Fakta Dibalik Mitos Seputar Kehamilan

23.00 Evi Fadliah 49 Comments


Setiap pasangan yang menikah pasti akan menanti hadirnya anak di dalam rumah tangganya. Karena anak bukan saja sebagai penerus keluarga tetapi anak merupakan harta dan titipan Tuhan yang paling berharga di dunia ini. Tidak semua pasangan cepat di karuniai anak, ada diantara mereka yang harus menunggu dalam waktu lama dan melakukan program hamil terlebih dahulu.

Saya dan pasangan termasuk yang beruntung karena setelah menikah kami tak perlu menunggu waktu terlalu lama untuk mendapatkan momongan. Karena mendekati hari pernikahan kami, ada beberapa hal yang telah saya lakukan agar cepat untuk mendapatkan keturunan. Ilmu tersebut saya dapatkan dari kerabat dan teman-teman dekat saya yang sudah menikah terlibih dahulu.

Apa saja yang saya lakukan pada saat mendekati hari pernikahan saya yaitu : Di luar dari masalah teknik pernikahan pastinya yahhh.. Mendekati hari pernikahan saya rajin minum sari kacang hijau, perbanyak makan buah dan sayuran, lalu teman menyarankan agar tanggal pernikahan saya, dua minggu setelah atau sebelum datang bulan, karena saat itu adalah masa-masa subur kita sebagai seorang wanita.

Antara percaya dan tidak percaya, tapi selama hal tersebut baik dan tidak ada ruginya untuk diri saya sendiri kenapa tidak? Tak ada salahnya saya menuruti saran dan nasehat teman saya tersebut dan hasilnya telah saya buktikan sendiri dan berhasil.. Yeahhhh... !! Alhamdulilah. Thanks all My friends and My Lord... 😍😍😍

Bukan berati setelah memiliki anak, saya berhenti untuk mencari ilmu yang berhubungan seputar kehamilan. Karena ilmu tersebut nantinya akan sangat berguna untuk kehamilan saya yang kedua dan untuk berbagi ilmu kepada orang lain di luar sana. Beruntung sekali saya mendapatkan undangan dari @IndonesianSocialBlogreneur untuk menghadiri Obrolan Langsat  ( OBSAT ) bersama Mayapada Hospital dengan tema "Hoax, Mitos, dan Fakta seputar Kehamilan "

Pastinya di acara yang di adakan pada hari kamis, tanggal 23 Februari 2017 bertempat di Beranda Cafe Jl. KH. Ahmad Dahlan No.21 Kebayoran Baru Jakarta Selatan ini, saya akan mendapatkan banyak ilmu baru tentang hal-hal apa saja yang harus kita lakukan untuk calon baby yang ada di dalam kandungan nanti.


Meskipun acara tersebut di laksanakan pada malam hari, tetap tak menyurutkan niat saya untuk hadir di acara #Obsat ke 190 ini. Dalam acara ini menghadirkan beberapa narasumber yaitu : Dr. Yuslam Edi Fidianto, Sp.OG- di Mayapada Hospital. Artis Kinaryosih yang merupakan Ibu dari anak berusia 8 tahun dan sedang hamil anak kedua. Mbak Rahne Putri seorang Blogger yang sedang hamil juga dan narasumber yang terakhir Mbak Kartika Susanti perwakilan dari pihak @TurnBackHoax.

Acara ini di pandu oleh Mbak Kristin Amelina dari @Obsat, beliaupun sama sedang mengandung. Heheheheh ternyata para Ibu-ibu hamil kumpul dalam Obrolan ini.. πŸ˜‰
Di Zaman sekarang ini sebagai wanita yang sedang hamil pasti banyak informasi atau mitos yang di dapatkan dan pastinya hal tersebut terkadang membuat ibu hamil jadi bingung. Saya pun pernah merasakan hal tersebut.

