Menjahit Sarung Bantal Cantik Sendiri Menggunakan Mesin Jahit Brother

03.29 Evi Fadliah 7 Comments

Dok. Brother Indonesia
Saat ini menemukan penjahit baju yang ada di dekat lingkungan rumah sudah sangat jarang, sekalinya ada pasti harganya lumayan, tapi hal tersebut wajar siy karena profesi tukang jahit di dekat rumah saya sudah jarang. Jadi teringat dengan almarhumah ibu saya yang memiliki penjahit langganan selama bertahun-tahun. Ibu saya memang lebih suka menjahit baju dari pada harus membeli baju yang ada di toko. Menurut beliau selain puas dengan hasil dari sang penjahit, baju tersebut juga akan lebih pas dan bisa menentukan modelnya sendiri.

Yang saya salut dari Ibu untuk menentukan model bajunya tidak pernah melihat-lihat di majalah fashion dan tidak meminta kepada anaknya untuk mencari di Mbah Google. Ibu biasanya mempunyai ide sendiri untuk model bajunya sehingga Ibu akan sangat detail dan teliti menjelaskan kepada sang penjahit. Apalagi disaat mendekati bulan Ramadhan pasti stock bahan Ibu semakin banyak dan hampir setiap minggu Ibu datang ke tukang penjahit langganannya.

Tak heran makanya koleksi baju Ibu lebih banyak dan berpariatif dari pada koleksi baju saya.. Heheheheh 😊
Ternyata saya tau alasan Ibu menjahit baju jauh sebelum hari raya, karena Ibu ingin fokus ibadah puasanya di bulan Ramadhan dan membelikan baju untuk anaknya merupakan hal yang tidak terlalu sulit untuk beliau karena Ibu sudah mengetahui selera anak-anaknyaa.. ( Ohh Ibu dalam urusan ibadah kamu memang selalu nomer satu ) I'm so Proud of You Momm 😍😍😍

Dulu kalau Ibu sudah menyuruh saya untuk mandi dan di pilihkan baju yang lebih bagus dari biasanya, pasti Ibu akan mengajak saya untuk keluar rumah, dalam pikiran saya sudah seneng banged karena mau diajak jalan-jalan. 🙌🙌
Kalau saya tanya, Ibu kita mau pergi kemana..?  Pasti Ibu akan bilang sudah kamu ikut saja.. Setelah sampai di parkiran barulah saya tahu, tujuan kita adalah ke tempat favorit Ibu membeli bahan. Kalau tidak di pasar Tanah Abang Jakarta Pusat, pasti ke Pasar Mayestik Jakarta Selatan.

Kalau di Pasar Mayestik saya masih bisa mengikuti Ibu, karena tidak terlalu ramai seperti di Pasar Tanah Abang. Tapi Saya siyy senang-senang ajah kalau diajak sama Ibu pergi kedua pasar tersebut, karena pulangnya pasti saya akan dibelikan sesuatu juga. Karena sudah terbiasa dari kecil akhirnya setelah saya dewasa jadi suka belanja di kedua pasar tersebut dech. ( Buah jatuh tak jauh dari pohonnya ).

Begitu Saya tahu bahwa Kriya Indonesia mengundang para blogger untuk menjahit sarung bantal dengan teknik Quilting, saya langsung mendaftar karena ingin tahu bagaimana sensasi menjahit dengan menggunakan mesin. Senangnya saya terpilih dalam acara tersebut yang bertempat di Museum Tekstil Jakarta di Jl. Ks. tubun no.2-4 Tanah Abang Jakarta Barat, hari Sabtu tanggal 4 Maret 2017.


Setibanya saya di lokasi, langsung menuju ke meja registrasi kemudian kita para peserta dipersilahkan untuk makan siang sehat terlebih dahulu dengan menu hari itu adalah pecel. Ehmmm jarang-jarang saya makan siang dengan pecel niyy. Sebelum kegiatan menjahit dimulai, masing-masing dari peserta sudah dibekali dengan kain untuk belajar menjahit nanti.

Mesin jahit, bahan sarung bantal dan perlengkapan lainnya sudah tersedia, selanjutnya para peserta sudah duduk di depan mesin jahit yang sudah tersediakan. Yang bikin keren dari workshop ini, yang mengajari kita adalah para admin dari Kriya Indonesia.

