Museum Tekstil : Yuuukk, Piknik Sambil Belanja Online

02.01 Evi Fadliah 21 Comments


Yang namanya piknik tidak perlu ke luar kota apalagi ke luar negeri, soalnya di Jakarta juga bisa lhoo..!! Ternyata di Ibu kota Jakarta masih banyak tempat yang bisa kita kunjungi, salah satunya kita bisa berkunjung ke museum. Nah.. kali ini Kriya Indonesia mengadakan event Wisata Belanja di Museum Tekstil Jakarta.

Keren yaahh,,, Iya dunk!!!
Tepatnya  tanggal 26 Februari 2017 yang berlokasi di Museum Tekstil Jl. Ks. Tubun no.2-4 Tanah Abang Jakarta Barat, Kriya Indonesia dalam acara ini mengundang 100 orang blogger untuk terlibat di event ini. Bukan hanya di ajak piknik, dalam acara ini kita juga akan bertemu dengan Mas Jun Joe Winanto ( Salah satu Blogger Senior ).

Pagi itu, untuk pertama kalinya saya menginjakan kaki di Museum Tekstil Jakarta, terlihat para peserta sudah hadir dan antusias untuk berkeliling museum dan Belanja Online di HonestBee. Sebelum peserta yaitu para Blogger berkeliling Museum, para peserta ini sudah di bagikan Voucher dari Honestbee senilai Rp. 150.000,- yang terbagi menjadi 2 kupon dimana masing-masing kupon bernilai Rp. 75.000.


Bagi para peserta untuk menikmati kupon belanja ini wajib hukumnya untuk mendownload aplikasi Honestbee di bit.ly/honestbeeindo. Lalu apa itu Honestbee..??
Honestbee merupakan layanan belanja kebutuhan harian yang nyaman dan praktis. Jadi kita bisa belanja bulanan dari rumah, tanpa perlu repot dan gak ribet serta gak pake antri pastinya. Layanan ini pas banget untuk saya khususnya sebagai Ibu Rumah Tangga yang tidak perlu menghabiskan waktu di luar hanya sekedar untuk membeli kebutuhan rumah tangga.

Waktunya belanja..

Setelah voucher belanja gratis sudah di tangan dan aplikasi sudah di download, langkah selanjutnya para peserta melakukan transaksi belanja, caranya :

1. Pilih Alamat Pengantaran


2. Pesan Produk yang Kita Inginkan


3. Pilih Jadwal Pengantaran Sesuai Jadwal





Selanjutnya cara menggunakan voucher :
- Pilih produk lalu klik ikon keranjang belanja



- Masukan kode voucher dan pilih Apply


- Biaya belanja kita langsung terpotong


Jika kita perhatikan pada rincian transaksi selain di kenakan biaya Delivery, kita juga di bebankan biaya Concierge Fee Rp. 10.000,- jadi biaya tersebut merupakan asisten belanja profesional yang telah memilihkan produk pesanan kita. Asisten belanja juga akan menghubungi kita apabila produk pilihan awal tidak ada stock, dan asisten ini akan menyarankan barang pengganti.

Bukan hanya Voucher saja yang kita dapatkan, tapi informasi tentang keuntungan belanja di Honestbee juga disampaikan oleh Mas Tony perwakilan dari pihak Honestbee, yaitu :

$  Harga sama dengan di toko
🚐 Waktu Pengantaran Fleksibel
🏬 Pilihan Produk Terluas

Jadi dari penjelasan diatas, sudah sangat tepat kalau kita belanja di Honestbee, karena :



Setelah puas belanja online, para peserta workshop selanjutnya di ajak berkeliling museum dan yang menemani kita untuk jalan-jalan ke museum tekstil di temani oleh guide asal Francis bernama Fani dan Ibu Misari dari satuan pelaksana informasi  dan edukasi unit pengelola musim seni, dan beliau yang membawahi museum tekstil, wayang, senirupa dan keramik.