Untuk itu sangat tepat sekali kita membahas permasalahan yang tengah hangat di masyarakat, mengenai berita seputar kehamilan. Pada kesempatan itu Kinaryosih mengatakan di kehamilan yang kedua beliau banyak minum air kelapa dan sari kacang hijau. Menurut informasi yang Mbak Kinaryosih dapatkan pula jika ingin memiliki anak perempuan maka pada saat hamil banyak mengkonsumsi sayur dan buah, jika ingin anak laki-laki maka perbanyak makan daging.

Lalu apa saja siy yang harus kita ketehai mengenai berita Hoax, Fakta dan Mitos seputar Kehamilan..?? Karena Mitos tentang kehamilan banyak yang telah beredar di tengah-tengah masyarakat bahkan sudah ada yang turun-menurun. Untuk itu Bunda yang sedang hamil disarankan benar-benar memahami informasi mana yang benar dan mana yang mitos.

Yuukk.. Kita simak paparan dari Dr, Yuslan mengenai Fakta di balik Mitos seputar kehamilan :


Hal-hal diatas merupakan beberapa yang dibahas dan dipaparkan oleh Dr. Yuslan mengenai mitos dan fakta yang sering di dengar oleh ibu-ibu hamil.

Pada obrolan tersebut Mbak Tika juga mengatakan, hoax mengenai seputar kesehatan banyak yang beredar namun kurang dikritisi. Dalam hal ini untuk mendapatkan informasi sebaiknya kita memperhatikan 6 P yaitu :


Mengenai berita Hoax artis Kinaryosih pun pernah menjadi korban, Dia mendapatkan berita hoax mengenai info travel. Biasanya berita hoax tersebut bisa datang dari orang terdekat dan bisa dari Group WA. Dalam hal ini Mbak Rahne juga menyetujui bahwa dia sering mendapatkan berita hoax justru datangnya dari keluarga.

Mbak Rahne juga menambahkan setiap orang ingin menjadi hero untuk orang lain, makanya berita hoax mudah tersebar. Info yang ada dari Google pun tidak lantas memberikan info yang benar, maka kita harus waspada dan aktif meriset sumber berita tersebut.

Kita juga harus waspada karena hoax tersebar tidak hanya melalui media sosial, tapi juga melalui website, kata Mbak Kartika Susanti. Apabila kita menemukan situs hoax, kita dapat melaporkannya di trustpositif.kominfo.go.id atau data.turnbackhoax.id

Tentang Obsat

Obsat adalah Program diskusi rutin dari situs berita Beritagar.id. Acara ini menjadi wadah diskusi para netizen untuk mengupas peristiwa aktual yang sedang terjadi di Indonesia bersama narasumber yang kompeten di bidangnya.

Obsat awalnya adalah abreviasi " Obrolan Langsat " kini menjelma menjadi sebuah jenama sendiri dengan konsep yang sama. Obsat memiliki gaya yang khas yaitu : santai, akrab, dan membumi. Di Obsat ini beragam isu hangat yang beredar selalu di bahas dan biasanya untuk lokasi pelaksanaan bersifat tentatif sesuai dengan kebutuhan dan kesempatan yang ada.

Dari narasumber yang hadir malam itu kita bisa mengambil kesimpulan tips agar cepat hamil yaitu :

1. Mengetahui masa subur

Mengetahui kapan masa subur sangatlah penting, karena itu adalah hal pertama yang harus kita perhatikan agar setelah haid kita bisa langsung hamil. Masa subur ini mencakup 2 bagian, yaitu : masa subur untuk wanita yang siklus haidnya teratur dan masa subur wanita yang siklus haidnya tidak teratur.

* Mengetahui masa subur yang siklus haidnya teratur

Jika siklus haid kita teratur 28 hari, maka masa subur kita adalah 14 hari sebelum hari pertama haid kita berikutnya. Contoh :

Jika haid kita di awal bulan misalnya tanggal 3 Maret, maka hari pertama haid beriktnya adalah : 2+28 =30 Maret, sehingga masa subur kita kita akan terjadi pada tanggal 30-14 =16 Maret. Jadi masa subur kita pada bulan Maret adalah tanggal 13, 14, 15, 16,17, 18 dan 19 dengan puncak masa subur adalah pada tanggal 16.