Awal-awal sempat bingung apa yang harus saya lakukan dengan bahan tersebut, apalagi ini pertama kali saya menjahit dengan menggunakan mesin. Menjahit teknik biasa saja saya belum pernah, apalagi ini kita belajar menjahitnya dengan teknik Quilting. Kita cari tahu duluu yuu tentang teknik quilting itu.

Mengenal Quilting

Quilting merupakan teknik menjahit dengan cara menyatukan  atau menggabungkan potongan-potongan kain perca sesuai dengan design yang kita inginkan menjadi suatu kesatuan bagian yang indah dan berpola.


Awal Quilting

Quilting pertama kali di perkenalkan oleh penduduk Eropa, dan pada abad ke 18-19 kreasi Quilting ini baru berkembang. Sedangkan di Indonesia sendiri teknik Quilting ini baru mulai di kenal dan mulai berkembang. Dalam perkembangannya teknik Quiltung ini menggunakan bahas bekas dari pakaian atau sisa dari pembuatan pakaian. Namun seiring berjalannya waktu teknik ini menggunakan kain khusus yang dipergunakan untuk Quilting.

Belajar menjahit teknik Quilting ini bisa dibilang gampang-gampang susah, dikarenakan membutuhkan ketelitian saat mengerjakan demi menghasilkan pola yang berkualitas dan bagus. Dalam belajar Quilting alangkah lebih baiknya jika dilakukan dalam komunitas atau bantuan orang lain dikarenakan pekerjaan yang rumit tersebut. Jadi tepat sekali kalau @KriyaIndonesia mengundang para blogger untuk belajar menjahit Quilting ini.



Begitu saya di berikan arahan tentang teknik menyatukan kain dan cara penggunaan mesin jahitnya, saya langsung memulai menjahit, berikut langkah-langkahnya :

1. Gunakan jarum pentul untuk menyemat kain agar jahitan lebih rapi.
2. Jahit potongan-potongan kain menjadi satu kesatuan yang merupakan lapisan atas ( top ). Setelah lapisan atas selesai saya jahit langkah selanjutnya adalah menyetrika kain lapisan tersebut.
3. Letakan setrika yang sudah panas diatas kain lalu segera setrika lipatan kain tersebut agar hasilnya rapi.
4. Setelah lipatannya rapi, langkah selanjutnya yaitu meletakan dakron ( Batting ) untuk lapisan tengah antara dua kain. Dengan adanya dakron tersebut kain akan menjadi indah.
5. Kemudian kita menjahit potongan bagian bawah hingga terbentuk menjadi sarung bantal, kemudian rapikan setiap ujung-ujung kainnya.

Meskipun baru pertama kali menjahit, jadi terlihat dech jahitannya masih kurang rapi, tapi setidaknya saya sudah mencoba. Jadi ini beberapa Tips dan Trik untuk menjahit quilting :

- Bagi kita yang baru pertama kali membuat quilting, sebaiknya mulai dari pola yang sederhana terlebih dahulu. Perhatikan ukuran pola dan proses menggunting kain agar tidak terjadi kesalahan dalam menjahit.
- Gunakan jarum pentul yang panjang untuk menyemat kain sehingga hasil jahitan menjadi lebih rapi.
- Pilih benang yang kuat dan tidak mudah putus agar kreasi yang dihasilkan bisa tahan lama.
- Gunakan gunting khusus kain untuk memotong kain.
- Setrika menjadi peralatan wajib dalam menjahit quilting agar potongan dan lipatan kain hasilnya lebih rapi.
- Bidal digunakan untuk mencopot benang akibat jahitan yang kurang rapi.
- Pola quilting bisa digambar sendiri atau menurut pola yang sudah jadi.
- Sebaiknya jenis kain yang digunakan adalah kain katun karena seratnya lebih rapat dan tidak terlalu tebal.
- Pada pemilihan warna, sebaiknya kumpulkan terlebih dahulu beberapa warna dan corak kain sehingga memudahkan dalam memadu-padankan kain yang akan dipakai.
- Dengan adanya dakron akan menjadi lebih indah.

Kegiatan menjahit quilting menjadi lebih mudah karena menggunakan mesin jahit Brother GS 2500, kenapa menggunakan mesin jahit Brother..? Untuk itu saya akan memberikan rahasia tentang Brother Indonesia lebih dekat.