Ternyata dari teman-teman blogger banyak lho yang belum pernah datang ke museum Tekstil, termasuk saya.. Ckckckckckk
Sebagai warga negara dan genarasi muda jangan malas yahh untuk datang ke museum ( Self Reminder ), jangan cuma rajin maen ke Kota Tua saja, soalnya Pemprov DKI memiliki banyak museum. Di kesempatan ini pula perwakilan dari pihak Museum Tekstil menjelaskan sedikit tentang Sejarah dan apa saja yang ada di dalam museum.



Sejarah Museum Tekstil

Museum ini didirikan pada tahun 1976 yang di pelopori oleh gubernur saat itu, yaitu Bapak Ali Sadikin museum ini dibangun untuk menghormati Ibu Tien Soeharto dan diresmikan pada tanggal 28 Juni 1976. Bangunan yang sekarang ini dibangun pada abad ke 19 oleh seseorang yang berkebangsaan Perancis. Akhirnya pada tahun 1975 bangunan dan tanah Museum Tekstil resmi di serahkan kepada pemerintah DKI Jakarta.

Gedung Museum Tekstil ini merupakan cagar budaya dan pernah di jadikan markas Badan Keamanan Rakyat ( BKR ). Lalu oleh Gubernur Bapak Ali Sadikin gedung ini di jadikan museum tekstil, Qo bisaa...? Karena sekitar tahun 70an ada serbuan tekstil dari luar negeri, sehingga untuk menjaga kelestarian tersebut dibangun lah museum ini.

Fasilitas yang ada di Museum Tekstil ini : 

- Gedung Utama, gedung ini letaknya berada di tengah dan yang paling luas, gedung ini di sebut sebagai ruang display, yang di gunakan sebagai tempat pameran tekstil Indonesia.
- Galeri Batik, bangunan ini didirikan karena pada tahun 2009 UNESCO sudah menyatakan bahwa batik berasal dari Indonesia, sehingga gedung ini merupakan tonggak sejarah untuk koleksi batik Indonesia.
- Pendopo Batik, ruang ini di gunakan untuk kita yang ingin belajar membatik
- Kebun Pewarna Alam, di lahan ini di tanam tumbuhan penghasil warna untuk kain
- Perpustakaan, ingin mengetahui sejahar dan perkembangan tekstil Indonesia sudah paling tepat disini
- Laboratorium
- Auditorium
- Mushalla
- Area Parkir yang tersedia di museum tekstil cukup luas dan asri.

Koleksi

Awalnya koleksi kain yang ada di Museum Tekstil hanya ada sekitar 500 saja,  namun saat ini sudah ada lebih dari 2000 kain. Koleksi yang ada di museum tekstil berjumlah 2650 yang terdiri dari 886 koleksi kain batik, 819 koleksi kain tenun, 425 koleksi campuran, 70 koleksi peralatan rumah dan 150 koleksi busana dan tekstil kontemporer.

Suhu tempat penyimpanan batik ini selalu terjaga karena dapat mempengaruhi kualitas keawetan batik jadi sebisa mungkin jangan menyimpannya di ruang yang lembab. Sehingga wajar jika ada koleksi batik yang paling tua usianya sudah mencapai lebih dari 50 tahun.

berikut beberapa gambar koleksi yang ada di Museum Tekstil:


     



     



Setelah diajak berkeliling Museum, tibalah acara selanjutnya, masak bareng @ResepDapurAyah bersama Chef Jun Joe Winanto. Hari itu Chef Jun memasak 2 menu :
1. Ayam Rica-rica,
Bumbu yang digunakan cukup sederhana saja, akan tetapi menghasilkan cita rasa yang luar biasa. Masakan ini menggunakan campuran cabai, serai, daun jeruk, bawang merah, bawang putih dan juga jahe.

Dari aromanya saja sudah sangat harum, apalagi mencicipinya,,, Ehmmmm bikin laper 😋. Yupp menu yang pertama selesai dan kita para blogger dapat mencicipinya, karena pihak @KriyaIndonesia sebelumnya sudah menyiapkan dalam jumlah porsi yang banyak. Lalu kita lanjut ke menu berikutnya yaitu,

2. Puding Srikaya Gula Merah
Ini merupakan menu penutup hidangan, dan bahannya pun juga sederhana yang terdiri dari campuran gula merah, garam, telur dan santan. Rasanya lembut dan manis begitu masuk di mulut, pas untuk saya yang suka manis.