Sangat bersyukur saya termasuk yang haidnya teratur, jadi pada saat berhubungan saya benar-benar mengikuti tanggal masa subur saya ini.

* Mengetahui masa subur yang siklus haidnya tidak teratur

Jika siklus haid kita tidak teratur , paling tidak kita harus mengetahui siklus haid kita selama 6 bulan terakhir. Misalkan : Haid 6 bulan terakhir : 29, 27, 30, 26, 31 dan 28 dengan demikian maka :
 Hari pertama masa subur untuk siklus pendek adalah : - 18= 26-18 = 8, dan

Hari pertama masa subur dengan siklus haid terpanjang -11 = 31-11 = 20 Jadi hari pertama masa subur kita adalah hari ke -8 dihitung dari hari pertama kita haid  sampai dengan hari ke- 20.

2. Mengkonsumsi asam folat

Setelah mengetahui masa subur kita cara yang selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi asam folat, dimana fungsi asam folat bagi wanita untuk menguatkan sel telur agar dapat berovulasi dengan baik sehingga bisa mencapai tuba fallopi dan dibuahi oleh sperma.

Sedangkan fungsi asam folat untuk pria yaitu meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma sehingga bisa mencapai tuba fallopi dan membuahi sel telur.

3. Memiliki berat badan ideal

Hal berikutnya yang harus kita juga kita perhatikan dengan baik yaitu memiliki berat badan yang ideal yaitu tidak terlalu gemuk dan juga tidak terlalu kurus.

4. Menghindari olahraga berlebihan

Bagi kita yang memiliki hobi berolahraga maka kita harus mulai mengurangi frekuensinya, jangan terlalu berlebihan.

5. Menghindari stres

Yang paling terakhir dan tidak kalah penting untuk kita lakukan adalah menghindari stres. Karena stres merupakan faktor mental yang punya pengaruh negatif yang sangat besar yang dapat menghambat kita dari kehamilan.

Berita mengenai hoax, Mitos dan Fakta seputar kehamilan sudah di paparkan, begitu pula tips agar cepat hamil sudah di jabarkan. Selanjutnya, yuk kita kenali dulu tanda-tanda kehamilan yaitu :


Dari semua gejala-gejala di atas, terdapat hal utama yang harus diperhatikan ibu hamil yaitu pentingnya menjaga kesehatan tubuh dan janin. Para calon ibu harus memperluas pengetahuan dengan membaca berbagai tips kesehatan saat hamil. Karena pada saat wanita hamil, sebenernya dia memberi nutrisi untuk dua tubuh, yaitu dirinya sendiri dan janin yang ada dalam tubuh.

Agar janin yang ada di kandungan kita lahir dalam kondisi selamat dan sehat, kita harus perhatikan beberapa tips berikut :

Tips 1

Menjaga pola makan kita, mulailah pola hidup sehat dengan perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan sehingga kebutuhan nutrisi dapat tercukupi. Kurangi makanan junk food, minuman yang bersoda, yang beralkohol dan jangan merokok.

Tips 2 

Wanita yang hamil memiliki kebutuhan vitamin, sehingga ada beberapa jenis vitamin yang perlu ditambah yaitu, Vitamin A yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan janin, Vitamin D untuk membantu pembentukan dan pemeliharaan tulang, kita juga bisa mendapatkan Vitamin D ini dari sinar matahari pagi sekurang-kurangnya 10-15 menit, Vitamin B6 bermanfaat dalam mencegah rasa mual di pagi hari, dan asam folat untuk perkembangan otak si kecil, yang banyak terdapat pada susu dan telur.

Tips 3

Selain kebutuhan vitamin, wanita hamil juga membutuhkan kebutuhan mineral, yaitu : kalsium dibutuhkan untuk menopang berat badan akibat perkembangan janin, dan kalsium yang dibutuhkan minimal 1200 miligram per hari. Zat mineral yang tidak kalah penting adalah zat besi agar terhindar anemia dan dapat diperoleh dari makanan sehari-hari baik hewani maupun nabati.