Brother Indonesia

Brother Indonesia sudah dikenal lebih dari satu abad dan diakui sebagai merk yang berkualitas dengan memberikan inovasi produk dan kepuasan pelanggan. Sebuah perusahaan Jepang yang didirikan pada tahun 1908, saat ini Brother telah memiliki 19 fasilitas produksi dan 43 perusahaan penjualan yang beroperasi di 41 negara dalam berbagai wilayah.

Brother memiliki beberapa produk yang sudah beredar di pasaran, diantaranya : printer, mesin faks, labellers, mesin jahit, scanners, dan masih banyak lagi yang lainnya. Produk- produk yang di keluarkan unik dan semakin luas jaringannya, tidak hanya di Jakarta melainkan di seluruh wilayah Indonesia. Sedangkan PT. Brother Internasional Sales Indonesia berdiri sejak 23 September 2008 dengan fungsi operasionalnya seperti sales, marketing dan service.

Brother merupakan produsen terkemuka mesin jahit dan mesin bordir untuk rumah tangga, aksesori dan perangkat lunak. Brother memiliki reputasi bagi pengembangan inovasi produk yang mudah digunakan , berkualitas tinggi, dan produk yang kaya dengan fitur yang didesain untuk memenuhi kebutuhan setiap penjahit.

Keunggulan mesin jahit Brother GS 2500 yaitu :

1. Ada 25 jenis jahitan
Biasanya jika menjahit itu yang banyak dipakai adalah jahitan lurus, namun dengan adanya beberapa jahitan variasi seperti gelombang dan lain-lain dapat mempercantik tampilan baju atau kreasi yang kita buat.

2. Sistem 4 lubang kancing
dengan hanya mengganti sepatu ( Memegang peranan penting dalam sebuah proses penjahitan sebagai alat untuk membantu menyelesaikan jahitan sesuai yang kita inginkan ) maka kita bisa membuat lubang kancing yang diinginkan. Ada 4 jenis jahitan lubang kancing yang bisa kita pilih sesuai dengan baju yang akan kita buat.

3. Pemasangan sepatu mudah.
Ada beberapa jenis sepatu yang tersedia dengan fungsi masing-masing yang berbeda. Ada sepatu standar untuk menjahit lurus dan variasi, ada sepatu untuk memasang resleting juga ada sepatu untuk membuat lubang kancing.
Untuk proses pergantian sepatu kita hanya tinggal menekan bagian atas sepatu untuk melepas dan menempelkan sepatu yang akan dipasang.

4. Tidak boros listrik
Mesin jahit ini hanya memerlukan daya listrik 51 watt saja. Jadi tidak perlu khawatir bayar listrik akan mahal, apalagi di jaman sekarang ini yang semuanya serba naik.

5. Pengaturan Jahitan
Ada 6 baris gigi yang bisa diatur sesuai dengan tebal tipisnya bahan yang akan kita jahit, panjang jahitan bisa sampai 4,00 cm.

6. Built in free arm
Jadi ketika menjahit kain yang lebarnya kecil, misalnya : ketika membuat tali yang berbentuk silindris, kain bisa berjalan sendiri tetap pada jahitan lurus tanpa dipegang oleh tangan.

7. Pisau pemotong benang di dekat area menjahit yang bisa kita temukan sebuah benda yang bentuknya mirip pengait menghadap ke atas. Benda ini menempel pada badan mesin dan gunanya untuk memotong benang. Jadi jika jahitan sudah selesai kita tinggal memasukkan benang ke dalam pemotong tersebut kemudian ditarik, maka benang akan putus. Kita tidak perlu repot lgi menggunakan gunting.




Mesin jahit Brother ini merupakan Portable yang multifungsi sehingga tidak membutuhkan meja atau kaki tambahan untuk dapat dioperasikan. Mesin jahit Brother ini juga di lengkapi dengan lampu LED dan kita juga bisa mengatur kecepatan dalam menjahit. Kerenn yahhhh...!!!

Sesuai dengan komitmennya PT.Brother selalu mengutamakan kepuasan pelanggan jadi sesuai dengan moto utama mereka yaitu " At Yourside ."



