dan dimakan memang,selalu komenttarnya itu enak,termasuk *nutripuffs* inih..recomend utk baby usia 10 bulan yah bund,Nice Artikel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayuu Bunn program lagi unuk punya baby girl..Hehehe
      Adek Levin pinter pilih cemilannya yang enak dan menyehatkan, kalau pilihannya tepat pasti gaka akan dilarang dech sama bundanya.

      CERELAC NutriPuffs ini emang recomend dech buat cemilan si Kecil.
      Makasih sudah mampir ya Bun Yuni yang cantik

      Hapus
  7. Cerelac nutripuffs aku juga udh coba, dan sukaaaa, rasanya enak dan sehat, udh gitu gampang meleleh di mulut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata orang dewasa ajah juga suka ya Bunn Novi, apalagi si kecil pasti suka pake banged ini. Bentuknya juga lucu Stars jadi mudah dipegang sama si kecil dechh..!

      Hapus
  8. Saya baru tau kalau Cerelac masih dari keluarga Nestle, dan Nestle itu ternyata nama founder-nya ya. Dulu Cerelac cuma ada bubur aja, sekarang ada cemilannya juga. Orang-tua jadi ga bingung ngasih cemilan sehat untuk bayi dan balita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nestle itu nama si Foundernya Mba, dan setiap tahun selalu mengembangkan produknya dan inovasi terbaru ya cemilan CERELAC NutriPuffs ini Miss Nita.

      Gak usah pake bingung lagi sekarang, untuk cemilan anak langsung menuju keranjang CERELAC ajah. Heheheh

      Hapus
  9. Harus di coba nih makanan yang satu ini, untuk cemilan anakku yg doyan banget jajan. Makasih untuk infonya, makanan sehat untuk anak, ya cerelac nutripuffs kaaannn....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener Mbaa, sekarang kita gak usah bingung lagi cari cemilan yang sehat untuk anak. Soalnya CERELAC NutriPuffs ini selain enak pastinya juga sehat dan bagus untuk pertumbuhan buah hati kita.

      Hapus
  10. SID itu kadang ga mau makan, bosen kali ya menunya itu-itu aja. Mau ku coba kasih biskuit ini deh. Nutripuff udah ada di mini market apa belum?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa SID minta dibuatin menu yang berbeda kayaknya Mbaa. Boleh banged Mba Helena kasih CERELAC NutriPuffs ini ajah buat cemilan SID, pasti suka.
      Sudah tersedia di mini market terdekat Mba Helena.

      Hapus

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, dan memberikan coment mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.