Tips 4

Sebaik apapun makanan yang dikonsumsi, selengkap apa pun zat besi yang sudah didapatkan , tanpa kecukupan air, semuanya menjadi percuma. Tidak harus melulu dengan air putih tapi bisa diperoleh dari jus buah, jus sayur dan susu.

Karena kebutuhan air selama masa kehamilan akan meningkat agar dapat mendukung sirkulasi janin, produksi cairan amnion dan volume darah yang meningkat. Air memiliki beberapa manfaat selama kehamilan diantaranya :
* Melancarkan Aliran Darah
* Mencegah persalinan prematur
* Membuang bakteri dari ginjal
* Mencegah sembelit

Tips 5 

Agar kehamilan berlangsung sehat, lakukan pemeriksaan kehamilan secara berkala dan teratur. Intensitasnya terus bertambah seiring dengan meningkatnya usia kehamilan. Kontrol rutin kehamilan minimal empat kali selama kehamilan, yaitu satu kali di trimester pertama dan trimester kedua, lalu dua kali pada kehamilan di trimester ketiga, itupun jika kehamilan normal.

Akan tetapi WHO menyarankan pemeriksaan kehamilan setiap empat minggu sekali dari saat pemeriksaan kehamilan pertama kali hingga usia kehamilan 28 minggu. Kemudia setiap dua minggu sekali pada usia kehamilan 28-36 minggu, dan setiap satu minggu sekali dari usia kehamilan 36 minggu hingga waktunya melahirkan.


Untuk itu pemilihan tempat dan Dokter yang akan membantu selama proses kehamilan sampai melahirkan nanti sangatlah penting.  Ada begitu banyak rumah sakit yang memiliki fasilitas persalinan dan Dr. Kandungan yang ada di Jakarta, sehingga hal tersebut membuat para calon ibu semakin bingung untuk menentukan pilihan saat akan melahirkan nanti.

Menentukan rumah sakit untuk bersalin merupakan hal yang sangat penting, apalagi untuk daerah Jakarta. Salah satu Rumah Sakit yang sudah memiliki nama dan tenaga ahli profesional yang berpengalaman untuk membantu ibu melahirkan adalah rumah sakit Mayapada.

Rumah Sakit Mayapada

Mayapada Healthcare Group termasuk salah satu rumah sakit terbaik yang ada di Indonesia. Saat ini terdiri dari dua rumah sakit yang memiliki standar Internasional yang terletak di Jakarta Selatan dan Tangerang. Rumah sakit Mayapada melayani 24 jam sehari selama 7 hari, dengan tim yang sangat baik dari para ahli dan perawat yang berkualitas serta berpengalaman untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk kedua pasien rawat inap dan rawat jalan.

Dok. Mayapada Hospital

Dok. Mayapada Hospital
Rumah Sakit Mayapada dilengkapi dengan state-of-the-art fsilitas medis, peralatan bedah mutakhir, layanan darurat yang efisien dan profesional medis yang berpengalaman untuk memberikan pelanggan kami kualitas layanan yang luar biasa. Memberikan layanan kesehatan yang lebih baik di Indonesia tanpa perlu ke luar negeri untuk mendapatkan perawatan medis.

Rumah sakit Mayapada saat ini juga sudah memiliki layanan booking Dokter secara online,

Dok. Mayapada Hospital

* Tingkat efektivitas dari rumah sakit ini dapat di gambarkan dari efficiensi rumah sakit :

Gross Death Rate : Ini adalah angka kematian umun untuk setiap 1000 penderita keluar
Net Death Rate : Ini adalah angka kematian 48 jam setelah dirawat untuk tiap 1000 penderita keluar
Average length of Stay : Ini adalah rata-rata lamna rawat seorang pasien. indikator ini disamping memberikan gambaran tingkat efisiensi rumah sakit. Nilai ALOS yang ideal di antara 6-9 hari.