Jika ingin menggunakan Jasa Layanan Brother dapat menghubungi di
Nomer : 021- 574-4477

Kedepannya jika saya ingin belajar menjahit lagi, untuk mendapatkan bahannya saya tidak perlu lagi keluar rumah, dan berdesak-desakan dengan pembeli yang lain di pasar, karena saat ini saya bisa menikmati layanan dari toko online ZY TEXTILE, udah pada tahu belum..? Kalau belum sini saya bisikin.. Jadi bukan hanya belanja keperluan rumah tangga, keperluan anak dan keperluan yang lainnya yang bisa di beli melalui transaksi online, belanja kain bahan juga sudah bisa lho...!!

ZY TEXTILE

 Adalah situs ecommerse textile pertama yang ada di Indonesia untuk memudahkan pembelian secara online dan menjadi pioner textile online yang berbasis teknologi modern, bersistem dan berintegritas. Jadi kita bisa beli kain kapan saja dan dimana saja tanpa harus berdesakan atau bermacet-macetan di pasar tradisional dengan harga jual yang kompetitif, meringankan beban produksi dengan harga bahan baku yang terjangkau tapi tetap berkualitas.

Keunggulan dari  Texttilezy ini sebagai berikut :

1. Bisa mendapatkan berbagai bahan textile yang berkualitas dengan harga murah.
2. Membeli kain jadi lebih mudah, kapan saja, dimana saja tanpa harus berdesak-desakan.
3. Meringankan harga beban produksi jadi harga bahan baku terjangkau tapi tetap berkualitas.

Disini kita bisa mendapatkan berbagai jenis kain, diantaranya : Golden rami, Cotton Voal, Balloteli, Bubble Crepe, Titanium Saten, Torismo, Muse Crepe, Linen Crepe, Cotton Japan, Premium Crepe, Ballodior, Wolfish.. So langsung saja download aplikasinya langsung dari Hp kita di playstore ZY Textile.

Tidak tangung-tanggung lho diskon yang diberikan ZY Textile pernah diberikan hingga 80%, selain itu juga gratis ongkir untuk wilayah Jabodetabek. Disini mereka juga selalu memberikan update motif dan bahan kain yang paling terbaru, makanya pantau terus website http://www.textilezy.com/ untuk program-program menarik yang ditawarkan oleh ZY Textile.


Kita juga bisa mendapatkan informasi lengkanya di :
Nomer Telpon : 021-29200773
Email : sales@textilezy.com
WA : 0812-88832334
Line : zytextile
Web : http://www.textilezy.com/







7 komentar:

  1. aisssh quilting yaaa... ini jahitan yg paling aku suka modelnya... walopun jgn tanya aku bisa ato ga ;p.. udh pasti ga sih mba.. cuma produk2 dgn model quilting itu aku ga prnh bosen.. yg aku punya selimut... beli dari temen yg jago quilting.. jadinya kereeeen banget, selimut dari kain perca yg beda2 disatuin gitu, malah jadi cakep yaa ;D.. mana bahannya lembut, jd dipake tidur bikin makin nyenyak mba :D..

    pgn sih belajar, tp aku biasanya ga sabaran kalo soal jahit menjahit :D.. pdahal dgn mesin jahit brother ini bikin jd lbh mudah ya mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa Mbakk.. Belajar jahit Quilting mesti sabar and teliti, kalau enggak hasilnya gak rapi.

      Bener buat saya yg baru belajar, pake mesin jahit Brother jadi ngebantu banged.

      Makasih sudah mampir ya Mbak..

      Hapus
  2. Tinggal praktek d rumah beli mesin jahitnya nti gantian ajarin ya mba,,. Btw mesin jahitnya memang awet KK ku punya dh lbh 4 th ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuukk Mbak Utie kita belajar bareng, seruu belajar jahit.
      Berarti memang recomended yahh mesin jahitnyaa.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  3. Gw spechless pas baca bisa bikin lubang kancing juga di mesin itu, secara kalau mesin jahit yang lain harus terpisah ngelubanginnya. Jadi ingat dulu waktu kuliah ngantarin kakak ipar yang jago jahit tapi ga punya mesin lubang kancing. Akhirnya hujan-hujan juga sempat panas2an deh ke penjahit lain yang punya mesinnya. Tapi kalau brother ini paket komplit ya. Keren inovasinya ada lampu segala arrggghh mupeng

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa ini mesin jahitnya lengkap, jadi praktis and ngebantu banged buat menjahit.
      warnanya juga lucu, jadi boleh banged buat referensi niyy..

      Hapus

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, dan memberikan coment mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.