Setelah selesai mencicipi hidangan dari Chef Jun Joe Winanto, akhirnya selesai sudah kebersamaan kita pada hari itu, di awali dengan belanja Online gratis dari Honestbee, kemudian berkeliling Museum Tekstil dan acara yang terakhir masak bersama @ResepDapurAyah, yang semua bumbu tersebut adalah hasil dari belanja di Honestbee pastinya.

Penasaran mau berkunjung ke Museum Tekstil Jakarta, boleh banged lho.. Layanan Museum ini dibuka pada hari Selasa-Minggu mulai pukul 09.00-15.00. Sedangkan untuk hari Senin dan hari libur nasional Tutup. Untuk harga tiketnya juga termasuk murah qo.
Dewasa : Rp. 5.000,-
Mahasiswa : Rp. 3000,-
Pelajar/Anak-anak : Rp. 2.000,-

Senangnya bisa berkunjung ke Museum Tekstil, selain menambah ilmu tentang pengetahuan dari Museum Tekstil dan warisan batik Indonesia, bisa berbelanja bulanan dengan aplikasi belanja online Honestbee. Jadi mulai sekarang kita bisa menikmati waktu luang kita bersama dengan keluarga, biarkan honestbee yang berbelanja untuk kita.

Have a nice Day everyone... 😊  

                                                                





21 komentar:

  1. gara2 belanja di honestbee, aku jadi ketagihan... tapi tergantung isi dompet sikkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehehe.. Praktis ya Mbakk, Tinggal pilih dari rumah trus barang diantar dechh.

      Hapus
  2. Murah yaa teenyata liburan ke museum.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa, buat ngajak murid2nya juga boleh niyy Bu guru Feriii

      Hapus
  3. seruuu piknik sambil blanjanya.., ada chef Jun pulak ya... btw, suka sama honestbee, udah beberapa kali pake layanannya soalnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa serru Mbakk, masakan Mas Jun juga enakk.
      Betul Mbakk, praktis belanja di honestbee, aku baru 3x and free ongkir semua, ahh senangnyaa.. xixixxii

      Hapus
  4. Maunya Mak Mak nih bisa belanja sambil wisata plus cicip cicip masakan. Komplet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lengkap yaa Makk.. Wisata plus belanja Online and free ongkir lagii

      Hapus
  5. belanja makin gampang ya mba ...ngebantu bgt pas ga bs belanja keluar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mbakk ngebantu banged, tinggal duduk manis dirumah trus barang di anter dech.
      Thanks sudah mampir Mbakk

      Hapus
  6. ckckckkc sama ternyata kayak aku, belum pernah juga main ke museum ini wkwkwk, untung ya kemaren ikutan acaranya jadi tahu deh. Btw belanjaan honestbee nya banyak bingit ya wkwwk praktis sih ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa betull, untung ikut acara wisata ini jadi nambah wawasannya plus koleksi fotonya khann.. hhehehehh
      Itu belanjaan cuma nambah Rp.10.000 ajah lhoo and free ongkir pulaa.

      Hapus
  7. Mba fani keren, aku aja tahu batik cuma sedikit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa keren.. Tapi biar kita jadi semangat buat belajar kebudayaan sendiri yakk.

      Hapus
  8. Belanja lagi... Nih,, janjian qt k !Useum LG kapan?, good luck ya,.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelum exp Mbakk.. Ayukk janjian ke museum yg berbeda tapi yahh sekalian ajak anak2.
      Gud Luck for you Too Mbakk

      Hapus
  9. Aku naksir bahan belanjaannyaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emak2 tetep ajah nyari yang ada diskonnya juga ini Mbakk..
      Heheheheh

      Hapus
  10. wah..wah.
    semakin mudah ya..mau belanja kebutuhan sehari2 udah bisa via aplikasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener Sitii.. Kita tinggal duduk manis dirumahh

      Hapus
  11. Enak ya gak pake keluar rumah. Aaakkk. Tinggal tunjuk-tunjuk doang. Hahahha

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, dan memberikan coment mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.