Informasi rumah sakit Mayapada ( Jakarta Selatan )

Mayapada hospital Jakarta Selatan beroperasi 24 jam sehari dengan tim yang sangat baik dari para ahli dan spesialis, fasilitas medis yang canggih, peralatan bedah mutakhir, layanan darurat yang berkualitas dan berpengalaman. Mayapada hospital Jakarta Selatan telah mendirikan 11 pusat keunggulan.

Rumah sakit ini termasuk besar, tersedia 193 tempat tidur inap, 86 termasuk di kamar kelas 1, lebih banyak dibanding rumah sakit yang ada di Jakarta, yang tersedia rata-rata 73 tempat tidur inap. dan 57 dari 193 tempat tidur di rumah sakit ini berkelas VIP ke atas. Dengan 158 Dokter, 95 lebih banyak dari rumah sakit tipikal di Jakarta dan 123 lebih banyak dari tipikal di Jawa.

Dari 158 dokter di rumah sakit ini, 127 adalah spesialis. Dibandingkan dengan rata-rata rumah sakit di wilayah ini :
* 83 lebih banyak daripada rumah sakit tipikal di Jakarta
* 105 lebih banyak daripada rumah sakit tipikal di Jawa



Alamat : Jalan labak bulus 1, kav 29 Jakarta Selatan 12340
Telepon : 021-2921-7777
Emergency Call : 021-2921-5555
Website : www.mayapadahospital.com

Informasi rumah sakit Mayapada Tangerang

Sejak tahun 2008 rumah sakit mayapada telah terus-menerus berfokus pada memberikan perawatan pasien yang sangat baik. Dengan spesialis bangsa kita atas medis, peralatan medis terbaru, dan layanan profesional, Mayapada hospital Tangerang siap melayani pasien rawat inap dan rawat jalan 24 jam sehari, tujuh hari seminggu.

Rumah sakit ini lebih besar, tersedia 107 tempat tidur inap, lebih banyak dibanding setiap rumah sakit di Banten yang tersedia rata-rata 62 tempat tidur inap. 29 dari 107 tempat tidur dirumah sakit ini berkelas VIP keatas. Dari 107 tempat tidur inap dirumah sakit ini, 35 termasuk di kamar kelas 1. Rumah sakit ini tersedia tempat tidur di semua kelas kamar, dari kelas 1 sampai kelas VVIP.

Jumlah Dokter yang ada di rumah sakit ini berjumlah 69 dokter, 27 lebih banyak daripada rumah sakit tipikal Banten dan 34 lebih banyak daripada rumah sakit tipikal di Jawa. Dari 69 dokter, 45 adalah spesialis.
* 20 lebih banyak daripada rumah sakit tipikal di Banten
* 23 lebih banyak daripada rumah sakit tipikal di Jawa


Alamat : Jalan Honoris Raya Kav. 6 Tangerang, Banten kode pos 15117
Telepon : 021-5578-1888
Emergency Call : 021-5578-1999
Website : www.mayapadahospital.com

Selain pelayanan umum rumah sakit ini memiliki layanan fasilitas persalinan, senam hamil dan ada juga paket melahirkan. Jenis persalinan ini nantinya juga membedakan tarif layanan bersalin di klinik maupun di rumah sakit. Persalinan normal tentu lebih murah dibanding dengan caesar, tetapi bisa juga bertambah mahal jika disertai komplikasi yang butuh penanganan lebih lanjut.

Pada akhirnya Diri sendirilah sebagai filter terbaik untuk menyaring semua informasi yang kita terima. Jangan biarkan diri kita menjadi pembaca yang pasif, lebih baik bertanya pada ahlinya. Salah satu sumber yang terpercaya tentang berita dan obrolan  bisa kita dapatkan di @Obsat.

Terima kasih untuk Obsat dan Rumah Sakit Mayapada atas undangannya


Mayapada Hospital is Experience Better Care


Dok. Mayapada Hospital

Dok. Mayapada Hospital






49 komentar:

  1. Suka keliru cara hitung siklus haid dan masa subur. Sejak melahirkan saya tidak pakai KB. Sudah empat tahun lebih ini tapi blm juga bisa hamil lagi... Padahal teman2 Fahmi sudah pada punya adik....

    Terimakasih ulasannya Mbak. Ilmu dan pengetahuan saya bertambah. Semoga kedepannya ada rs mayapada di Cianjur hehehe. Secara di kabupaten luas ini ke rumah sakit jauh harus ke kota nya dengan jarak tempuh berjam jam naik kendaraan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama Mbak, saya juga sejak melahirkan tidak pakai KB. Kalau siklus menstruasinya lancar, mudah nya untuk mengetahui masa subur 2 minggu sebelum atau sesudah haid itu masa suburnya Mbaak.

      Semoga yaa Mayapada hospital akan segera menyusul di Cianjur.. Aamin

      Hapus
  2. wah...beruntung langsung dapat momongan.. aku lumayan lama..mungkin waktu itu berat badanku kurang..setelah gemukan baru deh hamil... asam folat penting banget untuk kehamilan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Alhamdulillah langsung dikasih momongan, gak pake kosong.
      Iyaa Mbak bener asam folat penting, Alhamdulillah hasilnya terlihat sama si kecil sekarang.

      Hapus
  3. Kudu jeli ya Mba memperhatikan mana yg mitos mana yg bukan agar kita gak terjebak dgn berita hoax yg gak jelas kebenarannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mbak Rita, terkadang berita tersebut malah kita dapatkan dari keluarga dan group WA. Jadi Diri kita harus jadi filternya dech..

      Hapus
  4. Thanks ilmu nya. Nih ilmu berguna kalo saya sudah nikah nanti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaminn.. Semoga segera di pertumukan dengan Jodohnya ya Mpo Ratna and ilmunya di praktekin dechh

      Hapus
  5. Banyak banget ilmu yang didapat ya.
    Dulu aku memaksakan minum susu saat hamil padahal nggak suka susu. Ternyata nggak minum susu juga nggak apa-apa ya, yang penting zat besi tercukupi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa Mbak banyak yang di share dlm acara ini.
      Iya untungnya gak wajib minum susu hami, soalnya sama saya juga gak suka susu.

      Hapus
  6. Aku juga suka bingung nih ngitung masa subur..padahal gampang ya..aku jg trmasuk 28hari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mudah qo Mbak, apalagi kalau haidnya normal jadi gampang diingat..

      Hapus
  7. Soal masa subur dulu masih suka bingung. Makasi ya mba, jadi tau caranya ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa Mba sama-sama, mudah kan cara untuk menhitung masa suburnya.

      Hapus
  8. bakalan aku perhatikan 6Pnya mba hhihihi

    aku belum bisa ngitung masa subur, pernah baca tapi belum pernah memperhatikan detail hehhe tp akan aku perhatikan mulai sekarang. Thanks mba Ev

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di-ingat-ingat 6 Pnya ya Mbak biar kita gak jadi korban hoax. hehehhe
      Terima kasih juga sudah mampir Mbak

      Hapus
  9. Banyak banget ya mitos soal kehamilan itu. Memang harus pilah-pilah info.
    Terima kasih ya, Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banyak Mbak, kalau gak pinter2 milih info kita yang akan pusing sendiri.

      Hapus
  10. Iya ya Mba, mitos di Indonesia itu banyak banget, apalagi mitos berbau klenik aka goib, kaya bawa2 gunting kecil kemana2 biar gak diganggu makhluk halus. Ga logis, tapi masih banyak yang melakukan hal tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mbakk, kadang mitos itu udah turun menurun..
      Mitos tentang membawa gunting kecil ini di daerah Aku juga masih ada Mbak.

      Hapus
  11. Informasinya lengkap banget, sangat membantu membuka wawasan para pasangan muda. Alhamdulillah aku dulu tak menunggu lama langsung hamil :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Bunda Naqiyah..
      Berarti kita sama ya Mbak, langsung cepat dapat momongan. Alhamdulillah

      Hapus
  12. Dulu setiap hamil rajin minum air sari kacang hujau biar baby sehat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama Mbak, saya juga rajin minum sari kacang hijau dengan harapan anak sehat, supaya rambut anak lebat dan hitam, ternyata faktor rambut bisa dari gen orang tuanya juga.

      Hapus
  13. Banyak banget manfaat yang didapat setelah ikutan Obsat beberapa waktu lalu, jadi tahu mitos dan fakta itu seperti apa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener Mbakk, ilmunya bertambah lagii yaa..

      Hapus
  14. lengkap banget ulasannya. Jadi tahu mana yang mitos, mana yang fakta

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi kita bisa tambah lebih aware ya Mbakk tentang mitos dan fakta dari Ibu hamil.

      Hapus
  15. Wah, makasih ulasannya, Mbak.
    Saya lagi berharap- harap semoga dapet momongan hehe.
    Hitung masa subur lagi ah,^^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali Mbak Alma, semoga bermanfaat yah infonya dan cepet dapat momongan. Aamin

      Hapus
  16. Wah bisa daftar periksa ke dokter secara online gtu ya mbak, enak gak perlu antri2 hehe
    Btw selama hamil gk kena mitos2 sih krn aku kebetulan jauh dr ortu jd ngurusin kehamilanku sendiri hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku masih banyak dapat mitos Mbakk, maklum tinggal masih deket2 sama keluarga tapi gak langsung percaya tetep tanya2 ke mbah google dan Dokter.. Hehehe
      Untung ya Mbak gak kenal sama mitos jadi gak terlalu pusing..

      Hapus
  17. Alhamdulillah haid saya lancar banget. Tiap 20 hari bersih, langsung haid di hari berikutnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ya Mba Lina, kalau haid teratur menghitung masa subur jadi mudah..

      Hapus
  18. Bagus banget lengkap banget ulasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih ya Mbak sudah mampir, semoga bermanfaat.

      Hapus
  19. Bagus banget lengkap banget ulasannya

    BalasHapus
  20. Tercerahkan nih gw bc tulisan evi
    Trims vi ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Mbakk.. Ayukk Mbakk proses, biar si Key ada temannya.. Hhehhhehe

      Hapus
  21. Hmm mudah-mudahan dh nulis ini ada banyak baru lagi semakin siap dan gk percaya lg sm mitos yg gk bikin nyaman,,, siap mba Evi buat adek baru😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa Mbakk makin terbuka mengenai mitos dan fakta.. Ehmmm adek baruuu, ehmmmmm

      Aamin

      Hapus
  22. Mitos, jangan makan ini itu, jangan ke sini ke situ.
    Terus yang lajang makin bingung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak usah bingung Mbak Widya, khan ilmunya udah dapet niyyy.. Tinggal nentuin partnernya ajahhh..

      Hapus
  23. Walah ternyata air kelapa muda dan kacang hijau itu cuma mitos mba saya kira beneran haha, istri saya kemarin waktu hamil jarang makan kacang hijau tapi pas lahir rambut bayi hitam dan lebat sih karena memang keturunan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheheh.. Iya Mas, air kelapa muda dan kacang hijau bagus untuk ibu hamil. Wahh, senangnya rambut si baby sudah lebat dan hitam. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kehamilan istri yang selanjutnya ya Mas.

      Terima kasih sudah mampir

      Hapus
  24. Tips2nya bikin makin pengin hamil lagi kalau biaa secepatnya.*hehe... tapi untuk di kehamilan berikutnya gak mau termakan mitos lagi. Karena dikehamilan 1 dulu, saya sampe bingung harua nurutin mitos atau kedokteran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Meskipun sudah di era digital, tapi yang namanya mitos tetep ada ajah ya Feb, jadi tinggal kitanya dech yang harus pinter2 cari informasi. Assik mau kasih ade buat Abang Daffa.. Aamin semoga secepatnya

      Hapus

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, dan memberikan coment mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.